alexa-tracking

Bagaimana Menurut Pandangan Agan - Agan tentang Seni Tari Jathilan ( kuda Lumping )

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59f2f2d396bde641598b4568/bagaimana-menurut-pandangan-agan---agan-tentang-seni-tari-jathilan--kuda-lumping
Poll: Pernahkah Menonton JATHILAN, dan Berapa sering Menontonya? Apakah AGAN SUKA Kesenian
Pernah 75.00% (3 votes)
tidak suka 0% (0 votes)
sangat suka 25.00% (1 votes)
Video & Image 
Bagaimana Menurut Pandangan Agan - Agan tentang Seni Tari Jathilan ( kuda Lumping )
Bagaimana Menurut Pandangan Agan - Agan tentang Seni Tari Jathilan ( kuda Lumping )


Menurut Agan & Sista seni tari Jathilan bagaimana ?
Pernahkah Agan & Sista Melihat Kesenian Jathilan ?
Apakah Agan & Sista menyukai kesenian Jathilan ?
Apakah ada Alur Cerita di dalam tarian JATHILAN ?

Bebarapa bulan terakhir ini seni tari JATHILAN khususnya di wilayah jogja sangatlah banyak di minati oleh masyarakat. Yang jadi pertanyaanku, kenapa di daerah perkotaan jarang ya adanya kesenian Jathilan dan kebanyakan kesenian tersebut di adakan di daerah pedesaan. Kalau di Jogja pada acara - acara tertentu JATHILAN pasti ada. Berikut Vidio hasil jepretan tentang bagaimanakah kesenian JATHILAN beraksi.

Kalau menurut aku, Kesenian Jathilan memanglah SERU dan Harus di Budayakan.



kalau di malang skrg lagi booming bantengan gan. mulai anak2 sampai orang dewasa. kalau pagi (hari tertentu) bau menyan ini di kampung wkwkwkw
Tari kuda lumping atau Jathilan.
sebetulnya itu tarian perang.
Di luar negri atau suku lain punya tarian perang.
nah ini untuk membakar semangat tentara jawa pada masa itu.
lambat laun menjadi sebuah budaya.
emoticon-Shakehand2
saya main ada di akun yutub room 401
di desa ane masih banyak, beragam padepokan. ada bantengan, kuda lumping, singa barong, kidalan. yang seru kidalan gan.. di suit suit in ngejar sambil mukul2 in kepala kidal. kadang ada yang bawa pohon pisang trus pohon salak yang banyak durinya.. seru dah. btw ane di malang
Dulu waktu ane masih kecil di kampung banyak gan tarian kuda lumping, pasti kalo ada bunyi pecut langsung pada ngumpul warga ke lapangan buat nonton, ada yg makan beling lah dll. ane dulu sempet pengen nyoba makan beling gara-gara nonton bgituanemoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
tapi sekarang udah jarang banget gatau kenapa, entah karna sedikit peminat nya atau memang gaada generasi penerusnya dari yang terdahulu
semoga tetap lestari tarian khasnya gan... nice Thread...
waow jaman kecil dulu paling smangat nonton jatilan gan... slain itu ada judi gluduknya wkkk
ane orang malang gan. sekarang di malang ada 2 aliran kuda lumping yaitu kidalan dan pegon.
kidalan itu adalah aliran kuda lumping yang sangat ekstrim menurut ane. karena beberapa orang atau anggota kuda lumping tersebut harus melakukan ritual dan harus mempunyai pegangan ghoib sendiri yang akan di kendalikan oleh pawang. tidak heran juga kalau aliran kidalan itu juga menakutkan dan bikin jantung deg deg'an gan. banyak grup kuda lumping di malang yang memakai aliran kidalan dan rata rata itu memang grup tersebut berada di desa kidal kecamatan tumpang. salah satu grup yang terkenal saat ini adalah gayatri rojokoyo gan. sudah ada banyak di channel youtube gan kalau agan sekalian penasaran. ane sendiri adalah orang tumpang yang tau banyak tentang aliran kidalan ini gan.
tapi kalau aliran pegon ane gak tau sama sekali gan. pernah ane nonton itu seru juga. aliran pegon menurut ane lebih lembut gan gerakannya dan lebih bisa dinikmati gan. kalau ane bilang sih santai tapi seru. bagus deh pokoknya.
masing-masing aliran mempunyai cara sendiri gan dalam ritualnya.
Pollingnya itu zzztt. Ane suka tp g pakai sangat. Kalau dibilang pernah, sekarang masih.

Dulu waktu masih bocah, ane sering nonton ini. Kalau dibilang kenapa suka, kaga tau. Mungkin karna itu pertunjukan yang masih lumayan sering ada akses buat bisa ane liat. Pertunjukan yg emang ditujukan buat menghibur, dan he'eh kalau liat pemainnya pada debus makan beling sama ngupas kelapa bikin grr, "begimane rasanya coba?"
Ane juga suka wayang tapi sayang ane kaga ngerti apa yg diomingin, ga ditayaing pakai .srt soalnya. Tapi karna ini pertujukannya malem, jadi ane juga jarang nonton. Sori oot.

Menarik gan.. Dikota ane sudah jarang ada.. Tp diwilayah kabupaten masih banyak. Terutama yg di daerah pegunungan. Malah biasanya kalo ada event bisa barengan ditampilkan, antara kuda lumping, reog, bantengan, ama barongsai