alexa-tracking

Mengenal MV Iriana, Kapal Canggih yang Terinspirasi Ibu Negara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598901ae31e2e6892c8b456a/mengenal-mv-iriana-kapal-canggih-yang-terinspirasi-ibu-negara
Mengenal MV Iriana, Kapal Canggih yang Terinspirasi Ibu Negara
Mengenal MV Iriana, Kapal Canggih yang Terinspirasi Ibu Negara

JAKARTA - Indonesia patut bangga memiliki lautan yang luas. Beragam kapal berlabuh dan melintas di perairan negeri ini.

Berdasarkan atas fakta tersebut, tidak heran Presiden Jokowi kemudian mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia

Menyikapi hal itu, pada tahun 2016 lalu pengusaha pelayaran dan galangan kapal, Haneco W Laurenzi membuat kapal vehicle atau kapal listrik pertama di Indonesia.

Adapun kapal tersebut bernama MV Iriana, kapal yang mengangkut semen curah pertama di Indonesia. "Di dunia cuma ada tiga negara yang punya, Japan dan Taiwan. Indonesia sendiri patut bangga karena menjadi salah satunya," tutur Haneco saat ditemui di Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017 siang.

CEO PT Andhalas Bahtera Baruna ini memaparkan kapal ini sudah lebih dari setahun berlayar di perairan Indonesia. Kapal ini diluncurkan pertama kali 25 Maret 2016. Berbagai tempat telah disinggahi kapal ini, antara lain Batam, Tuban, hingga Tanjung Priok.

Kapal yang saat ini dalam perjalanan menuju Tuban ini telah dikontrak salah satu produsen semen, PT Holchim. Sejak awal dibuat, Haneco mengatakan pihaknya telah merancang kapal itu menggunakan listrik. Selain dianggap lebih efisien, penggunaan listrik ini mampu mengurangi biaya operasional serta dinilai cukup ramah lingkungan.

Bila disandingkan dengan kendaraan darat, Haneco menyakini kapal ini seperti teknologi hybrid pada mobil. "Jadi kita gunakan genset yang mengalirkan listrik, listrik kemudian menjadi motor menggerakan turbin. Kalau kapal lain kan menggunakan piston," tutur pria asal Padang ini menjelaskan.

Untuk proses pembangunan dan perakitan, Haneco mengaku membutuhkan waktu lebih dari satu tahun dengan nilai investasi USD20 juta dan mengerahkan 800 tenaga kerja WNI kapal ini kemudian siap berlabuh melalui galangan kapal di Batam. Sejauh ini belum ada satu kecelakaan yang dialami kapal ini.

Penggunaan nama iriana

Mengenai penamaan kapal tersebut, Haneco mengungkapkan nama Iriana tercetus karena melihat sosok Ibu Negara Iriana Jokowi yang berperan cukup baik mendampingi Presiden.

Terlebih selama ini dirinya kerap menggunakan nama perempuan di sejumlah kapal kapalnya. "Yang paling sentral adalah pengaruh para pembuat kapal yang menyodorkan saya nama Iriana. Setelah melakukan berbagai pertimbangan, akhirnya saya putuskan pakai nama itu," tuturnya.

Kapal ini memiliki panjang sekitar 117 meter dengan lebar 25 meter dan draft 6,5 meter. Sementara untuk daya angkut bisa mencapai 10 ribu ton. Artinya efektivitas akan lebih di jamin bila menggunakan angkutan truk darat.

"Coba kalau angkut semen sebanyak itu, berapa truk yang harus dikonvoi," ucapnya.

Pertimbangan lain menyandangkan nama Iriana untuk kapal tersebut adalah sebagai bentuk terima kasih kepada kebijakan Presiden yang concern terhadap maritim Indonesia. Terlebih dalam beberapa kebijakannya, Jokowi menciptakan tol laut yang kemudian memangkas ongkos transportasi antarpulau.

Pada Hari Kemerdekaan RI yang ke-72. Haneco berharap pemerintah lebih serius dalam mengembangkan kemaritiman. Selain memberikan kemudahan dalam perizinan pelayaran, menurut dia, perlu ada regenerasi dan peremajaan kapal-kapal tongkang yang di antaranya berusia hampir 30 tahun.

"Jangan sampai mengalami kecelakaan, baru dilakukan perubahan," katanya.

https://nasional.sindonews.com/newsr...ara-1502128647

Hebat banget langsung dikasih nama Iriana.

Di Amerika, nama nama kapal disana adalah pahlawan besar, seperti Eisenhower, Gerald Ford, George Bush, Carl Vinson dll..

Tapi tenang aja, "dia" selalu benar dimata pendukungnya. emoticon-Big Grin
Nasbung pada gatel kupingnya
Quote:


Nastak langsung pengen jilat sisa taik dari bool jongoswi emoticon-Big Grin
Quote:


yang lo sebut itu kapal perang..
ini kapal listrik, dibuat sama swasta. emoticon-Angkat Beer
Jadi kita gunakan genset yang mengalirkan listrik, listrik kemudian menjadi motor menggerakan turbin. Kalau kapal lain kan menggunakan piston," tutur pria asal Padang ini menjelaskan.

pertanyaan saya, gensetnya pakai piston ndak ya?
Ane yakin itu tanpa perstujuan istrinya presiden. Mungkin maksud pemilik kapal hanya untuk kepentingan bisnis. Kalau orang bisnis sudah tau lah trik begituan. Biasa aja..
Quote:


Mau kapal perang mau kapal listrik, mau kapal roro, jika sudah memakai nama identitas, ya itu lain cerita..

Jangan jangan nanti jokowi jadi pahlawan nasional sebelum dia mati emoticon-Big Grin
bukan kapal negara, bikinnya gak pake duit negara. suka suka yg bikin lah. silakan aja nasbung kalo mau bikin kapal keruk prabowo atau kapal tongkang didit
Quote:


Sepertinya pakai emoticon-Big Grin
Quote:


Lah ini salah satu anjing peliharaan goblokwi emoticon-Big Grin

Kenapa yg benci goblokwi dibilang pendukung pragoblok ya? emoticon-Ngakak (S)

Yg benci goblokwi pasti pendukung pragoblok gitu? Aduh itu otak isi taik ya begini emoticon-Big Grin

Pragoblok dan goblokwi mah sama aja njing
Quote:


nih,
udah dijawab,
selamat shift pagi ya bro..emoticon-siul

Quote:


Quote:


mungkin maksud nya shaft coupler, bukan piston emoticon-Ngakak
Quote:


Dijawab dari sesama penjilat ampas taik dari bool si jongos emoticon-Big Grin
Orang geblek bikin tret ga baca dulu. Asal jeplak lagi.

Geblek itu cem nastak nasbung.



emoticon-Ngakak
Quote:


Kalo punya fetish jangan diumbar disinilah


Benci boleh, goblokk silahkan
Gensetnya toh tetap pake BBM Kan?

Apa lebih clean kalau minyak cuma buat nyalain genset sementara penggerak kapal pake turbin yang digerakkan listrik?

Lebih efisien kali ya
Cem pembantu gw aja gosipin orang mulu emoticon-Big Grin
Quote:


congor lo kelebihan nih emoticon-Cape d...
hati2 aja ... ntar mewek bombay dah
pertama baca itu kapal listrik kirain itu kapal GENSET kaya punya Turki yg d sewa buat pembangkit di Gorontalo emoticon-Hammer
taunya penggeraknya dan ini kapal angkut semen emoticon-Big Grin
Quote:


Kalo ga efisien, ga mungkin nih kapal terus beroperasi, pastinya cuma buang2 biaya.