alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b890d9c0cb1746658b456d/pengusaha-beberkan-penyebab-daya-beli-orang-ri-lemah
Pengusaha Beberkan Penyebab Daya Beli Orang RI Lemah
Pengusaha Beberkan Penyebab Daya Beli Orang RI Lemah

Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) membeberkan penyebab daya beli orang Indonesia mengalami pelemahan. Ini terlihat dari tingkat pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2017 yang hanya 4,95% atau lebih rendah dibandingkan dua tahun terakhir.

Wakil Ketua Apindo bidang Ritel, Yongky Susilo, mengatakan rendahnya konsumsi rumah tangga disebabkan tingkat daya beli masyarakat kelas bawah sudah tidak ada, sementara masyarakat kelas menengah ke atas memilih menahan belanja.

Kemudian, rendahnya daya beli masyarakat kelas bawah, juga dipicu adanya tambahan biaya hidup yang berasal dari tarif listrik, makanan, hingga biaya sekolah yang jatuh pada Juli tahun ini.

"Makanan mahal dibanding dua tahun lalu, silakan bersaksi sendiri, kalau makan siang berapa sekarang? Dibanding dua tahun lalu," kata Yongky saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Tidak hanya itu, penyebab rendahnya daya beli masyarakat kelas bawah juga karena penghasilan tambahan sebagai pekerja sudah tidak ada.

"Lembur sudah enggak ada bisnis lagi susah, jualan multilevel marketing juga lagi susah, jual jasa bersih-bersih juga lagi susah, dan lain-lain, jadi cost naik, total take home pay turun, sehingga mengirit," jelas dia.

Lanjut Yongky, penurunan daya beli masyarakat juga terlihat dari fenomena banyaknya pekerja yang lebih memilih bawa bekal makanan dari rumah belakangan ini.

"Tolong cek teman-teman, bawa bekal makanan, masak di rumah sekarang, ngirit," papar dia.

Dengan fenomena tersebut, kata Yongky, berdampak kepada penjualan pelaku usaha sektor ritel. Terbukti, penjualan ritel dalam kategori fast moving costumer goods (FMCG) turun alias minus 0,8% (YoY) dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar 5,9%. Bahkan, penjualan tahun berjalan dari Januari-Juli tahun ini hanya tumbuh 3,0%, sedangkan 2016 sebesar 9,5%.

"Ini hanya 55 katagori FMCG, makanan dan minuman, home care, pharmacy," tukas dia.
https://finance.detik.com/berita-eko...orang-ri-lemah
Meikarta lah solusinya
pengusaha lesu daya beli lemah dan produk barang/jasa nya jadi tidak laku

ga mungkin turunkan harga barang
naikkan upah/gaji pun ga mau
Quote:Original Posted By mtx98

"Tolong cek teman-teman, bawa bekal makanan, masak di rumah sekarang, ngirit," papar dia.


lebih sehat juga sih
daya beli org amerika juga lemah
https://koran.tempo.co/konten/2013/0...ka-Terus-Turun
Duid kita sdh abis buat negara...bayar pajak dan kbutuhan pokok yg melambung...

Goodbye budaya konsumtif..
duit sebenernya ada, cuma macet, kerana yg menegah dan atas pada menahan diri

perlu didorong oleh pemerintah, sebenernya sudah kasi kredit ringan tapi skrg semuanya pada hati-hati
Karena pengangguran meroket
Karena kemiskinan meroket
Karena harga harga meroket
Karena gaji dibawah umr semakin meroket
Karena korupsi meroket
Karena jokowi jualan roket


Mantapppppp!!!
emoticon-Cool
Nah itu yang ngomong orang Apindo lho ya...
Karrena skg kantoran yg dpt sampingan uda ga kyak dlu itu penyebabnyaaaa...skg korupai kecil2 dbabat habis jadi ya pendpatan mereka berkurang bnyak
.jadi gada duit muter
Dulu gaji 5jt dtabung,,hidup makan sehari2 dpt dr sampingan palah itu bahkan sisa bisa buat foya2 lha skg spingan dibabat yaudah gaji dcukupkan denagn bwa bekal...
ya tagihan listrik pasca dicabut subsidi itu yang paling nampol buat kelas menengah... mo alesan macem apapun tetep ngaruh banyak ke belanja emak emak emoticon-Leh Uga

solusi : pindah ke Meikarta << taikers said emoticon-Cool emoticon-Cool
Quote:Original Posted By resikosamsam
Karrena skg kantoran yg dpt sampingan uda ga kyak dlu itu penyebabnyaaaa...skg korupai kecil2 dbabat habis jadi ya pendpatan mereka berkurang bnyak
.jadi gada duit muter
Dulu gaji 5jt dtabung,,hidup makan sehari2 dpt dr sampingan palah itu bahkan sisa bisa buat foya2 lha skg spingan dibabat yaudah gaji dcukupkan denagn bwa bekal...


iya belum yang perusahaan importir kaya gw.. dulu saingan mah amsiong, mereka bisa masukin barang dengan metode borongan, jauh lebih murah, jadi harga nya bisa jauh dibawah harga gw yang resmi. (belum kalo tetiba kena jalur merah).. otomatis, pasokan mereka berkurang, cost mereka bertambah (karena harus resmi semua).. bahkan orang bea cukai nya pas dateng ke kantor juga ngeluh sekarang susah, karena ditungguin beberapa orang dari kpk di kantor.. so emang pasti dari yang sebelumnya orang bisa dapat duit dengan gampang, sekarang jadi sulit. pelanggan ane yang dari pns dulu gampang banget kalo lagi belanja, harga tinggi ga masalah, sekarang sulit..

yah emang kalo udah kebiasaan enak karena kkn, sekarang dibersihin memang ga enak, orang jadi nahan diri ga foya2..... apalagi momentnya pas kondisi global krisis.. makanya ane cukup salut ekonomi ga hancur.. ini menurut ane akibat warisan kebisaan buruk sebelum2nya, ga pernah diberesin.. makanya ga heran banyak yang benci jokowi..

aaaah, tapi nasbung mah mana ngerti, yang penting kopi sama rokok di warung aja masih kebeli..
Quote:Original Posted By mandataris


iya belum yang perusahaan importir kaya gw.. dulu saingan mah amsiong, mereka bisa masukin barang dengan metode borongan, jauh lebih murah, jadi harga nya bisa jauh dibawah harga gw yang resmi. (belum kalo tetiba kena jalur merah).. otomatis, pasokan mereka berkurang, cost mereka bertambah (karena harus resmi semua).. bahkan orang bea cukai nya pas dateng ke kantor juga ngeluh sekarang susah, karena ditungguin beberapa orang dari kpk di kantor.. so emang pasti dari yang sebelumnya orang bisa dapat duit dengan gampang, sekarang jadi sulit. pelanggan ane yang dari pns dulu gampang banget kalo lagi belanja, harga tinggi ga masalah, sekarang sulit..

yah emang kalo udah kebiasaan enak karena kkn, sekarang dibersihin memang ga enak, orang jadi nahan diri ga foya2..... apalagi momentnya pas kondisi global krisis.. makanya ane cukup salut ekonomi ga hancur.. ini menurut ane akibat warisan kebisaan buruk sebelum2nya, ga pernah diberesin.. makanya ga heran banyak yang benci jokowi..

aaaah, tapi nasbung mah mana ngerti, yang penting kopi sama rokok di warung aja masih kebeli..


dulu denger dari salah satu importir elektronik, masukin barang asal jenis barang di surat sama isi kontainer sama lancar jaya. klo pun masuk jalur merah di cek jumlah lebih dr di surat bisa kasih "uang rokok", 2-5 hari bs keluar kontainer. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By miyukihaga


dulu denger dari salah satu importir elektronik, masukin barang asal jenis barang di surat sama isi kontainer sama lancar jaya. klo pun masuk jalur merah di cek jumlah lebih dr di surat bisa kasih "uang rokok", 2-5 hari bs keluar kontainer. emoticon-Big Grin


ga juga gan, resmi juga terkadang suram, pahit dulu mah.. ane kebetulan juga impor elektornik.. ada satu kode namanya nomorh HS, menurut ane nomornya sekian, tapi menurut bea cukai sekian (asumsi loh) udah bisa bikin barang ane ketahan. wkwkwk. ampun. dan ane denger rumor, ga tau bener ga nya, tapi karena mereka ga sempet ngecek semua, makanya ada yang resmi kaya ane pun bisa kena jalur merah. padahal dokumen udah bener. wah ribet itu kalo jalur merah, bayar notul kan dimuka, terus, itu barang ga bisa keluar, tapi karena udah di indo, jadi harus masuk warehouse, duit lagi. wkwkw.
Apaan makan bawa bekel sendiri
Malah diantara semua sektor pekerjaan
Yg stabil dan msh ttp rame cuma sektor pangan aja, tmpt makan masih rame dimana2
Ga ada sepi2nya
lagi" fitnah nasbung
Quote:Original Posted By im.human69
lagi" fitnah nasbung


berarti detikcom antek nasbung
hancur kita gagal meroket
hancur negri ini kalo jokoplok fresiden
Quote:Original Posted By rumahkanaka3
berarti detikcom antek nasbung


betul itu, mana ada ekonomi menurun yg ada meroket
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By crotafterschool
hancur kita gagal meroket
hancur negri ini kalo jokoplok fresiden

itu kata2 JK, ane masih inget bgt
hancur negeri ini kalo org baru terkenal jd presiden