alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b8ad5e1a99753f228b4598/turki-beli-senjata-rusia-nato-panas
Turki Beli Senjata Rusia, NATO Panas
Turki Beli Senjata Rusia, NATO Panas


TURKI menandatangani kesepakatan dengan Rusia untuk pembelian sistem pertahanan rudal S-400, pembelian pertama yang dilakukan Ankara dengan Moskow. Pembelian senjata terbesar dari negara bukan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu dilakukan di saat hubungan Ankara dengan beberapa negara Barat tengah bergejolak.



“Tanda tangan telah dilakukan untuk pembelian S-400 dari Rusia. Deposit juga telah dibayarkan sejauh yang saya tahu,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, kepada sejumlah wartawan yang menyertainya seusai kunjungan dari Kazakhstan, seperti dilaporkan sejumlah surat kabar Turki, kemarin.



“(Presiden Rusia Vladimir) Putin dan saya sendiri memutuskan kesepakatan ini,” lanjutnya.



Pernyataan Erdogan itu dibenarkan Moskow. Penasihat kerja sama teknis dan militer Putin, Vladimir Kozhin, mengatakan, “Kontrak telah ditandatangani dan sedang dipersiapkan untuk implementasi.”



Kontrak jual beli senjata Turki-Rusia itu merupakan babak baru perbaikan hubungan kedua negara sejak menandatangani kesepakat­an rekonsiliasi tahun lalu. Sebelum­nya, hubungan Turki-Rusia memanas, dipicu penembak­an pesawat Rusia oleh militer Turki di atas perbatasan Suriah pada 2015.



Turki juga berbesar hati menanggapi tanggapan Rusia terhadap kudeta yang gagal di Turki pada 2016. Kedua pihak juga telah beker­ja sama untuk mencari solusi atas konflik Suriah.



Pembelian sistem rudal dari pemasok non-NATO diperkirakan bakal menimbulkan kekhawatir­an Barat menyangkut kesesuaian teknis peralatan tempur mereka.



Amerika Serikat telah menyuarakan kekhawatiran mereka, dengan mengatakan secara blakblakan bahwa sepatutnya sekutu-sekutu NATO membeli peralatan yang bisa dioperasikan antaranggota.



Namun, Erdogan mengatakan Turki yang memiliki tentara teta­p terbesar kedua di NATO bebas melakukan akuisisi militer berda­sarkan kebutuhan pertahanan mereka.



“Tidak ada yang berhak membahas prinsip kemerdekaan Republik Turki atau keputusan independen mengenai industri pertahanan. Kami membuat keputusan mandiri dengan kewajiban melakukan tindakan untuk pertahanan negara,” jelas Erdogan.



Dia mengatakan Rusia akan memberikan kredit ke Turki untuk pembelian senjata itu. Menurut kantor berita Rusia, TASS, Kozhin menyebutkan kesepakatan itu sepenuhnya sesuai dengan kepentingan strategis nasional.



“Untuk alasan itu, kami sepenuhnya memahami reaksi beberapa negara Barat yang mencoba menekan Turki,” jelas Erdogan. (AFP/Ire/I-1)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...nas/2017-09-13

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Turki Beli Senjata Rusia, NATO Panas Tumpahan dari Truk Molen di Jalan

- Turki Beli Senjata Rusia, NATO Panas Mata Kanan Novel Baswedan Mulai Membaik

- Turki Beli Senjata Rusia, NATO Panas Tuntutan Kaum Pelangi Membelah Negeri

Wah beli rudal dia