alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b7b72e1a9975c0018b456c/anti-virus-di-android-perlu-ga-ya
icon-hot-thread
Anti Virus di Android perlu ga ya ...

Apakah Android butuh Antivirus?

Anti Virus di Android perlu ga ya ...

Jawaban yang paling masuk akal adalah tidak ada sistem yang 100% bebas virus, demikian pula dengan terus bertambahnya virus Android. Pada dasarnya, kebanyakan kategori program antivius tidaklah berdiri sendiri, biasanya terintegrasi dengan aplikasi keamanan yang tidak hanya menangani virus saja, berbagai trojan, website perusak, dan sejenisnya ikut ditangani.


Misalnya berdasarkan pernyataan McAfee.com, Virus Android/FakeBrowser yang juga dikategorikan sebagai trojan karena memanipulasi dirinya seakan program yang berguna, dalam kasus ini virus berkamuflase sebagai web browser. Modus virus ini diawali dengan meminta telepon nomor pengguna dan nomor telepon tersebut akan disimpan pada sebuah file teks dengan nama 'samplefile.txt. Setiap kali program virus dijalankan maka file tersebut akan diperiksa, jika ada data nomor telepon didalamnya maka virus akan menampilkan browser dengan URL http://www.google.com. Virus ini akan memonitoring semua pesan masuk dan mengirimkannya ke nomor telepon yang pertama kali disimpannya. Masih banyak virus yang menginfeksi Android dengan berbagai modus layaknya trojan yang menyamar sebagai program bermanfaat padahal sebaliknya.

Berhati-hati, bahkan antivirus pun bisa di palsukan, sehingga pengguna bukan mendownload antivirus yang sebenarnya justru mendowload program berbahaya (malware) yang menyamar sebagai virus. Berdasarkan pengalaman banyak orang, asalkan selektif menginstall aplikasi dan hanya menginstall dari sumber terpercaya semisal GooglePlay, sistem Android akan akan tetap aman tanpa harus menginstall antivirus.

Pada PC, malware bisa menyusup ke dalam sistem hanya karena pengguna mengunjungi situs berisi program jahat menggunakan browser yang tidak memiliki perlindungan.

Sedangkan pada Android, pola serangan tidak akan terjadi semudah itu. Pasalnya, pengguna mesti mengklik atau memberi persetujuan pada notifikasi tertentu agar bisa memasang aplikasi yang sumbernya dari luar Google Play Store.

Google Play Store sendiri sudah memiliki perlindungan berlapis. Berbagai aplikasi yang diunggah untuk ditawarkan dalam daftar milik Play Store akan mengalami pemindaian komputer dan manusia. Alhasil, malware atau virus akan lebih sulit menyusup.

Solusi yang ditawarkan oleh perusahaan keamanan adalah memasang aplikasi antivirus yang cara kerjanya agak mirip dengan perlindungan pada Google Play Store. Salah satu perbedaannya, aplikasi antivirus bekerja di dalam ponsel.

Mengutip android.sc 11/2/2017, Perihal pertanyaan apakah Android membutuhkan antivirus, pimpinan keamanan Android, Adrian Ludwig mengatakan kepada wartawan, bahwa menurutnya, sama sekali tidak dan ia berpendapat bahwa 99% lebih pengguna Android tidak akan mendapatkan manfaat dari aplikasi anti-virus. Nah, gimana menurut kalian?


Sumber :

https://m.detik.com/inet/security/d-2637339/google-android-tak-butuh-antivirus
Ane ga install anti virus di android bray
bikin berat aja gan emoticon-Malu
tergantung usernya sih, bukan antivirus mungkin yang dibutuhkan android tapi anti malware
kalau kata temen ane ga perlu gan.. coz kalau ga di root sih mungkin gpp emoticon-Malu (S)
selama ga browsing aneh2, dipastikan android lancar jaya emoticon-Malu (S)
ane ga pke
Nggak perlu, karna nggak guna emoticon-Smilie
pake cleaner yg ada antivirusnya gan
ane ga pke
Gak perlu anti virus bre, cukup instal bigo live emoticon-Cool
ane blm pernah nyoba sih gan
Quote:Original Posted By ohh..god
kalau kata temen ane ga perlu gan.. coz kalau ga di root sih mungkin gpp emoticon-Malu (S)


ane aman aja tuh gan,biar rooted
hp ane biasa pke s*nl*ght om buat ngilangin virusnya
hp ane sih ga perlu pake anti virus sgala orang ane ga pernah buka aneh2 emoticon-Cool
rata2 pada gak pake emoticon-Cool
ga perlu, ga penting
saiya pakai bray.
gag tau guna apa nggak yg penting install dulu lah
Ane gak pernah pakai bre

Beberapa app ane gk berasal dari playstore Gan.
Kudu pake antivirus ini ? emoticon-Bingung (S)