alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a03e9c156e6af372e8b4582/inilah-sosok-empat-tokoh-pahlawan-nasional
icon-hot-thread
Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional
Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional

JPP JAKARTA - Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat orang anak bangsa yang dinilai berkontribusi besar untuk Indonesia. 

Masing-masing yaitu Tuanku Guru Kiai Haji (TGKH) M Zainuddin Abdul Madjid tokoh asal Nusa Tenggara Barat, Laksamana Malahayati (Keumalahayati) tokoh asal Nanggroe Aceh Darussalam, Sultan Mahmud Riayat Syah tokoh asal Kepulauan Riau, dan Lafran Pane tokoh asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Upacara penganugerahan tersebut dilakukan di Istana Negara, Kamis (09/11/2017). Penganugerahan ini diputuskan melalui Kepres RI No 115/TK/tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan bersidang pada Oktober lalu.

Hadir dalam acara penganugerahan tersebut keluarga ahli waris keempat tokoh, para menteri kabinet kerja, dan para pejabat tinggi negara lainnya. 



Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengatakan dengan penganugerahan keempat pahlawan nasional baru tersebut, maka jumlah Pahlawan Nasional Indonesia saat ini berjumlah 173 orang yang terdiri dari 160 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Para pahlawan tersebut berasal dari sipil dan juga TNI/Polri. 

Khofifah menjelaskan Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan pemerintah kepada seorang Warga Negara Indonesia yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan dan berjasa luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara yang semasa hidupnya tanpa cela. 

"Mereka yang menyandang gelar pahlawan nasional tidak hanya yang berjasa di medan perang tapi juga di bidang lain yang gaung dan manfaatnya dirasakan secara nasional," terang Mensos. 

"Permohonan usul pemberian gelar pahlawan nasional kepada presiden melalui Dewan Gelar. Sebelumnya diadakan verfikasi, penelitian dan pengkajian melalui proses seminar, diskusi, serta sarasehan," katanya. 

Pejuang dan Pergerakan Kemerdekaan

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos, Hartono Laras mengatakan ada syarat umum dan syarat khusus yang harus dipenuhi sebelum akhirnya tokoh tersebut diputuskan memperoleh gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden. 

Dikatakan, empat tokoh yang memperoleh anugerah tahun ini telah memenuhi seluruh persyaratan. 

Hartono menerangkan, TGKH M Zainuddin Abdul Madjid lahir di Nusa Tenggara Barat 19 April 1908 dan wafat pada 21 Oktober 1997. Beliau merupakan seorang nasionalis pejuang kemerdekaan, da'i, ulama, dan tokoh pendidikan emansipatoris. 

Ia merupakan pendiri organisasi Islam Nahdatul Wathan. Organisasi ini menjadi organisasi Islam terbesar di Lombok yang memberikan perhatian kepada pendidikan dan agama.

Gelar pahlawan nasional kedua diberikan kepada Laksamana Malahayati yang merupakan tokoh pejuang asal Nanggroe Aceh Darussalam. Malahayati lahir pada tahun 1550 dan wafat pada 1615 dimakamkan di Krueng Raya, Aceh Besar. Malahayati adalah laksamana perempuan pertama dari Aceh. 

Ia membentuk pasukan "Inong Balee" yang berisi para janda prajurit Aceh yang mahir menembakkan meriam dan menunggang kuda. 

Tahun 1559 Malahayati memimpin armada laut berperang melawan Belanda dan berhasil menewaskan Cornelis De Houtman. Di Tahun 1606, Malahayati bersama Darmawangsa Tun Pangkat (Sultan Iskandar Muda) berhasil mengalahkan armada laut Portugis. 

Sebelumnya nama Malahayati telah diabadikan sebagai nama kapal perang jenis perusak kawal berpeluru kendali kelas Fatahillah milik TNI AL dengan nomor lambung 362. 

Sementara itu, lanjut Hartono, gelar ketiga Pahlawan Nasional diberikan kepada Sultan Mahmud Riayat Syah asal Kepulauan Riau. Sultan Mahmud lahir di Sulu Sungai Riau Agustus 1760 silam dan wafat pada 12 Januari 1812. 

Pada rentang tahun 1782 hingga 1784, Sultan berhasil mengalahkan Belanda yang ingin menanamkan pengaruhnya di Riau dalam Perang Riau I. Kapal Komando Belanda Malaka's Walvaren berhasil diledakkan. 

Di tahun 1784, Sultan kembali memimpin perang melawan Belanda yang dipimpin Pieter Jacob van Braam di Tanjung Pinang. Sultan Mahmud menolak ajakan Belanda untuk berdamai dan menerapkan strategi gerilya laut untuk mengacaukan perdagangan Belanda di Selat Melaka dan Kepulauan Riau. 

Pada tahun 1811 Sultan Mahmud mengirimkan bantuan kapal perang lengkap guna melawan ekspansi Belanda ke Sumatra Timur, Sumatra Selatan, dan Bangka Belitung. 

Adapun, gelar pahlawan nasional keempat diberikan kepada Lafran Pane tokoh asal Yogyakarta. Lafran Pane lahir di Sipirok 12 April 1923 dan wafat di Yogyakarta 24 Januari 1991. Lafran Pane dikenal sebagai tokoh pergerakan pemuda dan memprakarsasi pembentukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada tanggal 5 Februari 1947.

Dalam perjalanannya, HMI secara konsisten menolak gagasan Negara Islam yang digagas oleh Maridjan Kartosoewiryo pendiri gerakan Darul Islam. Lafran Pane juga menjadi salah satu tokoh utama penentang pergantian ideologi negara dari Pancasila menjadi komunisme. (sos)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...lawan-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional Serahkan 10.200 Sertifikat Tanah di Sragen, Presiden: Jangan Pinjam Ke Rentenir

- Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional Nikahkan Putrinya, Presiden Jokowi Minta Doa Restu kepada Masyarakat

- Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional Mengenang Pahlawan, Mensos Ajak Masyarakat Hening Cipta Serentak 60 Detik

Ternyata Laksamana Malahayati baru dinobatkan sekarang ya, ane kira udah dari dulu.
yg mau iseng2 nyari sampingan jualin pulsa di android, dpt nya gratis ka emoticon-Smilie cuma nyelesain misi doang emoticon-Smilie
silahkan ka diliat tutornya di trit aku emoticon-Smilie

https://kask.us/itwjF

monggo ka di coba emoticon-Smilie
alhamdulillah.. emoticon-2 Jempol emoticon-Rate 5 Star
Akhirnya TGKH M Zainuddin Abdul Madjid Resmi Menjadi Pahlawan Nasional
Bangga akhirnya ada Pahlawan Nasional dari Tanah kelahiran ane

emoticon-Tepuk Tangan
akhirnya malahayati emoticon-Ultah
selamat untuk para pahlawan
Hanya di era Jokowi, jasa mereka lebih dihargai. emoticon-I Love Indonesia

Ane jadikan hot thread dulu ya biar makin banyak yang tahu. Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional
Selamat Hari Pahlawan...
emoticon-Hai

>>>>>>> batas suci <<<<<<<
1.000 KASKUSer udah milih Adek jadi yg Paling Beken...
emoticon-Ultah

Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional
Ciapa ceyanjutnia??? emoticon-Malu (S)

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...75d48f3d8b456e
Quote:Original Posted By nurhadibae
Ternyata Laksamana Malahayati baru dinobatkan sekarang ya, ane kira udah dari dulu.


Begitulah, gan.

Sungguh 32+10 tahun yang sia-sia karena tidak menghargai jasa besar beliau untuk Indonesia. emoticon-Sorry



Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional

Jangan lupa, pilih kuekoya
sebagai kaskuser beken 2017. emoticon-Cool
satu kata...
JASMERAH

slamat hari pahlwan!!!emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By sugiarto94
satu kata...
JASMERAH

slamat hari pahlwan!!!emoticon-Shakehand2


Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional
Saya baru tahu kemarin laksamana malahayati baru mendapat gelar pahlawan nasional. Rupanya kemarin kemarin belum mendapat gelar pahlawan nasional
heran, siapa yang mereka lawan? Kan penjajah hanya di Jakarta
Quote:Original Posted By colot_nay
Akhirnya TGKH M Zainuddin Abdul Madjid Resmi Menjadi Pahlawan Nasional
Bangga akhirnya ada Pahlawan Nasional dari Tanah kelahiran ane

emoticon-Tepuk Tangan


Selamat ya gan. Next, ente yg bakal jd pahlawan selanjutnya. Memberikan kontribusi positif utk negeri. emoticon-Merdeka
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

MANTAP JIVVA SELAMAT HARI PAHLAWAN


Inilah Sosok Empat Tokoh Pahlawan Nasional
pahlawan jaman old

congrats emoticon-Embarrassment
NKRI & Pancasila harga mati emoticon-I Love Indonesia

Semangat pahlawan terdahulu moga tertular pada semangat kerja kita


Spoiler for Tweet @Kemdikbud_RI Selengkapnya Penganugerahan gelar pahlawan nasional ini diputuskan melalui Keputusan Presiden RI No 115/TK/tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan bersidang pada Oktober lalu.: