alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59890420ded770967d8b4567/menyinggahi-berbagai-lokasi-film-lord-of-the-rings-di-new-zealand
Thumbs up 
MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
Sebelum The Hobbit, sekuelnya ‘Trilogi Lord Of The Rings’ adalah awal semakin tenarnya negara New Zealand dalam pariwisata dunia. Film fantasy yang menamai settingnya dengan sebutan ‘Middle-earth’ ini divisualkan dari berbagai lokasi di New Zealand. Lanskap negara ini memang sangat unik dan berbeda sehingga ekostisnya ‘Middle-earth’ dalam novelnya bisa cukup tergambarkan dengan baik.

Semua setting film dari seri pertama hingga ketiga diambil di New Zealand baik di Pulau Utara maupun Pulau Selatan. Tak khayal, negeri bak dunia fantasi ini menjadikan geliat pariwisata New Zealand semakin dikenal luas diseluruh dunia. Banyak turis yang sengaja datang karena penasaran dengan keunikan alam yang ada disana termasuk napak tilas film. Karenanya, semua lokasi film Lord of The Rings akhirnya menjadi daya tarik wisata bagi negara dengan suku asli bernama Maori ini.

Apa kamu juga tertarik untuk berwisata napak tilas Lord Of The Rings? Yuk kita jelajahi dulu dalam tulisan !


1. Matamata, Waikato (The Shire)
The Shire adalah nama wilayah di Barat Daya Middle-earth yang dihuni para Hobbit atau Bilbo dalam kisah di novel Lord Of The Rings. Setting lokasi The Shire ini direalisasikan di dekat kota Matamata, Region Waikato yang sekarang dikenal sebagai The Hobbiton Movie Set.

MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
The Hobbiton, photo by Sara orme via newzealand.com

Lokasi yang awalnya merupakan area peternakan ini memiliki kontur berbukit dengan padang rumput hijau yang luas, karenanya memang sangat cocok untuk visualisasi dari The Shire dengan rumah-rumah mungilnya yang seakan terbenam di bawah tanah perbukitan.

Sebagai setting lokasi paling ikonik baik dalam film Lord of The Rings maupun The Hobbit, akhirnya Hobbiton ini terus menarik perhatian turis dan dibuatlah paket wisata khusus. Kamu bisa membooking setidaknya 12 jam sebelumnya karena pengunjung akan dijemput di Shire’s Rest, Jalan Buckland 501 atau di Matamata i-site, 45 Broadway, atau bisa juga di Hobbiton Movie Set Store yang ada di Rotorua. Tarifnya berbeda-beda yaitu NZD 79 dewasa untuk penjemputan di Shire’s Rest dan Matamata i-site, sertda NZD 114 dewasa untuk penjemputan di Rotorua. Tarif ini bukan untuk penjemputan tetapi sudah dengan tarif tiket masuk wisata.

Menjelajah The Shire akan membawa kalian bernapak tilas dengan setiap adegan dalam film. Masuk ke rumah bilbo hingga bergaya ala gandalf sangat menarik untuk dilakukan dan diabadikan. Jadi kalau kamu memang pecinta Lord Of The Rings dan hobi berfoto diri, siapkan gaya-gaya andalan kalian karena akan ada banyak spot menarik yang bisa ditelusuri.


2. Putangirua Pinnacles, Wairarapa (Path of The Dead)
MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
The Pinnacles ‘Path of The Dead’ via pinterest.com/furtherthanyouthink

Keajaiban alam yang dimiliki Selandia Baru juga bisa kamu temui di Aorangi Forest Park, Region Wairarapa. Keajaiban itu ialah sebuah kikisan pegunungan berupa lapisan sedimen bak tebing bebatuan raksasa menjulang ditengan hutan hujau yang dikenal dengan nama Putangirua Pinnacles atau singkatnya disebut The Pinnacles.

Karena keunikan karya alam yang terbentuk sejak 120 ribu tahun terakhir ini, The Pinnacles menjadi salah satu setting lokasi film The Lord Of The Rings tepatnya di adegan Path of The Dead.

Untuk menuju Putangirua Pinnacles ini, kalian bisa langsung menuju Hutan Alam Aorangi sisi pantai yang menghadap Teluk Palliser, di sepanjang Cape Palliser Road atau sekitar 13 km dari Lake Ferry. Banyak hal juga yang bisa kamu lakukan disana dari mulai lintas alam hingga berkemah.


3. Paraparaumu dan Waitarere, Wellington (Pelennor Fields)
Di Pantai Barat Wellington tepatnya yang mengarah ke Taman Ratu Elizabeth di dekat Paraparaumu, ada juga lokasi yang menjadi setting film Lord Of The Rings yaitu untuk adegan Pertempuran Pelennor Fields di seri terakhir filim ‘The return of The King’. Dalam adegan, ribuan pasukan mengisi lapangan luas dengan pemandangan perbukitan yang mengitarinya.

MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
Waitarere Forest via pinterest.com

Bergerak terus ke Utara, kawasan Hutan Waitarere juga menjadi setting bagi Osgiliath Wood yaitu lokasi ketika Frodo, Sam, dan Smeagol mengembara meninggalkan Faramir. Hutan ini seperti hutan hujan umumnya dengan nuansa lembab dan pepohonan beranting banyak menjadikannya tampak dramatis.


4. Gunung Ngauruhoe, Taman Nasional Tongariro (Mount Doom)
MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
Mount Ngauruhoe via wikimedia.org

Tokoh antagonis, Dark Lord Sauron dalam Lord Of The Rings memiliki tempat tinggal di Mount Doom yang dalam film divisualkan di Gunung Ngauruhoe. Karakter gunung yang menjulang berbentuk kerucut ditambah warna coklat kusamnya (kecuali dimusim salju tentu, gunung ini tertutup es), menjadikan gunung ini memang cocok menjadi rumah bagi Sauron.

Gunung api setinggi 2291 mdpl yang masih aktif ini sendiri berada di Taman Nasional Tongariro, Region Manawatu-Wanganui, berdampingan juga dengan Gunung Tongariro di bagian Utaranya. Bagi pecinta alam, selain Tongariro yang populer, Ngauruhoe juga bisa dipilih sebagai pendakian. Pendakian biasanya melalui sisi barat gunung yaitu dari Jalur Mangatepopo. Dari puncak, maka pendaki bisa melihat langsung Gunung Tongariro di hadapan dan Danau Taupo. Pemandangan karakter alam khas yang menakjubkan dari Taman Nasional Tongariro.


5. Air Terjun Tawhai, Taman Nasional Tongariro
MENYINGGAHI BERBAGAI LOKASI FILM LORD OF THE RINGS DI NEW ZEALAND
Tawhai Falls via backpackerguide.nz

Masih di Taman Nasional Tongariro, lokasi yang juga menjadi setting film ialah di Air Terjun Tawhai. Berada dekat State Highway 48, arah ke whakapapa, untuk menuju air terjun bukan hal sulit. Kalian bisa berjalan kaki sembari menikmati pemandangan Gunung Ngauruhoe, Tongariro, dan Ruapehu.

Air Terjun ini sebenarnya berukuran pendek, tingginya hanya sekitar 13 meter, namun aliran airnya yang jernih di sungai berbatu, ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan hutan lebat menjadikannya nampak menenangkan. Terbukti dengan terpilihnya lokasi ini sebagai setting tempat adegan ketika Gollum mengambil ikan dan memakannya dalam Lord of The Rings.


6. Glenorchy, Queenstown Lake, Otago (Isegard)
Berada sekitar 46 km dari pusat Kota Queenstown, Glenorchy berada di tepi Danau Wakatipu bagian utara. Di sebuah desa disana yang bernama Paradise, dibuatlah setting untuk Isegard, Lothlerien, dan Amon Hen, Benteng dari Gondor dalam film Lord Of The Rings.

Setting Isegard di Glenorchy via newzealand.com

Suasana alam berupa hamparan rumput dan ilalang coklat dengan dikelilingi oleh barisan pegunungan menjadikan panorama dari Desa Paradise dan Glenorchy sangat menakjubkan bagai lukisan alam yang sempurna. Sangat cocok divisualkan untuk Middle-earth. Dalam film, di area lapangan luas Paradise terdapat menara bernama Tower of Orthanc di Nan Curunic. Meskipun hanya visualisasi dalam film tetapi setidaknya kalian bisa merasakan atmosfer di lapangan terbuka tempat setting adegan film.

LANJUTAN











berasa dinegri antah berantah
masih sebatas anganemoticon-Frown
indah gan. jadi pingin kesana
Suasananya itu keren bangat
aer terjun nya keren emoticon-Matabelo