alexa-tracking

Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a340b6a5c779828598b456c/menteri-ppn-open-government-keharusan-untuk-tingkatkan-partisipasi
Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi
Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi

JPP, JAKARTA - Saat ini, keterbukaan dalam pemerintahan atau open government merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan partisipasi publik dan masyarakat. Sehingga, sudah menjadi sebuah keharusan.

Demikian ditegaskan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS Bambang Brodjonegoro dalam Ministrial Roundtable Asia Pacific Leaders Forum on Open Government 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

“Open government bukanlah suatu pilihan, bukan juga sekadar kewajiban, namun sudah menjadi suatu keharusan bagi pemerintah,” jelas Bambang.

Menurut Bambang, saat ini masih terus muncul perdebatan dan keluhan dari masyarakat terhadap kinerja pemerintah akibat kurangnya transparansi.

"Selalu ada perdebatan dan keluhan dari masyarakat terhadap pemerintah pusat maupun daerah, tentang bagaimana pemerintah tidak bisa memenuhi harapan masyarakat dalam mengurangi tingkat kemiskinan, dsb. Ini muncul karena pemerintah kurang terbuka kepada masyarakat. Ini titik lemah kita,” ujarnya.

Jika dibiarkan, menurut Menteri Bappenas, masyarakat akan terus berasumsi dan mengeluhkan bagaimana pemerintah bisa menghabiskan anggaran negara tanpa ada hasil yang nyata.

“Ini kesempatan untuk dapat lebih terbuka. Pemerintah harus sampaikan ke masyarakat untuk setiap anggaran yang dipakai, setiap proyek, masyarakat perlu tahu seberapa besar yang dialokasikan, untuk apa, dan siapa yang mendapat manfaat dari pemakaian anggaran tersebut,” tegasnya.

Ministrial Roundtable APLF on Open Government dihadiri pula oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Presiden dan CEO World Wide Web Foundation Adrian Lovett, Deputi Menteri Republik Korea Kim Iljae, serta perwakilan negara anggota Open Government Partnership se-Asia Pasifik. (kom/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...an-partisipasi

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi Pemerintah Prioritaskan Transformasi Ekonomi Berbasis Manufaktur

- Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi Menkominfo: Indonesia Peringkat Pertama Trust and Confidence in National Government

- Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi Di Rapat Kabinet, Kalau Ada Menteri yang Tidak Fokus Langsung Ditegur