alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5995ff5ea09a39325f8b456d/meski-terlihat-baru-dipetik-7-spesimen-bunga-ini-telah-berumur-100-juta-tahun
icon-hot-thread
Meski Terlihat Baru Dipetik, Spesimen Bunga Ini Telah Berumur 100 Juta Tahun!
Meski Terlihat Baru Dipetik, 7 Spesimen Bunga Ini Telah Berumur 100 Juta Tahun!

Baru-baru ini telah ditemukan tujuh bunga yang terawetkan dengan sempurna pada sebuah batu amber yang diperkirakan sudah berusia sekitar 100 Juta tahun.

Menurut peneliti spesimen bunga yang ditemukan di Myanmar ini berukuran sekitar 3,4 – 5 milimeter dan menjadi fosil bunga terlengkap pertama kalinya yang berhasil ditemukan hingga saat ini. Dan ini merupakan koleksi terbesar di zaman ini yang akan dianalisis untuk sebuah studi tunggal.

Meski Terlihat Baru Dipetik, 7 Spesimen Bunga Ini Telah Berumur 100 Juta Tahun!

George Poinar Jr., profesor emeritus di College of Science Universitas Negeri Oregon (OSU), Amerika, "mengatakan bahwa Batu amber telah mengawetkan bagian-bagian bunga itu dengan sangat baik sehingga mereka terlihat seperti baru dipetik dari kebun saja."
Ia juga menyebutkan “Dinosaurus mungkin telah menggoyangkan cabang-cabang yang bisa menjatuhkan bunganya ke dalam endapan resin pada kulit pohon Araucaria, yang diperkirakan menghasilkan resin yang menstimulasi ke dalam amber."
"Pohon araucaria berhubungan dengan pinus kauri yang ditemukan di Selandia Baru dan Australia, dan pinus kauri menghasilkan resin khusus yang tahan terhadap pelapukan.”

Poinar dan Kenton Chambers, profesor emeritus di OSU, menamai penemuan tersebut sebagai Tropologyne pentaptera berdasarkan lima bagian bunga, sepal yang menyebarkan; "penta" yang berarti lima dari kata Yunani dan “pteron” yang berarti sayap.

Meski Terlihat Baru Dipetik, 7 Spesimen Bunga Ini Telah Berumur 100 Juta Tahun!
Fosil bunga Tropidogyne pentaptera.

Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang juga melibatkan amber Burma di mana Poinar dan Chambers menggambarkan spesies lain dalam genus angiosperma yang sama, Tropidogyne pikei, spesies itu dinamai berdasarkan penemunya, Ted Pike. Temuan tersebut diterbitkan di Paleodiversity.

"Spesies baru ini telah menyebar, sepal veine, cakram nektar, dan indung telur inferior bergaris seperti Tropidogyne pikei" jelas Poinar.
"Tapi berbeda dengan bicarpellate, dengan dua gaya memanjang dan ramping, dan tulang rusuk ovarium inferiornya tidak memiliki kelenjar terminal berpigmen gelap seperti Tropidogyne pikei.”
Baik Tropidogyne pentaptera dan Tropidogyne pikei telah diklasifikasikan dalam keluarga Cunoniaceae, sejenis tanaman berkayu yang masih ada sampai sekarang.
Poinar mengatakan Tropidogyne pentaptera mungkin adalah pohon hutan hujan.

“Dalam bentuk umum dan pola venasinya, bunga fosil sangat mirip dengan genus Ceratopetalum yang ada di Australia dan Papua-New Guinea,” katanya.
“Satu spesies yang masih ada adalah C. gummiferum, yang dikenal sebagai semak Natal New South Wales karena lima sepalnya merah muda merah kemerahan mendekati Natal.” kata Poinar.

Meski Terlihat Baru Dipetik, 7 Spesimen Bunga Ini Telah Berumur 100 Juta Tahun!
Fosil bunga Tropidogyne pentaptera.

Spesies lain yang masih ada di Australia adalah pohon kayu pelatih, C. apetalum, yang seperti spesies baru tidak memiliki kelopak, hanya sepal. Pohon kayu pelatih yang menjulang tinggi tumbuh sampai ketinggian lebih dari 120 kaki (sekitar 36 meter), yang dapat hidup berabad-abad dan menghasilkan kayu untuk lantai, perabotan dan juga kabin.



Sumber :
Dailymail
Oregonstate.edu
wehh kereen
fosil ternyata emoticon-Matabelo
Anjay bunga purba
beuh keren bre .. fosil bunga
Bunga nya bagus
indah euy 😊
bunga jaman dinosaurus nih emoticon-Matabelo
Masih sepi... Diekstrack mantep tuh
Bunga purba emoticon-Matabelo
mejeng di pejwan dulu, btw keren fosil bunga. bawah ane fosil bunga janda
mejeng di pejiwan dulu emoticon-Cool
keren gan emoticon-Leh Uga
walaupun udah jadi fosil masih indah yaemoticon-Matabelo
Keren

Agan dan Sista
Bantu Adik Saya desi agar bisa secepatnya dilakukan operasi pengangkatan tumor di kepalanya

Link Kaskus Penggalangan Dana Untuk Desi


https://kitabisa.com/bantudesi

Semoga Kebaikan Agan dan Sista semua dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa
Ternyata tidak seperti bunga pinjaman dari bank emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
wiihhh...kirain cuma fosil tulang kayu yg awet.. ini malah bunga emoticon-Ngakak
wah sungkem dulu nih sama sepuh emoticon-Hansip
emoticon-Matabelo sudah berumur
oh begono ya..
Sekalian gembokep😀

Maho purba ke belakang aj