alexa-tracking

Ratusan Warga Berebut Buceng di Kelenteng Tuban

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59ba29f5d44f9f1e718b457f/ratusan-warga-berebut-buceng-di-kelenteng-tuban
Ratusan Warga Berebut Buceng di Kelenteng Tuban
Ratusan warga masyarakat yang sebagian besar ibu-ibu berebut Nasi Buceng dan juga beras yang dibagikan oleh Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban yang berada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban, Selasa (12/9/2017).

Ritual Rebutan Buceng dilakukan oleh para umat Tri Dharma yang ada di kelenteng tersebut untuk menghormati arwah leluhurnya. Meski polemik terkait perijinan pendirian patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen belum tuntas, pelaksanaan ritual tahunan itu tetap berjalan normal.

Pantauan beritajatim.com, ritual rebutan atau sedekah bumi itu diawali dengan proses Sembahyang yang diikuti puluhan umat Tri Dharma. Sedangkan ratusan warga yang berasal dari sekitar kelenteng tersebut sudah menunggu untuk proses rebutan Buceng yang berisikan nasi dan juga makanan ringan itu.

Setelah proses sembahyang selesai, ratusan warga yang berbaur dengan umat Tri Drahma itu langsung berebut Buceng yang telah ditata di depan tempat peribadatan. Saat rebutan satu warga ada yang mendapatkan lima sampai dengan 10 buah Buceng.

"Ini sudah tiap tahun ikut, senang saja ikut rebutan. Kalau nasinya biasanya saya keringkan," ujar salah satu ibu-ibu yang ikut berebut Buceng itu.

Dalam waktu sekejap sebanyak 1.200 Buceng yang telah disediakan oleh pihak Kelenteng langsung ludes habis menjadi rebutan warga. Setelah selesai rebutan Buceng, ratusan warga kemudian mengantre untuk mengambil paket beras yang dibagikan secara gratis.

"Ini memang sebagai ritual tahunan, untuk penghormatan para leluhur yang tidak terawat," Liu Pramono, wakil ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Dalam ritual tahun ini, pihak kelenteng menyediakan sebanyak seribu bungkus paket beras yang diberikan bagi warga sekitar. Setiap paket berisikan sebanyak 5 kilogram beras dan bagi warga yang mengantre harus mendapatkan kupon terlebih dahulu.

"Kita bagikan kepada siapa saja warga sekitar yang mau. Harapannya ini bisa sedikit membantu bagi warga sekitar," ungkapnya. [mut/but]

http://www.beritajatim.com/gaya_hidu...eng_tuban.html

berebut gan
Kagak h@ram tuh ?
ssst diam2 aza nanti ada terprovokasi
emoticon-Wkwkwk
kesian saudara seimin malah sibuk sama rohingya dan palestin
padahal di Negeri sendiri masih banyak yang seperti ini ? emoticon-Mewek
emoticon-Ngakak (S) mantap emg kalo ransum mah ambil kalo patungnya tolak
Lupa soal patung emoticon-Big Grin
PATUNG : HARAM, KENAPA GA PATUNG SUDIRMAN (dalam klenteng kok pajang patung sudirman??????), BERHALA, MENGGANGU! BAKAR USIR, TURUNKAN

BERAS GRATIS : ehem, mau donk.. minggir yang lain, gw duluan (emak2)
Quote:


Itu akibat jokoplok gak becus urus negara ..bisa nya bagi2 sepeda doang sambil planga plongo..memangnya sepeda bisa dimakan?emoticon-Wakaka
Quote:


makanya makanan itu cari bre, jangan ngarep jatuh dari langit dari hasil banting pala
kalo males dan cuman bisa bikin anak ya mana bisa hidup sukses

banyak anak banyak rejeki guoblok emoticon-Wkwkwk
umat mana tuh yg rebutan... emoticon-Marah
emoticon-Selamat
Quote:

Lu kek binatang aja cari makanan..kerja goblog biar dpt duit lalu belanja makanan.. Itu baru manusiaemoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Wkwkwk terguncang
Quote:


emoticon-Wakaka terguncang
Quote:


Ya rapopo, kan saudara seimin udah diurus sama kafir laknatullah kayak acara bagi2 beras seperti ini; sedangkan yang diluar negeri belum tentu diurusin sama kafir laknatullah ... jalan pikiran nasbung emoticon-Ngakak
mayan jadi kenyang
warga lemah iman gak merepresentasikan islam secara kesuluruhan. hey lu pada nastaik babi kalau goblok jangan di gaspoll napa emoticon-Cape d...
Menyedihkan
gobloknya nastaik kaskus ngira semua muslim kayak warga tuban yang abangan makanya bener kata vog TAK ADA NASTAIK YANG TAK GOBLOK punya otak tapi logika gak di pake malah make kebencian buat coli massa emoticon-Traveller
Pokoknya salah Jokowi...
emoticon-Cape d...
×