alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/599be653dad770db188b4567/kenapa-pria-sulit-menangis
icon-hot-thread
KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?
KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?

Wanita sering dianggap cengeng karena terlalu seringnya mereka menangis. Dari hal yang rumit hingga hal yang sepele dengan mudah mereka menangis. Bahkan hal yang sama sekali tidak berkaitan dengannya, air mata bisa mengalir deras dari mata mereka.

Profesor Ad Vingerhoets melakukan beberapa penelitian di Belanda untuk lebih memahami air mata manusia. Dalam penelitian ini ia membandingkan rasio air mata pria dan wanita.

Wanita ternyata menangis antara 30 dan 64 kali setahun, dan pria hanya menangis antara 6 sampai 17 kali setiap tahun. Benar – benar perbedaan yang sangat signifikan.

KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?

Psikolog Georgia Ray menjelaskan ada beberapa alasan sosiologis dan fisiologis yang sangat jelas kenapa pria menumpahkan sedikit air mata daripada wanita. Dia mengemukakan bahwa pria lebih sedikit menangis karena alasan yang terkait dengan sifat dan pengasuhan. Dan laki-laki memiliki tingkat prolaktin (hormon yang ditemukan dalam air mata emosional) yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan wanita.

Jadi, penjelasan fisiologisnya adalah hormon yang saling berhubungan. Tapi juga ada alasan lain yang cukup jelas, yaitu budaya. Stereotip dan harapan masyarakat membuat pria enggan menunjukkan air mata secara emosional.

Singkatnya, pria memiliki lebih sedikit hormon yang memungkinkan manusia menangis, dan ketika mereka melakukannya, lingkungan sosial akan menghakimi.

Air mata manusia timbul karena berbagai alasan—kesedihan, kemarahan, rasa bersalah, kebahagiaan, kelegaan, penyesalan, rasa syukur. Mereka rumit dan seringkali secara spontan tumpah.

Meskipun kita tahu apa yang menyebabkan air mata, bagi para ilmuwan masih menjadi teka-teki soal manfaat menangis. Hingga saat ini air mata hanya berfungsi untuk memebersihkan air mata. Para ilmuwan belum menemukan manfaat yang lain.

KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?

Charles Darwin memutuskan pada tahun 1872 bahwa air mata sebenarnya tidak berguna. Sekitar 12 dekade kemudian Profesor Vingerhoets membantah teori ini.

Dia mengatakan Darwin "salah”, tapi belum memperluas penelitian kecilnya untuk memberikan bukti alternatif.

Teori yang umum diketahui berasal dari Dr. William Frey yang mengatakan bahwa menangis adalah bagian dari pelepasan racun alami tubuh. Dia mengatakan air mata emosional "membawa lebih banyak protein" daripada air mata non-emosional dan ini memicu proses penyembuhan bagi manusia.

Vingerhoets telah mencoba untuk meniru studi Fey beberapa kali dan gagal—jadi dia yakin penalaran ini tidak valid. Nick Knight di London memiliki gelar Ph.D percaya ada penjelasan sederhana untuk air mata emosional. Dia mengklaim respons emosional Anda terhadap kejadian berasal dari sistem limbik yang terhubung ke sistem saraf.

KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?

Saat Anda merasa ingin menangis, emosi Anda mengingatkan sistem saraf Anda yang menginstruksikan air mata mengalir.

sumber dari http://www.nationalgeographic.co.id/
Quote:Singkatnya, pria memiliki lebih sedikit hormon yang memungkinkan manusia menangis, dan ketika mereka melakukannya, lingkungan sosial akan menghakimi.

terlepas dari faktor lingkungan sosial, kita pria dasarnya memang punya gengsi untuk tidak mudah menangis
sumber tulisan dicantumin
kalau memang tulisan sendiri kasih keterangan juga emoticon-Big Grin
siap agan bos. maaf newbie.tahap latihan.
ane kok sering nangis ya gan
biasanya sih krn liat drakor
gengsi kalo nangis emoticon-Big Grin
yoyoi gan emoticon-Big Grin
menarik, gw pria nangis hanya karna orangtua. kalo karna cewe mah kaga lah.
gatau kalo nginget orangtua perasaan gw beda gimana gitu. bodoamat dibilang cengeng wkwk
laki2 kalo nangis itu dibelakang gan kalo ga pas keadaan menyedihkan emoticon-nyantai
ane kadang nangis kok
kalaupun sedih nya ga ke tulungan, spt di tinggalkan seseorang yg di kasihi, cowo pasti nangis, ga ada genngsi buat numpahin air mata, krn spontan ga bisa di bendung













pejwan kah?
Quote:Original Posted By aninnuri
laki lebih bisa nahan emosi ama gengsi kali ya emoticon-Ngakak (S)


nangis d kamar lah
Ane sering nangis pas liat dompet ditanggal tua emoticon-Turut Berduka



Pejwan diamankan emoticon-Cool
tandai dulu
ngiris bawang auto nangis
Stigma menangis itu lemah,lelaki umumnya ga menangis dan emang emosi kl sedih malah nyebur ke kemarahan

Kayaknya kalau nangis itu enak dan legain,biasa kl cowo nangis pun bakal dipastikan kl lg pas sendiri jd dipikir cowo ga nangis pdhl nangis jg kl emosional yg terjadi tinggi
ngiris bawang aja bre emoticon-Leh Uga
Eneng nangis mulu kalo di dapur kang emoticon-Malu (S)



be-te-we Eneng dapet ....

KENAPA PRIA SULIT MENANGIS?
emoticon-Ultah"Gemboked"emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By kampretoselalu
menarik, gw pria nangis hanya karna orangtua. kalo karna cewe mah kaga lah.
gatau kalo nginget orangtua perasaan gw beda gimana gitu. bodoamat dibilang cengeng wkwk


setuju bre
Quote:Original Posted By kazekage810
Ane sering nangis pas liat dompet ditanggal tua emoticon-Turut Berduka

Apalagi ditambah isinya gambar parang semua...
Ane sering bgtu... emoticon-Busa