alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59de10e7162ec265488b456c/mau-poligami-baca-ini-dulu-deh-gan
icon-hot-thread
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Hallooooo...!
emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Selamat datang di thread ane gan emoticon-Wowcantik Kali ini ane mau ngebahas POLIGAMI lagi. Setelah kemarin ane menjelaskan soal perjuangan seorang wanita, perjuangan seorang istri sih ya lebih tepatnya, dan minta pendapat dan polling agan semua soal keinginan poligami, seperti di thread ane yang ini :
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan! POLIGAMI? Kalau Agan Setia dengan 1 Pasangan atau mau Poligami? Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Kali ini ane mau ngasih tau, kalau POLIGAMI itu gak selamanya "menyiksa" atau "menyengsarakan" kaum hawa. Ada juga POLIGAMI yang tetap bikin happy. Jika agan sudah berhasil menerapkan syarat-syarat POLIGAMI ini tentunya.
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Apa aja sih syarat POLIGAMI?

Gak perlu ane yang cetek ilmunya ini jlasin lagi lah ya. Agan dan sista semua pasti udah pada lebih dalam ilmu dan pemahamannya soal agama dibandingkan ane yang awam dan hanya modal browsing dan baca di google atau jurnal-jurnal online emoticon-Malu (S) Tapi nih ane kasih tau lagi.. Iya, syarat ngasih informasi kan kudu gitu, biar lengkap info dari ane, nih simak ya 5 syarat POLIGAMI dalam Islam dan dalilnya.
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: emberMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Quote:Allah subhanahu wa taala berfirman dalam surat An Nisaa’ yang artinya:

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.”(QS. An Nisaa: 3)

Ayat diatas menerangkan secara jelas bahwa Allah Ta’ala membolehkan seorang pria untuk berpoligami. Hal ini bahkan diperkuat dengan adanya praktek poligami yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hukum poligami adalah islam diperbolehkan. Tapi poligami tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan harus sesuai syariat agama. Nah, berikut ini beberapa syarat poligami dalam islam beserta dalilnya.
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
  1. Jumlah istri paling banyak 4 orang
    Berdasarkan syariat agama, poligami hanya boleh dilakukan sebanyak 4 kali, tidak lebih dari itu. Pendapat ini didasari oleh firman Allah SWT:
    “Maka berkahwinlah dengan sesiapa yang kamu ber-kenan dari perempuan-perempuan (lain): dua, tiga atau empat.” (QS an-Nisaa’: 3)

    Tujuan poligami sendiri ialah semata-mata untuk membantu wanita-wanita yang belum menikah, wanita tak mampu, atau janda agar ada seseorang yang menafkahi. Sebab menikah dianggap dapat menaikkan kedudukan seorang wanita. Menikah juga mempermudah wanita untuk masuk surga. Maka dari itu, Allah SWT memperbolehkan para pria berpoligami. Namun Allah membantasi jumlahnya, karena Allah tahu bahwa poligami itu sulit bagi pria. Sedikit saja pria berlaku tak adil terhadap istri-istrinya, maka perbuatannya bisa menjerumuskannya ke dalam neraka. Maka itu, cukup empat orang istri saja. Inget gan, cukup 4 saja! Jangan nambah lagi ya emoticon-Amazed

  2. Mampu berlaku adil terhadap semua istri
    “Kemudian jika kamu bimbang tidak dapat berlaku adil (di antara isteri-isteri kamu), maka (kahwinlah dengan) seorang sahaja, atau (pakailah) hamba-hamba perempuan yang kaumiliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat (untuk mencegah) supaya kamu tidak melakukan kezaliman.” (QS an-Nisaa’:3)

    Syarat poligami menurut islam yang selanjutnya yakni suami harus bisa berlaku adil terhadap istri-istrinya. Adil disini meliputi banyak hal, termasuk dalam nafkah lahir dan batin. Apabila suami membelikan istri pertama rumah, maka istri kedua juga harus dibelikan rumah. Dalam memberikan rasa kasih sayang (termasuk kebutuhan seksual) kadarnya harus sama. Sebaiknya atur jadwal menginap dengan musyawarah terlebih dahulu. Semisal menginap di rumah istri pertama 3 hari, maka di rumah istri kedua juga 3 hari. Selain itu, suami juga perlu memperhatikan pendidikan dan kebutuhan sandang pangan semua anak-anaknya. Jadi harus benar-benar adil ya gan, jangan nginep di rumah bini muda mulu, mentang-mentang masih anget-angetnya emoticon-Shutup

  3. Tidak melupakan ibadah kepada Allah SWT
    Terkadang ketika seorang pria memiliki banyak istri dan keturunan, mereka lantas melupakan ibadahnya. Mereka terlalu sibuk bekerja menafkahi keluarga. Terlalu sibuk bersenang-senang dengan istri dan anak-anaknya, kemudian saling berbangga diri hingga melalaikan Allah Ta’ala. Seolah-seolah mereka hidup di dunia selamanya. Berhati-hatilah. Jangan sampai kenikmatan dunia melupakanmu dari akhirat. Allah subhanahu wa taala berfirman:

    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Munafiqun: 9)

    “Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah terhadap mereka. Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Ath-Thaghabun:14)

    Niatkanlah menikah untuk ibadah kepada Allah, bukan sebagai ajang pelampiasan nafsu semata. Dengan demikian, insya Allah kehidupan rumah tangga insya Allah bisa menjadi lebih berkah dan terhindar dari keburukan dunia.

  4. Dilarang berpoligami dengan dua wanita yang bersaudara
    Dalam melakukan poligami, sebaiknya pilihlah istri-istri dari keturunan yang berbeda-beda. Pernikahan yang dilakukan terhadap dua wanita yang masih memiliki hubungan darah erat (misalnya saudara atau bibi) tidak diperbolehkan dalam islam. Allah subhanahu wa taala berfirman:
    “(Diharamkan atas kamu) menghimpunkan (dalam perkimpoian) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (An-Nisaa’:23)

  5. Mampu menjaga kehormatan istri-istrinya
    Seorang suami memiliki kewajiban membimbing dan mendidik istrinya untuk hidup di jalan yang lurus sesuai syariat agama. Sebab suami adalah pemimpin keluarga. Apabila ia membiarkan istrinya bersikap bebas dan bermaksiat, maka suami pun juga ikut berdosa. Tak peduli seberapa banyak istrinya, entah itu satu, dua, tiga atau empat, semuanya harus bisa dididik secara benar. Sebagaimana firman Allah Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran:

    “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (At-Tahrim: 6)

    “Perintahakanlah keluargamu untuk melaksanakan shalat dan bersabarlah dalam menegakkannya.” (AQ. Thaha: 132).
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: emberMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Nah!! Dari penjelasan di atas, ternyata ada loh gan contoh keluarga yang sudah menjalani POLIGAMI dengan sukses dan membahagiakan, tanpa menyakiti satu sama lainnya.
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Siapakah dia?

Taraaaaaaaaaaa..!!!!
Ustad Arifin Ilham
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!Gambar dari gugelMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Inilah salah satu sosok ustad yang berhasil menjalankan POLIGAMI dengan semua syaratnya. Ustad Arifin Ilham punya cara tersendiri untuk bahagiakan ketiga bidadarinya. Bahkan doi juga romatis loh gan emoticon-Malu (S) Seperti apa keromantisan Ustad Arifin Ilham?
Ceki ceki di bawah sini yuk!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
1. Berkuda
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: facebookMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Ustad Arifin Ilham sering mengajak para istrinya berkuda, para istrinya inget gan pakai para yang artinya jamak, lebih dari satu. Ane sih lihat dari rekaman video yang diunggah para istri di akun facebook mereka, terlihat bahwa bidadari-bidadari dari Ustadz Arifin Ilham sudah cukup baik belajar teknik menunggangi kuda. Bahkan istri pertama sang ustad sudah bisa menyeimbangkan badan ketika berbelok. Sementara istri kedua tampak menemani ketika sang ustad berlatih berkuda.

Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
2. Memanah
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: facebookMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Kegiatan memanah juga sering dilakukan Arifin Ilham dan ketiga istrinya. Dalam video dan foto yang beredar terlihat bidadari satu dan bidadari kedua sang ustad sudah mahir mainkan busur dan anak panah untuk membidik sasaran. Terlihat Ustadz Arifin tampak sabar mengajari teknik memanah, para istri tampak bergantian bersanding dengan pendakwah kondang itu.

Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
3. Ibadah Puasa Sunnah
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Selain latihan memanah dan berkuda, tiga bidadati Ustadz Arifin Ilham juga kerap lakukan ibadah bareng. Dalam sebuah potret terlihat ketiganya kompak jalankan ibadah puasa sunnah Senin Kamis bersama-sama. Tiga wanita bercadar itu bahkan kerap lakukan buka puasa bersama dengan suami tercinta mereka, Ustadz Arifin Ilham.

Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
4. Kajian Bareng
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: IGMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Selain beribadah bersama, tiga istri Ustadz Arifin juga kerap dihadirkan bersama-sama dalam sebuah kajian agama. Pada sebuah video, Ustadz Arifin Ilham tampak membagi ilmu dan berdakwah di depan ketiga bidadarinya tentang pilar-pilar rumah tangga agar sakinah, mawadah dan warahmah. Tiga istri tampak duduk tenang dan mendengarkan suami mereka memberikan kajian ilmu agama.

Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
5. Jalan-jalan Bareng
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!
Mau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!source: emberMau POLIGAMI? Baca Ini Dulu Deh Gan!

Selain lakukan kajian agama bersama, Ustadz Arifin Ilham juga kerap jalan-jalan dengan membawa tiga istrinya, inget gan bawa tiga-tiganya loh ya. Dalam sebuah foto tampak, Ustadz Arifin menyantap sajian makanan khas Jepang bersama ketiga istrinya. Ustadz Arifin tampak gak canggung duduk satu meja dengan tiga istrinya di tempat umum dan makan bersama.


Jadi begitu gan. Mungkin Ustadz Arifin Ilham bisa jadi salah-satu panutan buat agan yang berpoligami. Monggo koreksinya, pasti tulisan ane banyak banget kurangnya. emoticon-Maaf Aganwati
Sekian thread dari ane.
emoticon-Maaf Aganwati
BHAYYY!!!
Komentar para kaskuser :

Quote:Original Posted By easy101st
kalau menurut ane sih poligami gak pantes dilakukan,kalau memang berniat menafkahi janda yah silahkan dilakukan entah itu lewat amal atau bantuan sosial..
peraturan poligami itu terbentuk dijaman dahulu yg mana perang dan konflik itu bagian dari hidup sehari2..jadi dibutuhkan pria untuk mendampingi wanita dan kalo pria mendampingi wanita tanpa status buat orang jaman dahulu kala taboo banget..
tapi ini abad 21..
membantu seseorang gak harus dengan imbalan ranjang..kalau memang mau membantu tanpa ada ikatan yah secara meteril atau bisa menggalang dana/donatur
gak make sense buat peraturan itu di tetapin juga di abad 21..belum lagi gerakan feminisme yg makin berkembang..dmn wanita dan lelaki udah sejajar di kehidupan sosial
jadi menurut ane poligami di jaman sekarang adalah hal yg sepatutnya gak dilakukan..
simple aja sebenarnya,,ditanyain aja cowo yg berpoligaminya ..mau gak di duakan?
jgn jadikan wanita sebagai objek..




Quote:Original Posted By bopaknisme99
Yup gan apandangan ente ada btulnya jg..

Jd tiap individu memang silahkan berlomba2 dlm kebajikan apapun.. spt yg ente bilang di atas..

Dan mungkin ada bbrpa individu yg memang istiqomah ibadahnya dan mngkn semua ibadah yg ente urai sdh dijalankan (hanya Allah yg tau) sehingga mau tambah lg kebajikannya kan qta komentator ni tdk tahu persis semuanya toh..

Lg2 sepakat sm ente kite2 ni yg msh kurang ilmu agamanya ya trmasuk ane.. it is better jika memperdalam ilmu dan amalan drpd menghujat ibadah org yg kita ndak tahu org yg qt hujat krn berpoligami trnyata sedekah nya lbh bnyak dr qt yg mencibir

Haji ny lbh bnyk sr qt yg mngkn blm prnh haji

Sholat malam nya teratur drpd qta yg adsqn subuh aja msh molor

Santunan fakir miskin nya jutaan bahkan milyaran drpd qt yg seratus ribu udh bangga

Sungguh qt merugi gan..

Semoga kebaikan utk qta semua..




Quote:Original Posted By bopaknisme99
Menarik nih.. mdh2an ente muslim jd sekira bs memahami ya tp klo bukan yaudah end aja g perlu diterusin diskusinya yee..

Klo quote itu ditujukan ke kita2 nih yg ilmu agama Islam nya msh cetek ane setuju, krn poligami ni sunnah yg berat, ya sesuai yg diutarakan TS dgn berbagai dalil nya.. kite kudu adli paripurna.. sanggup secara zohir batin..bs menyempurnakan agama istri.. kayak ustadz bs mimpin kajian.. istiqomah ibadah dll..

Lah klo kite2 ni yg adzan aja msh entar2an ke masjid.. boro2 dah ngerti sunnah.. ucug2 mikir poligami duh gmn gtu rasanya asa kurang pantas gtu..

Jd memang di Islam ndak sembarangan ya poligami.. jd please buat agama lain jg jgnlah mencibir.. apalagi yg gak paham cuma ikut2an klo agama situ dicibir jg psti gak menyenangkan ya.. jd saling menghargai aja.. buat yg Islam terutama cewek jgn trlalu anti jg gimanapun ni sunnah.. pahami dlu dalil nya poligami ni bukan soal kimpoi/syahwat belaka tp dibalik itu ada nilai ibadah yg tinggi.

No offense ya..

Btw nice thread TS ane bantu 5 stars



Quote:Original Posted By kruingputih2
Sorry pak, aye gak sependapat sama ente. Aye gak ngebahas tinggi-rendah-dalam-dangkal ilmu agama mereka (karena hanya Allah swt yg berhak dgn adil dan bijaksana menilainya).
Apakah menyantuni janda itu harus dengan menikahi?
Apakah sudah sangat banyak orang yg dibantu utk berhaji dengan dilapangkan rezeki mereka (para pria yg berpoligami) oleh Allah swt?
Apakah sudah sangat banyak anak yatim piatu yg merek hidupi?
Apakah warga (kaum muslimin) disekitar mereka tinggal sudah tidak ada yg fakir lagi miskin?
Apakah sudah tidak ada lagi masjid, mushola, lembaga pendidikan islam yg membutuhkan biaya utk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya?

Apakah tidak cukup kriteria seorang Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy'arie dijadikan contoh

Aye cuma muslim yg kurang pintar bersyukur dan sangat2 dangkal ilmu agamanya.


Kalau pakai cadar cara makannya bijimana ?
Ada yg punya video tutorialnya ?


Kenapa gak latihan menembak aja ya kog selalu anr lihat panahan sama berkuda mulu?







Ts cewek...? sini kimpoi lari sama ane
emoticon-Leh Uga
bikin trit ini sudah ijin pak ustadnya dulu blom..

takutnya ntar si pak ustad merasa tersinggung dan ente bisa kena uu pencemaran nama baik,

sekarang jamannya pake uu ite....
Ini nyindir apa gimana wkwkwk
nyimak dulu deh, berat keknya
MAu sih sebenernya. tapi ijin dulu ah ama polda emoticon-Traveller
beruntungnya punya istri pada akur emoticon-Leh Uga emoticon-Kiss
Oh senangnya dalam hati....kalau beristri lima...emoticon-Goyang
Baca Sekilas Kasih bintang 5
Baca duakilas Bingung kasih bintang berapa
emoticon-Entahlah
bnyk yg lupa, Nabi berpoligami ketika Siti Khadijah sudah wafat.. yg dinikahipun yg usianya sudah (maaf) lumayan tua
Quote:Original Posted By pigmankafir
Kalau pakai cadar cara makannya bijimana ?
Ada yg punya video tutorialnya ?


Kenapa gak latihan menembak aja ya kog selalu anr lihat panahan sama berkuda mulu?







Ts cewek...? sini kimpoi lari sama ane
emoticon-Leh Uga


Kimpoi lari...bisa tumpeh tumpeh tu tai macan om emoticon-Goyang
ane maunya Polytron mbak
emoticon-Leh Uga
Ane makan nasi bungkus dulu gan, nanti ane komeng lagi
Quote:Original Posted By kaksus10
bnyk yg lupa, Nabi berpoligami ketika Siti Khadijah sudah wafat.. yg dinikahipun yg usianya sudah (maaf) lumayan tua


Janda2 yg d tinggal wafat suaminya...ada sih perawan..aisyah..kalau hafshah anaknya umar..dah janda dia...terus nabi dapet hadiah dari raja mesir cewe yahudi safeyah..
Quote:Original Posted By punkfajar
Janda2 yg d tinggal wafat suaminya...ada sih perawan..aisyah..kalau hafshah anaknya umar..dah janda dia...terus nabi dapet hadiah dari raja mesir cewe yahudi safeyah..


tull, dan usia Hafshah & Sofiah bukan kinyis2 lagi.. 😀
Quote:Original Posted By pigmankafir
Kalau pakai cadar cara makannya bijimana ?
Ada yg punya video tutorialnya ?


Kenapa gak latihan menembak aja ya kog selalu anr lihat panahan sama berkuda mulu?







Ts cewek...? sini kimpoi lari sama ane
emoticon-Leh Uga

Ane gak punya video begitu mah emoticon-Ngakak ada ada aja nih requestnya emoticon-Hammer2
Cewek? Masa iya?
Quote:Original Posted By siscon94
bikin trit ini sudah ijin pak ustadnya dulu blom..

takutnya ntar si pak ustad merasa tersinggung dan ente bisa kena uu pencemaran nama baik,

sekarang jamannya pake uu ite....
Kan gak nulis fitnah atau hal buruk lain, tapi mengangkat sisi adil dari sang ustadz. emoticon-Big Grin
Bakal tersinggung gitu? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By bomcha
Ini nyindir apa gimana wkwkwk
Jangan su'udzon mulu makanya. Pikiran jelek dijauh-jauhin ya emoticon-Angel

Quote:Original Posted By punkfajar


Janda2 yg d tinggal wafat suaminya...ada sih perawan..aisyah..kalau hafshah anaknya umar..dah janda dia...terus nabi dapet hadiah dari raja mesir cewe yahudi safeyah..


Wih emoticon-Matabelo
paham banget cerita poligami nabi emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kaksus10
tull, dan usia Hafshah & Sofiah bukan kinyis2 lagi.. 😀


hafshah, safeyah..kalau jaman sekarang ibarat mahmud lah gan emoticon-Big Grin

kalau aisyah emang masih kecil..tapi jaman nabi dulu.
biasa aja tuh pernikahan gitu...buktinya musuh2 nabi gak masalahin nabi nikah ama aisyah...

kalau di masalahin kan pasti dah dibikin buat jatuhin nabi toh...buktinya enggak ada..
maksimal beristri empat...wah ustadz tinggal satu lagi nih emoticon-Leh Uga