alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a058199d44f9f2a4c8b4572/dokter-jadi-garda-terdepan-hadapi-ancaman-perang-biologi
Dokter Jadi Garda Terdepan Hadapi Ancaman Perang Biologi
Dokter Jadi Garda Terdepan Hadapi Ancaman Perang Biologi

JPP, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa dokter dan tenaga kesehatan merupakan garda terdepan pertahanan Indonesia dari ancaman terorisme biologi atau perang biologi (bioterrorism).

Hal tersebut disampaikannya dalam Seminar Nasional yang digelar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bertema Ketahanan Kesehatan Global dalam Perspektif Pertahanan Negara, di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

"Dokter dan tenaga kesehatan adalah pertahanan terdepan melawan ancaman perang biologi. Kemudian ada Babinsa TNI untuk deteksi dan cegah dini, fungsinya untuk cepat-cepat lapor," ujarnya

Oleh karena itu, lanjut Panglima TNI, IDI perlu memberikan penguatan substantif dan wawasan kepada jajaran TNI, sehingga pemanfaatan keberadaan satuan TNI di tengah masyarakat bisa maksimal dan tercapai.

Menurutnya, ancaman berupa perang biologi atau bioterrorism perlu diwaspadai dan ditangani secara cepat, karena akan memberikan dampak yang masif hingga dapat memusnahkan suatu negara.

"Perkembangan teknologi, komunikasi, dan transportasi membuat penyebaran penyakit menular global ini menjadi semakin cepat," kata Panglima TNI.

Terkait itu, Ia pun meminta IDI untuk bisa memberi tambahan wawasan kepada TNI untuk menjaga kesatuan dan ketahanan bangsa, karena dokter dan tenaga kesehatan adalah pertahanan terdepan dalam melindungi bangsa Indonesia.

"Dokter juga merupakan agen pembangungan dan agen pertahanan. Menjadi dokter tidak serta-merta hanya menjadi pelayan kesehatan. Peran dokter sangat strategis dan juga sebagai cendekiawan untuk mengedukasi masyarakat," tegasnya. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3126...perang-biologi

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Dokter Jadi Garda Terdepan Hadapi Ancaman Perang Biologi Presiden Tidak Undang Kepala Negara Asing Saat Nikahkan Putrinya

- Dokter Jadi Garda Terdepan Hadapi Ancaman Perang Biologi Progam Kampus Terima Penghapal Alquran Bebas, Asal Selaras dengan Falsafah Negara

- Dokter Jadi Garda Terdepan Hadapi Ancaman Perang Biologi Tekan Angka Penderita HIV/AIDS Lewat Peran Serta Pemangku Kepentingan

semoga pelayanannya ndak pilih kasih.