alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b948b59a0951d3758b457d/teknologi-di-bidang-transportasi-memudahkan-atau-menyulitkan
icon-hot-thread
Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
HOT THREAD KE 41
*14 September 2017*


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi
Kali ini, ane masih mau bahas mengenai tema yang masih hangat dan menjadi bahan perbincangan di tengah masyarakat. Kebutuhan mobilitas manusia menuntut semua orang untuk bergerak dari satu titik ke titik yang lain, seperti berangkat kerja, sekolah, ataupun sekedar belanja ke mall. Mengenai tema yang satu ini, yang menjadi berita hangat akhir - akhir ini yaitu penerapan tilang online menggunakan teknologi CCTV yang menjadi pro kontra. Ada yang setuju, ada pula yang menolak. Tidak hanya tilang online, sebenarnya masih banyak lagi teknologi di gunakan dalam bidang transportasi. Apa saja itu? Apakah penerapan teknologi ini memudahkan atau mempersulit?


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

ERP (Electronic Road Pricing)

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Teknologi yang satu ini sebenarnya hendak di terapkan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketika beliau memimpin DKI Jakarta di beberapa jalan protokol. Tujuannya adalah mengurangi tingkat kepadatan di jalan - jalan protokol pada jam sibuk. ERP sendiri merupakan teknologi yang yang menggunakan chip OBU (On Board Unit) yang terpasang pada body mobil, sedangkan alat pembacanya terpasang pada gerbang jalan. Fungsi dari alat pembaca ini untuk mendeteksi dan memotong saldo OBU pengguna jalan yang melaluinya sehingga lebih praktis dan tidak memerlukan antrian (dapat mengurangi kemacetan). Karena saat melewati gerbang, kendaraan tidak perlu berhenti. Teknologi ini sukses di terapkan di Singapura, namun di Indonesia terutama di Jakarta masih banyak yang kontra. Salah satunya karena merugikan pengguna jalan, dari yang sebelumnya gratis menjadi berbayar. Di Jakarta kebijakan ini rencananya sekaligus menggantikan kebijakan 3 in 1.

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Parkir Elektronik

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Teknologi ini juga sempat di gadang - gadang menjadi solusi mengurangi kebocoran APBD dari pungutan retribusi parkir, karena dengan teknologi ini pengguna lahan parkir, langsung membayarkan uang parkirnya ke mesin yang telah di sediakan di sesuaikan dengan tarif perjamnya. Sehingga uang retribusi parkir bisa langsung masuk ke kas daerah. Kebijakan ini mendapatkan banyak protes dari para tukang parkir karena mengurangi penghasilan mereka. Belum lagi tata cara penggunaannya membutuhkan sosialisasi yang masif agar masyarakat paham. Saat ini teknologi ini juga sedang di ujicobakan di kota Surabaya.

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Tiket Online

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Kebijakan yang satu ini sudah cukup lama di terapkan di Indonesia. Jika dulunya pembelian tiket pesawat bisa langsung on the spot atau di bandara, maka untuk saat ini bandara sudah tidak menyediakan loket penjualan tiket. Di awal - awal perubahannya , banyak yang meragukan dan menyayangkan kebijakan ini, tapi seiring berjalannya waktu hal ini sudah bisa di terapkan dan bisa di terima oleh masyarakat. Bahkan bisa di bilang lebih memudahkan dalam pembelian tiket. Tiket bisa di beli sambil tiduran santai di depan tivi. Tidak hanya tiket pesawat, tiket kereta api, bahkan tiket bus pun sekarang sudah bisa di beli online.

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Tilang Online

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Seperti yang sudah ane jelaskan di awal, setiap kebijakan baru pasti menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, termasuk kebijakan tilang online ini. Kebijakan yang awalnya di terapkan di kota Pahlawan ini kini sudah di terapkan di beberapa kota di Indonesia. Dengan menggunakan teknologj CCTV, polisi bekerjasama dengan dinas perhubungan akan mengawasi setiap pelanggar lalu lintas diantaranya menerobos lampu merah atau melewati garis zebra cross. Sebenarnya kebijakan ini mampu menekan pelanggar lalu lintas tapi yang pasti harus ada sosialisasi yang lebih gencar kepada pengguna jalan agar tidak ada masyarakat yang merasa "terjebak".


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Memang perubahan membutuhkan waktu agar bisa di terima oleh semua kalangan masyarakat. Kita harus sadar bahwa niiat dari di terapkannya teknologi ini tentunya untuk memudahkan sekaligus membuat efektif dan efisien. Tapi karena tidak merasa familiar dan menganggap lebih ribet, banyak yang tidak setuju dengan kebijakan - kebijakan yang akan di terapkan oleh pemerintah. Kebanyakan orang Indonesia akan mengeluh dengan perubahan, meskipun belum mencoba. Namun lambat laun jika sudah terbiasa, kita akan merasakan manfaatnya. Dan tentunya dengan menerapkan teknologi - teknologi ini, negara kita gak akan kalah dengan negara - negara maju.
Kalau menurut ente gimana GanSis?



emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Pengamatan dan opini pribadi TS


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
PertamaxforTS

Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Komen Terpilih :
Quote:Original Posted By Shinkugami
banyak pro kontra kalo ngebahas di bidang ini..

mungkin buat seorang "sesepuh" yang kurang background soal "teknologi" ini mungkin akan berfikir susah untuk mengimbangi..
yah contohnya orang tua ane kalau beli tiket via Online suka beribet, banyak nanya ke ane soal hal sepele pun. padahal di situs tiket online sudah di sangat di mudahkan tata cara nya, jd ga perlu lagi mesti antri berjam2 berebut tiket di statsiun emoticon-Matabelo

tp yah kalo buat orang yg kyk gw (sry bukan nyombong gan) punya background IT.. mungkin kemajuan teknologi di sambut antusias sekali gan.

jd yg mau ane sampein skrg,benar emng teknologi itu buat memudahkan manusia bukan buat mengurangi lapangan pekerjaan atau semacamnya. buat agan2 disini yang kurang mengambil sisi positif nya kemajuan teknologi, ane cm bisa menanyakan . WHY??

agan pake Kaskus disini aja padahal udah termasuk memakai kemajuan teknologi hahaha

sekian dari ane.. emoticon-Toast
emoticon-Toast
Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?

Rangkai kata menjadi karya
Segala hal di dunia ini selalu ada positif dan negatifnya. Kalau tiket online jelass memudahkan kita2 yang sibuk dan punya mobilitas tinggi. Kalau tilang onlen kan baru uji coba ya, di luar negeri udah ada duluan. Menurut temen gue yg di satlantas surabaya, mereka masih blusukan nyari alamat pelanggar. Ini jelas gak efektif. Liat aja kedepannya bakal kek gimana.

Quote:
Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Profesi² Ini Membuat Wanita Dicap Nakal, Menurutmu?


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Suka Dengerin Radio? Pasti Pernah Melewati 8 Momen Seru Ini!
Apa cuman gw yang berpikir kalau semakin kesini manusia semakin tersingkirkan oleh teknologi (susah nyari kerja)
Tergantung pemanfaatan nya.
Quote:Original Posted By .pita.
Segala hal di dunia ini selalu ada positif dan negatifnya. Kalau tiket online jelass memudahkan kita2 yang sibuk dan punya mobilitas tinggi. Kalau tilang onlen kan baru uji coba ya, di luar negeri udah ada duluan. Menurut temen gue yg di satlantas surabaya, mereka masih blusukan nyari alamat pelanggar. Ini jelas gak efektif. Liat aja kedepannya bakal kek gimana.


Gak nyadar kalau ngelanggar, enak2 ngopi di datengin polisi..
Ngeri juga ya..


emoticon-Takut
ide bagus, tapi kalo penerapan ga merata ya percuma emoticon-Cool
Serba digital sekarang ya
Masih banyak generasi tua yang gagap teknologi....
nunggu 30-20 tahun lagi baru efektifemoticon-Ngakak
Mau gmn pun pasti ada pro kontranya. Merubah kebiasaan yang sudah ada memang sangat sulit dilakukan.

Semua akan elektonik pada waktunya. emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By rausanvikri
Apa cuman gw yang berpikir kalau semakin kesini manusia semakin tersingkirkan oleh teknologi (susah nyari kerja)


Memang demikian bro, maka kembali jadi petani yang sederhana saja. Karena memang semua itu hanya merupakan sebuah fatamorgana dunia. Maju teknologi, manusia semakin pada nganggur saja.
Disuruh mampir sama ts nya...

Emang suatu saat kerja manusia tergantikan oleh teknologi..perlahan dan pasti akan tiba waktunya tinggal aturan dan kebijkan pemilik kewenangan yang mengaturnya supaya peran manusia tetap menjadi prioritas...bukan malah mengalih fungsikan kerja manusia...

emoticon-Big Grin


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Quote:Original Posted By rausanvikri
Apa cuman gw yang berpikir kalau semakin kesini manusia semakin tersingkirkan oleh teknologi (susah nyari kerja)

Di satu sisi memudahkan, di sisi lain "menyingkirkan" tenaga manusia..


Quote:Original Posted By aresebastian
Tergantung pemanfaatan nya.


Quote:Original Posted By mynameisvick
ide bagus, tapi kalo penerapan ga merata ya percuma emoticon-Cool

Untuk jadi merata, harus ada yg mengawali Gan..
Ga mungkin kan ujug2 merata gitu..

Quote:Original Posted By sambal.ijo
Serba digital sekarang ya

Yoi gan, apa sih skrg yg ga bisa di onlen in?

Tp tujuannya kan utk membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik..

emoticon-Nyepi
Quote:Original Posted By iskrim
Disuruh mampir sama ts nya...

Emang suatu saat kerja manusia tergantikan oleh teknologi..perlahan dan pasti akan tiba waktunya tinggal aturan dan kebijkan pemilik kewenangan yang mengaturnya supaya peran manusia tetap menjadi prioritas...bukan malah mengalih fungsikan kerja manusia...

emoticon-Big Grin


Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?


Makasih Gan udah mampir..

Super sekali komentar ente, bikin ane terhura..


emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By ndaz.buluz
Masih banyak generasi tua yang gagap teknologi....
nunggu 30-20 tahun lagi baru efektifemoticon-Ngakak

30 tahun lagi yg skrg muda, udah tua gan..
Bakalan gaptek jg, karena teknologi bakalan smkin berkembang..


Quote:Original Posted By fadw.crtv
Mau gmn pun pasti ada pro kontranya. Merubah kebiasaan yang sudah ada memang sangat sulit dilakukan.

Semua akan elektonik pada waktunya. emoticon-Leh Uga

Termasuk bini elektronik kah?

emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By vixitev
Memang demikian bro, maka kembali jadi petani yang sederhana saja. Karena memang semua itu hanya merupakan sebuah fatamorgana dunia. Maju teknologi, manusia semakin pada nganggur saja.


Ga gitu juga bro, mau ga mau kita harus ngikut arus..


emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By powerpunk
Makasih Gan udah mampir..

Super sekali komentar ente, bikin ane terhura..


emoticon-Leh Uga


emoticon-Sundul dulu...




Teknologi Di Bidang Transportasi, Memudahkan atau Menyulitkan?
Menurut ane sih memudahkan

Mayoritas org menganggap menyulitkan karena sudah terbiasa melanggar atau menggunakan jalan pintas utk mencapai sesuatu
memudahkan gan,
erp di sudirman maju mundur, gak jelas emoticon-Big Grin


sekalian gembok yah