alexa-tracking

Merekam comic yang tampil tanpa ijin itu bisa merugikan comicnya. Kok bisa?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59f34349162ec2541e8b4570/merekam-comic-yang-tampil-tanpa-ijin-itu-bisa-merugikan-comicnya-kok-bisa
Merekam comic yang tampil tanpa ijin itu bisa merugikan comicnya. Kok bisa?
Tak bisa dipungkiri, banyak comic mendapat penghasilan dengan tampil standup di TV, off air ataupun bikin show sendiri.

Salah satu modal comic untuk membuat penonton tertawa adalah materinya & ngga sedikit comic, yang keberatan untuk direkam oleh penonton saat membawakan materi, baik di open mic, show sendiri ataupun job off air.

Terus, apa hubungannya? Kok merekam comic bisa merugikan comic tersebut? Yuk kita bahas satu-persatu.

*OPEN MIC*

Sedikit gambaran, open mic adalah ajang latian, sekali lagi, ajang latian, baik comic yang amatir maupun yang profesional untuk menguji materinya, biasanya di cafe & ngga berbayar, penonton ngga bayar & penampil open mic pun ngga dibayar.

Ya karena memang masih latihan, sudah pasti ada banyak comic, termasuk gw, yang ngga lucu, ngeblank, ngga hafal materi, bawa contekan ke atas panggung dan lain-lain, yang intinya masih banyak kekurangan.

Bisa dibayangin, saat masih berantakan, eh ada yang ngerekam & ngupload videonya ke yutub, maka yang nonton akan bilang comic tadi ngga bagus & dicap ngga lucu, bukan ngga mungkin, misalnya ada orang yang mau ngundang comic tadi bisa mengurungkan niatnya, ya karena diliatnya ngga lucu, ngga hapal materi, nyontek dll, padahal itu masih latihan.

Sampe sini ngerti ya...

Nah, kalo pas latihan udah lucu, penonton boleh ngerekam & ngupload ke yutub ngga?
ENGGAK !!! Karena gw latian & bikin materi adalah untuk show & job yang berbayar, jadi gw bisa punya duit, buat beli beras, buat bayar listrik & buat nyawer penyanyi dangdut.
Tapi kalo ada yang mau bayar untuk ngerekam & ditaro yutub, itu lain cerita.

Pernah kejadian, beberapa hari sebelum tampil di sebuah sekolah, panitianya nanya: kak, nanti ngga ngulang materi ini lagi kan?

Trus dia ngasih liat video, ada gw lagi open mic, latian dengan materi baru. Ya benar, materinya benar-benar baru, yang belom pernah dibawain dimanapun selain di open mic.

Materinya lucu kak, tapi pas besok tampil jangan bawa materi ini lagi ya kak, karena teman2 & guru2 udah tau semua, jadi maunya nanti kami nonton materi kakak yang baru lagi.

Belakangan gw tau, ternyata ada anak dari sekolah tadi, pernah nonton gw pas latian di kafe, trus dia ngerekam tanpa ijin & disebar ke temen2 sekolahnya.

PAKINGSIT !!!!!!
Gw nulis & bikin materi setengah mati, sampe begadang2, latian hampir tiap malem, eh pas materinya mau dibawain malah ngga boleh. Ingin lidahku ini berkata kasar !!!!!!

Gara-gara anak yang ngerekam tadi, materi baru gw yang harusnya bersifat 'RAHASIA' eh malah dibocorin & disebar, kan jadi pusing pala barbie !
Pilihannya cuma 2, gw harus bikin materi yang lebih baru, atau tetap pake materi tadi, dengan resiko penonton udah tau semua.

Gw ambil pilihan kedua, bodo amatlah, gw ga peduli biarpun penonton udah tau. Ya gimana? Karena ngga mungkin gw bisa bikin materi lucu dalam 2 hari, apalagi durasinya 20 menit !
Gara2 ada yang ngerekam tanpa ijin & disebar, jadi berantakan ni semuanya ! PLR

Mungkin anak yang ngerekam tadi ngga bermaksud apa2, mirip orang yang ngerekam film bioskop di instastory, cuma ingin pamer atau apalah itu, tapi efeknya sangat merugikan orang lain.

*SPESIAL SHOW & OFF AIR*

Banyak comic yang membuat spesial show, bahkan tour standup di banyak kota, nah misalnya saat tampil di kota pertama, ada penonton yang merekam trus diupload ke yutub, maka si comic akan rugi & dia akan kesulitan ngejual tiket show di kota-kota berikutnya.
Lho kenapa? Ya karena materi yang akan dibawain, yang harusnya bersifat 'RAHASIA' tapi udah bocor ke publik duluan & udah pasti bisa mengurangi minat orang untuk nonton & membeli tiketnya. Mungkin sebagian orang akan beranggapan: Ya ngapain datang & bayar, toh isinya sama aja dengan di yutub !

Dari sekian banyak comic yang bikin show spesial, ngga sedikit yang menjual video shownya dalam bentuk DVD, nah kalo penampilan dia saat show tadi udah bocor di publik, DVD nya ngga laku, karena udah bisa dinikmati orang banyak tanpa beli DVD nya, padahal si comic tadi berkorban waktu, tenaga, pikiran, uang dan lain-lain, eh tiba-tiba dirusak & karyanya dibajak orang yang ngga bertanggung jawab.

Kan gw bayar, kok ga boleh ngerekam? Kurang lebih sama saat nonton bioskop, kita memang bayar, tapi bayar untuk nonton, bukan untuk ngerekam filmnya. Karena yang berhak nonton & tau isi film adalah orang yang beli tiket & datang ke bioskop, jadi kalo ada yang ngerekam trus ditaro yutub, orang malah nonton di yutub, dan pasti merugikan pengelola bioskop & produser yang udah keluar duit untuk bikin film tersebut.

*TV*

Kok di TV boleh direkam & disiarin tapi comicnya ngga keberatan? Ya pasti boleh, pertama karena comicnya dibayar & kedua, karena TV adalah ajang promosi ‘jual diri’ pada ribuan, bahkan jutaan penonton di luar sana.

Materi yang udah tayang di TV, biasanya akan muncul juga di website / akun yutub milik stasiun TV tersebut, ya karena TV tadi yang bayar, maka cuma stasiun TV tadi yang berhak menyebarkannya, jadi jangan heran kalo saat suting/ taping, orang stasiun TV nya akan melarang keras penonton untuk merekam.

Bekasi, 16 Oktober 2017

*BONUS TULISAN*

Sombong lu gamau direkam, sok ngartis, nyuruh-nyuruh matiin kamera, kaya pemain termehek-mehek ! Kurang lebih, inilah kata-kata yang keluar dari mulut orang-orang yang merekam tapi dilarang.

Gini deh, misalnya kalian lagi kerja, lagi makan, lagi bercinta atau lagi apapun itu, eh ada orang, gatau siapa, maen rekam-rekam aja tanpa ijin, gw yakin kalian akan keganggu.
Nah misalnya yang ngerekam tadi bilang, ah elah sok ngartis banget lu, gw yakin kalian tetap ngga akan terima.

Ada juga yang pas ngerekam tanpa ijin, pas ditanya, alasannya untuk koleksi pribadi. Gini, misalnya kalian punya pacar & dia sedang beraktivitas, trus ada yang merekam tanpa ijin dengan alasan buat koleksi pribadi gimana? Gw sih marah, gatau kalo yang laen.

Berbeda dengan anak band, yang gada masalah kalo bawain lagu yang sama berkali-kali, tapi kalo comic bawain materi yang itu-itu lagi, penontonnya pasti bete.
Mana comic kalo lupa materi gabisa ngasih mic ke penonton, trus kalo galucu, gabisa tek-tokan sama temennya, karena dia di panggung sendirian emoticon-Frown

Kalo gw punya band, dengan senang hati gw persilakan penonton untuk merekam & nyebarin ke seantero jagad, tujuannya ya biar band gw dikenal orang sebanyak mungkin & lagu gw dinyanyiin dimana-mana, kaya lagu despacito & lagu sayangnya Via Valen.

Tapi semua balik lagi ke orangnya, kalo emang mau ngerekam ya gada salahnya ijin dulu, kalo orangnya boleh direkam & tidak keberatan untuk disebar ya silakan, tapi kalo dia keberatan & ngga mau direkam ya jangan dipaksa.

Terima kasih.

Penulis adalah seorang anak yatim, yang ngga lucu-lucu amat tapi terlahir tampan
image-url-apps
ah, kalo gt ane batal deh jadi comic. Ribet. Miara babi aja deh...
image-url-apps
menurut gua ada lagi alasan kenapa comic yang tampil gak mau direkam, yaitu karena materi yang dia bawakan sangat sensitif yang kalo dikonsumsi penonton umum yang gak open minded, bisa menimbulkan kehebohan. Biasanya ini ada di special show sih. Kaya show "religion issue" yang di jakbar tahun lalu misalkan, kalo sampe ada di youtube bisa heboh... sisanya gua setuju sih sama ente gan... emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
kalo untuk materi tv mah dipilih yang aman, jadi si komika ndak masalah kalo direkam emoticon-Big Grin
image-url-apps
susah kl apa2 sudah berurusan dg yusup duluan..
image-url-apps
Terima nasib tinggal di negeri ini yg cuma teori perlindungan hak cipta tapi gak bisa direalisasikn dgn baikemoticon-Ngakak emoticon-Wow
image-url-apps
Solusi simpel dan mudah, bikin aggrements dengan penyewa bahwa ente menetapkan no recording policy, dan kalo semisal nya ada yg ngerekam ente punya hak 100 persen buat drop mike dan balik kanan.
lagian nonton pake ngerekam segala, katro ah

SUABUAR GUANS
image-url-apps
hbbihyfrdcbvt unnin
×