alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a035603529a450a178b4578/berhadapan-ketidakadilan
icon-hot-thread
Berhadapan Ketidakadilan
Berhadapan Ketidakadilan
alfathramadhana.file.wordpress.com
Di satu sisi, ada orang yang hidupnya baik, namun terjebak dalam kemiskinan. Beragam usahanya selalu gagal. Ia bekerja dengan jujur dan rajin. Sayangnya, bencana selalu menimpanya, sehingga ia kembali terjebak ke dalam lubang kemiskinan.
Di sisi lain, ada orang yang rakus dan licik. Ia menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan, bahkan dengan merugikan teman dan kerabatnya. Ironisnya, ia justru menjadi orang yang kaya dan berpengaruh di lingkungannya. Keberuntungan tampak selalu datang di pangkuannya.

Inilah yang disebut sebagai ketidakadilan. Diterima atau tidak, ia adalah bagian dari hidup manusia. Orang yang tak bersalah menjadi korban kekerasan. Sementara, pelaku kekerasan yang biadab duduk nyaman di istana mewah.
Ketidakadilan juga terjadi setiap saat. Detik ini, satu tempat di daerah konflik sedang mengalami kekerasan. Anak-anak tak bersalah menjadi korban, sementara para pelaku bebas berkeliaran. Ketidakadilan adalah fakta kehidupan yang tak dapat disangkal.

Ketidakadilan adalah sebuah keadaan, ketika seseorang tidak mendapatkan hak yang sepatutnya. Ini merupakan sebuah pemahaman yang umum, yang masih membutuhkan banyak pendalaman. Seorang pelaku kekerasan, kecuali ketika ia membela dirinya, berhak mendapatkan hukuman yang pantas seturut tindakannya. Seorang korban, kecuali jika ia adalah pelaku kekerasan, berhak mendapatkan pertolongan, sehingga ia bisa menjalankan kembali hidupnya, seperti sebelum ia mengalami kekerasan.

Dihadapan Ketidakadilan
Yang terpenting kemudian adalah, bagaimana kita menyingkapi ketidakadilan yang terjadi? Satu hal yang pasti, kita perlu untuk berhenti berbuat tidak adil. Dengan kata lain, walaupun kita tidak bisa mencegah ketidakadilan yang terjadi, kita tidak boleh menjadi pelaku ketidakadilan. Inilah prinsip pertama yang amat perlu untuk diperhatikan.
Di sisi lain, banyak orang menghadapi ketidakadilan dengan sikap pengecut. Ketika melihat ketidakadilan terjadi pada orang lain, mereka lalu diam. Yang menjadi pertimbangan mereka adalah keselamatan diri sendiri. Inilah sikap main aman khas para pengecut yang, sayangnya, begitu banyak ditemukan di berbagai organisasi, ketika ketidakadilan terjadi. Sikap ini tentu tidak tepat. Bagaimana perasaan kita, jika ditimpa ketidakadilan, semua orang diam saja, dan mencari aman mereka masing-masing? Beragam perasaan jelek tentu tumbuh, mulai dari marah, kesepian sampai rasa putus asa.

Jika begitu, apa sikap yang tepat di dalam menyingkapi ketidakadilan yang terjadi?

Pertama, orang harus bersuara. Ketika ketidakadilan terjadi, orang perlu menjadikannya sebagai masalah bersama. Ini merupakan kewajiban utama, supaya ketidakadilan yang ada bisa ditangani dengan tepat. Ini juga penting, supaya pola tidak adil yang sama tidak terulang lagi di masa depan.

Dua, pihak yang berwajib perlu mendapatkan informasi yang lengkap tentang ketidakadilan yang terjadi. Negara, polisi ataupun pimpinan perlu mendapatkan gambaran yang tepat tentang ketidakadilan yang terjadi. Gambaran yang tepat ini lalu menjadi dasar untuk melakukan tindakan yang tepat. Bagaimana jika justru para penguasa, seperti pemerintah, polisi atau pimpinan yang berlaku tidak adil?

Tiga, gerakan perlawanan yang terorganisir diperlukan, ketika melakukan perlawanan terhadap penguasa atau pemimpin yang tak adil. Kemampuan berorganisasi amat diperlukan disini. Kekuatan jaringan, baik online maupun offline, amat penting untuk menunjang pergerakan. Semua bentuk perubahan sosial yang bermakna bagi hidup manusia, seperti hak-hak pekerja sampai dengan hak-hak kaum perempuan, lahir dari gerakan teroganisir melawan penguasa yang tak adil.


Tak Kenal Akhir
Ketidakadilan memiliki banyak wajah di dunia kita sekarang ini. Tak mungkinlah bagi kita untuk melawan semuanya. Kita hanya perlu memilih satu unsur ketidakadilan yang terjadi, dan melawannya secara konsisten.
Kita perlu membangun motivasi untuk diri sendiri, guna melakukan hal ini, sambil memperluas jaringan untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan. Di samping itu, kesadaran, bahwa perjuangan melawan ketidakadilan adalah proses yang tanpa akhir, juga amatlah diperlukan. Beberapa perjuangan menuntut banyak hal, dan bahkan berlangsung beberapa generasi. Perjuangan hak-hak kaum pekerja masih berlangsung terus, setelah lebih dari 100 tahun berlangsung.

Dewasa ini, perjuangan untuk mewujudkan keadilan sosial yang merata masih jauh dari selesai. Bisa juga dibilang, bahwa perjuangan melawan ketidakadilan adalah sebuah perjalanan yang tak pernah sampai tujuan. Seringkali, kita maju dua langkah, lalu mundur satu setengah langkah, bahkan tiga langkah. Seninya adalah dengan menikmati saat demi saat secara penuh, sambil menyadari, bahwa kita melakukan hal yang penting tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk orang lain. Harapannya sederhana: kehadiran kita di dunia ini bisa mengurangi jumlah ketidakadilan yang terjadi.

Lalu, generasi berikutnya pun bisa menempati dunia yang lebih adil…





sumber tulisan
bisa jadi ht tanpa komen...luar binasa emoticon-Wow


Spoiler for pertamax:






aturan alam udah paling adil....yaitu hukum rimba alias survival of the fittest

Quote:
dari wikipedia:

"Sintasan yang terbugar"[1] (bahasa Inggris: Survival of the fittest, "keberlangsungan hidup makhluk yang paling fit") adalah sebuah frasa dalam teori evolusi untuk menyebut mekanisme seleksi alam.

Frasa tersebut kini lebih sering digunakan dalam konteks lain, yaitu bahwa individu yang "bugar" (fit) lebih mungkin selamat menghadapi ujian daripada individu yang "tidak bugar" (tidak fit).

Dalam konteks ini, "fit" berarti "yang paling mudah beradaptasi dengan lingkungan masa kini," berbeda dengan arti 'fit' dan 'tidak fit' zaman sekarang.[butuh rujukan] Pemikiran ini tidak terkait dengan konsep kebugaran dalam biologi (yang artinya kesuksesan reproduksi) yang telah mengubah pandangan masyarakat mengenai makna frasa tersebut.

Menurut Darwin, frasa ini lebih baik didefinisikan sebagai "keberlangsungan (sintasan) suatu bentuk makhluk hidup yang akan meninggalkan sebanyak mungkin tiruan dirinya pada generasi selanjutnya."





mejeng dulu mumpung pejwan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hhendryz
bisa jadi ht tanpa komen...luar binasa emoticon-Wow


Kontenya luar binasa sih gan
Hallo para pejuang keadilan...
emoticon-Hai

>>>>>>> batas suci <<<<<<<
1.018 KASKUSer udah milih Adek jadi yg Paling Beken...
emoticon-Ultah

Berhadapan Ketidakadilan
Ciapa ceyanjutnia??? emoticon-Malu (S)

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...75d48f3d8b456e
Satu kata, LAWAN!
Saya jadikan HT emoticon-Big Grin
keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia :merdeka
#6 #6 #6 #6 #6
baca intronya

emoticon-Sorry

entah ya gan

mungkin banyak ketidak adilan karena tidak ada yang peduli pada korban

kmrn di Jakarta buruh demo minta gaji 3,9 jt

padahal di sisi lain masih banyak buruh yang dah banting tulang gajinya 1 jt, mungkin ada dibawahnya

kalo ane liat kayak gini, ane jadi merasa alasan dari semua ini karena korban tidak ada yang memperdulikannya

emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By hhendryz
bisa jadi ht tanpa komen...luar binasa emoticon-Wow


Spoiler for pertamax:






aturan alam udah paling adil....yaitu hukum rimba alias survival of the fittest






Momod tersembunyi mgkn bray emoticon-Matabelo
emoticon-Cendol Gan
masih sepi aja nih
balik ke hukum rimba aja gan
Semoga presiden dan para pejabat sadar akan perbuatannya yg merugikan rakyatemoticon-I Love Indonesia
mejeng di trit sepi namun bermanfaat emoticon-Cool
hate ginian masih sepiemoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By elnuan7
Satu kata, LAWAN!
Saya jadikan HT emoticon-Big Grin


jdi ingat tukul (bukan tukul porno) wkwwkwk
Quote:Original Posted By ahkazoros.23
emoticon-Cendol Gan


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
pagi ka emoticon-Smilie aku numpang share nih emoticon-Smilie, yg mau dptin Pulsa sama Voucher Listrik di Android , silahkan ka liat tutornya di trit aku emoticon-Smilie

https://kask.us/itwjF

di coba yahh ka emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ryan.manullang


jdi ingat tukul (bukan tukul porno) wkwwkwk

Wuasemm tukul porno emoticon-Leh Uga
Gembok dlu pke gembok canggih
Berhadapan Ketidakadilan