alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b7c1a5d44f9fb9338b4567/kenapa-presiden-wanita-di-negara-lain-terpilih-tapi-di-indonesia-banyak-perdebatan
icon-hot-thread
Kenapa Presiden wanita di negara lain terpilih tapi di Indonesia banyak Perdebatan
Quote:

Kenapa Presiden wanita di negara lain terpilih tapi di Indonesia banyak Perdebatan

Menurut Undang-Undang Dasar 1945, syarat capres dan cawapres diatur dalam pasal 6 sebagai berikut :

Pasal 6

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden harus seorang warga negara Indonesia sejak kelahirannya dan tidak pernah menerima kewarganegaraan lain karena kehendaknya sendiri, tidak pernah mengkhianati negara, serta mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Presiden dan Wakil Presiden.***)

Syarat-syarat untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden diatur lebih lanjut dengan undang-undang.***)

Singapura saat ini di pimpin oleh Presiden Wanita dari keturunan Melayu, ia pun seorang muslim.

Tapi berbeda dengan Indonesia dimana gender Wanita susah sekali menjadi Presiden, bahkan perdebatan sering kali menghiasi hal itu.

Kalau kita baca undang2 yang berlaku nampakya tidak melanggar aturan tapi kenapa harus ada perdebatan untuk seorang wanita yang memimpin.

Kenapa Presiden wanita di negara lain terpilih tapi di Indonesia banyak Perdebatan

Banyak perdebatan dari kaum muslimin tentang pemimpin wanita merujuk pada surat Annisa : 34.

”Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan”.

Lalu kenapa mereka berdebat yang mendukung wanita boleh memimpin juga berhujjah pada Quran yang sama.

Mereka berpendapat Islam adalah agama yang memposisikan sama antara laki-laki dan perempuan.

Sebagaimana disebutkan dalam Qur’an Surat al-Hujurat ayat 13 yakni :

”Hai manusia, kami ciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan, dan kami jadikan kalian berbangsa-bangsa adalah agar kalian saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulya diantara kalian adalah yang paling takwa”.

Atau dalam Qur’an Surat al-Taubah ayat 71 yakni :

”Orang-orang mukmin laki-laki dan orang-orang mukmin perempuan, satu dengan yang lain saling menjadi penolong”.

Dari ayat-ayat al-Qur’an di atas, jelas, Islam memposisikan sama antara laki-laki dan perempuan. Satu hal yang membuat satu dengan yang lain berbeda adalah tingkat ketaqwaannya.

Tidak ada satupun sumber hukum dalam Islam yang saling bertentangan, apabila dipahami secara meyeluruh dan tidak parsial. Seperti Surat An-Nisa’ ayat 34.

Kenapa Presiden wanita di negara lain terpilih tapi di Indonesia banyak Perdebatan

Menurut para pemikir Islam kontemporer seperti Fazlur Rahman, Aminah Wadud, Ashgar Ali engineer, Quraish Shihab, Masdar Farid Mas’udi, ayat tersebut adalah dalam konteks ketika al-Qur’an berbicara mengenai kehidupan berumah tangga. Suami (laki-laki) dilebihkan (untuk menjadi pemimpin) dalam rumah tangga, adalah apabila ia mampu melaksanakan kewajibannya menafkahi keluarga dengan baik. Akan menjadi sebaliknya, apabila peran pencari nafkah berada pada perempuan, tentunya perempuanlah yang dilebihkan (sebagai pemimpin) dalam rumah tangga. Sebagaimana yang dinyatakan dalam hasil penelitian Kementerian Pemberdayaan Perempuan bahwa terdapat 60% perempuan Indonesia harus menghidupi dirinya sendiri dan anak-anaknya.

Dengan demikian, oleh karena ayat di atas hanyalah berbicara dalam ruang lingkup kehidupan berumah tangga, maka tidak layak, apabila ayat ini dibawa sampai pada kehidupan sosial politik.

Kenapa Presiden wanita di negara lain terpilih tapi di Indonesia banyak Perdebatan

Mungkin kita bisa melihat sedikit kepemimpinan Aisyah dalam perang Jamal.

Atau kepemimpinan Cut Nyak Dhien sebagai pemimpin perang pada waktu melawan penjajah.

Atau masihkah kita akan selalu kembali dalam perdebatan yang tak berujung bilamana suatu saat negara ini mendapatkan calon presiden dari seorang wanita ??


Referensi

C4punk beropini

sumber lain
Karena tolol bre emoticon-Blue Guy Bata (L)
Karena semua dicampur adukkan
udah jelas bukan negara agama,tapi bnyk yang bawa2 agama dlm politik dan bernegara.

Para pemuka agama juga bnyk yg terlibat politik,bahkan lebih sok ahli dari politisi itu sendiri
ketika wanita mengurus negara serta keluarga?
Ketika keluarga minta jatah jabatan
Ketika jabatan memaksa memeras rakyat
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
USA aja yang merdeka ratusan tahun belom pernah punya presiden wanita bre emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By klukklukklann
USA aja yang merdeka ratusan tahun belom pernah punya presiden wanita bre emoticon-Shakehand2


Hampir tapi gagal emoticon-Leh Uga
warga mamarika yang jadi panutan loe aja mengharamkan presiden wanita
padahal katanya negara paling demokratis

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Bla bla bla...
Di Amerika dan Jepang juga banyak perdebatan.
itu yg bikin ane bingung sampe sekarang gan emoticon-Bingung
mau negara agama atau bukan.. saya pribadi tidak setuju dipimpin wanita!!
Lonje rasa bp ....... Gak koment, pura2 waras aja emoticon-Ngacir
AGAMAemoticon-Big Grin
karena banyak yang berani bayar mahal demi posisi itu
terbukti gagal kan ketika megatron ngejualin aset2 negara
Ane mngangap laki dan perempuan itu sama aja sih..
Kalo fisik okelah menang tapi pemikiran belum tentu emoticon-Kiss
Kenapa bisa demikian?
Karena ane slalu mmhami satu ini bahwa dari kemenangan sejarah di masa lalu bahkan masa kini selalu dimenangi oleh kekuatan pemikiran..
Bahkan kekerasan atau kemiliteran mampu hancur oleh prajurit perang pemikiran emoticon-Cool
Kita bicara sejarah..
Tapi namanya perempuan emang ditakdirkan mndidik anak dan ngurus rumah tangga makanya gak boleh ngurus pemerintahan karena fokus itu pnting emoticon-Kiss
Anaknya mau diapain? emoticon-Mad



karena cewek di indo masih lebih suka ehem2 gan drpd ngurusin perpolitikan... emoticon-Hammer2

Ahsyudahlahemoticon-Ngacir
Emang ada perdebatan di Indonesia kalau yang memimpin perempuan?
Kagak inget kasusnya

Kalau membawa persoalan Megawati, seinget gw bukan karena dia berjenis kelamin perempuan tapi karena dia bermasalah waktu memimpin

Kalau menurut Undang-Undang Dasar 1945, syarat capres dan cawapres diatur dalam pasal 6, dan di persilahkan perempuan mencalonkan yah gak masalah

Masalah kepilih atau nggak perempuan itu berdasarkan pemungutan suara
Loh megawati dulu itu bukan presiden ya bray emoticon-Cape d...
Gembokef emoticon-Cool