alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5988ef90c2cb17a26f8b4588/perusahaannya-dipailitkan-produk-jamu-nyonya-meneer-mulai-langka-di-jakarta
Perusahaannya Dipailitkan, Produk Jamu Nyonya Meneer Mulai Langka di Jakarta
Perusahaannya Dipailitkan, Produk Jamu Nyonya Meneer Mulai Langka di Jakarta


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  PT Nyonya Meneer yang dinyatakan pailit oleh pengadilan.

Perusahaan jamu yang telah berdiri sejak 1919 itu memiliki utang sampai Rp 89 miliar. Akibatnya para penjual jamu sudah tak dapat lagi menemukan jamu yang memiliki ciri khas foto seorang perempuan tersebut.

Bahkan dibeberapa toko-toko penjual jamu pun sudah sulit ditemukan brand jamu tradisional Nyonya Meneer.

Hanya beberapa toko saja yang masih terdapat produk jamutradisional tersebut.

Yanto (55) mengatakan bahwa jamu Nyonya Men

Baca: Seperti Ini Penyesalan yang Disampaikan Pengeroyok Joya yang Mencuri Amplifier Mushola di Bekasi

eer sudah sulit untuk ditemukan, bahkan hal tersebut sudah terjadi sejak lama, padahal menurutnya lambang jamu bergambar wanita tersebut sangatlah laris.

"Udah jarang sekarang, sebelumnya laku banget Nyonya Meneer, sekarang sudah gak ada," kata Nanto saat ditemui oleh Warta Kota di kawasan Jatinegara, Senin (7/8/2017).

Selain harganya jauh lebih mahal dibandingkan merk jamutradisional lainnya, namun masih banyak orang yang memburu, menurutnya hal tersebut karena kecocokan bagi konsemen.

"Kalo Nyonya Meneer harganya lebih mahal Rp 2000 ketimbang produk lainnya, kalo produk lain sekitar Rp 1000," katanya.

Pria yang sudah dari tahun 80-an berjualan jamu ini mengaku tahu persis mana saja jamu yang laris dipasaran, namun menurutnya jamu Nyonya Meneer tak mampu bersaing dengan produk jamu lain.

"Kalo dulu emang yang maju nyonya meneer, saya kan dagang sudah dari tahun 80, udah sejak lima tahun terakhir produk Nyonya Meneer mulai sedikit berkurang kurang, justru produk pesaingnya yang saat ini melambung," katanya.

Baca: Nekat Bawa Matik Lewati Beton Cor-coran yang Masih Basah: Emak-emak Nggak Pernah Salah

Walau Nyonya Meneer sudah tak dapat ditemukan lagi di agen-agen jamu, menurut Yanto dibeberapa toko-toko masih dapat ditemukan.

"Kalo di agen memang sudah gak ada, paling di warung-warung, itu tinggal sisaan, ini saja saya punya tinggal satu," ucapnya.

Baca: Sarang Narkoba yang Tak Pernah Mati Itu Bernama Kampung Ambon di Cengkareng

Menurutnya walau nyonya meneer sudah tidak dapat ditemukan lagi dipasaran menurutnya tidak ada pengaruh terhadap penjualannya, pria yang membuka warung jamunya sore hari ini mengatakan dalam jenis jamu yang dijual sudah ada peminatnya masing-masing.

"Ngak ngaruh biasa aja sih, itu cocok-cocokan karena banyak merek yang dijual," katanya.

Yanto menjelaskan merk jamu dari Nyonya meneer yang paling laku menurutnya adalah jenis tujuh angin yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti masuk angin.

Baca: Silakan Patah Hati, Raisa dan Hamish Akan Menikah September Nanti

"Kalo yang paling laris itu tujuh angin, tapi ini tinggal satu gak ada lagi, waktu saya tanya juga udah gak produksi, paling sekarang tinggal di warung-warung kecil saja," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto

Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...gka-di-jakarta

---

Baca Juga :

- Pailit, Jamu Nyonya Meneer Mulai Langka di Jakarta

- Dipailitkan, Nyonya Meneer Belum Akan Menyerah

- 98 Tahun Berdiri, Nyonya Meneer Dinyatakan Bangkrut, Bappenas: Karena Gagal Beradaptasi