cedric23
TS
cedric23
2018, Trotoar Sepanjang 100 Km akan Dibangun di Jakarta


Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun trotoar sepanjang 100 kilometer (km) di lima wilayah di Kota Jakarta pada 2018. Proyek senilai Rp350 miliar itu disebut akan lebih banyak terbangun di kawasan Transit Oriented Development (TOD) koridor moda transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) dan Transportasi Jakarta (TransJakarta).

"Target di 2018 kurang lebih bakal dibangun trotoar sepanjang 100 km dengan anggaran kurang lebih Rp350 miliar. Trotoar tersebut akan berfokus di daerah-daerah TOD, pusat kegiatan bisnis, budaya dan kesenian termasuk kelanjutan pembangunan trotoar di Kota Tua,” kata Kepala Seksi (Kasie) Perencanaan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita, Senin, 11 Desember 2017.

Pembangunan trotoar di sepanjang jalur moda transportasi MRT dan TransJakarta itu, lanjut Riri, untuk mengakomodasi pejalan kaki di sekitar area penyelenggaraan Asian Games 2018. Area-area tersebut di antaranya Palmerah, Jakarta Barat, Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kawasan Sudirman-Thamrin dan Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Dengan biaya Rp350 miliar itu, Dinas Bina Marga tidak hanya merevitalisasi trotoar tapi juga membangun trotoar baru. Proyek revitalisasi akan dikerjakan di GBK-Palmerah, sementara di Jalan Paus, Rawamangun, proyek lanjutan pembangunan yang sudah dilakukan tahun ini.

“Kita juga mau benahi daerah-daerah yang dekat dengan lokasi penyelenggaraan Asian Games, seperti Palmerah, Gelora Bung Karno dan Sudirman-Thamrin,” tukas Riri.

Namun, Riri menyebut hingga saat ini dirinya belum mengetahui lokasi persis pembangunan atau revitalisasi trotoar tersebut. Pasalnya, Dinas Bina Marga masih harus melakukan dialog dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pihaknya baru memiliki data trotoar di kawasan mana saja yang akan dibangun.

Misalnya  di Jakarta Timur sudah ada 10 kandidat nama jalan yang akan dibenahi. Namun, nama-nama itu belum bisa dipastikan karena menunggu rekomendasi dari Kementerian PUPR. Di Jakarta Barat, trotoar yang akan dibenahi ada di sekitar Grogol dan Kalijodo. Di Jakarta Pusat trotoar akan dibangun di sekitar Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng. Di Jakarta Selatan di Kawasan Blok M dan TOD MRT serta Velodrome, Rawamangun untuk Jakarta Timur.

“Sampai sekarang kita hanya bisa bicara kawasan bukan lokasi persisnya,” ujar Riri.

Sistem penganggaran di 2018 pun berbeda dengan sistem penganggaran di 2017. Di 2018 pembangunan trotoar di jalan-jalan arteri masuk di anggaran Dinas Bina Marga pusat yang berkantor di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelumnya, suku dinas (Sudin) juga diberi tugas untuk membangun di jalan arteri yang menjadi kawasannya.

Namun, sekarang sudin hanya akan membangun trotoar di jalan-jalan lingkungan sebagai jaringan atau kaki-kaki jaringan trotoar dari pembangunan di jalan arteri.

“Dinas Bina Marga pusat mengurus anggaran trotoar arteri karenanya lebih besar. Sementara, di bagian kaki-kaki atau jalan lingkungan anggarannya ada di sudin-sudin,” imbuhnya.

Untuk realisasi pembangunan di 2017 saat ini pihaknya belum menghitung secara pasti. Baru pada 20 Desember mendatang bisa dipastikan seberapa panjang trotoar yang terbangun di Jakarta menyusul tutup buku anggaran 2017 di 15 Desember mendatang.

“Sampai sekarang kita belum bisa tahu berapa panjang trotoar yang sudah terbangun. Mungkin saja lebih atau kurang dari target 80 km,” tukasnya.

Adapun Dinas Bina Marga juga mendapat mandat untuk mengerjakan pelebaran trotoar di ruas Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Thamrin yang dananya berasal dari tiga perusahaan swasta. Yakni, PT Mitra Panca Persada (MPP), PT Mass Rapid Transportation (MRT) Jakarta dan PT Keppel land. Ketiga perusahaan mengucurkan dana dari sisa pembangunan Simpang Susun Semanggi (SSS). Dana pembangunan trotoar sepanjang 6,2 km itu sekitar Rp500 miliar.

Namun, ketika dimintai keterangan mengenai perkembangan status pelebaran trotoar, Dinas Bina Marga masih enggan berkomentar. “Kami belum bisa infokan karena begitu arahan dari Gubernur (Anies Baswedan).” Imbuhnya. 

http://m.metrotvnews.com/news/metro/...gun-di-jakarta

Panjang aja
Diubah oleh kaskus.infoforum 14-12-2017 07:05
0
10.2K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan