alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598f5ee5c1d770ea6a8b456b/seberapa-kapitalis-kah-kita-seharusnya-supaya-kita-makmur
Seberapa kapitalis kah kita seharusnya supaya kita makmur?
Ternyata kapitalisme itu ada banyak pilihan.

Libertarian anarchist atau anarcho capitalis umumnya ingin tidak ada pemerintah sama sekali. Hasilnya Somalia. Negara termiskin di dunia.

Beberapa ingin negara minimal. Hasilnya Hong Kong. Negara yang pendapatan perkapitanya naik 87 kali.

Majoritas negara mix economy. Dan hasilnya lumayan nggak jelek jelek banget. Amrik, Australia kaya.

https://translate.google.com/transla...-text=&act=url

Mana yang cocok di negara kita? Kayaknya kita masih over regulated. Mungkin campur tangan pemerintah dalam ekonomy, agama, dan apapun seharusnya lebih kecil lagi dan kita akan tambah makmur.
Cara lain mencapai kemakmuran tanpa kapitalisme memangnya gak ada ya?
Ok, nice info gan
Pasukan emoticon-Traveller

Siap komandan emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Udh tw kan kapitalis itu apa.
emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Traveller
Quote:Original Posted By ngidampenthol
Cara lain mencapai kemakmuran tanpa kapitalisme memangnya gak ada ya?


Susah bray..
Kapitalis dah mendarah daging
Quote:Original Posted By ngidampenthol
Cara lain mencapai kemakmuran tanpa kapitalisme memangnya gak ada ya?


Agak sulit bro..fungsi uang udah bukan jadi sekedar alat tukar..tapi jadi komoditas..
tolak ukurnya susah...
apa yang diharapkan dari sebuah negara
yang ngakunya negara agraria tapi beras masih impor
yang ngakunya negara maritim tapi garam sama ikan masih impor
yang ngakunya negara dengan kerukunan beragama tapi tiap hari ribut soal agama
yang ngakunya negara yang penduduknya ramah tamah tapi kenyataannya suka bakar orang seenak jidat
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

maju terus negaraku emoticon-I Love Indonesia (S)
Jangan egois.
Ada kok sosok kapitalis yang siap maju




#HayoooSiapaaaah
Kilapah solusinya emoticon-Shakehand2
Apaan sih kapitalis
emoticon-Leh Uga
Alat buat tembak jatuh mangga tetangga itu ya
kapitalis hanya memakmurkan sebagian golongan kaya
lu punya duit lu dapet fasilitas
yg kaya makin kaya
yg miskin makin miskin
belum ada 1 sistem yg lebih baik dari yg itu


ane ada solusi sistem lama dan udah teruji
tapi ente tau sendiri kalo punya pendapat dikaskus gimane
makanya ane diem
belum nemu orang bijak dikaskus
Quote:Original Posted By semprot.crooot
apa yang diharapkan dari sebuah negara
yang ngakunya negara agraria tapi beras masih impor
yang ngakunya negara maritim tapi garam sama ikan masih impor
yang ngakunya negara dengan kerukunan beragama tapi tiap hari ribut soal agama
yang ngakunya negara yang penduduknya ramah tamah tapi kenyataannya suka bakar orang seenak jidat
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

maju terus negaraku emoticon-I Love Indonesia (S)


Indonesia saat ini emoticon-Turut Berduka
Mungkin dengan system Syariah yang Syar'i.
DPR di ilangin aja...
Kerjaannya nggak beres...
Gaji nya minta dinaikin terus...
emoticon-Ngakak
ngikut kaya malaysia aja bray kan kita ga beda jauh emoticon-Hansip
Quote:Original Posted By andre.cakepp


Susah bray..
Kapitalis dah mendarah daging


Cara lain selain kapitalisme?

Tidak ada. Kalau suatu negara mau kaya, negara itu harus menyelaraskan kepentingan individu dengan produktivitas.

Mekanisme pasar adalah penyelarasan yang hampir sempurna. Ada check and balance. Konsumenlah yang menentukan qualitas produk. Dan konsumenlah yang punya incentive untuk benar.

Kalo MUI misalnya, mereka berusaha supaya mereka pegang monopoli halal supaya duit buat mereka. Hasilnya? Certificat halal MUI, jauh dari objective. Semua sudah tau ini ujung ujungnya duit. Makanan dibilang mengandung babi kalo sudah tidak nyetor lagi ke MUI. MUI pun berusaha supaya ormas islam lain tidak bikin certifikasi halal sendiri.

Jokowi mau rombak ini makanya Ahok dikerjain.

Mekanisme pasar dan kebebasan individu sendiri sering kali adalah benteng utama customer terhadap penipuan dan pemaksaan.

Contoh ada banyak penipuan yang tidak dianggap penipuan oleh KUHP. Kasus Acho itu contohnya. Si developer tidak jujur dalam banyak hal.

Tapi justru hukum melindungi developer seperti itu dan Acho yang dikasuskan karena developernya balas dendam.

Dalam mekanisme pasar tidak bisa orang menipu dalam cara apapun.

Kamu makan di restoran, lalu biaya tidak ditulis jelas, lalu kamu ditagih 1 juta. Menurut hukum ini bukan penipuan. Tapi dalam kapitalisme kita semua bisa melihat ini ada unsur penipuan dan tentu kita tidak akan makan di restoran seperti itu.

Di Indonesia ada perusahaan asuransi yang jual asuransi seharga 1 juta tau tau ada biaya 100 juta yang susah ditemukan di kontrak. Kalo ada wartawan kasih tau saya. Kita investigasi sama sama. Hukum justru melindungi perusahaan asuransi seperti itu dengan larangan pencemaran nama baik dan korban sudah banyak. Dalam kapitalisme, perusahaan jualan kayak gitu langsung bangkrut.

Sim Lim square scam juga seperti itu.

Masalahnya seberapa jauh kita harus kapitalis?

Libertarian pun ada dua jenis (banyak jenis). Libertarian consequentalis dan libertarian idealist. Libertarian idealist cenderung extreme dan menganggap semua bentuk pemaksaan dan penipuan itu jahat. Dan definisi penipuan mereka itu luas. Indoktrinasi, pajak, agama, larangan kebebasan berbicara, subjectivitas, itu semua masuk ke "nipu".

Kalo untuk libertarian idealist, apa yang Ahok ngomong itu bener. Seluruh agama memang penipuan karena orang nggak subjective. Tapi solusi dari penipuan itu ya mekanisme pasar lagi. Orang boleh bilang itu kehendak Tuhan. Orang lain bilang itu nipu. Biar masyarakat yang menilai. Pemerintah tidak perlu ikut campur.

Libertarian consequentalis melihat hasil.

Ini beberapa point libertarian kapitalist yang kontroversial

1. Haruskah narkoba legal? Libertarian extreme bilang ya. Libertarian moderate bilang ya tapi dipajaki. Yang bilang harus dilarang bukan libertarian/capitalist.
2. Haruskah pelacuran legal? Libertarian extreme bilang ya. Libertarian moderate bilang ya tapi dipajaki. Saya sendiri agak extreme disini. Menurut saya institusi pernikahan yang dibuat oleh pemerintah sarat kepentingan koruptor dan oleh karena itu harus dihindari.
3. Haruskah pemerintah ikut campur dalam agama? Libertarian berpikir tidak. Lagi pula kalo pemerintah atur agama memang agama bisa jadi lebih benar? Semua agama yang disponsori negara ujung ujungnya jadi kepentingan koruptor. Kalo kita mau masuk sorga, biarkan semua pemimpin agama kotbah apapun. Biar kita sebagai customer pilih yang paling masuk akal. Kualiltas bukti dari dalil agama juga naik. Jaman dulu siapa yang mau ngecheckin ribuan kitab kuno lalu bisa tau wah di ayat ini ada textual variant 1 kata. Tidak ada. Tapi kalo pemerintah tidak kunjung menghargai kebebasan individu, begitu gubernur tapir tapi beres nggak boleh dipilih. Dangkal sekali. Nggak ada research nggak ada apa apa. Agama jadi alat penipuan.
4. Haruskah pemerintah membatasi import dan perdagangan. Libertarian berpikir tidak.
5. Haruskan pemerintah membatasi immigrant. Libertarian berpikir tidak. Jasa ya sama saja dengan barang harus diperdagangkan bebas. Beberapa libertarian melihat kalau hak untuk punya negara dan bikin aturan sendiri termasuk hak asasi yang paling penting. Buat apa bikin negara libertarian makmur lalu yang nikmati bangsa lain? Libertarian seperti ini anti immigrasi. Terutama immigrasi muslim ke amerika. Lha orang islam atur negara mereka sendiri tidak beres kok pindah kemari?
6. Uber? Fuck yes. Semua libertarian suka uber. Satu bisnis berbasis technology yang menghancurkan banyak bisnis traditional. Itulah kemajuan. Yang inferior punah. Ini mengapa mekanisme pasar menghasilkan negara maju. Tidak ada yang melindungi bisnis yang inferior. Ini konsequensi utama dari kapitalisme. Kemajuan. Kemajuan yang diiringi kehancuran bagi siapapun yang tidak mampu bersaing. Itu mengapa kapitalisme amat kontroversial. Selalu ada yang rugi. Dan yang rugi sering kali gagal move on.
7. Demokrasi? Hmmmm... Bukan bagian dari libertarianism. Better than the alternatives. Libertarian extreme berpendapat kalau negara ini bisnis proteksi yang harusnya bersaing satu sama lain. Gw suka ide itu. Beberapa libertarian berpendapat kalau sekarang dunia memang sudah gitu. Kita maju karena semua negara bersaing memperebutkan immigrant pintar, orang pintar, kapital pintar, dan element element produktive. Jaman dulu racist biasa. Jaman dulu Ahok nggak mungkin jadi gubernur di negara islam. Orang islam juga nggak mungkin jadi gubernur di negara kristen. Bisa idup aja udah bagus. Jaman sekarang biaya keamanan turun negara berlomba lomba taro orang paling pinter buat mimpin biar maju. Yang nggak ya pasti ketinggalan. Rugi sendiri.
yg kaya makin kaya? boleh aja sih menurut ane, toh mereka dpt dengan hasil kerja keras,dan wajar aja kalo manusia pengen kaya..
asalkan yg miskin kebagian dapet kerjaan dari si kaya, atau minimal kalo si miskin punya usaha dagang, belilah dagangan dari mereka....jangan malah beli barang impor emoticon-Ngakak
islam itu sejatinya anti kapitalis
di indonesia yg ada itu hybrid kapitalis, bukan kapitalis sesungguhnya
kapitalis menilai manusia dari kontribusinya terhadap masyarakat
semakin tinggi kontribusinya, semakin besar uang yg diterima
islam mengacaubalaukan konsep itu dgn memasukkan unsur kasihan dan sebangsanya
makanya jangan heran org yg gak berprestasi sama sekali masih bisa menyambung hidup di Indonesia karena di tolong sodara dan warga
di dunia kapitalis, jangan harap, org kek gitu akan tersingkir dan mati dgn sendriinya, yg tersisa adallah masyarakat yg kuat dan berkontribusi penuh bagi negara, makanya mereka maju
makanya kapitalis murni tidak bakalan tercapai di Indonesia