alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Asuransi Kesehatan apa sih yang paling bagus?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59a30ce8ded77042558b4567/asuransi-kesehatan-apa-sih-yang-paling-bagus

Asuransi Kesehatan apa sih yang paling bagus?

disini kenapa tidak ada ulasan tentang asuransi kesehatan apa yg paling bagus? atau gw aja yg ga ketemu? karena gw liat asuransi skrg banyak yang ga beres, ada aja masalahnya. apalagi soal kesehatan dimana kita mau claim asuransi itu untuk rumah sakit, harus rawat inap, biaya operasi, obat2 dll.. ada yang bisa sharing pengalamannya?
maaf yang agen2 asuransi tolong disini bukan untuk tempat iklan kalian.. kalau kalian merasa salah satu dari kalian paling bagus, bisa di perdebatkan disini kenapa kalian yang terbaik. nanti pembaca nilai kenapa kalian yang terbaik tanpa ada unsur iklan. soalnya asuransi ini uda kayak 11 12 sama skema ......
Diubah oleh 7*Selatan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Terima kasih sudah bertanya. Sebenarnya thread untuk asuransi kesehatan dlunya ada namun beberapa sudah terhapus atau tenggelam.

Menurut pendapat saya setelah lama berkecimpung di dunia asuransi, tidak ada asuransi kesehatan yang bisa dikatakan terhebat yang tidak memiliki kelemahan. Pasti ada satu titik lemah dari asuransi yang dikatakan agentnya paling bagus se dunia itu dan titik lemah itu dapat diminimalisir dengan memiliki asuransi lainnya. Ini juga berlaku untuk BPJS sekalipun.

Seringkali masyarakat masih berpikir bahwa punya asuransi cukup satu asal yang paling bagus namun kadang berbenturan dengan bujet. Analoginya seperti ban cadangan mobil, kita sering melihat hampir 99% mobil hanya menyediakan 1 ban serep untuk jaga2 padahal mobil ada 4 ban. Hal ini dikarenakan jarang sekali terjadi kasus 2 ban pecah bersamaan.

Untuk itu memilih asuransi kesehatan melibatkan banyak faktor mulai dari:
- jenis asuransi (tradisional/unit link)
- model asuransi (inner limit/on bill prorata/on bill no prorata)
- coverage area (lokal/global) dan jangkauan kerjasama RS
- usia masuk dan usia akhir pertanggungan
- metode klaim (cashless/reimburse)
- syarat klaim
- dll yang banyak sekali tak bisa disebut

Dan menurut pengamatan saya jarang ada produk yang memenangi semua fitur diatas sampai 100% sehingga tak bisa dikalahkan produk lain

Mengenai klaim asuransi yang agan rasa tidak beres menurut beberapa kejadian maka saya hanya bisa memberikan sedikit penjelasan. Terhadap klaim yang diajukan nasabah, perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah sebagai berikut:
- polis harus dalam status aktif, nasabah sudah membayar premi (tradisional) atau biaya asuransi dll sudah terpotongkan dari nilai investasi (unit link)
- sudah melewati masa tunggu yang ditetapkan perusahaan. Ketentuan ada di buku polis
- area perlindungan benar. Beli polis lokal maka hanya bisa dipakai di Indonesia dsb
- limit asuransi masih tersedia (jika asuransi on bill), tagihan RS masuk dalam limit kamar, dokter, operasi, obat, lab (inner limit). Perhatikan beberapa item yang tidak dicover, ada dalam ketentuan polis
- tidak ada pre existing condition yang tidak diberitahukan sebelumnya waktu pengajuan SPAJ. Pre existing ini termasuk segala riwayat penyakit yang diketahui oleh nasabah melalui proses opname, cek laboratorium, konsultasi dokter sebelum mengambil polis
- klaim harus melibatkan rawat inap di RS kecuali kasusnya adalah operasi pulang hari, rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap
- dokumen klaim mulai dari nota, hasil lab dll harus lengkap. Syarat ada di buku polis (untuk reimburse)

Satu saja dari ketentuan diatas tidak terpenuhi maka perusahaan bisa tidak membayar klaim

Biasanya kasus yang sering terjadi adalah masalah pre existing condition dimana nasabah atau bisa juga agent melakukan fraud dengan menyamarkan kondisi kesehatan nasabah sebenarnya. Sehingga ketika terjadi klaim dan pihak asuransi melakukan investigasi maka fraud itu ketahuan dan tidak bisa cair lalu nasabah marah2.

Pengalaman saya seputar klaim asuransi di perusahaan saya juga bermacam2 dan pastinya yang direject adalah yang tidak memenuhi syarat diatas. Banyak juga klaim lain yang terbayarkan meskipun nomonalnya ratusan juta rupiah

Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi saya
Siswondo Pranoto
Sales Manager PT. Tokio Marine Life Insurance Indonesia
Sis1208@gmail.com
WA 081252052001
BBM 2b11a147
Perkenalkan saya Irshad Wicaksono Ma'ruf, S.E., M.M., CFP®, telah lulus sertifikasi dan member resmi Certified Financial Planner di FPSB Indonesia (www.fpsbindonesia.net).

Asuransi kesehatan sekarang banyak macamnya, lalu mana nih yang paling bagus??
Produk Asuransi Kesehatan yang paling bagus setiap orang berbeda-beda karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda juga.
Saya sharing artikel saya yang dimuat di Media Bisnis Indonesia tentang Merencanakan perlindungan Kesehatan:

http://kalimantan.bisnis.com/read/20...ngan-kesehatan

Semoga bermanfaat.
kalau kayak gini sih emang bener susah di review untuk asuransi mana yang bagus yah. jadi banyak orang itu sering kena tipu dengan asuransi dan apalagi udah unit link dan investasi dll.. tidak ada yang bisa untuk kasih full review untungnya pru vs ge vs alli vs avri vs tok vs dll.. dan asuransi jg pinter mrka dikit2 ganti polis ato t&c supaya bisa mengecoh untuk orang2 yang mau nilai kyk gini.
Diubah oleh 7*Selatan
ada yg punya pengalaman dengan asuransi Sun L**e ?
Sebenarnya untuk review bisa gan tapi tidak bisa ditampilkan secara publik karena ditakutkan bisa menjadi bahan untuk saling menjatuhkan perusahaan lain. Setiap perusahaan ada plus minusnya dan kadang sisi minusnya ini diekspos untuk menjatuhkan jika dishare secara umum di publik dan bisa terkena sanksi dari AAJI

Jika agan ingin review maka lebih baik email secara pribadi ke kontak saya

Siswondo Pranoto
Sis1208@gmail.com
WA 081252052001
Bbm 2B11A147
Kwkwkwkw... mau tahu detail asuransi kesehatan supaya calon konsumen bisa bandingin produk....? gak mungkin kaka... emoticon-Cool

Intinya gini aja lah... selama sebuah perusahaan tidak mampu mejelaskan secara baik dan jelas tentang produk/jasanya... entah itu hitung-hitungan di asuransi kesehatan tradisional apalagi model unit link emoticon-Big Grin... besar limit pertanggungan, jenis-jenis penyakit yang tidak tercover asuransi... atau entah tentang model inner limit, entah on bill prorata, entah on bill no prorata asuransinya, entah itu syarat klaim dll... di website perusahaannya sendiri itu udah suatu tanda tanya besar ke konsumen... apa ia seorang sales asuransi bisa hapal itu semua diluar kepala dan menjelaskan ke calon konsumen...

Padahal hubungan asuransi dengan konsumen itu hubungan yang sifatnya jangka panjang (puluhan tahun...) gimana kalau salah pilih partner kesehatan kan... emoticon-Big Grin


Bisa tanya ke provider kartu dimana perusahaan tersebut bekerjasama, atau tanya ke perusahaan reasuransi, biar dpt jawabab yg fair.
Krn katergori terbagus disini banyak pandangan..
Mau bilang terbagus dr majalah xxx, atau ini itu tetep aja ada yg bilang negatif dll. Haha
Malam agan-agan..saya numpang nimbrung ya. Untuk asuransi kesehatan saran saya cari yg sesuai budget dan kebutuhan kita serta bisa mengatasi inflasi biaya kesehatan. Seperti kita tahu biaya kesehatan setiap tahun pasti meningkat (sekitar 10-20%/tahun), dimana asuransi kesehatan yg diambil tahun ini belum tentu 5 atau 10 tahun lagi akan bisa menutupi biaya saat kita terkena sakit/sakit kritis padahal usia juga bertambah dimana resiko sakit tentunya lebih besar kemungkinannya.
Itu dulu agan-agan yg mau saya sharing. Semoga kita semua diberi kesehatan.
Quote:


apa yang saya bisa bantu Agan dengan Asuransi Sun L**e ? ada yg perlu di tanyakan bisa saya bantu agan.

Call Me :

No WA : 082298931528
Email : fajar.kusasih@gmail.com

Terima Kasih
Dwi Fajar Kusasih

Diubah oleh fajarslfi
Quote:


asuransi semua pny kelebihan dan kekurangan,
kalo gw memposisikan diri sebagai konsultant ya,
jadi gw bakal bantu nasabah gw, cari tau sebenarnya apa yg mrk butuh dan mrk perlu ..

sometimes , nasabah sbrnnya ga perlu produk X, tapi dia ngotot krn melihat teman atau di referensi sama tmnnya soal produk X.
sometimes , nasabah ga tau apa yg dia perlukan dan buat apa ada asuransi.
sometimes , nasabah ketika kita kasi suggestion, dia merasa kita ingin makan duitnya.

intinya dr saya sih lebih ke trust ya,
bagaimana nasabah bisa mempercayai seorang "Insurance Guy" sampai seperti sahabat sendiri.

kalo gw blg, relasi dulu sih. Agan nilai aja orangnya kyk gmn dlm keseharian dia, habit and behavior ketahuan kok..
biasa kelakuan mereka akan mencerminkan isi polis yg mrk bikinkan .

hahahaha

just sharing sih gan,
lagian kalo misalkan kita bilang asuransi sekarang semua bny "aneh",
jelas gan.

simple nya seperti kalo kita sakit,
ketika kita sakit, kita berkunjung ke dokter A,
dokter A bikinkan resep obat dari satu sampai sepuluh ,

tapi agan sakit uda 2 minggu juga belum sembuh2,

nah setelah itu, agan yg perna parno sama dokter A ini,
kira2 next kalo sakit. Agan masih tetap cari dokter , atau agan menjustifikasi semua dokter itu sama saja ?
atau bahkan agan sudah tdk bs percaya dgn dokter manapun lagi ?

emoticon-Big Grin

seharusnya kita mencari dokter B kan ?
untuk mencoba berobat lagi, siapa tau cocok.

agen asuransi cocok-cocokan sih gan,
sorry ya , ada bbrp insurance di indo emang produknya jelek ampe ga ketolong,
tapi itu insurance company masih bs berdiri dan ada aja org yg jadi nasabahnya.

hahaha,

so ?
berarti bukan jelek, itu hanya pandangan 1 sisi dari saya,

kalo ada nasabahnya berarti ada pasarnya,
kalo ada pasarnya, berarti ada org yg "MEMBUTUHKAN" produk tersebut .

simple gan,

salam dari AM Chubb Life,
bole kalo mau nongkrong,biasa ane dicentral park JakBar gan.

sometimes, nongkrong jg ga harus prospekkkkk mulu atau cerita asuransi mulu.
nyantai sambil seruput ~~~

emoticon-afro
Quote:


Menurut bapak yang bagus itu seperti apa ya?

Asuransi kesehatan yang ideal ?

Asuransi kesehatan yang ideal:

- Limit Besar
- Stand alone
- Kamarnya gak pakai harga, tapi based on jumlah bed (jadi kebal inflasi)
- Cashless
- Menerima kondisi pre-existing
- Gak pakai inner limit (Jadi, ganti sesuai bill)
- Berlaku di luar negeri (Paling ngga Malaysia, Singapore)
- Cover rawat jalan
- Murah
- Bisa bulanan
- Premi kembali

Berita buruknya, gak ada yang seperti itu... Hehehee..

Ada yang limit besar, tapi reimburse.
Ada yang nggak pakai inner limit, eh tapi kamarnya pake patokan harga (jadi 10 taun lagi bakalan nombok karena harga kamar udah double bahkan mungkin nanti triple).
Ada yang limitnya gede banget, tapi harus beli unitlink dengan UP besar.
Ada yang mendekati kondisi ideal, eh preminya bagaikan pungguk merindukan bulan...

Yah, akhirnya kembali ke masing-masing, mana yang paling sesuai.. Karena tiap manusia punya kebutuhan berbeda terhadap asuransi kesehatan. Ada yang mentingin cashlessnya, ada yang mentingin cover di LN, ada yang harus kembali preminya, dll.

That's why, gak ada yang bisa bilang bahwa asuransi kesehatan ABC yang terbaik. Setiap produk dibuat untuk pangsa pasar tertentu. Baik, hanya untuk kalangan tertentu. Baik untuk A belum tentu baik untuk B.

Setiap produk, bagus, setiap perusahaan bagus. Kuncinya ada di keterbukaan dan itikad baik agen dan nasabah sedari awal.

Tapi kalau mau cari yang limitnya 19 miliar, tanpa batasan per penyakit, tanpa batasan harga kamar, berlaku di LN, bisa bulanan, stand alone, bisa tanya saya di WA 0811892422. Tapi reimburse yaaa, kecuali penyakit akut tertentu atau akibat kecelakaan.

Demikian gan.. emoticon-Smilie
Asuransi itu ibarat mobil, masing2 punya klbihan dn punya peminat sendiri sendiri, intinya ambilah polis yg sesuai kbutuhan anda, contoh anda seorang traveler sejati kliling dunia ya worthed buat ambil asuransi yg krtu hsnya bs brlaku dslruh dunia dgn limit yg besar dr gnr, contoh anda budget terbatas maka bs ambil asuransi murni kshtn yg byr thunan dr SLF, atau anda mau kombinasi bs ambil yg kombinasi dari a-z ada, so fahami dlu kbutuhan anda baru ambil kputusan.
salah post, maafemoticon-Cool
Diubah oleh zueldigan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Jawabannya gak ada, cba aja hubungi no no yg di atas, psti ngrekomendasiin produknya masing masing. Nggak ada asuransi kesehatan yg kita sakit, langsung gesek atau kasih no polis semua aman itu khalayan belaka. Atau asuransi jiwa yg kita mati langsung dikasih uang. Pengalaman gue ngurusin alm bokap dan keluarga. semua diribetin dlu dan ada A I U E O. Alias gak ada bedanya sama BPJS. Itu pengalaman pribadi sih sama 3 asuransi terbesar di Indonesia.
Quote:



Asuransi kesehatan yg baik ga ada? Yakin? Biasanya yg bilang ga baik ga pernah baca atau dijelasin isi ketentuan polis kaya gimana emoticon-Embarrassment

Pengalaman pribadi tiap orang beda beda ya, tapi biasanya dari pengalaman juga nasabahnya yg ga ngerti apa apa terus declare dah asuransi itu rumit emoticon-Leh Uga

Maaf maaf aja nih, gua claim asuransi gampang, terus urus asuransi claim rawat inap client gua juga gampang malah dapet pelayanan VIP dari RS premier yaitu VIP Service emoticon-Embarrassment

Benci boleh, bodoh jangan ya gan emoticon-Embarrassment
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
beli asuransi kesehatan mah nga usah neko2 gan yg penting punya aza

gw bikin di cigna premi 500rb an meliputi istri dan 3 anak, biaya kamar 600rb maksimum 200jt /tahun ( total semua kita, anak dan istri )

toh cuma buat asuransi kesehatan kan, toh kalo beneran sakit berapa sech biaya paling mahal u masuk rumah sakit?, nga gede2 amat kmrn aza anak gw masuk rs 6 hari cuma abis 5 jtan, dan rasa2nya ( kalo keluarga gw ya nga tau yg lain ) setiap tahun masuk rs kayanya nga sampe 200jtan, beda sama asuransi penyakit kritis atau jiwa ini baru yg nguras dana dan perlu diperhitungin mateng2


Quote:



Berdasarkan data dari tim departmen klaim perusahaan kami. Perkiraan besaran klaim dibedakan berdasarkan kategori penyakitnyang diderita.

Untuk sakit biasa yang tidak berhubungan dengan organ vital, tidak memerlukan perawatan lanjutan permanen setelah selesai opname, tidak bersifat kritis. Contoh DBd, tipes, operasi kecelakaan dan sejenisnya. Jumlah klaim antara 5-100 juta

Untuk sakit yang berhubungan dengan organ dalam dan organ vital, memerlukan penanganan lanjutan atau operasi. Jumlah klaim antara 100-500 juta

Untuk sakit yang bersifat kritis antara hidup dan mati, memerlukan operasi dan penanganan lanjutan permanen, masuk ruang ICU lebih dari 15 hari. Menyerang organ vital dengan tingkat kesembuhan minimal. Jumlah klaim antara 500 juta-3 Milyar per kondisi per kejadian.

Semua biaya diatas adalah biaya standar untuk RS di Indonesia kelas kamar standar 1. Jika diluar negeri bisa dikalikan 2-3x. Biaya ini akan mengalami inflasi rutin sebesar 7-10% per tahun.

Secara teknis menyediakan asuransi jiwa adalah yang paling murah. Untuk asuransi sakit kritis memang lebih mahal tapi fungsinya berbeda dibandingkan dengan asuransi kesehatan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di