alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0141c3947868a2188b4568/mengenal-lebih-jauh-jenis-jenis-kereta-di-jepang
icon-hot-thread
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang

Jika kita ibaratkan, kereta adalah urat nadi transportasi di Jepang. Selain karena ongkos kereta terbilang murah, jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta di Jepang selalu tepat waktu. Bagi mereka yang sibuk, tentu ini adalah sebuah keuntungan.

Untuk kalian yang mau berkunjung atau tinggal di Jepang, tentu saja kereta akan menjadi transportasi utama untuk berpergian, loh. Walau pun ada beberapa daerah yang tidak terjamah oleh kereta, tapi kalian pasti akan menggunakan kereta sebagai mode transportasi yang utama.

Tau enggak gansis, kalau di Jepang ternyata jenis kereta enggak cuma 2 loh kaya di Indonesia. Jika di Indonesia hanya ada KA lokal dan KA untuk luar kota, tapi kalau di Jepang ada 4 jenis kereta. Kereta barang, kereta bawah tanah dan monorail tidak termasuk, ya, karena ini sudah berbeda stasiun dan fungsi. emoticon-Peace

Langsung aja, ya, kita ulas satu-persatu jenis kereta penumpang ini.

Quote:Kereta Biasa / Futsu / Wanman
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Sumber Gambar


Diurutan pertama ada kereta biasa. Kereta ini biasa disebut futsu densha atau kereta biasa. Kita juga bisa menyebut kereta ini dengan sebutan Wanman atau One Man kereta yang dikemudikan oleh satu masinis saja.

Biasanya kereta ini terdiri dari 3 rangkaian hingga 12 rangkaian. Bahkan jika kita berkunjung ke daerah pedesaan, maka kita bisa menemukan yang hanya memiliki 1 rangkaian saja. Banyaknya rangkaian ditentukan dari intensitas penumpang yang dilaluinya.

Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Sumber Gambar


Kereta ini akan berhenti disetiap stasiun yang dilaluinya dan tarifnya pun paling murah, loh. Tarif paling murah adalah 140 yen dengan jarak hanya 1 stasiun dan yang paling mahal bisa lebih 10.000 yen dengan jarak hokaido sampai ke osaka.
Gansis bisa menggunakan kereta ini jika ingin hemat, tapi kekurangan kereta ini adalah waktu tempuh yang terbilang lama dan kita juga terkadang harus pindah kereta jika. Misalnya agan dari Tokyo akan pergi ke Osaka dengan Kereta ini, waktu tempuhnya adalah sekitar 8 jam dan kita harus berpindah kereta sekitar 3-4 stasiun. Tapi kita hanya perlu membayar sekitar 8.000 yen saja.


Quote:Kereta Express
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Sumber Gambar


Kereta ini berada satu tingkat di atas kereta biasa atau futsu. Kereta ini hampir di masinisi oleh seorang masinis dan seorang kondektur di rangkaian paling belakang yang bertugas membuka/menutup pintu dan memberikan pengumuman.

Kelebihan kereta ini adalah kita tidak akan berhenti di setiap stasiun, tapi ada beberapa stasiun yang akan kita lewati begitu saja. Jangan senang dulu, gan, walau tidak berhenti di setiap stasiun, kereta ini terbilang masih cukup banyak stasiun pemberhentiannya. Mungkin jika dengan kereta futsu berbeda 15 sampai 30 menit.

Kereta ini juga bertarif sama dengan kereta futsu atau kereta biasa. Tidak ada tarif tambahan.


Quote:Kereta Limited Express
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Sumber Gambar


Jika di Indonesia, ini kereta kelas bisnis. Berbeda dengan kereta sebelumnya, kita wajib membeli tempat duduk dan sangat dilarang untuk berdiri seperti di kereta biasa. Di kereta ini pula ada yang namanya pengecekan tiket, jadi bagi agan yang kedapatan tidak memiliki tiket namun nekad naik ke kereta ini, siap-siap saja membayar uang denda yang lumayan.

Kereta ini tidak berhenti di setiap stasiun dan hanya berhenti di stasiun yang bisa dibilang besar serta intensitas penumpangnya cukup banyak. Dengan kereta ini, agan bisa menghemat waktu sekitar 1 hingga 2 jam ketimbang kereta biasa.

Dengan begitu juga, kita mesti membayar sekitar 1.000 sampai 2.000 yen untuk membeli tempat duduk di kereta jenis ini. Namun, dengan harga segitu, kita bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.



Quote:Kereta Shinkansen
Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Sumber Gambar


Dan kereta yang terakhir dalam list ini adalah kereta shinkansen. Kereta bullet train ini adalah kereta dengan harga tiket termahal loh, gansis, tapi kita juga bakal mendapatkan pengalaman lebih jika menaiki kereta ini. emoticon-Big Grin

Kereta ini berhenti hanya di stasiun yang besar yang memiliki peron khusus untuk shinkansen. Dari pengalaman TS, saat menggunakan shinkansen dari Osaka ke Tokyo, kereta ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja dan berhenti kurang dari 10 stasiun. Berbeda jauh bukan dengan kereta biasa yang membutuhkan waktu lebih dari 8 jam.

Untuk harganya sendiri, shinkansen ini terbilang unik. Jika kita memilih tempat duduk saat membeli tiket, maka kita akan dikenakan biaya yang lebih mahal dari pada kita memilih tempat duduk saat berada di kereta. Dengan tiket bebas tempat duduk, kita hanya membayar sekitar 12.000 yen dari Osaka ke Tokyo dan akan lebih mahal jika kita memilih tempat duduk saat membeli tiket.

Selain harganya yang unik, jika kita membeli tiket bebas tempat duduk, kita bebas memilih kereta Shinkansen yang akan kita tempati. Berbeda jika kita membeli tiket dengan tempat duduk yang mengharuskan kita menaiki kereta sesuai jadwal yang telah ditentukan.


Itulah ke empat jenis kereta yang bisa kita gunakan sebagai alat transportasi di Jepang. Kenapa kereta bawah tanah sama monorail enggak dibahas, gan? Soalnya kedua kereta itu hanya ada di kota tertentu saja, gansis, dan tidak mendukung transportasi antar kota antar provinsi. emoticon-Big Grin

Penulis : fadw.crtv
Referensi : Pengalaman Hidup TS

7/11/2017
Akhirnya HT juga trit Auto HT emoticon-Leh Uga

Spoiler for :
sinkasen paling unik bentuknya emoticon-Big Grin
waah,, nambah pengetahuan neh,, emoticon-Tepuk Tangan
Quote:Original Posted By iwan525252
sinkasen paling unik bentuknya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By colot_nay
waah,, nambah pengetahuan neh,, emoticon-Tepuk Tangan


Gambarnya pada muncul ngg sih? Dari tadi diedit ngg nongol2 emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By fadw.crtv
Gambarnya pada muncul ngg sih? Dari tadi diedit ngg nongol2 emoticon-Cape d...


nongol semua kok gan emoticon-Big Grin
Akhirnya trid bernilai 5k point di rilis juga..



emoticon-Wow


---

Keretanya keren2 ya Gan?
Itu kereta Hello Kitty ada yang bekas & gak kepake gak..? emoticon-Angel
Mau dong gerbongnya.. emoticon-Wowcantik
Lucu keknya kalo dibikin warung.. emoticon-Genit
Shikansen ngebut bgt emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By frontalbaby
Itu kereta Hello Kitty ada yang bekas & gak kepake gak..? emoticon-Angel
Mau dong gerbongnya.. emoticon-Wowcantik
Lucu keknya kalo dibikin warung.. emoticon-Genit


ga sekalian buat bisnis gerbong kosong gan emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit
Ane mau confess sesuatu gan, ane umur 30 tahun, dan belom sekalipun naik kereta emoticon-Malu
Kalo di Gambir modelnya itu2 aja...
emoticon-Hammer2

>>>>>>> batas suci <<<<<<<
967 KASKUSer udah milih Adek jadi yg Paling Beken...
emoticon-Ultah

Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Kereta Di Jepang
Ciapa ceyanjutnia??? emoticon-Malu (S)
kapan ya, kereta shinkansen di import kesini.
ane mau mudik naik kereta supercepat emoticon-Embarrassment



감사합니다
djoeragancendol
Quote:Original Posted By grhez
ga sekalian buat bisnis gerbong kosong gan emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit


Gerbong kosong buat apaan gan..?
Buat nganu yah..? emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By frontalbaby


Gerbong kosong buat apaan gan..?
Buat nganu yah..? emoticon-Betty (S)


kalau soal nganu nganuan mah langsung paham yaa emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit

Kok seperti ada yang nge bell negh emoticon-Traveller
Kereta dengan kecepatan mumpuni yang paling akhir di list threadnya di Indonesia kira-kira kapan punya yah Gan ? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By powerpunk
Akhirnya trid bernilai 5k point di rilis juga..



emoticon-Wow


---

Keretanya keren2 ya Gan?

Keren dan nyaman om, emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By frontalbaby
Itu kereta Hello Kitty ada yang bekas & gak kepake gak..? emoticon-Angel
Mau dong gerbongnya.. emoticon-Wowcantik
Lucu keknya kalo dibikin warung.. emoticon-Genit

Ke stasiun purwakarta aja sis, banyak gerbong ngg kepake di sana. emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By ssh4ndsom3
Shikansen ngebut bgt emoticon-Recommended Seller

Ngebut soalnya jarang berhenti emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By sofanzani
Ane mau confess sesuatu gan, ane umur 30 tahun, dan belom sekalipun naik kereta emoticon-Malu

Maklum, ngg ada kereta yang ke lembang emoticon-Wkwkwk

Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Kalo di Gambir modelnya itu2 aja...
emoticon-Hammer2

Di Indonesia itu model kereta biasa sih gan. Maklum modalnya kurang emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By djoeragancendol
kapan ya, kereta shinkansen di import kesini.
ane mau mudik naik kereta supercepat emoticon-Embarrassment



감사합니다
djoeragancendol

Naik kereta2an aja sampe muntah situ gan emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Agaz15
Kereta dengan kecepatan mumpuni yang paling akhir di list threadnya di Indonesia kira-kira kapan punya yah Gan ? emoticon-Bingung (S)

Entahlah gan, lebih baik jangan dulu emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By fadw.crtv
Keren dan nyaman om, emoticon-Embarrassment


Ke stasiun purwakarta aja sis, banyak gerbong ngg kepake di sana. emoticon-Leh Uga


Ngebut soalnya jarang berhenti emoticon-Ngakak (S)


Maklum, ngg ada kereta yang ke lembang emoticon-Wkwkwk


Di Indonesia itu model kereta biasa sih gan. Maklum modalnya kurang emoticon-Ngakak (S)


Naik kereta2an aja sampe muntah situ gan emoticon-Ngakak (S)


Entahlah gan, lebih baik jangan dulu emoticon-Ngakak (S)


sembarangan emoticon-Mad (S)
ane dah sering naik Senja Utama Solo Jakarta.
Naik Argo Dwipangga juga pernah
emoticon-Lempar Bata



감사합니다
djoeragancendol

Gemboked ya
kunci minta ama TS9


감사합니다
djoeragancendol