alexa-tracking

Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a33ffa554c07a93328b4568/roel-mustafa-tiap-bulan-berburu-janda
Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda
Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda

DI beberapa wilayah Kota Depok, Jawa Barat, kegiatan Roel Mustafa ibarat pejabat yang sedang meninjau rakyat. Setiap bulan, lelaki berusia 44 tahun itu akan blusukan ke berbagai tempat, khususnya permukiman padat dan termarginalkan. Tujuannya berburu janda. Namun, ia sama sekali tidak punya tujuan negatif. Ia mencari janda miskin lansia, setidaknya yang berusia 65 tahun. Kepada para janda itu, Roel membagikan paket sembako dan uang. "Saya menamai aksi ini dengan tagline menafkahi tanpa menikahi, yang berarti sama dengan memberi tanpa mengharap imbalan," tuturnya dalam acara bincang-bincang Kick Andy.



Tidak hanya memberikan bantuan materi, Roel meluangkan waktu untuk berbincang dan bercanda dengan para manula tersebut. Rutinitas itu ia bagikan juga di media sosial. Baginya, berbagi hal sederhana itu memberikan kebahagiaan. Kegiatan sosial tersebut bukan baru dimulai Roel, melainkan sejak 2006. "Saya terinspirasi dengan mendiang ibu yang biasa berbagi makanan dengan para janda di sekitar tempat tinggalnya," jelas Roel yang merupakan pengusaha warung steak. Sang ibu biasa meminta anak-anaknya, termasuk Roel, untuk mengantarkan makanan bagi para teman-temannya yang sudah menjadi janda lansia. Sepeninggal sang ibu, Roel menyadari para janda itu tidak ada lagi yang membantu.



Hatinya pun tergerak.

Saat ini sudah ada sekitar 300 orang janda yang telah disantuninya, mulai janda yang berada di lingkungan tempat tinggalnya di Depok hingga beberapa kota, seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Surabaya, dan Lampung. Banyak di antara para janda itu ia temui dari kegiatannya di Sekolah Relawan. Di lembaga kemanusiaan yang fokus terhadap edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat itu, Roel menjadi salah satu co-founder. Sekolah Relawan itu didirikan pada 2013 oleh Bayu Gawtama. Bersama Sekolah Relawan, Roel kerap mengadakan kegiatan di sekolah-sekolah. Di situ ia membagikan semangat kemanusian dan kebiasaan tolong-menolong.



Ketulusan Roel pun menarik perhatian banyak orang, termasuk para pejabat negara. Ketua MPR Zulkifli Hasan juga pernah menemui Roel dan memberikan apresiasi. Kisah Roel juga viral di media sosial.



Target seribu janda

Angka ratusan janda nyatanya belum cukup bagi Roel. Ia pun memiliki istilah seribu janda yang sekaligus menunjukkan target penerima bantuannya. Angka itu didasarkan banyaknya jumlah manula di Indonesia. "Data terakhir dari BPS, ada 2,8 juta manula di Indonesia yang telantar. Ini bukan tugas pemerintah semata. Ini tugas bersama kita," kata Roel. Seiring dengan waktu, ia tidak sekadar membagikan paket sembako, tetapi juga mulai merenovasi rumah serta memberikan pengobatan dan modal usaha. "Sepanjang perjalanan mencari janda ini semakin banyak kebutuhan para janda yang bukan hanya kekurangan sembako, melainkan ada pula terlilit utang, tidak mengerti berobat ke rumah sakit dan juga rumahnya yang butuh direnovasi. ini butuh relawan butuh dana yang besar, saya dibantu dengan sekolah relawan," kata pria yang hobi memakai topi fedora ini.



Meski banyak yang menganggap dirinya sedang berkampanye, Roel menilai persepsi itu langsung berubah jika masyarakat melihat konsistensi kerjanya. Ke depan Roel berharap akan semakin banyak janda dan manula yang bisa dibantu. Tidak hanya itu, ia berharap banyak pula yang tergerak untuk menyisihkan penghasilan untuk membantu kehidupan sesama. Harapan itu kini mulai terpenuhi. Roel banyak mendapat titipan dari orang untuk menyalurkan bantuan. "Karena program Lelaki seribu Janda itu sebetulnya program yang ingin menginspirasi khususnya laki-laki untuk bisa berbagi. Saya bahagia karena bisa menjadi bahagianya orang lain," tutupnya. (M-3)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...nda/2017-12-15

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda Pertimbangkan Pimpin Italia

- Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda Pembangunan Jalan Tol Demi Peningkatan Konektivitas

- Roel Mustafa Tiap Bulan Berburu Janda Welia Malaikat Ratusan Kucing

×