alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0130e9582b2ebc158b456e/inilah-8-tradisi-unik-yang-ada-di-indonesia-negara-lain-mana-punya
icon-hot-thread
Inilah 8 Tradisi Unik yang Ada di Indonesia. Negara Lain Mana Punya!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah


Inilah 8 Tradisi Unik yang Ada di Indonesia. Negara Lain Mana Punya!

Keberagaman budaya di Indonesia memang tidak perlu disangsikan lagi. Setiap etnik dan suku memiliki keunikan dan identitasnya sendiri-sendiri. Keunikannya, misalnya tampak dalam tradisi-tradisi yang dilakukan masyarakat pendukungnya. Dari yang aneh, mistis, sampai yang mengerikan, ada semua. Wuih, apa saja tuh? Pas banget nih. YuKepo sudah mengumpulkan informasi dari sana-sini spesial buat kamu. Yuk, cek delapan tradisi unik yang ada di Indonesia berikut ini.

Spoiler for 1. Tradisi kerik gigi di Kepulauan Mentawai:



Spoiler for 2. Tradisi batombe di Sumatera Barat:


Spoiler for 3. Tradisi parade tatung di Singkawang:


Spoiler for 4. Tradisi tiwah suku Dayak di Kalimantan Tengah:


Spoiler for 5. Tradisi brobosan di Jawa:



Spoiler for 6. Tradisi kebo-keboan di Banyuwangi:


Spoiler for 7. Tradisi pemakaman suku Minahasa zaman dahulu:


Spoiler for 8. Tradisi potong jari suku Dani di Papua:


Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Tergerus impor
Gagal pertamak,

edit: Tradisi Hane Zambaya  (potong jari) engga hanya dilakukan oleh suku Dani, ade suku lain di Papua yang melakukannya juga Moni misalnye. Ntu jari dipotong pake kapak ato parang beralaskan batu atau papan.
Ngeri bre emoticon-Takut
Tujuannye ya entu die untuk membuat arwah yang meninggal tetap tinggal di honai (rumah adat masyarakat papua)

Selain tradisi Hane Zambaya ada juga tradisi menyayat anggota tubuh bre, misalnya kening, tangan, paha, dsb. Orang sono meyakini darah kotor dalem tubuh harus dikeluarkan saat mengidap penyakit.

Ane sempet denger dari salah satu orang yang menyayat keningnya karena ntu orang sakit kepala, dan kalo kepalanya sakit lagi ntu kening disayat lagi bre katanya emoticon-Takut

Kalo ane sih ngeliat tradisi menyayat ini kek pengalihan rasa sakit bre. Jadi kalo orang itu sakit kepala, disayat dibagian kening, sakit kepalanya akan teralihkan ama sakit yang disababkan oleh sayatan itu.
Tradisi demo bersilid2 gak masuk bre? emoticon-Cool
Mulai berkurang sih yang masih menjalankan tradisi ini.
potong jari, ngeri bgt tradisinya
itu yg dipotong jari tangan apa jari kaki?
kalo misal keluarganya 11 orang, trus 10 meninggal, berarti 10 jari yang terpotong?
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
potong jari, ngeri bgt tradisinya
itu yg dipotong jari tangan apa jari kaki?
kalo misal keluarganya 11 orang, trus 10 meninggal, berarti 10 jari yang terpotong?


Jari tangan bre, tapi kalo untuk kaki ane kurang tau, karena ane ga nanya.
Semua jari tangan bisa dipotong kecuali ibu jari
Indonesia doang bre yang kek gini... emoticon-Leh Uga
Masa iya sih bre...? emoticon-Leh Uga
Lha ente ngga sadar...? Emang ente tinggal dimana...? emoticon-EEK!
Ane ya di Indonesia bre, dimana lagi... emoticon-Ngakak (S)
Lha harusnya ente sadar dong bre, gimana sih...? emoticon-Mad
Ente komen, komen aja bre ngga usah sewot... emoticon-Ngakak (S)
Wakwakwak... Bukan begitu bre, ente tinggal di Indo tapi kok ngga sadar lho ya... emoticon-Ngakak (S)
Bukannya ngga sadar bre, tau cuman ane pengen nya diem aja... emoticon-Big Grin
Ente penganut kata filosofis "Diem itu Emas" bre...? emoticon-Ngakak (S)
Iya bre, kenapa emang...? emoticon-Ngakak (S)
Buat ane "Diem itu Emas" itu makna nya kondisional bre... emoticon-Ngakak (S)
Wakwakwak... Halah diem ae lu, gembok sono... emoticon-Leh Uga
Oke deh bre... emoticon-Leh Uga