alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598e6760902cfef7398b4567/event-sejarah-kisah-seorang-perokok-berat
[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
Kisah Seorang Perokok Berat
[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
Soedirman adalah seorang perokok kelas berat. Ia merokok sejak remaja. Rokok kreteknya tak bermerek, tingwe alias nglinthing dewe artinya meramu sendiri. Sepulang bergerilya, kondisi kesehatan Soedirman memburuk. Ia masuk Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta.Mohamad Teguh Bambang Tjahjadi, 63 tahun, putra bungsu Soedirman, ingat cerita ibunya, Siti Alfiah, bagaimana saat sakit bapaknya tetap ingin merokok.”Bapak dipaksa berhenti merokok oleh dokter. Karena perokok berat, Bapak tak bisa benar-benar meninggalkan rokok. Bapak meminta Ibu merokok dan meniupkan asap ke mukanya.”

Menurut Teguh, belakangan ibunya menjadi perokok. “Barangkali terdengar konyol, tapi Ibu berprinsip menaati perintah Bapak,” katanya.

Pada Ahad pagi, 29 Januari 1950, setelah lama terkulai lemas sejak Oktober di rumah peristirahatan tentara di Magelang, mendadak wajah Soedirman tampak cerah. Pagi itu, Ahmad Yani, Gatot Soebroto, serta beberapa petinggi militer dan sipil hadir. Tidak diketahui apa yang dibicarakan.

“Waktu itu, menurut Ibu, tiba-tiba terdengar suara kaleng dan botol pecah mendadak. Bersamaan dengan itu, bendera di halaman melorot setengah tiang. Sampai Ibu bilang ke beberapa pengawal, ’Ah, itu hanya angin’.”

Setelah salat magrib, sebagaimana didengar dari Alfiah, Soedirman memanggil istrinya ke kamar. Di dalam, dia berkata, “Bu, aku sudah tidak kuat. Titip anak-anak. Tolong aku dibimbing tahlil.” Alfiah menuntunnya mengucap Laa Ilaha Illallah, dan Soedirman mengembuskan napas terakhir.

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
Esensi Dari Merokok & Seorang Perokok :

Nah, kenapa masih banyak orang merokok, sedangkan pada setiap bungkus rokok sudah tercantum disclaimer "Merokok dapat menyebabkan.. bla.. bla.. bla.." ? Bahkan Saya yakin, Haqqul yakin, di hari tanpa rokok sedunia, masih banyak yang kebal-kebul di warung kopi, atau di teras-teras wisma di doli. Pertanyaan seperti itu terpasung menjadi retorika yang tak kunjung terjawab oleh waktu. Karena dari kacamata Saya, sebagai Remaja Jelata, renungan-renungan dan karangan ilmiah edukatif yang ada tentang rokok masih kurang komprehensif dan masih sangat subjektif.

Jika tidak setuju rokok, maka yang menulis pasti tidak merokok, sehingga tidak mengerti bagaimana pendekatan yang benar terhadap para pecandu rokok.Sehingga karya-karya tulisannya yang dimaksudkan sebagai media persuasi untuk para perokok agar meninggalkan rokok sangat melenceng dari tujuannya. Karena tulisan-tulisan seperti itu terkesan sangat mengadili dan men-judge para perokok sebagai perusak moral dan lingkungan. Sehingga, para perokok membacanyapun sudah malas. Karena merasa diposisikan sebagai anjing biadab yang enyah saja dari muka bumi. Padahal sejatinya pendekatan harus benar-benar persuasif secara menyeluruh, kompleks.

Jika setuju dengan keindustrian rokok, muncul karya tulis macam buku berjudul "THANK YOU FOR SMOKING : TERIMA KASIH SUDAH MEROKOK" karya Nick Naylor, seorang juru bicara industri tembakau yang menikmati melindungi hak-hak perokok dan mendukung kebebasan mereka secara terbuka meski sempat disamakan dengan penjahat perang nazi.

Propaganda tentang baik buruknya rokok semakin ekstrim diperdebatkan karena kesalahan metode pendekatan. Sebelumnya, Saya paparkan bahwa Saya dulu sangat apatis terhadap rokok. Tapi sekarang Saya adalah seorang perokok. Sehingga saya tahu dua sisi mata uang baik-buruknya rokok. Selama ini, kebaikan-kebaikan rokok selalu disembunyikan karena alasan moral dan kesehatan, meski jadi kentara sok moralis. Kita paparkan apa saja baik-buruknya rokok dari sudut pandang saya yang pernah menghujat habis perokok dan sekarang jadi perokok meski hanya merokok ketika stres dan dalam suasana ramai sebagai media sosial.

KEBAIKAN POSITIF ROKOK

Rokok sebagai media sosial adalah rahasia umum. Dalam satu komunitas sosial, rokok bisa jadi media ice breaking yang ampuh bukan buatan. Contohnya, jika Saya ada di luar kota, lalu Saya nongkrong di warkop atau numpang di kos teman. Ketika bertemu orang-orang sebaya yang belum kenal, Saya mengawarkan rokok atau korek. "Rokok mas?" "korek mas?" kemudian percakapan akan santai karena ada pemuai keadaan. Ini kedengaran sepele, tapi sangat dahsyat kenyataannya.Pendeknya sebagai media basa-basi.
Secara sugestif, rokok memberikan efek rileks. Ketika sedang tegang, rokok memberikan ketenangan yang datang begitu saja. Yang jika kit atela'ah lebih jauh, sebenarnya yang membuat rileks adalah ritme bernafas yang Kita lakukan tatkala merokok. Itu membuat nafas kita jadi teratur secara birama. Hisap.. buang..

Jika dalam satu lingkungan sosial semua merokok, dan Anda menjadi satu-satunya perokok pasif, hal itu berbahaya. Jika Anda juga merokok, berarti Anda mengurangi risiko sebagai perokok pasif. Karena Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.. Perokok aktif organ tubuhnya lebih resisten terhadap asap rokok.
Menambah kepercayaan diri. Ya, dalam kelas sosial tertentu, merokok dianalogikan dengan kejantanan dan kedewasaan. Dan orang yang merokok, kesannya tenang, cool, dan tidak tergesa-gesa.

Menambah duit negara. Ini alasan utama negara Indonesia begitu sulitnya membuat aturan yang lebih menekan angka perokok. Karena 54% devisa negara ini datang dari 240 milyar batang rokok per tahun yang diproduksi oleh pabriakn rokok dalam negeri.
Menyerap tenaga kerja. Anda bayangkan berapa keluarga yang akan susah makan jika rokok dilarang di negeri ini. Karena kebutuhan rokok banyak, sehingga produsen berlomba-lomba untuk menyediakan.

Sebagai sumber dana bagi kegiatan-kegiatan yang berguna. Semua orang tahu jika satu event apapun, selalu kesulitan berjalan tanpa sokongan dana dari perusahaan rokok. Film, olahraga, seni, semuanya jadi media iklan rokok.

Rokok adalah sebuah wujud bunuh diri mini bagi para remaja di usia labil (Ababil), karena di masa transisi, remaja berkecenderungan menikmati hal-hal yang bersifat menyakiti diri. Kadang remaja serius jika mengancam ingin bunuh diri. Nah, dengan merokok, mereka merasa sudah melakukan sebuah usaha untuk membunuh diri mereka. Seperti mencicil bunuh diri gitu lah. Ini nyata.

KEBURUKAN ROKOK

Adiktif, bikin kecanduan. Kandungan nikotinnya mengikat bagian impulsif otak sehingga penggunanya merasa nikmat yang Ia ingin coba lagi. Seperti kafein.
Menurut penelitian yang digarap oleh Dr Vincent Sorrell, ahli jantung dari East Carolina University, satu kali hisapan rokok langsung mempengaruhi fungsi jantung.
Rokok mengandung 4000 zat kimia berbahaya seperti monoksida, sianida, dan uap fosfor
Menghabiskan uang secara personal. Berapa harga satu batang rokok? kalikan dengan berapa banyak batang yang anda habiskan satu hari. Kemudian kalikan 30. Hitung saja, dan uang yang dikeluarkan perokok berat dalam sebulan dapat memberi makan tiga keluarga miskin di afrika dalam sebulan.
Dan masih banyak lagi. Sudah banyak yang membahas.

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

Nah, itu tadi adalah baik-buruknya rokok. Permasalahan kompleksnya adalah rokok sulit sekali dicabut peran vitalnya karena strategi bisnis yang luar biasa. Apa saja masalahnya?

Rokok menjadi sponsor utama di cabang-cabang olahraga dan seni yang populer, sehingga citranya jadi positif dan sehat
Indonesia tidak memasukkan bea cukai dari rokok sebagai sin tax (pajak dosa) seperti yang dilakukan negara lain. Di negara lain, 70% dana yang dihasilkan dari pajak dosa dialirkan untuk usaha memberantas asal pajak itu.
Rokok sudah membudaya
Belum adanya UU yang khusus merugulasi rokok dan pengiklanannya. Dalam UU 32 tahun 2002 tentang penyiaran, belum terlalu komprehensif membahas tentang industri dan advertising perusahaan rokok
Belum ada regulasi anti merokok di tempat umum secara formal dalam lingkup nasional. mentok cuma Perda.

Semua itu tergantung dari mana kita berpijak diatas sebuah sudut pandang. Tapi, yang namanya budaya akan sulit dicabut karena rokok sudah menjadi kebutuhan, seperti pulsa dan air minum. Rokok=duit. Stigma itulah yang meracuni sebagian besar moral pejabat dan institusi terkait. Orang-orang terkaya Indonesia selalu diduduki para pemilik pabrik rokok.

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

ref1ref2
Quote:Original Posted By mr.siwaw
Gue perokok aktif, kadang pengen rasanya berhenti merokok. tapi keinginan berhenti tinggal angan belaka. mentok berhenti cuma 24 jam itu aja udah sakaw berat. apalagi kalo keinget lagi ngerokok sambil ngopi pait, begh rasanya gak bisa diungkapin bre. Akhirnya tetep aja nyedot walopun bini sering ngomel pas gue kumat batuk².


Quote:Original Posted By unuk.unuk.mulih
dah tobat gue dari rokok, kalian blom pernah rokok tembakau linting kan


Quote:Original Posted By scroll.
coba beralih ke vape gan..
biar kalo cipokan ga bau samsu..
Hahaha

ane ngevape 2 bulanan dan udah 80% berenti rokok..
20% nya ngrokok kalo lagi pengin itupun cuman kuat setengah batang.


Keep vaping

Jelas lebih aman dari pada rokok.


Quote:Original Posted By wolviex
Masa pertama kali ane ngerokok pas jaman smp, pertama kali isep langsung batuk" hampir muntah
Eh sekarang kecanduan, apa mungkin ane ngerokok gara" selera musik juga ya? Ngeliat bang eddie vedder, kurt cobain, layne staley, chris cornell, dave grohl tukang ngudud pas denger lagu" nya gk enak kalo nggak sambil ngerokok
nyimak makna esensinya dlu om cs
njir gambar yg terakhir serem amat sih bre emoticon-Mad
wah kereeeennnn emoticon-2 Jempol
jenderal perang favorit saya emoticon-Cool
Quote:Original Posted By kodokbelang
nyimak makna esensinya dlu om cs

oke di simak dlu aja gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By dhika1900
njir gambar yg terakhir serem amat sih bre emoticon-Mad

emang gambar horor apa gan ?? hehe
Quote:Original Posted By dtvaganza
wah kereeeennnn emoticon-2 Jempol
jenderal perang favorit saya emoticon-Cool

favo nya semua anak bangsa indonesia gan emoticon-Cool
lebih enak dirokok cyyyyin emoticon-Malu
[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
baca judul,
saya yakin ini kisah Jendral Soedirman

dan ternyata benar ...

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

entah alasan apa kok bisa-bisanya dia ketagihan rokok segitu akutnya ...

apa dia pernah kena rokok ganja ... entahlah ...

mejeng pejwan di thread perokokemoticon-Cool
Quote:Original Posted By 2V7
lebih enak dirokok cyyyyin emoticon-Malu

Wuih gurih banget tuh kata kata
Quote:Original Posted By tagkingirul
[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

Nais pic
Quote:Original Posted By .soroga.
baca judul,
saya yakin ini kisah Jendral Soedirman

dan ternyata benar ...

[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat

entah alasan apa kok bisa-bisanya dia ketagihan rokok segitu akutnya ...

apa dia pernah kena rokok ganja ... entahlah ...

Rokok bikin ketagihan..sama halnya kaya org pertama kenal rokok oleh temen pasti di kasih gratis ampe ketagihan suruh beli sendiri emoticon-Mad
Quote:Original Posted By darkziie
mejeng pejwan di thread perokokemoticon-Cool

Nais emoticon-Hammeremoticon-Peace
wah jendral kaporit ane om emoticon-Recommended Seller
.. Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.. Perokok aktif organ tubuhnya lebih resisten terhadap asap rokok...



Ane setuju nih.... emoticon-Toast
Mending dirokok drpd merokok...




[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
Wah ada jendral hebat dan keren 👍


Quote:Original Posted By iskrim
.. Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.. Perokok aktif organ tubuhnya lebih resisten terhadap asap rokok...



Ane setuju nih.... emoticon-Toast
Mending dirokok drpd merokok...




[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat


Iya seperi itulah kenyataanya emoticon-nyantai
Quote:Original Posted By pabloo
Iya seperi itulah kenyataanya emoticon-nyantai


Sedih..lonje makin sepi ajaaa... pada kemana mantemans gan en sistaa...



[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat
Quote:Original Posted By iskrim


Sedih..lonje makin sepi ajaaa... pada kemana mantemans gan en sistaa...



[EVENT SEJARAH] Kisah Seorang Perokok Berat


Terus semangat dong bro 😀
Quote:Original Posted By pabloo
Terus semangat dong bro 😀


Ane lagi maintenance en develop blog ane yg gak keurus..pankapan main kesana yak.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By iskrim


Ane lagi maintenance en develop blog ane yg gak keurus..pankapan main kesana yak.. emoticon-Smilie


Oke siyap bro
Lanjutkan 👍
jadi inget, ada temanku yang jadi perokok gara-gara lingkungan sekitar kami perokok aktif, dan bahkan dosenku sendiri pernah bilang "kalo nggak ngrokok nggak laki" emoticon-Mewek

eh btw, thread ente bagus, penjelasannya runtut, enak dibacanya

cek kulkas gan emoticon-Toast

edit: eh, moga menang ya gan