alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59890f6f5a5163fa408b457c/keberatan-dan-perlawanan-miryam-s-haryani-yang-kandas
Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas
Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas
Terdakwa kasus dugaan pemberian keterangan palsu dalam sidang kasus KTP Elektronik Miryam S Haryani di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).
Satu lagi upaya perlawanan Miryam S Haryani terhadap kasus hukum yang menjeratnya kandas di pengadilan. Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menolak seluruh keberatan atau eksepsi mantan anggota DPR ini melalui sidang putusan sela di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/8/2017).

Dalam eksepsinya, penasehat hukum Miryam menilai bahwa kasus keterangan palsu yang didakwakan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak seharusnya diadili di pengadilan Tipikor dan lebih cocok diadili di Pengadilan Umum.

Argumen penasihat hukum itu dibantah Ketua Majelis Hakim Franky Tambuwun. Majelis hakim mengatakan penasihat hukum telah melakukan penafsiran sendiri karena dalam Pasal 22 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada intinya untuk melindungi kepentingan hukum dalam kelancaran pengungkapan kasus korupsi.

Dalam eksepsinya, penasihat hukum juga menilai dakwaan jaksa KPK tidak sah. Mereka menganggap penetapan tersangka terhadap Miryam harus menunggu hingga sidang kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, diputus oleh hakim.

Lagi-lagi keberatan itu disanggah hakim. Menurut hakim, Pasal 22 UU Tipikor tidak menentukan bahwa untuk mengajukan seorang sebagai terdakwa harus menunggu perkara lain.

Penyangkalan dan "perlawanan" Miryam itu sudah muncul sejak menjadi saksi kasus e-KTP. Dalam sidang Kamis (23/3/2017), Miryam mencabut semua keterangannya yang pernah diberikan dalam berita acara pemeriksaan. Alasannya, Miryam mengaku pada saat penyidikan telah ditekan dan diancam tiga penyidik KPK yang memeriksanya.

Hakim memutuskan untuk mengkonfrontir dengan ketiga penyidik, namun Miryam tidak hadir. Dalam sidang tanpa Miryam itu, ketiga penyidik KPK menerangkan tidak pernah menekan dan mengancam saat memeriksa Miryam sebagai saksi. Miryam pun selalu mendapat kesempatan membaca, memeriksa, dan mengoreksi keterangannya pada setiap akhir pemeriksaan sebelum diparaf dan ditandatangani.

Pada 5 April 2017, KPK menetapkan Miryam sebagai tersangka pemberi keterangan saksi. KPK pun memanggil tersangka Miryam, tetapi mantan Ketua Umum Srikandi Hanura ini selalu mangkir.

Setelah melewati tiga kali panggilan, KPK menetapkan Miryam sebagai buron pada 27 April 2017. Hampir sepekan menyandang status daftar pencarian orang, Miryam ditangkap polisi di sebuah hotel di Jakarta Selatan, Senin, 1 Mei 2017 sekitar pukul 00.20.

Seusai drama buron, perlawanan anggota DPR dua periode dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII ini berlanjut ke praperadilan. Hakim tunggal pada sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Asiadi Sembiring menolak gugatan yang Miryam.

Pengadilan berjalan dan Miryam pun terus melakukan perlawanan melalui eksekpsi. Bagaimana Miryam menanggapi putusan hakim?

"Enjoy saja saya. Biar peradilan tahu ya, saksinya mana yang benar dan mana yang salah. Saya lebih condong ke arah sana, biar masyarakat juga mengikuti persidangan," ujar Miryam.

Dengan putusan itu, persidangan berlanjut ke tahap pemeriksaan saksi-saksi. Putusan hakim yang menolak eksepsi Miryam itu disambut positif KPK. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan KPK akan menghadirkan bukti-bukti yang ada termasuk rekaman proses pemeriksaan Miryam yang sempat menjadi persoalan sebelum kasus Hak Angket KPK di DPR dimunculkan. Febri menyatakan, KPK akan menghadirkan bukti-bukti dan juga saksi-saksi yang pernah juga diperiksa sebelumnya pada penyidikan.
Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ni-yang-kandas

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas Isu sekolah sehari penuh merembet sampai urusan pilpres

- Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas Polisi tetapkan dua tersangka kasus pengeroyokan Joya

- Keberatan dan perlawanan Miryam S Haryani yang kandas Acho, Khoe, dan lingkaran setan apartemen