alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59891b4dc1cb17d2098b4571/korea-utara-tolak-negosiasi-nuklir
Korea Utara Tolak Negosiasi Nuklir
Korea Utara Tolak Negosiasi Nuklir


KOREA Utara (Korut) dengan nada marah mengecam sanksi baru Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap negara itu dan setelah dua seteru utama mereka, Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel), merayakan resolusi sanksi tersebut.



Pyongyang, kemarin, mengutuk sanksi yang diberlakukan untuk merespons program senjata mereka.



Rezim paling 'misterius' di dunia itu dengan tegas tidak akan melakukan negosiasi mengenai senjata nuklir mereka meskipun diancam AS dan sekutu.



"Sanksi yang dikeluarkan pada akhir pekan lalu merupakan pelanggaran keras terhadap kedaulatan kami," ujar Pyongyang dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita negara, Korean Central News Agency (KNCA), kemarin.



Pernyataan itu menambahkan, Korut siap melakukan 'tindakan adil' sebagai pembalasan dan mengancam akan membuat AS membayar harga dari kekejaman hingga ribuan kali.



"Kami tidak akan meletakkan sistem pertahanan nuklir kami di meja perundingan dan tidak akan pernah mengambil langkah mundur dari upaya memperkuat kekuatan nuklir kami," kata Pyongyang.



Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat pada Sabtu (5/8) mengadopsi sebuah resolusi yang dipimpin AS, yang melarang ekspor mineral dan makanan laut dari Korut bernilai lebih dari US$1 miliar, atau sekitar Rp13,3 triliun.



Sanksi itu dilakukan setelah uji coba rudal balistik terbaru Korut pada Juli lalu membuat masyarakat internasional dan para pakar khawatir.



Seperti diklaim Pyongyang, sejumlah pakar juga meyakini rudal tersebut dapat menjangkau berbagai daratan AS.



Dengan syarat



Penolakan keras Pyongyang dilontarkan saat Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-ho, berada di Manila, ibu kota Filipina, untuk menghadiri forum keamanan dengan diplomat utama dari AS, Tiongkok, Rusia, dan dari sejumlah negara Asia Pasifik lain.



Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, kemarin, memutuskan perlunya dialog segera dengan Korut.



Ia menyebut sanksi baru itu menunjukkan dunia telah kehabisan kesabaran dengan ambisi senjata nuklir Pyongyang.



Kala berbicara kepada wartawan di forum tersebut, Tillerson mengatakan Washington hanya akan mempertimbangkan perundingan jika Pyongyang menghentikan program rudal balistik.



"Sinyal terbaik yang Korea Utara patut tunjukkan bahwa mereka siap untuk berbicara ialah menghentikan peluncuran rudal," ujarnya.



Tillerson menolak mengatakan berapa lama Korut harus menahan diri untuk tidak menguji rudal jarak jauh mereka.



"Saya tidak akan memberikan seseorang jumlah hari atau pekan secara spesifik, ini benar-benar tentang semangat perundingan ini," kata Tillerson.



Di Manila, Korut pada Minggu menolak tawaran perundingan dari Korsel selama interaksi langka antara kedua menteri luar negeri yang secara de facto masih dalam status berperang itu, menurut kantor berita Yonhap.



Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha berjabat tangan dengan rekannya dari Utara, Ri Yong-ho, menjelang makan malam forum tersebut.



Saat perjumpaan singkat, Kang mendesak Ri menerima tawaran Seoul untuk melakukan perundingan militer guna menurunkan ketegangan di semenanjung yang terbagi dan diskusi mengenai babak baru reuni untuk keluarga terpisah perang. (AFP/I-1)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...lir/2017-08-08

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Korea Utara Tolak Negosiasi Nuklir Indonesia Berjaya di Bulgaria

- Korea Utara Tolak Negosiasi Nuklir Banyak Keunggulan Sagu Perlu Digarap secara Serius

- Korea Utara Tolak Negosiasi Nuklir Kafe tanpa Kata-Kata Layani Tunarungu