alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59891b79902cfea1588b4581/yuk-lawan-korupsi-lewat-festival-lagu
Yuk, Lawan Korupsi lewat Festival Lagu
Yuk, Lawan Korupsi lewat Festival Lagu


MENYUARAKAN gerak­an pemberantasan korupsi bukan hanya dengan sikap tegas dalam penindakan terhadap perkara pidana korupsi, melainkan dapat juga dilakukan dengan medium lain seperti musik.



Membangun kesadaran antikorupsi juga perlu dilakukan dengan sesuatu yang dekat dengan masyarakat dan kehidupan sehari hari dan musik ialah salah satunya.



Di antara para pimpinan KPK, Wakil KPK Saut Situmorang merupakan pemimpin KPK yang paling terbuka menunjukkan kedekatannya dengan musik.



Bahkan dalam beberapa kali kegiatan dengan awak media dirinya tidak sungkan memainkan saksofon yang menjadi andalan musik favoritnya.



Tahun ini KPK kembali mengadakan Festival Lagu Suara Anti Korupsi 2017 (Saksi 2017) seperti tahun lalu. Festival Lagu Saksi 2017 ialah bentuk kampanye antikorupsi dengan mengundang masyarakat membuat lagu.



Lagu-lagu ini kemudian akan dipilih yang terbaik dan dibuatkan album.



“Festival ini bisa jadi medium masyarakat menyuarakan perlawanan terhadap korupsi,” ujar Saut.



Tahun ini Saut akan kembali menjadi salah satu juri. Tahun ini dirinya akan berkolaborasi dengan Sandy Canester yang merupakan musikus dan pencipta lagu Catchy.



Sandy ialah seorang musikus ternama yang telah menghasilkan beberapa hits seperti Be My Lady, Sabtu Minggu, dan Telepon Aku yang booming di era 2000 an.



Sandy juga merupaan pencipta lagu-lagu populer seperti Lirih yang dinyanyikan Ari Laso, Aku Mau yang dinyanyikan Once Mekel, hingga Cinta Putih yang dinyanyikan Keris Patih.



Terima karya

Untuk Kompetisinya tim juri mulai menerima karya dari masyarakat sejak Juni hingga 31 Agustus.

Nantinya seluruh karya yang masuk akan dipilih menjadi 10 besar tiap regional dan akan tampil di hadapan dewan juri mulai 11-20 September 2017.



Lima regional tersebut ialah Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Dalam tahap ini, juri harus memilih tiga karya terbaik.



Malam final Festival Lagu Saksi 2017 akan digelar 3 November dalam bentuk konser suara antikorupsi yang akan menghadirkan berbagai musikus Tanah Air. Basejam, Sandy Canester, dan orkes moral Pengantar Minum Racun akan ikut meramaikan konser ini.



Konser tersebut sekaligus menjadi peluncuran album kompilasi Suara Antikorupsi volume 2 yang berisikan 15 karya terbaik dari festival lagu Suara Antikorupsi 2017.



Tahun lalu KPK mampu menjaring 200 lebih karya musik dengan berbagai genre dari masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.



Dua ratus karya tersebut kemudian dikelompokkan sesuai dengan daerah asalnya, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Sembilan karya terbaik tahun lalu telah dijadikan album kompilasi untuk materi kampanye dan sosialisasi antikorupsi KPK.



Lagu-lagu yang ikut serta di Festival Lagu Saksi 2016 bisa didengarkan melalui radio Kanal KPK di kanal.kpk.go.id. (P-2)





Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...agu/2017-08-08

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Yuk, Lawan Korupsi lewat Festival Lagu Indonesia Berjaya di Bulgaria

- Yuk, Lawan Korupsi lewat Festival Lagu Banyak Keunggulan Sagu Perlu Digarap secara Serius

- Yuk, Lawan Korupsi lewat Festival Lagu Kafe tanpa Kata-Kata Layani Tunarungu