alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b7fbbf14088d9d2b8b458a/orang-ini-perpanjang-plat-nomor-motor-disuruh-bayar-5-juta-oleh-samsat
icon-hot-thread
Orang Ini Perpanjang Plat Nomor Motor Disuruh Bayar 5 Juta Oleh Samsat
Orang Ini Perpanjang Plat Nomor Motor Disuruh Bayar 5 Juta Oleh Samsat

Siapa yang tidak kaget kalau perpanjang plat nomor sebuah motor bisa menghabiskan dana hingga jutaan rupiah, hal ini dialami oleh akun netizen bernama Arini Riyadi dalam akunnya dia bercerita pengalaman yang menyesakkan karena sudah 10 tahun setiap perpanjang plat nomor dikenakan biaya normal namun kali ini dia mendapatkan pilihan yang dilematis karena ada uang tambahan 5 juta jika ingin mempertahankan plat nomor yang lama.

Berikut statement yang ditulis akun bernama Arini Riyadi di status facebooknya :

Plat lama ini dimiliki udh hmpir 10thn tp dgn berat hti hrs gnti plat yg bru.
Bgini crtanya,ktika akn mmbyar pjak mtor,sya ditnya sm pgawainya”mb mau ttp pke plat nmr itu atau mau gnti?”,sya mnjwb”ttp bu,lah gmn?”.trs bliau njwb”klo mau ttp pke plat nmr cntik itu mka njnengn(saya) hrs mbyr 5 JUTA?WHAT?5 JUTA??NYONG SHOCK!!!!!!!!!!!
Kata bliau mlai per 6 Januari 2017 khusus untuk plat nmr cntik hrs mmbyar pjak sbesar 5jt.
Halah….drpd ngeluarin uang 5jt ya mndg gnti plat nmr sja.
Himbauan bgi yg mmiliki mtor atau mobil yg ber nmr cntik silahkn siapkn uang 5 JUTA.


Orang Ini Perpanjang Plat Nomor Motor Disuruh Bayar 5 Juta Oleh Samsat

Setelah saya cermati ternyata sebelumnya belum mengetahui adanya peraturan baru mengenai tarif plat nomor cantik, tampak jelas plat nomor yang tertempel di motor miliknya sebelumnya memakai nomor cantik yaitu ”5555”, nomor ini katanya didapat bukan kemauan sendirialias pada saat beli motor baru beruntung dapat nomor cantik. Namun mulai tanggal 6 januari 2017 pemesanan plat nomor akan ada biays khususnya. Biaya yang dikeluarkan juga tidak murah karena bertarif dari 5jutaan hingga 20jutaan rupiah.

Polisi mengeluarkan tarif resmi bagi pengendara yang ingin mendapatkan nomor polisi (nopol) kendaraannya dengan angka ‘cantik’. Tarif itu diatur dalam PP No 60/2016 dan mulai berlaku pada 6 Januari 2016. Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan atau biasa disebut nomor cantik yang tadinya berstatus ‘dikenai biaya’ berubah jadi ‘ada biayanya’. Jadi untuk modifikasi nomor plat kendaraan sudah ada tarif resminya.

Tarif pemilihan plat nomor cantik juga berbeda sesuai jumlah huruf dan angka yang kita pesan, berikut contohnya :

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka

A. Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta

contohnya  :

B 1
T 3


B. Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

contohnya :

B 4 IK
B 3 CAK
BH 4 KU
K 1 WIL


2. NRKB pilihan 2 (dua) angka

A. Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta

Contohnya :

L 99R 46

B. Ada huruf di belakang Rp 10 juta

Contohnya :

R 41 MU
D 14 RE
AB 15 ML


3. NRKB pilihan 3 (tiga) angka

A. Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta

Contohnya :

W 212
G 999


B. Ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta

Contohnya :

B 212 NY
AB 999 CIE
L 121 ML


4. NRKB pilihan 4 (empat) angka

A. Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta

Contohnya :

B 1234
BK 5555


B. Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta

Contohnya :

E 7777 K
B 1414 LO



Sumber : aripitstop
pertamax
llah.. orang dia gk tau ada kebijakan gitu
emoticon-Cool
peraturan drimana itu...klo gw yg punya motor gw bakar tuh samsat.... ngehek....
mejeng dolo di trit pajak asongan
Kalo pengen huruf semua bayar berapa? emoticon-Bingung
Samsat apa kang kartu perdana tuh?

Mending ngurusin orang yg mo bikin sim biar ga pake berjam2.
Namanya juga wereng, paling lihai kalo soal duit2 pungli hohoghoho
keparat
kalo pengen gapake huruf berapaan?
biar pajak negara smkin gede, tp penggunaannya moga2 amanah
Wereng lagi deh
Pajak 5jt.umur motor 10th harga motor 2jt ..buang aja motornya ke laut
kalo gak pake angka gak pake huruf kena berapa?
Pake yg di tukang plat pinggir jalan bre , nomor cantik cuma gocap emoticon-Cool
Klo motornya harley atau copper sih ane mahfum bray emoticon-Big Grin
ya mau gmn lg, yg penting uangnya masuk ke kas negara gan emoticon-Cool anggap aja dia byar pajak khusus 5tahunan emoticon-Cool
kalo huruf/angkanya sangat jelek brarti haruanya gratis emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By reverum
Kalo pengen huruf semua bayar berapa? emoticon-Bingung

emangnya ente mau buat plat nomor apa plat nama bre? emoticon-Cool
kreatif nyari duitnya.. emoticon-Hammer (S)

bawah ane pengen bikin nomer plat L 68 TOK (baca : LGBT OK emoticon-Betty (S))