alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b8df12902cfea3528b4567/mengenal-katarak-kongenital-pada-bayi
icon-hot-thread
Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi
Baru-baru ini selebriti Indonesia Asri Welas membagikan kisah tentang bayinya yang divonis menderita katarak di usia yang masih sangat muda, 5 bulan. Bayi yang akrab disapa Ibran pun harus menjalani operasi dan menggunakan kacamata plus agar bisa melihat.

Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi

Kisah yang dialami bayi Asri Welas ini seakan mengingatkan kita bahwa katarak tidak hanya dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Bayi yang baru lahir pun bisa menderita katarak Gan.

Titik putih atau noda keruh diarea pupil mata menjadi tanda utama seorang bayi mengalami katarak kongenital. Katarak kongenital adalah kekeruhan lensa mata yang terjadi sejak lahir Gan. Katarak ini lah yang membuat penglihatan anak menjadi tidak peka. Dalam beberapa kasus bahkan bisa berdampak kebutaan pada bayi.


Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi

Apa penyebab katarak kongenital?


Jika biasanya katarak pada orang tua berhubungan dengan proses penuaan, maka katarak kongenital yang terjadi pada bayi baru lahir bisa disebabkan karena keturunan, infeksi, masalah metabolik, diabetes, trauma, inflamasi atau reaksi obat.



Katarak kongenital ini juga dapat terjadi sejak kehamilan Gan. Yaitu saat ibu hamil memiliki penyakit infeksi seperti campak atau rubella (yang merupakan penyebab paling umum), rubeola, cacar air, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, poliomyelitis, influenza, virus Epstein-Barr, sifilis, dan toksoplasmosis. Sementara pada katarak kongenital yang disebabkan oleh keturunan, kelainan terjadi saat pembentukan protein penting untuk mempertahankan transparansi dari lensa mata alami, sehingga akhirnya mengakibatkan adanya noda keruh pada lensa mata.


Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi

Haruskah operasi?

Katarak harus segera diobati agar tidak menghambat penglihatan anak. Untuk mengobatinya diperlukan operasi katarak sesegera mungkin untuk menghilangkan lensa alami anak Gan.
Operasinya pun harus dilakukan sedini mungkin untuk menjamin penglihatan bayi cukup bisa untuk berkembang dengan normal. Beberapa ahli mengatakan waktu untuk melakukanoperasi katarak kongenital ini di usia 6 minggu sampai 3 bulan.

Setelah operasi pengangkatan lensa mata anak yang terkena katarak kongenital, lensa mata anak kemudian bisa diganti dengan lensa buatan atau memakai lensa kontak atau kacamata setelah operasi.

Namun begitu, tidak semua katarak kongenital harus dioperasi Gan. Katarak yang hanya menutupi bagian tepi lensa mungkin tidak perlu dioperasi karena penglihatan masih dapat berfungsi tanpa hambatan. Ukuran katarak yang kecil juga mungkin tidak perlu dilakukan operasi.

sumber
Nice info gan emoticon-2 Jempol

Ane baru tahu bayi juga bisa kena. Kalau lensa alaminya diangkat memang gak bisa numbuh lagi yak ? emoticon-Bingung
adub ane ga tega kalau liat debay sakit seperti itu gan..
emoticon-Sorry
nice info gan
Nice inpoh emoticon-Sundul
Kasian ya masih kecil udh kayak gitu aja.
emoticon-Frown
Ya ampun kasian, liat bayi diare aja udah gak tega apalagi sampe katarak emoticon-Frown

Quote:
MAMPIR GAN:

Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi
Profesi² Ini Membuat Wanita Dicap Nakal, Menurutmu?


Mengenal Katarak Kongenital Pada Bayi
Suka Dengerin Radio? Pasti Pernah Melewati 8 Momen Seru Ini!
semoga cepat sembuh emoticon-Angel
untung anaknya orang kaya ya gan , klo ngga bisa lain ceritanya emoticon-No Sara Please
Untung mamanya rejekinya diberkati Tuhan..
Kirain katarak cuma menyerang orang lanjut usia aja. emoticon-Matabelo
Nais inpoh gan, semoga cepet sembuh juga buat baby Ibran emoticon-Blue Guy Peace
kasihan ,masih bayi udah katarak
jadi takut punya anak emoticon-sad
kasihan ya bre dari bayi udah kena katarak, ane aja yang pakai kacamata juga kadang kadang nggak pede
nice info
mejeng pejwan emoticon-2 Jempol
Padahal anaknya gendut lucu ya, semoga cepet sembuh anaknya
bahaya nih kl sampe gt
Quote:Original Posted By benzia
Kirain katarak cuma menyerang orang lanjut usia aja. emoticon-Matabelo

Ane kira jg gt td
coba gembok lg ah emoticon-Malu (S)