rizkyriadyAvatar border
TS
rizkyriady
mengenal jenis motor jenis RETRO dan KLASIK
dimata para rider genre klasik atau retro itu punya passion tersendiri..

ada yg nostalgia, ada yg emang hobi bahkan ada juga yg sekedar suka dengan style nya..

apa sih enaknya bro pake motor dengan fasilitas yg minim??

yaa...emang sih motor motor sekarang udah dengan fasilitas yg cukup mumpuni, kaya Abs, Keyless, Mobile Charging, Alarm Security, dll..
tapi untuk pecinta Retro dan Classic gak akan kehabisan akal kok, banyak yg di modif sedemikian rupa biar riding atau touring makin enak..

lalu untuk sparepart? apa gak susah dan mahal?

naahh disitulah tantangan bagi pecinta motor Retro atau Klasik, tapi selama kita gabung Grup, Club atau Komunitas, gak perlu takut kesusahan part dsb.

kan banyak tuh motor yg terbilang modern yg di modif, sampe potong potong rangka, apa gak sayang?

biasanya semua udah di pikirin mateng mateng bro..
apalagi selama hasil yg kita dapat sesuai harapan, malah makin seneng.

gak takut ketilang?

sampe saat inisih peraturan yg dulu sempet heboh soal denda 24jt itu belum pernah kejadian ya, dan selama kita safety plus kelengkapan surat surat ada, menurut ane masih sah sah aja.
terkecuali kita udah menambah volume silinder sehingga merubah cc, otomatis kita harus lapor ke samsat.

nah menurut ane itulah beberapa pertanyaan pertanyaan mendasar saat orang awam liat motor jenis Retro atau Klasik entah bawaan pabrik atau modifan..




sekarang kita kenali jenis jenis motor bergenre Retro atau Klasik itu sendiri..

1. Cafe Racer
motor bergenre Cafe Racer sendiri asalnya dari Inggris. kenapa di sebut Cafe Racer??
jadi pada jaman dahulu kala (cee ileh) anak muda di Inggris yg berjiwa pembalap itu sering balapan dari kafe ke kafe lainnya sebagai tanda start dan finish.
ciri ciri Cafe Racer sendiri itu seperti stang jepit dan body tawon (hornet)
untuk posisi riding nya sendiri nunduk ala motor sport.





ada juga yang berfairing, sesuai selera


2. Tracker
kalo untuk jenis ini pasti udah pada tau.. yups untuk di alam liar, nanjak nanjak gunung dan medan yg terjal..
ciri ciri nya biasanya motor ramping, tangki kecil, lampu kecil, tinggi dan ban nya kotak kotak..
untuk mesin sendiri motor jenis ini lebih mengutamakan torsi yg besar, karna putaran bawah yg paling dominan di pake..





3. Scrambler
hampir sama kaya Tracker, tapi beda nya Scrambler biasa untuk city riding, body nya biasanya sedikit lebih gemuk dengan lampu depan aga gede.





4. Brat Style
sebenernya bratstyle ini awalnya adalah nama bengkel di Melbourne (kalo gak salah) dan terbilang baru untuk jenis Retro Bike.
mengambil tema nya Cafe Racer tapi dengan jok lebih panjang dan flat sehingga bisa untuk boncengan.





5. Japs Style
kalo jenis ini mengutamakan kenyamanan dengan stang yg tinggi dan posisi riding yg nyaman.
dijamin gak akan pegel buat touring.



6. Street Cub
jenis ini biasa diambil dari motor motor bebek jadul seperti honda c70.
tentunya cukup nyaman untuk city riding, karena motor jenis ini kecil dan ringan.





7. Bobber
namanya sendiri diambil dari jenis rambut Bob yg membesar di bagian belakang, itulah kenapa motor jenis Bobber selalu menggunakan velg dan ban belakang yg super lebar.





8. Chopper / American Chopper
inget film Ghost Rider? yup..motor yg digunakan Nicholas Cage itu bergenre American Chopper.
ciri ciri motor jenis ini sangat menonjol di fork assy (shock depan) yang super panjang.
banyak juga yg menggunakan stang tinggi sehingga posisi riding nya sendiri agak kagok bagi yg gak terbiasa.





9. Rat Style
ini sebenernya sih perpaduan dari genre lain.
bisa Cafe Racer, Brat atau Japstyle.
yg beda cuma di bagian Cat aja, biasanya motor jenis ini sengaja di biarkan karatan body dan tangki nya, setelah cukup banyak karat, lalu di tutup oleh pernis.
dinamakan Rat Style karena terinspirasi dari tikus got yg kulitnya budug dan terlihat tidak terawat.



10. Classic
nah kalo jenis ini bener bener original pabrik biasanya bro.
menurut ane pribadi ada kebanggaan tersendiri saat punya motor tua yg bentuk nya masih ori.





11. Board Tracker
jenis ini sebenernya masuk dalam jajaran motor super klasik juga bro.
ciri ciri nya yg paling menonjol itu tangki di bawah rangka tengah.







kira kira begitulah bro beberapa jenis motor Retro atau Klasik emoticon-Big Grin
tapi bagi ane pribadi untuk di jaman sekarang ini udah aga jarang yg bener bener pyur 1 jenis.

kenapa? soalnya banyak yg udah di campur campur gaya modifnya, sehingga melahirkan jenis baru di dunia permotoran.

keep safety riding guys emoticon-Ngacir2

photo by Google
Diubah oleh rizkyriady 09-09-2017 17:46
0
96.8K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan