alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a040c8e9e7404c66b8b4576/kisah-dirjen-dukcapil-saat-menyamar-ketika-sidak-di-daerah
icon-hot-thread
Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah
Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah

JPP, JAKARTA - Untuk memastikan pelayanan dokumen kependudukan dilakukan dengan baik, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh rajin turun ke lapangan.

Berbagai daerah ia sambangi. Zudan ingin tahu dan melihat langsung dengan kepala sendiri, bagaimana layanan para petugas kependudukan terhadap warga. Ia tidak mau hanya mendapat laporan dari anak buah.

Maka, insepksi mendadak atau sidak pun ia lakukan. Entah, sudah berapa kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di berbagai daerah yang ia inspeksi. Tentu, namanya sidak, kunjungannya pun mendadak.

Bahkan, ada sebuah kisah menarik, Zudan sampai harus menyamar sebagai warga yang hendak mengurus KTP ke kantor dinas kependudukan. Dengan cara menyamar, Zudan lebih tahu secara detil kualitas pelayanan yang diberikan di bawah. Seperti yang dilakukannya saat sidak ke kantor dinas kependudukan di kota Kupang, NTT.

"Ini catatan sebagai evaluasi penyempurnaan layanan adminduk hasil sidak di kota Kupang, 24 Oktober 2017. Saya menyamar mengurus KTP elektronik dan meminta informasi ternyata tidak bisa memberi jawaban yang tepat," ujar Zudan, menuturkan kisahnya.

Ternyata, menurut Dirjen Dukcapil, yang ditugaskan sebagai petugas front office adalah anak sekolah yang sedang melakukan PKL. Ia menyayangkan, kenapa anak sekolah yang pasti, belum paham akan seluk beluk pengurusan dokumen kependudukan yang ditempatkan di garis depan. Padahal, petugas front office adalah pegawai yang pertama memberi informasi pada warga.

"Tidak boleh lagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menugaskan pegawai dan atau anak PKL di front office," tegas Zudan.

Karena itu, Dirjen Dukcapil menegaskan dinas kependudukan harus melaksanakan perekaman dengan baik. Bahkan, harus dibuat loket resmi untuk perekaman. Di dinas kependudukan Kota Kupang yang ia sidak, tidak secara terbuka membuka loket layanan perekaman.

"Saya ditolak waktu menyamar mau merekam dan diarahkan ke kecamatan," ungkap Zudan.

KTP-el yang sudah tercetak, menurut Zudan, mesti segera dibagi. Di Kota Kupang sesuai informasi dari Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan ada sekitar 2 ribu keping KTP-el yang sudah dicetak, menunggu diambil. Yang ia sayangkan, penduduknya belum diberitahu bila KTP el-nya sudah jadi.

Artinya, ada komunikasi yang terputus. Ini yang membuat masyarakat menunggu. Dan parahnya, dinas kependudukan juga menunggu masyarakat datang.

"Harus dibangun komunikasi. Tolong diumumkan di koran, website atau medsos KTP-el yang sudah tercetak. Atau, antarkan ke lurah masing-masing. Prinsipnya KTP-el harus segera sampai. Kantor yang sudah bagus juga jangan ditempeli kertas-kertas pengumuman di tembok-temboknya. Harusnya dibuat papan pengumuman yang rapi dan bagus," tutur Zudan. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...idak-di-daerah

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah Dirjen Dukcapil: Bagi WNI yang Tak Punya NIK Akan Didata Ulang

- Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah Layanan Konsultasi Daring Mempermudah Guru di Daerah

- Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah Soal Perizinan Bermasalah, Mendagri: KPK Telah Beri ‘Warning’ Kepala Daerah

masih ada pak yg minta "pemberian" seikhlasnya..
Pejwan sepi amat emoticon-Bingung (S)
Pejwan yah..
Keren pejabat skr bnyk yg hobby nyamar..lanjutkan, biar tau permasalahan yg ada dibawah emoticon-I Love Indonesia
carut marut klo dibawah
Bagus pak, sidak terus biar ngga pada santai2! KTP-el yg udah jadi dan ngga dibagiin itu ada modusnya pak, biar pas ngambil bisa dipalak “administrasi seikhlasnya”
Coba pak kasih uang terima kasih, pasti beda hasil sama yg ga ngasih emoticon-Ngakak
grget deh sama hewwn hewan ga berotak d kantor kementrian maunya duit mulu. gmana gajinya naik, yg ada malah makin gatel mereka
Bagus enih, buat kementrian lain juga bisa menyusul cara seperti ini.. harus diuraikan dari bawah



emoticon-Hansip
jangan cuma di Kupang aja dong pak, daerah lain juga
Sepertinya nasbung akan muncul
mejeng pekiwan emoticon-Cendol Gan
ga ada habis2nya masalah....luar binasa emang ini kependudukan emoticon-Wow
Hallo Agan/Aganwati...
emoticon-Hai

>>>>>>> batas suci <<<<<<<
990 KASKUSer udah milih Adek jadi yg Paling Beken...
emoticon-Ultah

Kisah Dirjen Dukcapil Saat Menyamar Ketika Sidak di Daerah
Ciapa ceyanjutnia??? emoticon-Malu (S)

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...75d48f3d8b456e
gak guna emoticon-Blue Guy Bata (L)


KTP saya mana??!!!
sidak terus biar kerjanya maksimal
Hmm mSalah klasik blm kelar juga.. kpn benernya birokrasi ni . Ap harus terus sidak kah
hmmmm gembok emoticon-Ngakak
mejeng d thread hate