alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/599d18851cbfaa6f578b456c/seluk-beluk-kopi
icon-hot-thread
Seluk Beluk Kopi, Budidaya Tanaman Kopi. Pecinta & Penikmat Kopi Wajib Masuk!
HAI Agan dan Sista,
Ijinin ane ngasih tau agan dan sista tentang seluk beluk kopi yaa, langsung aja deh gansis wkwk

KOPI, sebenernya nih ya kalo kita bicara tentang kopi tuh bercabang banyak banget deh,
tapi janji jangan muntah di sini yaemoticon-Ngakak


KOPI adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).
Spoiler for :


Seluk Beluk Kopi!!!

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan
Spoiler for :


kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong.
Spoiler for :


Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi.
Spoiler for :


Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.
Spoiler for :


ETIMOLOGI
Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

SEJARAH
Bermula di Afrika
Spoiler for :


Penyebaran kopi di Arab
Spoiler for :


Kopi mencapai pasar Eropa
Spoiler for :


Mencapai ke Martinik, Perancis
Spoiler for :


Bunga kopi untuk Brasil
Spoiler for :


Nah entu sejarah tentang kopi gan sisemoticon-Jempol

BIJI KOPI
Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya terdapat 2 jenis varietas utama, yaitu kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.

Biji Kopi Arabika
Spoiler for :


Biji Kopi Robusta
Spoiler for :


Kopi Luwak
Spoiler for :


Kopi Sumatera
Spoiler for :


Kopi Sulawesi
Spoiler for :


Kopi Aceh Gayo
Spoiler for :


Kopi Bali Kintamani
Spoiler for :


Kopi Papua Wamena
Spoiler for :


Kopi Flores Bajawa
Spoiler for :


Kopi Jawa
Spoiler for :


JENIS JENIS MINUMAN KOPI
Minuman kopi yang ada saat ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik.[butuh rujukan] Berikut ini adalah beberapa contoh minuman kopi yang umum dijumpai.

Kopi hitam,
Spoiler for :


Espresso,
Spoiler for :


Latte (coffee latte),
Spoiler for :


Caffè macchiato,
Spoiler for :


Dry cappuccino,
Spoiler for :


Frappé,
Spoiler for :


Kopi Irlandia (irish coffee),
Spoiler for :


Kopi tubruk,
Spoiler for :


Melya,
Spoiler for :


Kopi moka,
Spoiler for :


Oleng,
Spoiler for :


Mungkin segini aja gan sis, sebenernya masih banyak sih yang kurang, karna udah mepet jadi gini aja deh
semoga bermanfaat ya

jangan lupaemoticon-Rate 5 Star danemoticon-Toast
kopi tubrukemoticon-coffee
Pesen kopi nya ya Om emoticon-coffee
Quote:Original Posted By ampatsambilan
Pesen kopi nya ya Om emoticon-coffee


Kopi apa ni om emoticon-Ngakak:
Quote:Original Posted By zyzyrezzy


Kopi apa ni om emoticon-Ngakak:


apa saja boleh Om emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ampatsambilan


apa saja boleh Om emoticon-Smilie


Siapp om emoticon-Ngakak
Alangkah baiknya bila TS mengisi/menambah konten dengan budidaya tanaman kopi
Quote:Original Posted By arrrry
Alangkah baiknya bila TS mengisi/menambah konten dengan budidaya tanaman kopi


Makasih ganemoticon-Nyepi
teknik -roasting-, kaga dibahas ganz emoticon-Big Grin
saatnya ngopi nih bro
Quote:Original Posted By ampatsambilan
Pesen kopi nya ya Om emoticon-coffee

Pake es ga mas
Panjang ya prosesnya.
Paporit aku Ice coffee. emoticon-Jempol
Kopi susu..
emoticon-Kaskus Radio
nikmat memang kopi ini
ngk boleh minum kopi
Suka banget kopi...hmmm
Quote:Original Posted By zyzyrezzy


Seluk Beluk Kopi!!!

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan
Spoiler for :


kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong.
Spoiler for :


nice thread gan,

Penjemuran dibawah terik matahari pada kopi itu kalo dari gambar , masuk ke yang mana? apakah "pengeringan" ??
tujuannya mengeringkan dari basah atau membunuh kuman/bakteri atau apa ya?

trus fermentasi itu maksudnya didiamkan selama beberapa waktu dalam wadah ya? berapa lama dibiarkan gitu? apakah wadahnya perlu khusus aturan/syarat2nya? tujuan fermentasi pada kopi itu sendiri apa ya?

terimakasih.
ane minum 6 gelas sehari gan.. tiada hari tanpa kopi
walau jadinya emoticon-Insomnia

nice infoh gan emoticon-terimakasih
Nyimak gan emoticon-Bingung



Edit: gembok ya gan para luwak harap ke sebelah emoticon-Ngacir2
nice inpo