alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59a46612902cfe3a208b456b/rumah-berhantu-di-atas-bukit-base-on-field-report-on-august-24-2017
icon-hot-thread
Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)

Follow us on Instagram @official.gpc
Official Thread Ghost Photography Community


Abstract

Berangkat dari sebuah cerita dari salah seorang crew film yang menceritakan pengalaman horornya di akun media sosial Ghost Photography Community (GPC), ketika Ia sedang bertugas di salah satu tempat di daerah Pengalengan Bandung. Admin GPC dikirimi bukti sebuah rekaman audio yang berdurasi kurang dari satu menit, di dalam rekaman audio tersebut terdengar suara anak kecil, yang menurut pengakuan dirinya tidak ada satu pun anak kecil yang berada di lokasi pada saat itu. Peristiwa itu terjadi pada siang hari ketika Ia sedang membuat film layar lebar. Ia juga menceritakan tentang keangkeran suatu rumah diatas bukit. Menurut pengakuan nya selama Ia bertugas di rumah tersebut banyak sekali gangguan gaib, terutama mulai dari suara-suara misterius dan penampakan hantu meneer Belanda. Kami dari Ghost Photography Community (GPC) atau Komunitas Fotografi Hantu, merasa penasaran untuk membuktikan kebenarannya. Maka itu pada hari kamis tanggal 24 Agustus 2017, GPC melakukan kegiatan hunting di kawasan pengalengan Bandung. Dalam hunting kali ini karena lokasinya di daerah bandung, maka GPC Regional Karawang lah yang akan melakukan survey. Hunting kali ini akan melibatkan tiga regional GPC sekaligus, yakni GPC Pusat yang bermarkas di Kota Depok, GPC Regional Karawang dan GPC Regional Bekasi. Mengingat jarak yang cukup jauh, hunting kali ini di batasi hanya perwakilan saja, karena jumlah kendaraan yang sangat terbatas. GPC Regional Karawang yang lebih dekat dengan Kota Bandung akan diberi tugas untuk survey lokasi. Menurut hasil riset dan wawancara tim GPC Regional Karawang dengan pihak pengelola dan warga setempat tidak diketahui pasti kapan dibangunnya rumah itu, serta sejarah apa yang pernah terjadi di dalam rumah tersebut. Minim nya informasi yang kami dapatkan sehingga sangat menyulitkan kami untuk mengungkap tentang informasi sejarah rumah tersebut. Ada yang bilang bangunan tersebut bekas villa, namun ada juga yang bilang bagunan itu bekas warga belanda pemilik tuan tanah kebun teh di Pengalengan. Namun menurut pengakuan warga, rumah tersebut sangat berhantu, bahkan di siang hari banyak warga dan pekerja buruh teh sering melihat penampakan noni dan meneer belanda. Kebanyakan orang enggan untuk melintasi halaman depan rumah itu pada malam hari bahkan siang hari sekalipun.




youtube-thumbnail

Suara Misterius yang terekam secara tidak sengaja dari halaman luar rumah di lokasi shooting oleh salah seorang Crew ketika sedang tidak ada kegiatan sama sekali, Berangkat dari rekaman inilah GPC mendatangi Lokasi Hunting yang ternyata, lokasi hunting GPC itu ternyata tempat lokasi ex shooting Pengabdi Setan 2017. Hal tersebut di dukung oleh pernyataan salah seorang sutradara yang berkomentar di media sosial setelah tulisan Field Report GPC menjadi Viral.






Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills


Chapter 1
Mencari Lembah Berhantu (Looking For The Haunted Hills)


Rasa penasaran tim GPC muncul karena adanya informasi dari salah seorang yang mengaku bekerja menjadi crew film. Ia menghubungi admin GPC untuk sharing pengalaman, karena dirinya mendapatkan suara aneh dari ponselnya ketika sedang merekam di sebuah rumah tua peninggalan Belanda. Karena tim GPC Pusat yang bermarkas di Depok telah kehabisan lokasi hunting. Maka GPC Regional Karawang merekomendasi tempat tersebut untuk di jadikan Lokasi Hunting (LH). Senin 21 Agustus 2017, bermula dari tim Ghost Photography Community (GPC) dari Regional Karawang yang berjumlah 3 orang yakni, Reno, Jodi dan Rio sedang survey ke kawasan Bandung. pada saat anggota GPC sedang riset dan menggali informasi dengan warga, banyak beredar cerita dari warga mengenai keangkeran suatu rumah berhantu di atas bukit, di daerah Pengalengan Bandung.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana siang hari di daerah pengalengan


Banyak beredar kabar bahwa bangunan belanda yang masih kokoh berdiri itu saat ini telah tak berpenghuni. Tadinya bangunan itu disewakan sebagai villa, namun banyak isu beredar dari wisatawan yang menyewa rumah itu di ganggu oleh energi gaib. Menurut pengakuan penjaga villa ada beberapa anggota keamanan yang di tugaskan untuk mengecek keadaan bangunan pada siang hari, namun anggota keamanan setempat di tampakkan oleh sosok berwujud meneer belanda. Akhirnya Regional karawang yang di pimpim oleh Reno pada siang hari melanjutkan perjalan ke atas bukit di temani seorang penjaga villa yang merekomendasi tempat tersebut dijadikan lokasi hunting.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penginapan di atas bukit


Pukul 16:30 regional karawang yang di pimpin oleh Reno tiba di lokasi perkebunan teh , medan yang cukup berat di lalui, tanjakan dan tikungan tajam menuju akses ke lokasi bisa dibilang sangat berat. Akhirnya sebelum matahari tenggelam Tim GPC regional Karawang sampai di halaman depan sebuah rumah di atas bukit yang tak berpenghuni, menurut pengakuan warga rumah tersebut berhantu. Boleh dibilang rumah tersebut adalah rumah yang bergaya arsitektur belanda. Rumah tersebut dikelilingi oleh kebun teh dan pepohonan yang menjulang sangat tinggi.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Tingginya pohon pinus di sekitar lokasi hunting


Suhu udara pada saat itu sekitar 24 derajat celsius. Tim GPC yang berada di dalam mobil beserta petugas penjaga villa sebagai penunjuk jalan memandangi rumah berhantu tersebut. Reno disarankan oleh penjaga villa untuk menemui bagian administrasi yang mengelola perkebunan teh sekaligus yang bertanggung jawab atas semua bangunan yang ada di dalam lokasi perkebunan. Termasuk bangunan angker yang nantinya apabila di beri izin akan di gunakan sebagai lokasi hunting oleh tim dari GPC. Menurut Reno ajakan penjaga villa untuk meninggalkan halaman depan bangunan angker tersebut hanya untuk menutupi rasa ketakutan penjaga villa tersebut.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Halaman samping lokasi hunting


Tak lama Jodi dan Rio turun dari mobil dan Reno beserta penjaga villa melanjutkan perjalanan ke kantor perkebunan yang berjarak kurang lebih 600 meter dari bangunan angker tersebut. Sedangkan Jodi dan Rio melakukan survey di halaman depan bangunan yang konon berhantu itu. Tak hanya melakukan survey, mereka melakukan riset serta wawancara dengan para petugas keamanan dan petugas kebersihan yang setiap hari bertugas di wilayah perkebunan. Ternyata benar saja pengalaman gaib hampir dirasakan oleh semua petugas di wilayah perkebunan tersebut. Bahkan petugas keamanan pernah di tampakan oleh sosok pocong di hutan pinus pada saat sedang inspeksi di malam hari.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Akses jalan menuju Lokasi Hunting


Spontan saja dirinya lari tunggang langgang ketika melihat sosok pocong yang menurut pengakuannya sangat jelas dan nampak nyata dilihat oleh dirinya. Tak hanya petugas keamanan, seorang petugas kebersihan pun memiliki pengalaman serupa perihal hal gaib yang pernah di alaminya. Ketika sedang membersihkan halaman bangunan angker tersebut, dirinya pernah mendengar suara anak kecil seperti sedang bermain di dalam rumah tersebut. Menurut pengakuan nya suara anak kecil tersebut seperti menggunakan logat bahasa belanda.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Akses jalan dari safezone ke LH


Jodi dan Rio semakin penasaran dan ingin sekali membuktikan perihal energi gaib yang tersimpan di dalam rumah tersebut. Tak lama kemudian mereka berdua bertemu dengan 4 orang mahasiswa yang sedang melalukan magang di perkebunan tersebut. Jodi dan Rio pun langsung mengkonfirmasi sekagligus menanyakan pengalaman selama mereka tinggal di lokasi ini. Ternyata hampir semua penduduk bahkan mahasiswa magang pun mempunyai pengalaman gaib. Ada yang di tampakan sosok wujud manusia berbulu hitam, ada yang mendengar secara langsung suara tertawa kuntilanak diatas pohon, suara anak kecil menangis, bahkan sosok pocong yang selalu berkeliaran dan kerap menghilang di balik pepohonan.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Halaman belakang rumah berhantu


Jodi dan Rio dengan spontan mengeluarkan kamera ponsel dan kamera DSLR untuk mengambil gambar di halaman luar bangunan tersebut. Kemudian mereka berdua dengan berani memasuki area dalam rumah yang menurut warga tak ada satu pun orang yang berani memasuki bangunan angker tersebut pada siang hari bahkan malam hari.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Kamar lantai satu


Dengan nyali yang berani mereka berdua menyusuri satu persatu ruangan. Rumah bergaya arsitektur eropa dengan ciri khas banyak nya kamar serta lorong yang terdapat tangga untuk menuju lantai dua. Tak ada informasi yang jelas mengenai kapan berdirinya rumah ini, dan siapa penghuni pertama rumah ini. Pastinya bangunan ini seperti mirip rumah pada film Insidios dan Conjuring, atau bahkan memang kedua film tersebut pernah shooting disini..??? (who knows).

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Anak tangga menuju lantai dua


Tak lama kemudian Reno menghampiri Jodi dan Rio, kabar baik di sampaikan oleh Reno kepada dua orang temannya. Karena secarik kertas surat yang telah di tandatangani oleh Ketua Umum GPC dan Sekjen GPC akhirnya diterima oleh bagian administrasi, yang pengelola wilayah tersebut. Pada saat itu pula bagian administrasi langsung memberikan izin kepada kami perihal penggunaan lokasi hunting pada hari kamis tanggal 24 Agustus 2017.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Kamar yang nampak baru di renovasi tapi tak pernah di huni


Salah seorang karyawan kantor menitipkan pesan kepada Reno bahwa jika sampai terjadi apa-apa mengenai hal gaib, mereka tak akan bertanggung jawab. Karena banyak sekali kasus kesurupan wisatawan penyewa villa apabila melintasi bangunan angker tersebut. Tak lama kejadian kesurupan juga menimpa mahasiswa yang sedang magang yang berasal dari kampus ternama di kota Bogor. Dalam kasus ini mahasiswa tersebut tak sadarkan diri dan berbicara dalam bahasa belanda. Pada intinya penghuni gaib di wilayah tersebut tak ingin diganggu oleh aktivitas manusia.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Lorong menuju kamar di lantai dua


Satu jam telah berlalu kini waktu menunjukan pukul 17:30, matahari perlahan mulai tenggelam suhu udara semakin dingin. Akhirnya mereka bertiga meninggalkan wilayah terebut kembali ke Karawang seraya mengabarkan kepada rekan-rekan GPC di setiap kota untuk bisa hunting bareng di kawasan Pengalengan Kota Bandung.


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 2
Persiapan Hunting (Hunting Preparation)


Kabar baik dari GPC Regional Karawang langsung saja di tanggapi oleh Humas GPC yang meneruskan pesan dari Regional Karawang kepada Ketua Umum GPC yang bermarkas di Kota Depok. Ke esokan harinya, Selasa 22 Agustus 2017. Mickey sebagai Ketua Umum GPC langsung memerintahkan Sekjen Andika agar secepatnya malam ini untuk mengadakan rapat, serta mengundang GPC Regional Bekasi untuk di ikut sertakan dalam hunting bersama di kawasan Pengalengan Bandung.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasanan briefing di SPBU Margonda


Ajakan itu pun langsung di tanggapi oleh setiap anggota GPC, pada pukul 20:00 bertempat di kediaman Mickey di kawasan Jalan Margonda Kota Depok GPC menggelar Rapat perihal hunting. Singkat cerita hunting di sepakati oleh semua regional sesuai surat izin yakni pada hari kamis tanggal 24 Agustus 2017. Namun karena lokasi hunting sangat jauh dari kota Depok dan Bekasi, bahkan dapat memakan waktu 5 jam dari kota Depok itu pun jika tanpa kemacetan. Setiap regional hanya boleh mengirimkan wakil nya saja, mengingat jumlah kendaraan sangat terbatas.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Donny dan Yogi menanti keberangkatan


Pagi hari, Kamis 24 Agustus 2017 pukul 07:00 regional Karawang yang terdiri dari 5 orang, yakni Kamal, Reno, Nita, Jodi dan Rio berangkat lebih awal menuju Bandung. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan rapat bahwa perlu ada yang tiba lebih awal untuk mengurus konsumsi dan akomodasi. Sedangkan Regional Bekasi hanya diwakili oleh Budi yang menjabat sebagai Wakil Ketua yang saat itu mewakili Ketua Regional Bekasi yang bernamaPrili yang berhalangan hadir, karena harus mengikuti kuliah. Karena jumlah Regional Bekasi hanya satu orang yang ikut maka Budi harus mengalah untuk berangkat dari Depok. Sisanya di dominasi oleh GPC Pusat yang bermarkas di Depok. Berikut daftar manifest pocongers (sebutan bagi anggota GPC) yang dapat mengikuti kegiatan hunting ke daerah Pengalengan kota Bandung :

GPC Pusat Depok
1. Mickey Oxcygentri (ketua umum)
2. Anty (isteri mickey aka ketua)
3. Andika (sekjen gpc)
4. Pika (admin medsos)
5. Idham (arsip gpc)
6. Ibra (humas gpc)
7. Safar (bendum gpc)
8. Tomi (head admin gpc)
9. Musmar
10. Andra
11. Prana
12. Yogi
13. Donny
14. Ade
GPC Regional Bekasi
1. Budi
GPC Regional Karawang
1. Kamal
2. Reno
3. Nita
4. Rio
5. Jodi

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Keberangkatan pukul 09:00 dari SPBU Margonda Depok


Ada 20 pocongers yang terdaftar di manifest hunting , kendaraan telah siap terparkir di meeting point SPBU Jalan Margonda Raya. Tiga buah unit mobil telah siap mengantarkan kami ke tempat tujuan. Sebenarnya total ada 4 mobil akan tetapi Regional Karawang jalan lebih awal pada jam 07:00 pagi, dan titik keberangkatan dari depok sesuai kesepakatan rapat berangkat pada pukul 09:00 pagi. Satu persatu Andika mengabsen rekan-rekannya di foodcourt SPBU sekaligus mengadakan briefing terakhir, dan ditutup dengan doa bersama. Karena ini misi paling berat kami selfie dulu sebelum berangkat. Sesuai rencana kami pun berangkat pada pukul 9 pagi.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana di dalam kendaraan


Roda kendaraan mulai bergerak kami pun meninggalkan Kota Depok untuk menempuh perjalanan menuju kawasan Pengalengan Kota Bandung, dengan waktu tempuh 5 jam dengan daya jelajah sejauh 136 Kilometer. Melalui jalan tol Cikampek-Cipularang kami pun mengalami kendala kemacetan di jalan tol menuju Bekasi Barat, kami membuang waktu dua jam dijalan tol tersebut. Akhirnya kami koodinasi melalui handy talkie (HT), dan memutuskan untuk keluar di tol Bekasi Barat dan melanjutkan perjalanan melalui jalur lama, melintasi Tambun, Cikarang dan masuk tol kembali di Karawang Barat untuk bergabung kembali di tol Cikampek.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Perjalanan menuju Bandung


Lima jam telah berlalu waktu menunjukan pukul 15:00 akhirnya kami keluar di exit tol Kopo. Tiga unit mobil saling koordinasi melalui HT konvoi mobil pun sesuai rencana untuk mendaki jalur perbukitan yang sangat menantang. Sinyal HT tak tembus untuk koordinasi dengan mobil regional Karawang yang telah tiba lebih awal karena jarak nya yang sangat jauh, sinyal GPS smartphone pun mengalami kendala dalam menyusuri posisi regional Karawang yang telah di share melalui aplikasi whatsapp. Ketika sesampainya di jalur perbukitan barulah HP menerima sinyal dengan baik, dan akhirnya kami pun sampai di sebuah villa yang telah di booking oleh Regional Karawang.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 3
Detik-Detik Menuju Zona Aman (Seconds to the Safe Zone)


Total 7 jam perjalanan menuju kawasan Pengalengan, walau sangat jauh dan melewati titik kemacetan di daerah Bekasi kami lalui perjalanan tersebut dengan suka cita. Sesampainya di Pengalengan, sebuah rumah di kaki perbukitan yang sejuk akan kami tempati sebagai tempat peristirahatan seluruh tim GPC untuk melepas kelelahan selama di perjalanan sebelum melaksanakan kegiatan hunting nanti malam. Adzan magrib berkumandang kami pun segera melakukan ibadah sholat magrib, sementara pocongwati (sebutan bagi anggota gpc perempuan) menyiapkan kebutuhan logistik dan kopi hangat. Setelah selesai menjalankan ibadah solat magrib, makan malam di hidangkan kami pun menikmati makan malam yang telah disiapkan oleh pocongwati.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Safar sedang menikmati hidangan makan malam


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ibra menghilangkan rasa lapar setelah menempuh perjalanan selama tujuh jam


Waktu menunjukan pukul 19:00 kami mulai untuk mengadakan briefing yang di pimpin oleh Regional Karawang, karena mereka yang mengetahui medan serta titik Lokasi Hunting (LH) dan SafeZone (SZ). Briefing dan doa selesai di lakukan, kami pun segera bergegas menyiapkan peralatan tempur berupa kamera, tripod, lighting, baterai dll. Sebelum kami menuju mobil untuk melanjutkan perjalanan ke Lokasi Hunting (LH) kami melakukan ibadah sholat isya di musola yang letaknya tak jauh dari villa kami.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana briefing di villa sebelum menuju safezone


Setelah itu kami berkumpul di depan villa tepat di pinggir jalan untuk mulai menaiki mobil, karena letak LH dari villa berjarak empat kilometer untuk kembali menempuh kembali jalur perbukitan. Karena menurut Reno dari divisi Regional Karawang letak villa angker atau rumah berhantu yang akan di jadikan untuk LH malam ini terletak di puncak perbukitan.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ketua beserta Sekjen GPC sedang memberi arahan


Satu persatu pocongers mulai memasuki mobil, tak lama roda mobil pun berputar untuk kembali berjuang menempuh jalur perbukitan. Kini konvoi terdiri dari empat mobil, karena GPC Regional Karawang telah bergabung. Suhu udara pada saat itu mencapai 24 derajat celcius, kami pun mulai kedinginan selama perjalanan. Jalur pendakian yang cukup terjal dengan penuh tikungan tajam serta jalur yang ekstrim tanpa pembatas tanpa penerangan jalan membuat kami waspada sepanjang jalan.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Yel yel GPC di kumandangkan agar membakar semangat semua tim


Selama 20 menit perjalanan kami sampai di dataran tertinggi kawasan perkebunan teh Pengalengan, tepatnya di sebuah kantor perkebunan teh yang sangat dingin pada malam hari. Lokasi yang di kelilingi oleh perkebunan teh dan pohon pinus yang menjulang sangat tinggi serta gelapnya malam, membuat suasana tambah mencekam. Empat mobil telah terparkir di halaman kantor yang telah di sepakati untuk dijadikan SafeZone (SZ).

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana persiapan tim di depan penginapan GPC


Bersambung
Lanjutan

Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 3
Detik-Detik Menuju Zona Aman (Seconds to the Safe Zone)


Peralatan tempur diturunkan dari mobil tak ketinggalan logistik serta termos air hangat untuk menyeduh teh dan kopi di siapkan di pelataran SafeZone (SZ). Sementara Reno, Jodi dan Rio sibuk mendata pocongers yang akan masuk ke lokasi Hunting (LH). Setelah di data oleh Regional Karawang maka keluarlah manifest pocongers yang akan masuk kedalam LH :
1. Mickey & Reno
2. Andika & Rio
3. Budi & Jodi
4. Safar & Donny
5. Ade & Kamal
6. Prana & Andra
7. Idham & Yogi
8. Musmar

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Photo bareng seluruh tim GPC di lokasi safezone


Sementara Musmar akan hunting sendirian karena Musmar mendapat julukan sebagai DENSUSCONG (Detasemen Khusus Pocong), maka akan menjalankan aski Solo Mission, dengan callsign spesial melalui HT yaitu LoneWolf. Sementara empat pocong lainnya yakni Anty, Pika, Nita bertugas menyiapkan logistik, kopi dan teh hangat di safezone. sedangkan Ibra danTommy menjaga SafeZone untuk memantau posisi tim yang sedang hunting melalui HT.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana menurunkan logistik dari mobil


Sebelum hunting di mulai kami pun menyantap sajen yang telah disiapkan oleh pocongwati, menyeruput kopi hangat di tengah dinginnya malam. Setelah itu doa sebelum memasuki LH kembali dimulai serta yel yel GPC di kumandangkan agar menambah semangat kami untuk menghilangkan rasa ketakutan. Karena moto GPC di Lokasi Hunting adalah “Pantang Pulang Sebelum Terobos”.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Semua tim mendapatkan sajian kopi hangat di safezone


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 4
Perjalanan Menuju Rumah Berhantu (Journey To The Haunted House)


Sesuai daftar manifest tepat pukul 21:00 hunting di mulai sesuai rencana, Mickey dan Reno menjadi pocong pertama untuk mencoba kekuatan energi gaib di Rumah berhantu itu. Jarak antara SZ dan LH sekitar 300 meter melalui jalan setapak berkerikil melintasi rindangnya pohon pinus yang tinggi. Suhu udara saat itu mencapai 22 derajat celcius tak kami rasakan dinginnya malam, karena termakan oleh gelap gulita lokasi perkebunan yang amat mencekam kala itu. Setiap perjalanan kami menoleh ke kanan dan ke kiri sambil menjepret kamera berharap mendapatkan visual gaib. Langkah demi langkah kami lalui, setelah 5 menit berlalu kami berdua melihat sebuah rumah yang sangat amat menyeramkan.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Target hunting dilihat dari angel sebelah kiri


Reno mengatakan itulah target kita, kami berdua memandangi rumah berhantu itu dari kejauhan. Menurut penulis exterior rumah itu seakan seperti rumah dalam film Conjuring. Mickey dan Reno mulai melangkahkan kaki nya menuju ke halaman rumah. Fenomena gaib mulai terasa, yakni perubahan suhu yang berubah drastis di depan halaman rumah yang mulai terasa hangat. Reno pun berkomunikasi dengan safezone melalui HT untuk menanyakan suhu di SZ. Ternyata benar saja di safezone semua pocongers merasakan kedinginan. Aneh rasanya hanya kami berdua yang merasakan suhu yang hangat di depan halaman rumah berhantu itu. Mungkin energi gaib telah bertabrakan dengan kami sehingga suhu dingin tak lagi kami rasakan.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Halaman depan rumah sekaligus pintu masuk menuju ruangan utama


Kilatan cahaya lampu kamera menyambar setiap sudut luar bangunan berhantu itu, Mickey mulai memasuki pintu depan rumah, sementara reno masih sibuk mengambil gambar di halaman rumah. Gelap gulita tanpa penerangan di dalam rumah membuat jantung berdebar kencang karena suhu di dalam ruangan utama mulai terasa sangat panas dan aroma kembang kenanga mulai tercium dari dalam rumah. Reno di panggil untuk segera memotret setiap sudut interior rumah, tak lama kemudian aktivitas gaib mulai terlihat.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Jendela dapur di sisi bagian belakang rumah


Sekelebatan cahaya putih melintasi jendela dapur, terlihat dari dalam rumah begitu cepat sekali pergerakannya. Keringat dingin mulai bercucuran dari pundak, rasa gemetar tak tertahan. Akan tetapi kami abaikan penampakan itu dan melanjutkan ke arah dapur, ternyata terdapat sebuah sumur tua terletak di bagian samping rumah dekat dapur.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Sumur Tua di bagian belakang rumah


Rasa mencekam mulai terasa ketika kami berdua mencium aroma bunga melati yang menyengat. Sambaran lampu flash di muntahkan oleh kami berdua kearah dapur dan kamar mandi yang tak terawat.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Lorong menuju kamar mandi belakang


Guprakkk suara pintu rumah dibanting terdengar sangat jelas dari dalam rumah, membuat kami berdua sangat kaget. Setelah kami telusuri ternyata bukan pintu rumah bagian depan yang dibanting karena setelah kami berlari untuk mengecek ke ruang utama, posisi pintu depan masih tampak seperti tadi. Setelah kami berdua menyusuri lorong rumah untuk mengeksplor kamar barulah kami melihat pintu lemari yang masih bergerak, seperti habis ada yang membuka. Kami mengontak safezone dengan handy talkie meminta waktu untuk hening sejenak di kamar tersebut guna mendapatkan fenomena gaib yang dapat di pertanggung jawabkan. Tak lama safezone merespon dan memberi kami izin selama 5 menit untuk hening di dalam kamar dekat pintu lemari yang baru saja terbuka.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Lemari yang menempel di dinding asal muasal suara misterius terdengar


Lampu dimatikan gelap gulita kami rasakan berdua, kami terdiam dengan posisi jongkong dilantai rumah yang terbuat dari kayu. Setelah dua menit berlalu, fenomena gaib yang ini terasa aneh kami rasakan. Mungkin seumur hidup kami berdua yakni Mickey dan Reno, merasakan fenomena gaib yang dasyat selama perjalanan hunting GPC.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Pintu yang menghubungkan halaman depan rumah


Tiba tiba lantai kayu yang kami pijak bergoyang seperti gempa bumi. Spontan kami menanyakan melalui HT kepada safezone apakah telah terjadi gempa bumi, kemudi langsung saat itu pula safezone merespon. Nyatanya di lokasi SZ tak merasakan hal serupa, kami berfikir penghuni gaib di dalam rumah ini sangat marah dan terganggu dengan kehadiran kami. Akan tetapi sangat disayangkan jatah waktu hunting kami berdua sudah habis, karena sesuai kesepakatan hunting satu tim yang terdiri dari dua pocong (dua orang) hanya dibatasi selama 20 menit.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suasana ruangan utama yang dipenuhi dengan lorong


Rasa sedih kami rasakan karena kamera kami tak satu pun menangkap fenomena gaib, berharap tim selanjutnya akan mendapatkan visual gaib dalam lensa, sehingga dapat di pertanggungjawabkan pengalaman gaibnya kepada khalayak. Kami berdua meninggalkan LH rumah berhantu itu, hanya pengalaman gaib yang kami rasakan namun sayang fenomena gaib tersebut tak tertangkap oleh kamera.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Pintu utama dilihat dari dalam kamar



Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 5
Hantu Anak Kecil Di Dalam Rumah (Ghost Child In The House)


Tak lama kami berdua pun sampai di safezone, kini giliran Andika dengan Rio bersiap untuk meninggalkan safezone untuk menuju Lokasi Hunting. Di tengah perjalanan rio sudah gemetar sebelum sampai di halaman rumah berhantu, namun Andika tetap memberi semangat serta sugest positif ke Rio agar tetap mau melanjutkan perjalanan menuju rumah berhantu diatas bukit. Mereka berdua pun akhirnya sampai pula di rumah berhantu tersebut, tapi kali ini Andika menyusuri dari trek yang berbeda yaitu melalui halaman belakang rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Andika alias Sekjen GPC siap beraksi dengan Rio


Benar saja ketika Andika mengecek hasil tangkapan kameranya sembari berjalan, terlihat sosok aneh sekelebatan tertangkap oleh lensa Andika. Rio tambah gemetar setelah melihat hasilnya. Sosok bayangan putih tertangkap oleh kamera Andika sedang bergerak namun sayangnya belum berbentuk wujud. Mereka berdua masuk melalui pintu belakang yang terdapat sebuah sumur tua, tapi sayang pintu terkunci dan harus masuk melalui halaman depan rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Andika dan Rio menelusuri setiap bagian rumah dari luar


Langkah kaki tertahan ketika mereka berdua mendengar suara anak kecil sedang berlarian di dalam rumah. Benar terjadi apa yang telah di ceritakan oleh narasumber di awal cerita ini, memang ada saksi yang mengatakan rumah kosong berhantu ini nampak ramai dengan suara anak kecil yang sedang bermain. Andika dan Rio mendengar jelas suara itu dari luar rumah, seakan ada yang berlari di lantai dua.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan cahaya putih yang terbang


Kini giliran Andika dan Rio yang akan mengeksplorasi lantai dua karena tim pertama Mickey dan Reno dibatasi oleh waktu sehingga tidak sempat menaiki tangga menuju lantai dua. Andika membuka pintu utama di ikuti oleh Rio yang berada di belakang sambil gemetar memegang kamera, sesekali hasil tangkapan Rio sedikit ngeblur dikarenakan Rio gemetar ketakutan pada saat mengambil gambar.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Anak tangga menuju lantai dua


Andika yang nampak tenang dan berani langsung menuju anak tangga ke arah balkon sambil memuntahkan frame ke arah jendela. Tiba-tiba mereka berdua merasakan hal yang sama yakni aroma kembang kenanga kembali tercium. Sangat aneh memang karena pada saat survey siang anggota tim GPC Regional Karawang tidak menemukan wujud bunga tersebut.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Salah satu ruangan di lantai dua


Rasa penasaran Andika dan Rio usai sudah ketika sesampainya di lantai dua mereka tidak menemukan siapa-siapa melainkan se ekor toke yang berbunyi yang sempat mengagetkan mereka berdua. Rio masih terselimuti rasa ketakutan yang amat dasyat segera mengajak Andika untuk turun kembali ke lantai satu.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ruangan menuju kamar mandi belakang


Tiba-tiba kali ini lighting yang dibawa oleh Rio ketika menyinari kamar mandi dibelakang rumah tiba-tiba padam. Anehnya batre lighting tersebut masih baru di charge, namun apa boleh buat tanpa lighting mereka tak akan bisa mengeksplor seluruh bagian rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Lighting yang tiba-tiba meredup


Maka mereka berdua pun memutuskan untuk kembali ke safezone. Beda dengan tim pertama yang hanya merasakan fenomena gaib saja, tapi kali ini Andika dan Rio selain merasakan fenomena gaib dalam rumah. Mereka pun mendapatkan bukti otentik dari hasil tangkapan kameranya.


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 6
Getaran Di Lantai Rumah (Vibration On The Floor Of The House)


Kembali ke safezone, Budi dan Jodi sebagai tim yang ke tiga telah bersiap melanjutkan misi hunting yang cukup berat ini. Waktu tepat menunjukan pukul 23:00, setelah sesampainya Andika dan Rio di safezone maka Budi dan Jodi yang akan di uji mental dan keberaniannya menghadapi energi gaib yang tersimpan di rumah berhantu itu. Di perjalanan menuju lokasi hunting mereka berdua sudah di tertawakan oleh suara kuntilanak yang cukup jelas dari atas pohon, namun sayangnya yang mendengar hanya Jodi, budi masih dalam keadaaan konsentrasi tinggi sehingga gangguan gaib belum satu pun Ia rasakan. Samar-samar rumah berhantu itupun mulai terlihat, lagi-lagi jodi yang melihat sosok laki-laki berbaju putih menggunakan topi bundar dikepalanya seperti wujud orang belanda. Hal itu dirasakan Jodi ketika Ia yang melihat lebih awal rumah berhantu tersebut.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Suara kuntilanak terdengar dari atas pohon


Segera cahaya senter diarahkan oleh Budi ke arah balkon lantai dua dimana Jodi melihat sosok hantu meneer belanda dari kejauhan. Namun ketika diterangi oleh cahaya headlamp sosok itu pun hilang seketika dengan cepatnya. Budi dan Jodi penasaran ingin segera memasuki rumah berhantu itu, langkah kaki di percepat untuk segera sampai di halaman depan. Namun kamera Jodi anehnya tiba-tiba ngehang sesampainya di depan halaman rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Balkon kamar seakan ada sosok yang sedang mengintai tim GPC


Sekarang tinggal mengandalkan kamera Budi yang saat itu menggunakan kamera ponsel. Kemudian mereka pun masuk kedalam ruangan utama, kemudian kembali terdengar suara gaduh di dalam kamar seperti orang yang sedang berjalan menggunakan sepatu. Kali ini Budi dan Jodi mendengar dengan jelas suara itu yang berasal dari dalam kamar. Karena lantai rumah tersebut terbuat dari kayu, maka suara itu pun terdengar jelas sampai keruangan depan. Budi dan Jodi langsung menghampiri kamar tersebut dengan langkah kaki yang lumayan gemetar, seolah-olah rumah ini masih di huni oleh manusia.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Jodi mulai menelusuri bagian dalam rumah


Pada saatnya mereka tiba di depan kamar tersebut, dibukalah pintu kamar perlahan oleh Budi, namun apa yang terjadi dari jendela terlihat sosok penampakan sepasang anak kecil sedang berlari menuju taman belakang rumah. Budi mengejar sosok itu sambil mengarahkan kamera ponselnya keluar jendela, namun Jodi terdiam gemetar di belakang budi, karena kali ini mereka berdua melihat langsung penampakan yang lumayan cukup jelas.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Eksplorasi di lantai satu dekat ruang tengah menuju dapur


Kemudian Budi menutup pintu kamar dan Jodi pun ikut serta di dalam kamar yang misterius tersebut seraya mengkontek safezone dengan HT untuk meminta tambahan waktu. Ketika pintu kamar di tutup cahaya senter yang jodi bawa di matikan maka seisi ruangan kamar tersebut gelap gulita. Seakan memancing mahluk gaib untuk datang menghampiri mereka. Tak lama kemudia mereka merasakan hal serupa dengan tim pertama yakni Mickey dan Reno yang merasakan lantai rumah bergoyang. Hal serupa pun dirasakan oleh Budi dan Jodi seperti getaran di bawah lantai kamar tersebut semakin kencang seperti gempa bumi, seakan menambah rasa penasaran tentang sejarah apa yang terjadi sebenarnya di rumah itu.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Salah satu ruangan yang seperti menyimpan misteri sejarah rumah ini


Suara HT berbunyi pertanda safezone mengisyaratkan mereka berdua harus segera meninggalkan lokasi hunting. Budi dan Jodi pun keluar dari rumah itu tanpa sempat menuju lantai dua rumah itu. Langkah kaki di percepat untuk menuju ruangan utama karena rasa ketakutan yang di alami oleh mereka berdua, bahkan pada saat mereka sampai diluar rumah mereka berdua nyaris lari, namun hebatnya mereka berdua masih tetap cool untuk mengatasi rasa takutnya. Sesampainya di safezone mereka menceritakan pengalaman gaibnya kepada rekan-rekan pocongers sambil menyeruput teh hangat yang telah disediakan oleh pocongwati.


Bersambung

Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 7
Tersesat Di Bukit Berhantu (Lost in the haunted hills)


Tommy mengahampiri semua pocongers yang sedang kelihatan seru mendengarkan cerita dan Jodi dan Budi, seraya memanggil Safar dan Donny sebagai tim ke empat, yang akan menginvestigasi fenomena gaib rumah berhantu tersebut. Tak terasa hari telah berganti menjadi hari Jumat 25 Agustus 2017, karena waktu kala itu menunjukkan pukul 00:00 dini hari.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Pocongers sedang asyik mendengarkan cerita Jodi dan Budi di Safezone


Kemudian Safar dan Donny mulai bergegas meninggalkan safezone untuk menuju lokasi hunting. Diperjalanan safar sesekali memuntahkan frame ke arah atas pohon, sementara donny meneranginya dengan senter yang dibawanya. Langkah demi langkah akhirnya mereka sampai di tengah perkebunan teh, tanpa disadari jalanan untuk mencapai lokasi huntin yang mereka tempuh adalah salah jalan alias nyasar. Yang mereka lihat di sekelilingnya hanyalah pohon-pohon yang menjulang tinggi dan padang kebun teh yang amat luas. Untung sajah frekuensi HT masih dalam jangkauan sehingga mereka berdua dipandu melalui HT untuk sampai dilokasi hunting. Namun apa yang terjadi mereka tetap tidak dapat menemukan lokasi hunting rumah berhantu itu, melainkan mereka malah masuk ke dalam suatu gudang kosong yang amat besar. Safezone kewalahan dalam mengintruksikan tim ke empat ini.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Donny Sedang mengkontek safezone via HT karena tim yang satu ini sadar telah tersesat


Kemudian Safar dan Donny memutuskan sambil menjepret kamera dari pada mubazir tidak digunakan sama sekali, mereka berdua pun malah membuang waktu di seputaran gudang kosong, boleh dibilang tim ke empat dirasa sangat aneh, mengapa tidak sampai di lokasi hunting malah nyasar di gudang. Safezone yang di komandoi oleh Tommy memerintahkan Safar dan Donny untuk kembali ke safezone. Akan tetapi selama perjalanan menuju perjalanan pulang menuju safezone teror gaib kembali di alami oleh mereka berdua.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Safar tersesat menuju lokasi hunting


Nampak jelas sosok kepala muncul di balik pepohonan, Donny dengan spontan menembakkan kameranya menuju pohon tersebut berkali-kali. Frame demi frame di muntahkan dari lensanya doni sembari di terangi oleh senternya Safar yang diarahkan ke rindangnya pepohonan yang menjadi target bidik. Donny saat itu pula langsung mengecek hasil tangkapannya, dan hasilnya YES, aku dapat “ujar donny”.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Sosok kepala sedang mengintip tertangkap oleh kamera Donny


Sesosok kepala muncul dengan wujud wajah sambil mangap sedang muncul di sela-sela pepohonan tertangkap oleh kamera Donny namun sayang opacity wujud hanya terlihat sekitar 50 persen. Teror kembali dirasakan oleh bereka berdua, auman seperti serigala dari balik gelapnya pepohonan sangat jelas terdengar, lebih dari itu suara itu makin mendekat. Tak pikir panjang Donny pun lari tunggang langgang, hal serupa setelah Safar melihat Donny lari terbirit-birit, Safar yang ditinggal sendirian langsung mengambil langkah kaki seribu untuk mengejar Donny. Tibalah mereka di gerbang pintu masuk perkebunan dan syukur alhamdulilah mereka bertemu dengan tiga orang penjaga keamanan kebun. Donny lebih awal tiba disusul oleh Safar yang masih ter engah-engah nafasnya karena kecapean berlari seperti dikejar setan. Maka penjaga kebun pun aneh melihat mereka berdua di malam yang dingin tapi berkeringat.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Gudang tempat penyimpanan hasil panen


Mereka berdua menceritakan pengalaman gaib yang mereka alami di halaman luar gudang kepada petugas keamanan kebun. Donny menceritakan habis melihat sosok kepala tanpa badan, petugas itu mengatakan daerah tersebut dikenal memang sangat angker. Usaha villa banyak yang bangkrut disini akibat dari banyak nya wisatawan yang kapok gak mau menginap karena di ganggu oleh mahluk gaib. Maka itu kami bertiga mengecek hanya sampai gudang dan perkebunan teh saja, tidak sampai ke bangunan dia atas bukit karena memang tidak ada satupun yang berani naik kesana pada malam hari “ujar petugas keamanan kebun”.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Petugas Keamanan mengantarkan tim yang tersesat ke safezone


Akhirnya Donny dan Safar meminta petugas keamanan untuk mengantarkannya ke depan kantor tempat safezone berada. Mereka pun berlima jalan menuju safezone, tak lama kemudian suara auman yang tadi membuat Safar dan Donny lari terbirit-birit mulai terdengar kembali, kali ini suara misterius seperti serigala itu muncul dari balik rindangnya pepohonan teh. Safar dan Donny tidak bisa menyembunyikan rasa ketakutanya, akan tetapi ketiga petugas keamanan kebun nampak santai dalam menyikapi suara itu. Tak lama suara auman semakin mendekat di ikuti gemersak suara yang berasal dari pehohonan teh, ketika pohon teh bergoyang Safar dan Donny semakin ketakutan. Tak lama rasa ketakutan itu pun sirna sudah, ketika sosok dua ekor anjing hutan muncul dari balik rindangnya tenaman teh. Kemudian dua ekor anjing itu menghampiri penjaga kemanan kebun, ternyata suara auman seperti serigala adalah anjing penjaga kebun teh yang sedang berpatroli saat itu.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Safar dan Donny pun kembali ke safezone dengan diantar oleh petugas keamanan kebun


Donny dan Safar akhirnya sampai juga di safezone di temani oleh tiga orang petugas keamanan kebun dan dua ekor anjing. Untuk mengucapkan rasa terima kasih kami kepada petugas kemanan kebun, kami memberikan kopi hangat dan makanan ringan kepada ketiga penjanga keamanan kebun itu, karena telah mengantarkan Safar dan Donny.


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 8
Serangan Gaib (Invisible Attack)


Waktu mulai bergeser menjadi pukul 00:30 dini hari, rasa dingin mulai bertambah, suhu saat itu menunujkan di titik 19 derajat celcius. Tim ke lima Ade dan Kamal mulai menjelajahi lokasi hunting di suhu yang sangat dingin, menurut pengakuan tim ke lima yakni Ade dan Kamal rata-rata gangguan gaib memang berasal dari dalam kamar lantai satu dan kamar mandi belakang dekat sumur. Ketika Ade dan kamal ingin mendirikan tripod untuk handycam tiba-tiba Ade terkejut, seperti ada suara siraman orang mandi yang suaranya sangat kedengaran jelas dari dapur. Gemetar tubuh Ade tak tertahan akibat suara yang terdengar jelas dari kamar mandi, sehingga membuat sugest negatif kepada kamal. Tak lama kemudian Kamal pun mendengar suara orang bernyanyi dari arah kamar mandi.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Kamal mendekati lokasi hunting


Luar biasa dasyat memang fenomena gaib dari rumah ini, membuat Kamal memutuskan untuk mengkontek safzone dari HT, untuk segera memanggil tim ke enam yakni Prana dan Andra untuk menemani tim ke lima yakni Ade dan Kamal. Hal itu di lakukan oleh kamal agar kuatir Ade pingsan akibat ketakutan maka sangat repot untuk mengangkat nya, karena badan Ade bertubuh besar dan berat. Sekitar 5 menit datanglah tim ke enam Andra dan Prana, diminta untuk hunting bareng di dalam rumah berhantu tersebut. Karena gangguan gaib makin dasyat, kuatir terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, maka kini di dalam lokasi hunting terdapat empat orang dua tim.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ade yang nervous pada saat hunting


Ade dan Kamal mengeksplorasi lantai satu, sedangkan tim ke enam Andra dan Prana menuju lantai dua. Setelah selesai mengeksplorasi lantai dua gangguan gaib semakin dasyat ketika waktu menunjukan pukul 01:00 terdengar lagi suara rintihan orang menangis di dalam kamar mandi, mereka berempat mengecek asal suara dari kamar mandi, tiba-tiba Prana muntah tanpa sebab. Dugaan mereka Prana masuk angin, akan tetapi menurut pengakuan Prana ketika prana melihat kamar mandi seolah-olah ada tubrukan energi gaib yang keluar dari arah kamar mandi yang tak terawat itu.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Jalan menuju kamar mandi belakang di lihat dari balkon lantai dua


Karena Prana lah orang pertama yang membuka pintu kamar mandi. Tak lama setelah pintu dibuka Prana langsung muntah, Andra dan Kamal di ikuti dengan Ade langsung segera meninggalkan kamar mandi yang tak jauh dari situ terdapat sebuah sumur tua. Ketika kepala Prana semakin pusing seperti orang mabuk”ujarnya”, tanpa pikir panjang mereka berempat mempercepat langkah kaki nya menuju safezone.


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 9
Teriakan Dari Dalam Rumah (Shouts From Inside The House)


Waktu kian bergeser menunjukan pukul 01:30, suhu udara menjadi turun di angka 18 derajat celcius bagaikan di dalam kulkas terasa sangat menggigil di lokasi safezone. Akan tetapi dinginnya kebun teh di puncak bukit Pengalengan tak di rasakan di sekitaran lokasi hunting, apa mungkin terbawa oleh suasana yang mencekam dan energi gaib yang terkumpul di rumah itu, menjadikan suhu udara tetap hangat. Berlanjut pada tim yang ketujuh yakni Idham dan Yogi, mereka mulai nervous ketika mendengarkan cerita dari pengalaman Ade dan Kamal yang menurutnya energi gaib yang paling kuat berasal dari kamar mandi belakang dekat sumur. Belum meninggalkan safezone saja terlihat dari wajah Idham yang nampak ketakutan seakan terbayang di benaknya hal serupa akan di alami juga olehnya.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Lebatnya hutan pinus menambah keangkeran lokasi hunting


Namun Yogi tetap memberikan semangat positif bahwa manusia adalah mahluk paling mulia, Idham kembali pada pendiriannya untuk tetap melangkahkan kaki nya ke lokasi hunting. Sepanjang jalan Idham mulai gelisah sambil sesekali membidik ke arah pepohonan pinus. Yogi tetap percaya diri yang membuat mental Idham menjadi kuat. Tak lama mereka melihat visual rumah berhantu itu. Mental Idham berubah ketika melihat wujud rumah itu, Yogi tetap pada pendiriannya untuk tetap akan memasuki rumah berhantu itu.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Yogi melangkah ke lokasi hunting dengan penuh percaya diri


Menurutnya semua yang datang ke sini harus mempunyai pengalaman gaib. Sementara Idham berubah pikiran untuk tidak melanjutkan perjalanan menuju rumah itu. Akhirnya mereka berdua sepakat untuk berbagi tugas Yogi akan mengambil gambar tiap sudut dari dalam rumah, sedangkan Idham akan mengambil gambar dari luar rumah. Ketika mereka berpisah, Yogi mulai memasuki ruangan pertama sampai ke anak tangga menuju lantai dua. Menurut pengakuan Yogi, dirinya memang tidak berani menuju ke belakang rumah dimana terdapat sumur dan kamar mandi tak terawat, dikarenakan Yogi seorang diri di dalam rumah. Sedangkan Idham sedang asyik mengambil gambar rumah tersebut dari luar.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Halaman luar bagian belakang rumah


Terlihat oleh Idham aktivitas Yogi dari luar, di ikuti cahaya flash yang menyambar dari dalam rumah. Idham tetap percaya diri karena tak ikut memasuki rumah itu. Ketika Idham sedang asyik berfoto terdengar dengan jelas suara daun jendela kamar terbuka, padahal kala itu tidak ada angin yang membuat jendela terbuka. Maka Idham pun melihat proses daun jendela kamar yang terbuka sendiri dari luar rumah, di ikuti dengan suara bunyi kreeeekkkk...... Idham masih tetap cool dan santai dalam menyikapi fenomena gaib yang di alaminya, mata nya masih melirik menatap jendela. setelah itu, terdengar suara jeritan anak kecil dari dalam rumah, mendengar fenomena aneh itu tanpa pikir panjang Idham langsung menggunakan jurus langkah kaki seribu alias berlari, dengan meninggalkan Yogi seorang diri di dalam rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Seluruh bagian ruangan lantai sedang di eksplori oleh Yogi


Ketika Yogi sedang sibuk mengambil gambar dengan kameranya dilantai dua, yogi melihat cahaya berjalan dengan cepat menuruni bukit. Menurutnya itu adalah fenomena gaib, padahal itu adalah senter Idham yang lari terbirit-birit akibat melihat jendela yang terbuka sendiri. Kemudian setelah Yogi sadar, bahwa HT dibawa oleh Idham kuatir tidak dapat berkomunikasi dengan safezone maka dengan segera Yogi menuruni anak tangga, dan benar saja ketika Yogi sudah berada diluar, di halaman depan rumah sudah tidak ada Idham.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan di jendela tertangkap oleh kamera Yogi


Yogi pun yang tadinya mentalnya berani karena kini seorang diri, berubah menjadi ketakutan. Kemudian memilih kembali ke safezone dengan langkah kaki yang sangat cepat namun tidak sambil berlari terbirit-birit seperti Idham. Di safezone Tommy menanyakan kepada Idham perihal Yogi, namun dengan nafas yang masih ter engah-engah karena kecapean berlari Idham sembari menceritakan hal gaib yang di alami olehnya. Sehingga meninggalkan Yogi seorang diri di dalam Rumah.


Bersambung
Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 10
Kehilangan Kontak (Lost Contact)


Saat waktu menunjukan pukul 02:00 giliran aski solo mision, yakni hunting seorang diri yang akan di lakukan oleh Musmar sebagai tim terakhir atau tim yang kedelapan.. Namun kali ini Ia tidak berpartner oleh siapapun, melainkan hunting seorang diri. Karena sesuai kesepakatan Musmar adalah tim khusus atau dikenal dengan sebutan Detasemen Khusus Pocong (DENSUSCONG). Karena satu orang Musmar setara dengan dua orang, oleh karena itu Ia tanpa partner. Musmar bersiap dengan peralatan tempurnya, kamera DSLR disiapkan, kemudia kamera ponsel sebagai cadangan. Pada aksi kali ini Musmar akan beraksi melakukan hal yang tidak di lakukan oleh tim sebelumnya, yakni Ia akan membakar terasi di dalam rumah.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penunggu gaib rumah ini seolah telah menunggu kedatangan musmar


Karena ada permintaan dari warga sekitar, apabila terasi dibakar maka akan membuat marah pennghuni gaib disitu. Kemudian Musmar meninggalkan safezone menuju lokasi hunting, semua tim berkerumun di safezone sambil mendengarkan chit-chat melalui HT antara Musmar dan safezone yang kala itu di pimpin oleh Tommy. Gemersak angin kini menggoyangkan dahan pepohonan menjadikan suasana semakin dingin dan mencekam. Tak lama kemudian Musmar melihat dari kejauhan banguan tua belanda yang masih berdiri kokoh seakan menyimpan misteri yang sulit untuk di bonkar. Langkah demi langkah akhirnya tiba lah Musmar dengan seorang diri dan berhadapan langsung dengan rumah berhantu diatas bukit.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Musmar mulai memasuki ruangan pertama seorang diri ditemani dengan cahaya senter


Seolah-olah kedatangan Musmar telah ditunggu oleh penghuni gaib rumah itu. Sampai sejauh ini Musmar belum merasakan fenomena gaib, karena mungkin dirinya masih berada diluar rumah. Langkah kaki kemudian membawa Musmar untuk memasuki ruangan utama, terjadi perubahan suhu yang amat dasyat dari dingin ke hangat. Bulu kuduk Musmar mulai bergidik akan tetapi label DENSUSCONG menjadikannya percaya diri untuk tetap melanjutkan hunting.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Anak tangga yang menghubungkan dua ruangan sekaligus di lantai dua


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan sosok berupa kepala di atas plafon kamar mandi belakang



Tiap sudut jendela dan ruangan di bidik dengan penuh konsentrasi, tiba-tiba seperti biasa kembali terdengar suara orang yang sedang mandi dari arah kamar mandi belakang dekat sumur. Musmar pun langsung bergegas kebelakang untuk mengecek sumber suara. Setelah diselidiki oleh Musmar tak ada satu orang pun yang berada di kamar mandi belakang, Musmar agak lama di lokasi itu untuk membidik setiap sudut ruangan. Namun hasilnya sangat tak terduga kejadian mahluk gaib penghuni kamar mandi yang kerap mengganggu tim GPC akhirnya tertangkap dan terjebak di dalam lensa Musmar. Tak lama setelah mengecek hasil tangkapan suara anak kecil kembali berlari, kini suara itu bersumber dari lantai dua.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ruangan yang berada di lantai dua yang sangat mencekam


Dengan segera Musmar mencari anak tangga untuk sampai ke lantai dua. Namun sesampainya di lantai dua suara gaduh dan cekikikan anak kecil pun tiba-tiba hilang, seolah-olah mempermainkan Musmar. Hal ini diperkuat oleh cerita yang pernah di alami oleh salah seseorang crew film yang pada akhirnya memberikan rekomendasi tempat hunting ini. Masih di lantai dua, Musmar akhirnya memutuskan untuk menuju balkon, karena arahan matanya seolah-olah ingin selalu melihat pohon pinus. Ketika membidikan kamerannya ke arah pohon pinus akhirnya tertangkaplah sebuah penampakan pocong, yang sedang memanjat pohon pinus. Musmar mengkontek safezone melalui HT mengabarkan bahwa dirinya melihat dengan nyata pocong yang sedang menempel di pohon pinus.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan mahluk aneh yang sedang memanjat Pohon pinus, tertangkap dari kamera musmar


Musmar adalah tim prioritas untuk tidak dibatasi oleh waktu dalam mengeksplorasi seluruh lokasi hunting. Selesai dari lantai dua Musmar pun menuruni anak tangga dan menuju halaman belakang, Musmar kembali mengarahkan kameranya. Ternyata di halaman belakang di temukan kembali sosok pocong kali ini berjumlah 3 pocong musmar pun kaget akan tetapi Ia masih sadar dengan reflek Ia langsung memuntahkan banyak frame ke setiap sudut. Usaha itu tak sia-sia Musmar kembali mendapatkan hasil tangkapannya. Dari halaman belakang Musmar bergeser ke kamar yang membuat tim pertama dan tim ketiga ketakutan karena lantainya bergoyang sangat dasyat.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan sosok pocong


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan selendang terbang


Musmar kini melakukan aski gilanya dengan membuktikan mitos dari warga sekitar untuk membakar terasi. Hal itu pun dilakukan oleh Musmar seorang diri, di dalam kamar diterangi oleh cahaya lilin Musmar kemudian membakar terasi itu. Aroma tak sedap menyelimui ruangan itu, tiba-tiba setelah 5 menit terasi terbakar HT yang dibawa Musmar berbunyi tak seperti biasanya. Frekuensi menjadi berubah seperti korslet, yang tak akan memungkinkan koordinasi dengan safezone.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Evakuasi penjemputan musmar setelah hilang kontak dengan safezone


Kembali ke safezone tanpa disadari waktu telah menunjukan pukul 03:00 namun Musmar belum lapor melalui HT, tiba-tiba hal seupa terjadi di safezone HT menjadi rusak dan frekuensi tiba-tiba menghilang. Antara safezone dan Musmar akhirnya kehilangan kontak, kami semua di safezone merasa kebingunan. Ditengah kebingungan salah seorang pocongwati melihat sosok yang menyeramkan kemudian menghampirinya. Hal itu membuat poocngwati yang bernama Nita menjadi menangis ketakutan. Spontan hal tersebut membuat panik seluruh tim yang berada di safezone, ketika masalah frekuensi HT yang mendadak rusak, belum lagi ditambah oleh gangguan gaib yang menimpa salah satu pocongwati.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Seluruh tim yang sangat penasaran untuk melihat suatu ruangan yang menyimpan misteri


Kemudian Ketua Umum GPC memberi komando agar segera kembali ke villa, dan segera menjemput pak Musmar yang masih asyik memprovokasi mahluk gaib yang ada di rumah berhantu itu. Kemudian 10 pocongers (sebutan untuk anggota GPC) segera naik bukit untuk menjemput Musmar. Ketika tim menjemput Musmar fenomena gaib yang amat dasyat kembali muncul, kali ini seperti wujud selendang yang tiba-tiba terbang dan keluar dari arah kamar mandi menuju jendela dapur. Dari sekian banyak tim hanya Kamal, Idham dan Ibra yang menyaksikan cepatnya pergerakan selendang terbang itu. Setelah analisa frame demi frame di safezone, akhirnya bidikan kamera kamal berhasil menangkap visual gaib yang sangat jarang sekali terjadi sewaktu hunting. Saking cepatnya pergerakan benda itu, maka sangat disayangkan gambar menjadi blur.


Rumah Berhantu Di Atas Bukit
The Haunted House On The Hills
Chapter 11
Akhir Dari Misi (The End Of The Mission)


Kemudian semua tim meninggalkan lokasi hunting, kami pun menuruni bukit untuk kembali ke safezone. Prana, Reno, Ibra dan Tommy telah siap di mobil untuk memasuki perlatan dan sisa logistik. Satu persatu tim telah mengisi semua mobil untuk kembali menuruni bukit menuju villa yang telah kami sewa.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Kembali ke penginapan pukul 03:50 pagi


Tepat pukul 03:30 kami meninggalkan safezone. Sesampainya di villa kami beristirahat sejenak sambil menunggu adzan shubuh berkumandang. Kemudian kami beristirahat tidur sejenak sampai pukul 09:00 pagi. Tepat pada pukul 10 pagi sesuai rencana kami pun bergegas meninggalkan kawasan Pengalengan Kota Bandung.

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Istirahat sebelum meninggalkan pengalengan


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Semua tim GPC tertidur pulas setelah melakukan kegiatan hunting semalaman penuh







----------The End----------





Copyright Protected By
Ghost Photography Community 2017
Apa Kata Mereka :

Admin GPC sudah mendapatkan konfirmasi dari sutradara film pengabdi setan Mas Joko Anwar, dan kami menyatakan benar tempat tersebut adalah tempat shooting Film Pengabdi Setan, berikut konfirmasi dan bocoran adegan scene yang ada di dalam Film Pengabdi Setan....!!!

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Konfirmasi melalui Twitter


youtube-thumbnail

Rekaman Suara Misterius yang terekam secara tidak sengaja dari halaman luar rumah di lokasi shooting Pengabdi Setan oleh salah seorang Crew ketika sedang break dan sedang hening tidak ada kegiatan sama sekali, Berangkat dari rekaman inilah GPC mendatangi Lokasi Hunting yang ternyata, setelah tulisan ini di buat, lokasi hunting GPC itu ternyata tempat lokasi ex shooting Pengabdi Setan 2017. Hal tersebut di dukung oleh pernyataan salah seorang sutradara yang berkomentar di halaman di media sosial setelah tulisan Field Report GPC menjadi Viral di dunia maya.

Quote:Original Posted By armygirls


deh iya gan fix asli gak salah ane masih inget kok dalam bayangan ane bentuk rumahnya, walau ane gak ikut survey siang.

youtube-thumbnail


ternyata terjawab sudah ane dapat bocoran dari crew yang di ganggu pada saat shooitng itu ternyata salah satu crew film PENGABDI SETAN kirain bisa di download ternyata film bioskop dan belum tayang. waktu kecil ane pernah nonton film PENGABDI SETAN versi tahun 80an dan itu serem banget. bisa ajah sutradara cari tempat yang serem.

terima kasih agan zenbbe


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Bocoran adegan scene yang ada di Film Pengabdi Setan


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Interior mirip seperti rumah di Film Conjuring


Quote:Original Posted By mst.suzuka
Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)

anjir, rumahnya beneran ada di cover film wkwkw emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By patrol99
Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
ga sabar liat film horror indo yg satu ini


Quote:Original Posted By robiadiprawira
wah keren keren, ane mau nanya kebetulan ane orang bandung punten hehe..
ini di pangalengan kan bukan pengalengan? pangalengan kabupaten bandung? Hehe
Soalnya kebetulan ane tau tempat ini hehe..
Andai ane tau ada ekspedisi kesana ane pasti mau ikut kalau boleh haha
Kebetulan ane mau mastiin sesuatu dengan mata kepala sendiri...
Karena tempat itu pernah jadi tempat uji nyali iseng2 temen ane sma temen2nya yang ujung ujungnya bakar terasi di lantai 1 deket tangga. Pulangnya dia yang bakar sakit berat sampe masuk rumah sakit.. Temen ane ga tau kenapa bisa gitu.. Ane yang jenguk aja biasa aja kaya panas dingin dianya, tp kata rs ga ada apa2, cuman demam biasa... Temen ane kalau tidur suka mimpi ada belanda tinggi besar pake topi bulet ngingetin jangan sekali kali kesana lagi...
Hahha itu share aja yah haha jadi pengen gabung deh emoticon-Hansip


Quote:Original Posted By rolls.royces
Gila gila gila... Ane bisa ngebayangin gimana jadi ghost hunting ini. Seremnya, gemetaran, dll.
Apalagi ane yg nonton film horor aja masih suka nutup mata alias ngintip2, ada penampakan tiba2 aja ane suka menjerit padahal nonton film doang emoticon-Metal


Quote:Original Posted By yogipurnomo
Mantap..
Gan, mungkin bakal lebih epic lg kalo pake action cam atau seenggaknya klo cahaya ga memungkinkan rekam dimicrophone gtu..
Upload ke youtube atau klo suara ke SoundCloud, biar makin berasa sampe ke kite"..


Quote:Original Posted By djinggo88
Gan yg kurang dri nih cerita..
Pengalaman macam apa yg dialami ama pak musmar saat dia bakar terasi seorang diri ? Sampai akhirnya dijemput oleh team yg lain ..
Cuma HT konslet aja ?

Dan apa pengalaman dari cerita ini ada versi videonya ? ..macam pakai action cam
Kyk di acara2 adu nyali tuh...


Quote:Original Posted By Nadasdy
Kalo ngga salah ini tempat syuting film nya joko anwar nih...remake salah satu film horor lokal yang paling serem menurut ane..emoticon-Blue Guy Peace

Angkat topi buat rekan" GPC


Quote:Original Posted By capt.l
Tanpa sadar ane dah gelar tiker dimari nyimak mpe kelar emoticon-Frown

Ane tepok tangan gan buat orang terakhir yang hunting solo

Mencekam


Quote:Original Posted By zenbbe


iya juga ya,
bentuk rumahnya mirip yg di trailer ya gan,


Quote:Original Posted By zenbbe


belum tayang gan film nya,
akhir september kalo ga salah,


Quote:Original Posted By The y06z
ane baru kelar baca
ane ngebayangin kondisi2 yg teman2 gcp alamin pasti gokil bgt
salut buat team GCP emoticon-Cendol (S):


Quote:Original Posted By backspacenter
Awal liat foto udah langsung keingetan poster film Pengabdi Setan 2017, ternyata bener ini rumah lokasi syuting nya. Btw itu rumahnya kayaknya agak bersihan karena habis renovasi buat syuting mungkin ya gan? Next time kalau ada lokasi hunting yang area Jatim ane mau ikutan ah.. emoticon-Shakehand2









Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Trending Topic Number 1 @Twitter


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Search By Google GPC Number one @google search engine


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Makasih buat kaskuser yang udah kasih cendol


Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Hot Thread @KASKUS
Konfirmasi dari DENSUSCONG dalam OPERATION SOLO MISSION GPC

Quote:Original Posted By densuscong
Maaf buat agan2 yg penasaran dengan saya , sekarang saya baru bisa menyelesaikan cerita solo hunting musmar, dan bergabung dengan kaskus,

Kelanjutan cerita densuscong musmar

Kode Sandi Lonewolf Part 2

Cong musmar mencoba kembali menghubungi safezone "safezone safezone masuk" namun tak ada balasan sama sekali dari safezone , dengan memberanikan dari cong musmar melanjutkan hunting dengan hanya menggunakan lilin , setelah terasi di bakar, kondisi rumah sangat tidak kondusif, beberapa kali cong musmar di ganggu dengan "penghuni" rumah villa bukit, dengan sengaja melakukan kontak visual (penampakan)kepada cong musmar, tapi masi mencoba memberanikan diri untuk memoto penghuni tak terlihat itu, sayang usaha cong musmar nihil pasca melakukan kontak visual, karena cepatnya perpindahan antar alam gaib dan nyata oleh penghuni2 galak yg terusik oleh ulah cong musmar, sementara di safezone mencoba terus mengkontak cong musmar dengan kode lonewolf "lonewolf lonewolf masuk" krek... tapi tak ada balasan dari cong musmar, kembali ke cong musmar, setelah gagal mendapat foto pasca kontak visual , cong musmar melanjutkan eksplorasi hunting di rumah,

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ilustrasi penampakan yg cong musmar liat

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Penampakan sosok berupa kepala di atas plafon kamar mandi belakang

tiba2 cong musmar menemukan ruang rahasia di bawah tangga ruang rahasia yang sdh lama tidak terjamah tangan manusia, cong musmar musmar mulai menelusuri ruang rahasia yg di temukannya di bwh tangga ,

Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
Ruang rahasia yg cong musmar temukan

tiba2 terdengar suara hentakan kaki mendekat dari arah depan , bulukuduk cong musmar merinding , untuk sekelas densuscong ini merupakan hal terseram yg pernah di alaminya, cong musmar melihat kearah depan , namun tidak ada sesosok fisik yg menhampirinya hanya suara kaki yg semakin mendekatinya., suara hentakan kaki itu semakin jelas hingga sprti berada pas didepan sepatu cong musmar, lonewolf pun mengambil
Posisi kuda2 dan memejamkan mata dengan perasaat takut, akan suatu hal yg menghampirinya, sewaktu cong musmar membuka mata tidak ada sesosok yg terlihat, lega perasaan cong musmar, dan berbalik badan untuk keluar dari ruang rahasia, tiba2 ada sesuatu yg menepuk pundak cong musmar dari belakang dengan rasa ketidak pastian cong musmar mencoba untuk menoleh kebelakang... rupanya di lihat salah seorang dari tim safezone menjemput paksa, agar tidak terjadi hal hal yg tidak di inginkan... tamat


FAQ (Frequently Asked Questions) :

1. Kapan GPC terbentuk...?
Ghost Photography Community berdiri pada tanggal 15 November 2013

2. Apakah Anggota GPC pernah ada yang kesurupan...?
Semenjak GPC berdiri sampai sekarang belum pernah satu pun anggota GPC yang kesurupan

3. Apakah setiap hunting GPC selalu mengajak paranormal...?
GPC paling anti dengan praktek perdukunan, paranormal, orang pinter atau apalah namanya, pelindung GPC adalah Alloh SWT

4. Syarat masuk GPC...?
Dapat izin dari orang tua dan mempunyai alat fotografi minimal kamera smartphone beresolusi tinggi

5. Kontak GPC...?
Instagram @GPCPUSAT

6. Apakah ada ritual khusus seblum hunting...?
Yup ada dan wajib, berdoa menurut agama dan kepercayaan nya masing-masing

7. Apakah Hunting main keroyokan...?
Teknis nya pada saat hunting harus masuk berdua bahkan diperbolehkan sendiri

8. Apa itu safezone...?
Safezone atau SZ adalah tempat titik kumpul yang meciptakan jarak antara Lokasi Hunting, berfungsi untuk monitoring tim yang ada di Lokasi Hunting

9. Kenapa anggota disebut Pocongers...?
Karena setiap anggota GPC akan menggunakan kostum pocong ketika berpulang ke Rahmattuloh, dan kita adalah calon pocong

10. Dimana markas GPC...?
Markas GPC ada di Kota Depok tempat kopdar di cafe bulle jalan margonda raya dekat polres

11. Ada berapa Regional GPC yang aktif...?
Untuk saat ini Regional GPC yang akti melaksanakan kegiatan hunting adalah Depok, Karawang dan Bekasi

IG GPC @GPCPUSAT

Official Thread :
Ghost Photography Community
reserved
reserved
Nyimak gan emoticon-Matabelo emoticon-Takut
wih horor story nih, gelar tiker dimari ah emoticon-Big Grin
nasi kotak berhantu,ninggalin jejak dlu
emoticon-Paw
Jejak dulu....


Ps. Perhatikan sekitar ente ketika membaca thread ini.......emoticon-Ngacir
Rumah Berhantu Di Atas Bukit (Base On Field Report on August 24, 2017)
rumahnya bagus emoticon-Takutemoticon-Matabelo
di SUmatera area bekas pengeboran STanvac banyak tuh gan..ane pernah ngalamin. Hantu Noni Belanda
Yg kek gini harusnya dibaca tengah malam nih...
Ane simpan dolo...
emoticon-Cool
Hmm rumahnya keren dan Serem ☺️
Hmmm,,tar dulu ane tandain duluemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin