alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pacaran Beda Agama, Yes Or No?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1d365796bde6c94a8b456e/pacaran-beda-agama-yes-or-no

Pacaran Beda Agama, Yes Or No?

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 62
Kalo ane sih sebisa mungkin cari yg seiman, bukannya ngelarang untuk deket dgn umat agama lain, tapi kalo udah mulai ke jenjang berikutnya (baca: nikah) itu akan jadi jurang pemisah yg sangat dalam...
Bukan gak mungkin untuk diseberangi, tapi banyak faktor yg menyulitkan (restu ortu, hal mendidik anak ke depannya, ritual agama masing2 pasangan)...

Ane sih dari dulu udah ngerasa gak sreg kalo memulai hubungan romantis dgn yg beda agama, ibarat pake sarung tangan kiri di tangan kanan emoticon-Ngakak (S) kalo sekedar flirting tipis boleh lah emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh estidi
Pacaran beda agama membuktikan agan cinta tuhan atau cinta terhadap ciptanNya
Quote:


emang pengalaman penting tapi kalo nyiapin dr diri sendiri juga bisa dan mengenal lebih dalem waktu PDKT kali yee
kasian jga soalnya kalau cma buat cari pengalaman putusin dll emoticon-Frown
Quote:


Panjang juga gpp kok gan, wah ternyata begitu toh memang ditutupi2 awalnya sampai beneran sudah tahu dan harus berpisah
akhirnya sekarang udah gak pernah kontak2 an lagi tuh gan emoticon-Bingung (S)

nomornya hilang apa gmna bsa via medsos hubungi doi kalo mau gnti hp emoticon-Big Grin
taro pejwan ya
emoticon-Angkat Beer

Quote:


meneruskan kehidupan bersama emoticon-Big Kiss
Kalo ane yes aja gan, yang penting cinta. Kalo pacaran sesama jenis baru ga boleh emoticon-Big Grin
Quote:


Ujung ujungnya tetep dinegara iniemoticon-Ngakak
Quote:


ente ngebet nikah kan emoticon-Embarrassment
bingung ane mau komen apa, ini sensitif sekali bagi ane
ane pernah ngerasa sekali saja dan itu tidak lama dulu waktu kuliah
bukan cuma beda agama, tapi juga beda etnis

emoticon-Malu
ada yg gaya pacaran kumpul kebo ada yg nggak.. pilih mana emoticon-Leh Uga
Quote:


Gak


Ane ngebet sangeemoticon-Betty (S)
jangan deh keknya emoticon-Malu (S)
Diubah oleh sofanzani
ane beda planet juga ga masalah gan emoticon-Ngakak
Quote:

sebenernya ane awalnya ragu mau bkin thread ini om
tapi krn untuk cari jawaban dari Kaskuser jadi yakin deh

takut dikira SARA juga, sebisa mungkin diangkap lebih ringan pembahasannya emoticon-Big Grin

Quote:


lah sama vidho tuh cocok emoticon-Betty (S)
Quote:


Ogah, bekas enteemoticon-Betty (S)
ga masalah lah emoticon-Smilie gw jg dlu pernah.... malahan udah ampe ditarik tarik keluarga cewe suru ibadah kek kepercayaan mereka... yaa agak2 gimana gitu rasanya pengen nyanyi ama bokin (mantan pacar) waktu itu "kucobaa tukkkk, bertahannnn... dalam kisahhhh iniiiii" emoticon-Betty (S)

sebenarnya boleh2 aja pacaran beda agama tapi sia2 pada akhirnya lebih banyak ruginya daripada.. ah sudahlah emoticon-Big Grin
Ane dulu pernah gan, dan emang ga gampang, akan selalu ada kecenderungan mengajak ke agama masing2, ini manusiawi...

Jadi ceritanya pas ane kuliah dulu ane pacaran beda agama (ane islam, doi kristen protestan),

Nah, entah karena merasa tertantang karena kondisi ato gimana, kok perasaan ane itu sayaaang bgt sama dia ya, dunia ane itu keknya cuman dia doang, ahaha... emoticon-Hammer (S) Pokoknya ga ada seharipun yang nggak ane lewatin bareng dia... Ane sampe nganter dia ke gereja buat latihan choir, trus kalo lagi jalan dan waktunya sholat kita melipir ke masjid (walaupun dia cuman duduk2 doang di teras).

Ane nekat kenalin ke ortu ane, ortu sih setuju2 aja asal doi pindah ke agama kami. Secara ane cowok, jadi kan nanti ane yg bakal bimbing dia. Masalahnya adalah di keluarga dia, keluarga dia sama sekali ga setuju sama ane, bahkan "kalopun" ane akhirnya pindah agama. Mereka pengennya mantan ane ini dapetin jodoh yg christian-born.

Tapi itu cuma "persyaratan" aja, pada kenyataannya masing2 dari kami ga bakal mau ninggalin agama yg udah kami anut ini, dan udah jadi rahasia umum jg di negara kita sih agak susah untuk bisa mulus ngejalanin hubungan seperti itu, soalnya bakalan ribet dari sisi apapun, apalagi kalo udah niat serius... jadi daripada nantinya bakal susah tapi udah terlanjur cinta, mending jangan dimulai aja.... emoticon-Malu (S)

Layaknya kami yang akhirnya dengan berat hati memutuskan buat bubar jalan aja, karena ketebak ujungnya bakal kayak gimana... emoticon-Malu (S)
Quote:


Berarti agama itu adalah ....

emoticon-Ngakak:
yang paling penting adalah
pacaran beda kelamin gan

beda agama sih ga masalah
yang repot kalo ga beda kelamin gan

ane pernah pacaran beda agama, santai2 aja ah
makanya ane lbih suka pacaran sama orang jepang, mau agama apapun santai aja mereka gan
mau2 aja diajak pindah ntar kl nikah emoticon-Ngakak
Diubah oleh the11st
Quote:


Etdah sesama jenis emoticon-Leh Uga
dasarnya pacaran itu haram, di tambah lagi beda agama emoticon-Takut (S)
Halaman 4 dari 62


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di