alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59dc433912e2576e708b459b/ritual-keboan-aliyan-yang-kental-dengan-nuansa-mistis
icon-hot-thread
Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis
Bukan Banyuwangi namanya kalo tidak punya tradisi adat dan budaya yang beraneka ragam, salah satu tradisi yang masih terjaga dan terlaksana sampai saat ini adalah "Ritual Keboan"

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

Pada hari Minggu 24 September 2017 lalu, saya bersama jajaran pengurus Ikawangi Dewata - Bali berkesempatan berkunjung ke Dusun Sukodono, Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi untuk menghadiri undangan dan menyaksikan secara langsung acara "Ritual Keboan".

Menurut mbah Suyit salah satu tokoh masyarakat setempat, Ritual Keboan dilakukan setiap tahun, tepatnya setiap awal tahun Hijriah di bulan Muharram atau bulan Suro menurut kalender Jawa untuk mengawali musim bercocok tanam dan bentuk syukur atas hasil panen yang berlimpah di tahun sebelumnya, dengan harapan agar ditahun mendatang diberi keselamatan, hasil panen yang melimpah serta untuk tolak bala agar tanaman warga dijauhkan dari hama dan penyakit.

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

Malam hari sebelum Ritual Keboan ada tradisi SONJO, sonjo (bhs using) artinya berkunjung. Warga saling berkunjung/silaturahmi ke tetangga, ngobrol santai sembari menikmati kopi dan kudapan khas Aliyan. Yang unik dari Sonjo di Aliyan adalah cara penyajian kopi, kopi disajikan tanpa gelas. Kopi ditaruh dalam teko dan disebelah disediakan tumpukan lepek, tamu yang ingin menikmati kopi langsung menuangkan kopi ke atas lepek.

Pagi hari sebelum Ritual Keboan dimulai seluruh warga Ds Aliyan mengelar selamatan kampung dengan Doa serta makan bersama disepanjang jalan kampung yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat di Masjid melalui pengeras suara agar bisa didengar dan diaminkan oleh seluruh warga.

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

Tidak berselang lama setelah doa bersama usai, satu persatu warga yang "terpilih" mendadak kesurupan, mereka bertingkah layaknya kerbau dan meronta liar setiap kali melihat kubangan air dan dilanjutkan dengan prosesi ider bumi. Para warga desa yang sudah 'jadi' lalu diajak keliling desa mengikuti empat penjuru mata angin.

Saat berkeliling desa inilah para 'kerbau' itu melakukan ritual layaknya siklus bercocok tanam, mulai dari membajak sawah, mengairi hingga menabur benih padi. Kerbau jadi-jadian ini dikawal oleh beberapa orang kerabat untuk menjaga dan menyiram wajah 'kerbau' agar matanya tidak kemasukan tanah pada saat berkubang dalam lumpur.

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

Menurut informasi warga setempat, di Desa Aliyan ini ada dua dusun yang turun temurun mempertahankan tradisi Keboan, yakni Dusun Sukodono dan Dusun Aliyan. Meski proses ritualnya sama dan dilakukan pada hari yang sama , namun kedua dusun ini tidak bisa melakukan proses secara bersamaan. Sebab jika Keboan didua dusun ini saling bertemu maka akan saling serang.

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

Ritual Keboan adalah kearifan lokal masyarakat Desa Aliyan yang masih terjaga dan dilestarikan hingga saat ini.
Sejak tahun 2014 ritual Keboan juga sudah masuk dalam agenda Banyuwangi Festival yang merupakan agenda pariwisata daerah yang berisi ragam kegiatan acara wisata. Dengan cara ini Pemkab Banyuwangi terus bisa mengawal pelestarian budaya dan tradisi asli masyarakat agar dikenal dan menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi.

Sebagai informasi tambahan, selain di Desa Aliyan Kecamatan Rogojampi, ritual adat Keboan / Kebo-keboan juga dilakukan oleh masyarakat Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

Ayo datang dan jelajahi Banyuwangi, pasti anda akan kembali emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Foto Tambahan :


Spoiler for BONUS IGO - Kembang Desa Aliyan:






INFO WISATA BALI ON KASKUS

Referensi / Info Destinasi Wisata Bali
emoticon-Jempol emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Jempol


Berkunjung ke Pura Batur Kintamani
Mitos, Sejarah, dan Sunset di Tanah Lot
Beragam Jenis Tari Barong Tradisional Bali
Wisata Budaya dan Sejarah di Gunung Kawi
Tari Kecak, gerakan sederhana nan memukau
Panorama Wisata Burung Kokokan Ubud - Bali
Pesona Wisata Alam Gunung & Danau Batur Kintamani
Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis
Taman Ujung Sukasada, Taman Cantik di Ujung Timur Bali
Desa Adat Penglipuran di Bali, Desa Wisata yang Kental Unsur Bali

emoticon-Shakehand2
kirain kental yang lain bos
emoticon-Leh Uga
Salah satu tradisi yang patut di lestarikan,,, jangan ampe anak cucu kita taunya cuma lewat cerita saja emoticon-Tepuk Tangan
Warisan budaya leluhur, wajib di lestarikan nih
tradisi fenomenal kang emoticon-Matabelo


mejeng trit hate... emoticon-Cool




eh telat emoticon-Betty (S)
duh horor bgt pasti
Quote:Original Posted By BerebutJANDA
kirain kental yang lain bos
emoticon-Leh Uga


makanan jenis paan tu gan emoticon-Belo

Quote:Original Posted By colot_nay
Salah satu tradisi yang patut di lestarikan,,, jangan ampe anak cucu kita taunya cuma lewat cerita saja emoticon-Tepuk Tangan


sepakat gan emoticon-shakehand
kalo bukan kita yg jaga dan lestarikan siapa lagi?... emoticon-Smilie

harus di lestarikan nih. biar bisa di nikmati generasi selanjutnya
Quote:Original Posted By j4ck_item


makanan jenis paan tu gan emoticon-Belo

susu kental manis bos
emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By zeolyt
Warisan budaya leluhur, wajib di lestarikan nih


Iyes betul banget itu gan emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By kepiting
tradisi fenomenal kang emoticon-Matabelo


Iyo dolorrr...
Riko selaku warga Banyuwangi kudu njogo, melestarikan lan mempromosikan tradisi iki emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By approve.cc
duh horor bgt pasti


lebih horor pas ketemu MANTAN gan emoticon-Hammer (S) emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By indra.blora
harus di lestarikan nih. biar bisa di nikmati generasi selanjutnya


sepakat gan emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By BerebutJANDA

susu kental manis bos
emoticon-Leh Uga


say suka saya sukaaaa... emoticon-Genit
deket sama syirik yaa..
Quote:Original Posted By j4ck_item

say suka saya sukaaaa... emoticon-Genit

mantab jiwaaa...
emoticon-Leh Uga
makasih Kang sudah sounding nama saya emoticon-Malu (S)
#eh nama komunitas kita IKAWANGI (Ikatan Keluarga Banyuwangi) Dewata emoticon-Peace

milu share foto kita pas bareng2 diacara kemaren yak emoticon-Shakehand2

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Sundul Gan (S) IKAWANGI Dewata Jenggirat Tangi emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By langkasenenge
deket sama syirik yaa..


maaf gan, bukan kapasitas ane untuk membahas itu emoticon-Smilie
thanks udah mampir emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By BerebutJANDA

mantab jiwaaa...
emoticon-Leh Uga


emoticon-Toast

Quote:Original Posted By ikawangidewata
makasih Kang sudah sounding nama saya emoticon-Malu (S)
#eh nama komunitas kita IKAWANGI (Ikatan Keluarga Banyuwangi) Dewata emoticon-Peace

milu share foto kita pas bareng2 diacara kemaren yak emoticon-Shakehand2

Ritual Keboan Aliyan yang kental dengan nuansa mistis

emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Sundul Gan (S) IKAWANGI Dewata Jenggirat Tangi emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Sundul Gan (S)


eh ada Pak Wasekjend emoticon-Siap Gan

kene ID sdh mulai mengembangkan sayap diranah Online emoticon-Jempol emoticon-Tepuk Tangan

Salam guyub rukun, seduluran selawase emoticon-Shakehand2
ada videonya kah? emoticon-Embarrassment

aku baru tau ada keboan emoticon-Belo
Ini yg dipoto kesurupan gitu? Pakai magic ya? Wah, jd penasaran. Pernah kesana, tp cuman bntr. Itupun ga sampai sejam. Apalagi pas lg gak ada event. Next deh bertandang kesanaemoticon-Big Grin
Wah menarik nih.. emoticon-Big Grin
Aliyan ane ngapa bacanya alien emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By non.artemisia
ada videonya kah? emoticon-Embarrassment

aku baru tau ada keboan emoticon-Belo


ada gan, besok ane coba upload ya emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By skydavee
Ini yg dipoto kesurupan gitu? Pakai magic ya? Wah, jd penasaran. Pernah kesana, tp cuman bntr. Itupun ga sampai sejam. Apalagi pas lg gak ada event. Next deh bertandang kesanaemoticon-Big Grin


Iya betul gan, mereka bener kesurupan dan bertingkah laku aneh layaknya kerbau emoticon-Embarrassment

kapan2 diagendakan lagi untuk datang dan jelajahi Banyuwangi emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By loveluv
Wah menarik nih.. emoticon-Big Grin


emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By gembelngehe
Aliyan ane ngapa bacanya alien emoticon-No Hope


nah Lo...
sudah ngoemoticon-coffeekah sore ini emoticon-Big Grin