solihinzailanjAvatar border
TS
solihinzailanj
Ternyata Pengusaha Kuliner Indonesia Sangat Kreatif.!!!


Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa, alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.
Target pasar yang menggiurkan dari bisnis kuliner ini adalah para wisatawan. Yaap, salah satu potensi paling besar keberhasilannya adalah jika usaha tersebut kita buka ditempat wisata dan tentunya dengan modal yang tidak begitu besar, kita sudah bisa mengembangkan usaha kuliner yang sesuai dengan modal kita ya.
Lalu, jika usaha yang kita inginkan sudah berdiri, barulah kita melangkah dalam strategi usaha kita. Adapun secara umum berikut strategi yang biasa dilakukan oleh para pengusaha kuliner :
1. Lokasi Usaha
Lokasi menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda, dengan lokasi yang strategis maka warung makan anda akan mudah menemukan banyak pelanggan. Contoh lokasi yang paling strategis ialah dekat jalan raya, dekat pasar/pertokoan dan dan dekat keramaian.

2. Lakukan Riset
Riset sangat perlu di lakukan sebelum memulai usaha kuliner, anda bisa melakukan riset seperti mencari tahu jenis makanan apa yang paling di sukai orang, makanan apa yang belum terjual di sekitar lokasi usaha anda dan lain sebagainya.

3. Terapkan Hasil Riset
Apabila anda sudah melakukan riset maka selanjutnya yang harus anda lakukan ialah menerapkan hasil dari riset tersebut ke dalam usaha anda. Misalnya saja apabila di daerah tersebut makanan yang paling di sukai adalah sate kambing, namun hingga sekarang belum ada warung makan yang menjual sate kambing, nah dengan demikian anda bisa memulai usaha kuliner sate kambing.

4. Tentukan Harga
Apabila anda membuka usaha di lokasi dengan persaiangan usaha kuliner yang tinggi maka anda harus pintar dalam menentukan harga dari setiap makanan yang anda jual. Usahakan menjual makanan dengan harga yang lebih murah namun dengan cita rasa yang lebih baik.

5. Pelajari Kesuksesan Pesaing
Apabila anda seorang yang acuh dengan kesuksesan orang lain maka buanglah sikap acuh tersebut. Mulai sekarang anda harus berani mempelajari apa yang membuat pesaing anda sukses, mulai dari lokasi, tempat usaha, pelayan, kebersihan dan juga harga jualnya. Dengan mempelajari itu semua minimal anda bisa memetik nilai positif yang bisa anda terapkan ke usaha kuliner anda.

6. Fasilitas Yang Baik
Sebuah warung makan/restoran di katakan baik apabila memiliki fasilitas yang menunjang kepuasan pelanggan. Fasilitas seperti kamar mandi, kipas angin, meja dan kursi yang baik akan membuat pelanggan nyaman berlama-lama di tempat anda.

7. Utamakan Kepuasan Pelanggan
Banyak hal yang bisa anda lakukan agar pelanggan merasa puas makan di tempat anda, apabila pelanggan sudah puas dengan peyanan yang anda berikan maka tidak menutup kemungkinan di hari esok pelanggan akan berkunjung kembali dan menjadi pelangga tetap.

8. Jaga Kebersihan Tempat Usaha
Berbeda dengan usaha lain, usaha kuliner menuntut kebersihan dari segala aspek mulai dari makanan di buat, disajikan kepada pelanggan hingga sisa-sisa makanan itu sendiri. Pastikan kebersihan menjadi prioritas di tempat anda, berikan arahan kepada bawahan anda untuk menjaga kebersihan.

9. Buat Jam Opreasional Tetap
Pelanggan lebih menyukai warung makan yang memiliki jam buka-tutup yang tetap, karena pelanggan tahu kapan bisa makan di warung makan tersebut tanpa harus kecewa dan pulang karena warung makan tutup. Jadi buatlah jam operasional yang tetap dan patenkan, semua demi kemajuan usaha anda.

10. Lakukan Peningkatan dan Jangan Lupa Promosi
Apabila warung makan anda sudah mengalami peningkatan dari segi pengunjung maka anda harus melakukan peningkatan seperti memperbesar lokasi usaha, membuka cabang baru dan juga menambah variasai makanan. Jangan lupa juga untuk menambah jumlah karyawan agar tidak kwalahan. Dan yang terpenting lakukan promosi baik melalui cara sederhana seperti membagikan brosur, memberi potongan harga atau bahkan melalui jejaring sosial.

Namun, sangking banyaknya usaha kuliner di Indonesia, menuntut para pengusaha kuliner untuk lebih kreatif agar mampu bersaing dalam menjalankan bisnis kuliner tersebut. Berikut ide yang kreatif dalam memberikan nama usaha kuliner, sehingga membuat konsumen ketawa dan penasaran apa yang menjadi keunikan dari usaha kuliner tersebut.
1.Ala Smartphone BlackBerry


2. Oh ada Mie ayam Ternyata


3. Starbak Kopi


4. Kepanjangan dari BCA ini ternyata.


5. Ini yang makan bukan roh halus disni gan


6. Warung banyak toliet biar gak susah kalau sakit perut.


7. Ala - ala Liverpool


8. Yang lagi Patah Hati Bisa jadi Menu Bakso.


9.Nah tu naruto pernah ke Indonesia cuma numpang makan di warung


10. Karena patah hati bisa jadi sebuah angkringan


11. Bukan cuma naruto power ranges juga pernah ke Indonesia buat numpang makan


12. Nah, kalau ngambek mending pulang tu artinya


13. Ala - Ala Yahoo gituan lah ya.


Lalu bagaimana dengan nama usaha anda saat ini, sudah seunik dan skreatif mereka para pengusaha, yuk silahkan komentar nama usaha anda saat ini. Biar anda termasuk golongan orang kreatif. hahahahaha
0
27.6K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan