alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0ac5e55c7798f55b8b456e/akui-salah-baca-teks-pancasila-gubernur-sulbar-usulkan-rombak-urutan-sila
icon-hot-thread
Akui Salah Baca Teks Pancasila, Gubernur Sulbar Usulkan Rombak Urutan Sila
Quote:Akui Salah Baca Teks Pancasila, Gubernur Sulbar Usulkan Rombak Urutan Sila

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengakui salah mengucapkan teks Pancasila saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di Mamuju, Sulawesi Barat, 10 November lalu.

Ia berdalih kesalahan itu karena terobsesi ingin mendekatkan sila pertama dengan sila kelima Pancasila yang dinilainya terlalu berjarak.

Mantan bupati Polewali Mandar ini menilai, maraknya aksi terorisme, radikalisme dan aksi kekerasan lainnya di tanah air salah satunya disebabkan jarak sila pertama dengan sila kelima terlalu jauh.

Perlu diketahui, video Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar yang salah membaca urutan sila Pancasila viral di media sosial. Video itu mengundang perbincangan pro kontra. Sila kelima Pancasila, yakni “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dibacakan gubernur menjadi sila kedua. Padahal sila kedua adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Namun gubernur segera meralatnya dengan kembali membacakan sila kedua.

“Saya salah ucap, sila kedua di bawah sila kelima, kenapa? Karena saya selalu berpikir radikalisme, terorisme, komunisme, aksi demo dan persoalan lainnya karena masih terlalu jauh antara sila pertama dengan sila kelima Pancasila,” kata Masdar di depan ratusan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Selasa (14/11/2017).

Gubernur Masdar lalu bertanya kepada para aktivis PMII apakah sila kelima Pancasila bisa didekatkan dengan sila pertama agar jarak kesenjangannya tidak terlalu jauh.

“Bisakah sila pertama pancasila didekatkan dengan sila kelima Pancasila? Itu masalahnya,” jelas Masdar di depan peserta dialog kebangsaan PMII.

Masdar mengajak semua komponen bangsa untuk bersama-sama merekatkan diri dalam kebersamaan. Ia juga mengajak kepada semua elemen masyarakat Sulbar agar tetap bersatu padu menjaga keamanan dan perdamaian, agar ancaman perpecahan atau disintegrasi bangsa yang terjadi di tempat lain tidak sampai merembet ke Sulawesi Barat.

http://regional.kompas.com/read/2017...ak-urutan-sila


eh busett.. bapak salah bacanya mah salah baca aja... jangan ngeles ke bajaj...


note: yang penasaran bapak ini diusung partai apa, ini dia: Gerindra, PDI Perjuangan, Nasdem, PAN, PKB, dan PPP.
Pekok emoticon-Big Grin
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Bisa aja ngelesnya ni bapak emoticon-Big Grin
Jago ngeles kaya ASU
gub yg mantap
alah pak,gausah ngeles juga kali.pake alesan sila 1 sama sila 5 kejauhan..
segala usul rombak urutan sila..emoticon-Cape d...
alasan ngeles nya bener2 kreatif..
out of the box. emoticon-Jempol
ngeles aja lu
malah nambah masalah emoticon-Ngakak
muuaaaantap sooouuuullll...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

tar kalo nyolong,ketangkep salahkan undang2nya


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Temennya papah nopanto nih ya?

Dia salah baca, silanya yang dirombak urutannya.

Raimu kuwi sing dirombak cuk! emoticon-fuck
Dia yang tolol urutan disalahkan emoticon-Big Grin
gabener jaman now
kebanyakan micin
emoticon-Big Grin

Kok bisa jadi gubernur sih???
baca aja masih salah gimana suruh ngapalin emoticon-Kagets
bego mah bego ajaemoticon-Big Grin
Memang situ siapa?

Founding father aja bukan! emoticon-Wkwkwk
Wah...mau rubah2 sila ya? Gak ada yg teriak suruh dibubarin/ditangkap aja nih orang?
gabener paok
×