alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5988ffa4d9d77035488b456a/pemerintah-tingkatkan-peran-bpd
Pemerintah Tingkatkan Peran BPD
Pemerintah Tingkatkan Peran BPD


PEMERINTAH melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) bersama dengan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) bersinergi untuk memperkuat penyaluran KPR di berbagai daerah.



"Peran pemda penting sekali untuk perencanaan tata ruang," kata Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PU-Pera Lana Winayanti seusai penyerahan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) kredit pemilikan rumah dan SOP kredit modal kerja-konstruksi perumahan, di Jakarta, kemarin.



Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PU-Pera menyerahkan kedua SOP itu kepada 25 bank pembangunan daerah (BPD) di seluruh Indonesia.



Penyerahan SOP diikuti dengan penandatanganan komitmen SOP oleh setiap perwakilan BPD, disertai dengan diskusi mengenai kebijakan perumahan.



Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menyatakan tujuan kedua SOP itu ialah untuk memperkuat peran strategis BPD dalam menjalankan dan meningkatkan pembiayaan perumahan guna memenuhi kebutuhan perumahan di daerah masing-masing.



Sebagaimana diketahui, SMF merupakan BUMN yang didirikan pada 2005 di bawah Kementerian Keuangan guna mengembang tugas membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan melalui sekuritisasi dan pembiayaan.



SMF juga memiliki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang sehingga diharapkan penyaluran KPR dapat meningkatkan volume penerbitan KPR, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah.



"Kami berharap SOP tersebut dapat mendorong terciptanya standar produk KPR BPD yang terjangkau dan sesuai serta bisa diterapkan untuk peningkatan kapasitas penyaluran KPR di lingkungan BPD," ucap Ananta, berharap.



Dengan demikian, menurut Ananta, diharapkan ke depannya juga bisa melayani kebutuhan masyarakat untuk kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi warga.



SOP kredit modal kerja-konstruksi perumahan terdiri atas kebijakan dan alur kerja yang memuat konsep dan rantai nilai yang sudah terintegrasi dengan SOP KPR antara BPD dan SMF.




Masih rendah



Sebagai entitas pembiayaan perumahan, BPD dinilai memiliki potensi besar dalam mendukung pelaksanaan program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.



Namun, sayangnya, data menunjukkan dukungan BPD dalam pencapaian pembiayaan perumahan masih belum menggembirakan.



Sejak bergulirnya KPR fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) pada 2010, hingga periode akhir 2016 sebanyak 20 BPD baru bisa berkontribusi sebesar 1,2% dari total keseluruhan KPR FLPP yang disalurkan kepada masyarakat.



"Maka dari itu, kami memandang sinergi yang lebih intensif dengan BPD yang berperan sebagai lokomotif perekonomian daerah memang harus dilakukan," ujar Lana.



Salah satu kendala yang dihadapi BPD saat ini ialah masih kurangnya daya saing dengan bank-bank nasional yang telah lebih dulu berkiprah dalam prog-ram pembiayaan perumahan. (Ant/E-1)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...bpd/2017-08-08

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pemerintah Tingkatkan Peran BPD Rekrutmen Garis Keras Digagalkan

- Pemerintah Tingkatkan Peran BPD Penolakan Kerja Sama Perburuk Nasib Karyawan JICT

- Pemerintah Tingkatkan Peran BPD Komisi Yudisial Bersiap Jemput Bola