alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1c396adac13e72088b4577/kosongkan-krb-tim-sar-evakuasi-warga-rawan-bencana-gunung-agung

Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung

Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung

JPP, DENPASAR - Petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar, Bali, mengevakuasi ratusan warga yang berada di sekitar Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, yang masuk kawasan rawan bencana menuju sejumlah posko pengungsian.

"Tim SAR gabungan harus bisa mengosongkan kawasan rawan bencana (KRB) diutamakan yang berada di KRB III," ujar Kepala SAR Denpasar Ketut Ardana di Denpasar, Bali, Senin (27/11/2017).

Ardana menjelaskan, hingga pukul 12.00 WITA, tim gabungan telah mengevakuasi 229 orang warga sejumlah desa di KRB II dan III di Kecamatan Kubu, Kecamatan Bebandem, Kecamatan Selat, Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Rendang.

Sebagian warga sebelumnya telah melakukan evakuasi mandiri sejak Sabtu (25/11/2017) dan juga percepatan evakuasi oleh Basarnas bersama potensi SAR lainnya.

Mereka terus bergerak di lapangan melakukan evakuasi, membagikan masker untuk menghindari bahaya abu vulkanik karena dapat mengganggu kesehatan.

Ardana menjelaskan bahwa SAR Denpasar juga menambah kekuatan dengan bantuan dari Kantor SAR Mataram sebanyak 21 orang dan tiga unit truk pengangkut personel serta truk penyelamatan (2) dan motor trail (2).

Selanjutnya, Ardana menambahkan tim SAR yang berada di Posko Utama Tanah Ampo, Pos Aju Selat, Pos Aju Rendang, Pos Aju Jasri dan Pos Aju Les Buleleng juga menambah kekuatannya.

Keseluruhan pengerahan tersebut, lanjut Ardana, belum termasuk kendaraan operasional yang dimiliki potensi SAR lainnya, di antaranya dari TNI/Polri, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, PMI serta relawan lainnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sebelumnya menaikkan status siaga Gunung Agung menjadi “Awas” karena peningkatan aktivitas vulkanik seiring erupsi dengan memuntahkan abu vulkanik yang signifikan.

PVMBG meminta masyarakat termasuk pendaki untuk tidak melakukan aktivitas di zona perkiraan bahaya yakni radius delapan kilometer dan ditambah perluasan sektoral 10 kilometer arah utara-timur laut dan tenggara-selatan-barat daya dari kawah Gunung Agung. (ant/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/peristiwa/lintas-d...a-gunung-agung

---

Kumpulan Berita Terkait PERISTIWA :

- Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung Gunung Agung Meletus, Garuda Stop 18 18 Penerbangan Rute Lombok

- Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 meter

- Kosongkan KRB, Tim SAR Evakuasi Warga Rawan Bencana Gunung Agung Blusukan, Presiden Sapa Warga dan Pantau Perkembangan Ekonomi di Daerah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di