alexa-tracking

Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59ddce1de05227fa158b4568/transformasi-kereta-api-indonesia-berasa-ngga-sih-perubahannya
icon-hot-thread
Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?
Assalamualaikum Gan Sist..



Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?

Terima kasih buat Agan Sista yang udah berkunjung di trit ane


Kali ini ane mau ngebahas mengenai salah satu moda transportasi andalan di negeri ini, yaitu Kereta Api Indonesia..

Kereta Api Indonesia, yah, nama itu sudah sangat melekat di telinga kita semua. Pasti rata-rata Agan Sista di sini pernah naik yang namanya kereta api, atau kalau yang seputaran JABODETABEK sering nyebutnya Commuter Line. Betul ngga?
Nah, pernah ngga sih Agan Sista memperhatikan perubahan-perubahan yang telah terjadi pada kereta api di Indonesia?


Spoiler for video kereta api:


Akhir September kemarin, PT. KAI tercinta kita berulang tahun nih Gan. Selama 72 tahun melayani bangsa Indonesia, PT. KAI sudah banyak melakukan perubahan di dalam tubuhnya. Terus perubahan-perubahan apa saja sih yang sudah dilakukan oleh PT. KAI? Apakah telah memenuhi ekspektasi para penggunanya, atau malah seakan-akan berjalan ditempat aja?

Yuk cuss merapat, Gan Sist, kita simak ya perubahan-perubahan apa saja yang telah dilakukan oleh PT. KAI.


Spoiler for kereta api indonesia:


PT. Kereta Api Indonesia atau yang biasa kita singkat menjadi PT. KAI merupakan salah satu moda transportasi umum darat yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk rute commuter line di dalam Jakarta, untuk rute luar kota antar daerahnya pun selalu penuh terisi oleh para penumpang. Kenapa sih kereta api bisa menjadi moda transportasi paling favorit di Indonesia tercinta ini?

Moda transportasi darat yang berbasis rel ini dipercaya menjadi yang paling aman di antara moda transportasi lainnya, loh Gan. Selain itu kereta api juga sangat efisien dan efektif, karena mampu membawa ratusan penumpang hanya dalam sekali jalan.

Macet? Aduh…so last year, deh… Agan Sista juga ngga perlu ngerasain macet-macetan kalau pakai kereta api. Wuss jalan terus, kan punya rel sendiri hehe … Kereta api juga merupakan moda transportasi yang paling hemat dalam hal bahan bakar dan yang paling penting adalah bebas polusi, Gan!


Spoiler for kereta api indonesia makin canggih:



Lahir di tanggal 28 September 1945, PT. KAI sudah sangat banyak berkembang loh, Gan Sist. Di usianya yang ke 72 tahun ini, sesuai dengan filosofi perusahaannya yaitu“Anda Adalah Prioritas Kami”, PT. KAI terus berhias, alias merubah wajahnya menjadi jauh lebih baik bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Serta sesuai dengan visinya untuk menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan, maka bidang yang paling terasa perubahannya adalah dari sisi pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI kepada para pelanggannya. Transformasi pelayanan yang diberikan ini mengarah ke arah yang jauh lebih baik dan pastinya lebih modern.


Spoiler for stasiunnya ciamik Gan!:


Nah, kalau ngebahas soal pelayanan, ini ngga hanya soal senyum dan ramah doang, Gan Sist. Pelayanan mencakup banyak hal, lalu apa aja sih perbaikan pelayanan yang sudah diberikan oleh PT. KAI?


1. Infrastruktur.
Ya, infrastruktur menjadi salah satu aspek pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI. Menjadi salah satu komponen terpenting yang terus diperbaiki oleh PT. KAI, perbaikan infrastruktur yang dilakukan tidak hanya dengan mempercantik penampilan keseluruhan stasiun, yaitu dengan membuat tampilan stasiun menjadi lebih modern, Gan Sist. Tapi penambahan dan perawatan fasilitas umum seperti toilet, mushalla, charging corner dan tempat duduk pun terus dilakukan. Tidak lupa PT. KAI juga memperhatikan kebutuhan saudara kita, para penyandang difabel dengan menyediakan fasilitas ramah disabilitas, seperti guiding block atau jalur kuning, eskalator atau lift dan penyediaan unit kursi roda.


2. Kebersihan
Kebersihan adalah sebagian dari iman, nahh makanya kebersihan stasiun dan di dalam gerbong kereta juga sangat diperhatikan oleh PT. KAI guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pelanggannya. Petugas kebersihan selalu bersiap tidak hanya di lingkungan stasiun, tapi juga di dalam gerbong kereta untuk selalu memastikan kebersihan dan kenyamanan bagi para pelanggannya.


Spoiler for tertata cantik Gan!:


Spoiler for gerbongnya juga bersih:


Spoiler for kebersihan yang utama untuk PT. KAI:


Oh yah, sedikit cerita nih, Gan Sist, kalau dulu, ane paling anti deh masuk toilet stasiun, selain karena bau dan jorok, dulu toilet di stasiun seringan gelap, Gan Sist, jadi ngeri-ngeri sendiri gitu. Tapi, beberapa tahun belakangan ini berubah drastis banget! Toilet stasiun jadi jauh lebih bersih, kering dan ngga becek. Petugas kebersihan pun selalu stand by di toilet untuk ngebersihin, Gan.

Sedikit cerita ketika ane naik kereta dari Jakarta ke Semarang, ane tiba sekitar jam 11.30 malam tuh, Gan.., dan ane belum shalat Isya. Nah, ane langsung meluncur ke mushalanya. Wah, mushalanya masih tetap bersih dan harum loh, Gan Sist, dan ada petugas yang mondar-mandir berjaga. Padahal itu udah malam banget dan stasiun juga udah sepi. Abis shalat an eke toilet tuh, udah lewat jam 12 malam, dan ternyata toilet tetap terbuka, terang, bersih, kering dan harum. Ane malah sempet ngobrol-ngobrol dulu ama petugas kebersihannya, yang tentunya tetap ramah. Hehe .., padahal itu udah tengah malam loh.. Salut deh.


Spoiler for walau sudah malam tetap bersih Gan!:


3. Akses penjualan tiket
Begitu juga dengan akses tiket yang dijual, di sisi inilah yang paling terlihat perubahannya. Kini tiket PT. KAI bebas calo loh Gan, dan penumpang kini tidak lagi sulit mendapatkan tiket, ngga kaya dulu .. hehe .. Saat ini penumpang bisa dengan sangat mudah mendapatkan tiket kereta api di mana saja dan kapan saja, bahkan penumpang bisa mendapatkannya secara on line juga. Cukup melakukan pembayaran melalui toko-toko retail modern, ATM ataupun dengan kartu kredit, penumpang sudah langsung bisa memiliki tiket kereta sesuai tujuan dan jadwal yang diingikan. Atau Agan Sista juga bisa beli tiket di toko-toko retail modern, seperti Indoapril atau Alfaapril hehehe.. 

Selain menjadi lebih trasnparan dan mudah untuk diakses, Agan Sista juga dapat kepastian lebih mengenai tiket. Tidak perlu ngantri-ngantri lagi di loket, tinggal klik di smartphone Agan Sista langsung deh tiket di tangan.


Spoiler for proses check in juga udah gampang banget:


4. Jadwal dan rute
Penambahan rute serta jadwal kereta yang telah dilakukan oleh PT. KAI juga dirasakan sangat membantu para penumpang. Di tahun 2017 ini, PT. KAI telah menambah lagi empat rute perjalanan kereta baru, dua diantaranya sudah pasti sangat dinanti-nanti, terutama buat para traveler, yaitu KA Bandara Internasional Minangkabau dan KA Commuter Bandara Soekarno – Hatta. Tentu saja, dua rute tersebut akan sangat membantu para wisatawan _yang juga sebagai pelanggannya_ untuk dapat lebih banyak mengeksplor tempat-tempat baru di sekitar Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Jujur nih, ane traveling malah lebih banyak menggunakan kereta api dibandingkan moda transportasi lain Gan Sist, selain memang lebih murah, kereta api mampu menjangkau daerah-daerah yang belum memiliki bandara. Selain itu, pakai kereta api pada saat traveling lebih seru, Gan. Kita bisa lihat banyak tempat-tempat baru sambil foto-foto di sekitaran stasiun yang dijadikan tempat transit. Nah ini salah satu contohnya, ane lagi mau ke Yogyakarta, foto-foto cantik dulu di sekitar stasiun Cirebon.. hehe ..


Spoiler for cirebon, ciamik!:


Selain penambahan rute-rute baru, PT. KAI juga telah menambah beberapa jadwal keretanya, yang apabila semula hanya ada dua atau tiga dalam sehari kini bisa bertambah menjadi lima atau enam jadwal. Nah, ini juga membuat para pelanggan makin merasa dimanjakan oleh PT. KAI, karena dengan jadwal yang lebih banyak, para pelanggan PT. KAI mampu membuat jadwal perjalanan mereka menjadi lebih fleksibel.


Spoiler for transformasi kereta api indonesia:


Dengan perkembangan yang jauh lebih baik di sisi fasilitas dan pelayanan, PT. KAI tidak melupakan faktor keselamatan seluruh penggunanya, loh. Sebagai salah satu dari empat Pilar Utama dari misi PT. KAI, faktor keselamatan menjadi prioritasnya.


Spoiler for kereta api indonesia makin berkembang:


Untuk itu, PT. KAI juga rutin melakukan perawatan mesin lokomotif, gerbong kereta, rel, pos pemberhentian serta seluruh infrastruktur yang ada. Tidak hanya itu, kesehatan para masinisnya juga sangat diperhatikan, PT. KAI rutin melakukan tes kesehatan kepada setiap masinisnya, loh Gan. Tes kesehatan ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana sih kondisi kesehatan para masinis yang akan berangkat, apakah para masinis ini layak untuk menjalankan kereta api atau tidak? Hal ini sangat penting dilakukan, karena kereta api adalah moda transportasi massal, yang digunakan oleh banyak orang, sehingga keselamatan para penggunanya merupakan tanggung jawab daripada sang masinis.


Spoiler for kereta api kita:


PT. KAI juga selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengoperasikan perjalanan kereta api tepat waktu sesuai dengan jadwalnya, baik jadwal keberangkatan maupun jadwal tiba di stasiun yang dituju. Sekali lagi, ini diupayakan untuk memberikan komitmen pelayanan terbaik bagi para pelanggannya yang merupakan prioritas bagi PT. KAI.


Spoiler for stasiun semarang tawang:


Spoiler for stasiun senen makin kece:


Harapan Untuk PT. KAI Demi Penyediaan Jasa Angkutan Umum Yang Lebih Baik

Dengan keseluruhan transformasi yang telah dilakukan oleh PT. KAI, ane sih sangat berharap PT. KAI agar bisa tetap terus berkembang dan melakukan inovasi-inovasi kreatif untuk terus dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Jadi ngga hanya jalan di tempat dengan pencapaian yang sudah ada sekarang ini, Gan Sist.


1. Penambahan rute dan jadwal
Sebagai moda transportasi massal yang relative cukup aman, para pelanggan PT. KAI pada umumnya juga berharap agar PT. KAI terus berkomitmen untuk menambah jadwal dan rute baru. Terlebih lagi untuk pulau-pulau yang berlum memiliki fasilitas kereta api.


Spoiler for kereta api kita:


Ane sih sebagai traveler sangat berharap, semoga kedepannya, PT. KAI mampu membuka serta mengadakan akses dan rute baru di pulau-pulau yang belum memiki fasilitas kereta api, contohnya seperti di Pulau Sulawesi nih. Sebenarnya, PT. KAI telah memulainya dengan mulai membuka akses kereta api di Pulau ini dengan nama Trans Sulawesi, dimana pembangunan tahap I telah dilakukan pada tahun 2015 lalu, yang diproyeksikan untuk beroperasi di 2018.

Target dari keseluruhan Trans Sulawesi ini adalah 2.000 km, yang beroperasi dari Makasar hingga ke Manado. Nah, semoga saja di tahun 2018, PT. KAI betul-betul menepati targetnya dengan mulai mengoperasikan Trans Sulawesi. Wah, kalau Trans Sulawesi sudah beroperasi, ane ngga perlu lagi tuh keluar duit banyak-banyak buat beli tiket pesawat kalau mau eksplor berbagai tempat di Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi terkenal memiliki banyak sekali spot wisata andalan, namun akses transportasinya masih minim. Jadi apabila kerata api sudah mulai beroperasi ini akan sangat menguntungkan untuk para wisatawan, setuju kan, Gan Sist?

Pengadaan jalur kereta baru di daerah-daerah yang belum memiliki akses kereta api dipastikan akan memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, antara lain akses transportasi yang lebih cepat, efisiensi waktu dan kemudahan akses menuju ke berbagai pelosok daerah. Karena tidak semua daerah bisa dijangkau dengan pesawat, belum lagi biayanya akan sangat besar. Apabila harus dijangkau dengan bus atau mobil juga akan sangat tidak efisien, belum lagi resiko macet dan jalan yang rusak.

Selain itu, Gan, benefit yang bisa didapat untuk masyarakat sekitarnya juga sangat besar. Dengan makin terbukanya akses di berbagai penjuru, diharapkan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar jalur kereta api. Kelak masyarakat sekitar akan memiliki akses transportasi untuk mereka dan untuk barang-barang yang akan diperjualbelikan.

Dengan makin terbukanya akses transportasi, diharapkan Investor asing pun mau menanamkan modal mereka di sekitaran daerah tersebut, sehingga pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut dapat mulai berkembang pesat. Pertumbuhan ekonomi artinya peningkatan taraf hidup juga kan buat masyarakat Indonesia. Gimana tuh Gan Sist, pasti setuju kan?


Spoiler for stasiun kutoarjo:


2. Revolusi mental
Usia 72 tahun merupakan usia yang telah sangat matang untuk sebuah perusahaan, PT. KAI sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan bangsa ini loh Gan Sist. Tidak hanya dari segi peningkatan pertumbuhan ekonomi tetapi juga dalam hal mendidik karakter bangsa ini. Loh, kok bisa, gimana caranya tuh, Gan?

PT. KAI merupakan transportasi massal yang berbasis ketepatan waktu dan jadwal. Keakuratan jadwal sangat penting bagi kereta api. Dengan keteraturan dan ketepatan waktu atau jadwal yang menjadi komitmen dari PT. KAI, dipercaya dapat merevolusi mental bangsa Indonesia menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu, tertib dan berkomitmen.


Spoiler for kereta api makin berkembang:


Dengan jadwal yang teratur dan tepat, PT. KAI secara tidak langsung mendidik dan membiasakan rakyat bangsa ini menjadi lebih teratur, Gan. Mau ngga mau kita semua harus mengikuti jadwal yang berlaku,jadwal yang udah ditetapkan oleh PT. KAI, jadi ngga boleh telat-telat atau seenaknya sendiri. Nah, itulah peranan PT. KAI dalam revolusi mental bangsa, menurut ane.


3. Pemersatu Nusantara
Dengan bentangan rel yang sangat luas, mulai dari Pulau Sumatera, Sulawesi dan Jawa, PT. KAI juga mampu menjadi alat pemersatu untuk bangsa Indonesia, yaitu dengan kemampuannya menyatukan setiap sudut-sudut daerah di Indonesia dengan relnya, Gan Sist.
Semua lapisan masyarakat kini juga mampu mengakses setiap penjuru di tanah air dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Kini hampir sebagian wilayah di Indonesia sudah bisa diakses dengan mudah dan juga relative lebih murah. Diharapkan dengan adanya pengadaan rute-rute baru, PT. KAI juga mampu menyentuh hingga Pulau Papua. Sehingga tidak hanya menjadi moda transportasi massal saja, tetapi juga mampu menjadi pemersatu bangsa, pemersatu Nusantara. Aamiin!!




Nah, itu dia tadi Gan Sist perubahan-perubahan apa saja yang telah di lakukan oleh PT. KAI selama ini hingga di usianya yang ke 72 tahun dan harapan ane untuk PT. KAI ke depannya. Ane rasa sih, beberapa tahun belakang inilah yang berasa banget perubahannya. PT. KAI mampu merubah wajah kereta api Indonesia menjadi lebih modern dan ramah bagi penggunanya.

Bagaimana menurut Agan Sista, setuju ngga bahwa PT. KAI telah bertransformasi menjadi perusaan yang sangat baik dan memberikan banyak benefit untuk Negara? Ditunggu komen dan masukannya yah Agan Sista agar kereta api Indonesia bisa lebih baik lagi. Oh ya kapan terkahir Agan Sista menggunakan kereta? Share ya di sini !


sumur
Kirain keretanya bertransformasi macem transformers emoticon-Wow

Yang jelas kereta sekarang lebih bersih dan bebas pedagang asongan gan, bravo perkeretaapian indonesia emoticon-Toast
panjang juga tretnya seperti kereta
emoticon-Hammer2
Uwow... Panjaaaaang...
emoticon-Leh Uga
Ibu suka yang panjang...


Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?
Menurut ane yang harus diperbaiki sistem pemesanan tiket online apalagi waktu peak season.

Dibuka jam 00.00 ane online lewat 5 menit sudah habis emoticon-Hammer2 atau kadang servernya down.emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape d...

Untuk fasilitas lainnya menurut ane sudah okemoticon-Selamat
Nyang begini nih bermutu brader, sip dah.

Kakus sekarang banyak thread sampah. maklum.

emoticon-Angkat Beer
moga kedepan nya lebih baik lagi emoticon-Cendol (S)
tambah kecepatannya emoticon-Ngakak
yang paling berasa itu ga boleh ngerokoknya. bangke
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Semoga bisa melantai di bursa efek emoticon-Big Grin
Ditunggu rute Lintas Sumatera & Kalimantannya.
berasa banget...lebih bersih,bebas asongan.lebih tepat waktu....top markotop deh...sayang harga juga ikut naek emoticon-Bingung
berasa sih gan, soalnya ane tinggal dekat stasiun kereta emoticon-Angkat Beer
Pengadaan jalur kereta baru di daerah-daerah yang belum memiliki akses kereta api dipastikan akan memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, antara lain akses transportasi yang lebih cepat, efisiensi waktu dan kemudahan akses menuju ke berbagai pelosok daerah. Karena tidak semua daerah bisa dijangkau dengan pesawat, belum lagi biayanya akan sangat besar. Apabila harus dijangkau dengan bus atau mobil juga akan sangat tidak efisien, belum lagi resiko macet dan jalan yang rusak.
dari awal bulan ini mulai ngadat lagi2, ketahan2 mulu ... emoticon-Cape d...
emoticon-rosekeren sis tritnya emoticon-rose

Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?Transformasi Kereta Api Indonesia, Berasa Ngga Sih Perubahannya?
bagi PJKA yang pernah mengalami bayar di atas sampai sekarang
KAI sudah berubah drastis
temtunya ke arah yang lebih baik
walaupun ada beberapa catatan,
namun secara keseluruhan
dari perusahaan yang selalu rugi
jadi perusahaan yang menguntungkan
Quote:

wahh, kalau kaya transformers, ngeri ngeri sedap Gan hehehe


Quote:


Quote:

wakakaka...sengaja Gan, biar pada betah di trit ane..hehhee

Quote:

aiiih si Ibu bikin merinding ajja..
bu, ganti baju atuh, itu2 mulu..
yuk naik kereta Bu!


Quote:

ane pernah ngalamin juga sih Gan. Udah ngantri2 eh sistem down.
Share Gan, gmn caranya biar web PT. KAI ngga suka down kalo pas peak season..


Quote:

alhamdulillah Gan, kalo bisa ngasih informasi yg berfaedah, makaih Gan!


Quote:

aamiin, makasih Agan dah mampir..

Quote:

setuju wkwkwkw
moga2 wacana yg kereta cepat bisa segera beroperasi ya Gan.


Quote:

waduh wkwkw,,
Agan ada masukan untuk PT. KAI, bagaimana memfasilitasi para penumpang yg ngerokok?


Quote:

wahh Agan trader nih? emoticon-Smilie


Quote:

wah iya juga sih, memang kalau kualitas naik, umumnya harga jg naik sih ya..hehe
atau Agan ada input untuk PT. KAI agar harga tiket ngga terlalu mahal2 bgt?


Quote:

seru tuh, lokasinya pst strategis emoticon-Smilie
di daerah mana Gan?

Quote:

hehehe setuju yah Gan? ayo naik kereta emoticon-Smilie


Quote:

wah, yg daerah mana nih Gan?


Quote:

alhamdulillah, berkat Sista juga hehe

Quote:

udh cukup lama jg Agan pakai kereta dong ya.
boleh dong Gan, share inputnya untuk PT. KAI , apa saja kekurangannya..
makasih loh Gan!

Masih agak kurang ontime menurut ane sih gan emoticon-Big Grin

Sering bulak balik Bandung-Jakarta juga, di tiket Gambir jam 9:40 kadang bisa sampai jam 10:00.
gagal gembok