alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5988e44ae05227c51a8b456a/keluar-polri-karena-masuknya-nyogok-ini-cerita-hijrah-zulkiram
Keluar Polri karena Masuknya Nyogok, Ini Cerita Hijrah Zulkiram
Jakarta - Muhammad Zulkiram atau Joekhana mengungkap cerita bagaimana akhirnya memutuskan keluar dari institusi Polri. Semua berawal saat rekannya sering mengingatkan untuk beribadah.

"Saya lebih awal hijrah daripada resign dari Polisi, ada teman yang ngajak. Sudah sering ngajak ke masjid, inget-ingetin. Ada teman SD dulu. Tahun 2013. Diajak-ajak terus saya ikut saja sekali," kata Zulkiram saat dihubungi detikcom, Senin (7/8/2017).

Baca juga: Merasa Tak Berkah Masuk Polri dengan Nyogok, Zulkiram Pilih Dipecat

Zulkiram mengatakan kala itu dia diajak itikaf selama 3 hari di satu masjid di Banda Aceh sekitar tahun 2013. Dalam tiga hari itu ia mendapat banyak pembekalan soal agama, terutama soal menjaga kekonsistenan ibadah.

"Pas pulang dari situ langsung berubah, salat langsung terjaga. Saya mulai belajar agama-agama. Perbaiki pembacaan Alquran. Mencari-cari guru untuk belajar," ujar Zulkiram.

Sampai akhirnya, dia diajak pergi ke Thailand untuk mempelajari ilmu agama lebih dalam lagi. Selama dua minggu di Thailand, Zulkiram belajar soal bagaimana berdakwah.

"Terus (pulang dari Thailand) saya tahu kalau nyogok itu haram. Saya tahu kalau masuk kerja dengan cara nyogok haram. Itu gelisah saya. Berpikir berpikir berpikir. Desember 2014 baru saya memutuskan untuk resign," kata Zulkiram.

Keluar Polri karena Masuknya Nyogok, Ini Cerita Hijrah ZulkiramFoto: Dok. Muh Zulkiram
Zulkiram menyebut saat pertama kali diterima sebagai anggota Polri pada 2007, orang tuanya menyuap puluhan juta agar ia bisa diterima. Ibunya yang single parent begitu ingin Zulkiram menjadi Polisi.

"Sebenernya waktu masuk saya belum paham agama sedikitpun. Saya tidak ada keinginan untuk jadi Polisi waktu itu. Tadinya saya mau langsung kerja saja," jelasnya.

Keluar Polri karena Masuknya Nyogok, Ini Cerita Hijrah ZulkiramFoto: Dok. Muh Zulkiram
Sejak dipecat karena pelanggaran kode etik pada Desember 2014, Zulkiram tetap berdomisili di Aceh dan memilih berwirausaha. Zulkiram mengincar pemecatan dengan sengaja tak masuk berkali-kali. Keluarga yang sempat menentang keputusannya kini telah berlapang dada dengan keputusan Zulkiram.
(rna/tor)

https://news.detik.com/berita/3589382/keluar-polri-karena-masuknya-nyogok-ini-cerita-hijrah-zulkiram


sunguh kisah yang sangat inspiratif emoticon-Big Grin
Dipecat karena pelanggaran kode etik...

Case closed
Quote:Original Posted By asher001
Dipecat karena pelanggaran kode etik...

Case closed


Jaman sekarang mah omong kosong orang dengan sukarela meninggalkan tempat & posisi enak. Pasti dipecat emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pastibisadong
Jaman sekarang mah omong kosong orang dengan sukarela meninggalkan tempat & posisi enak. Pasti dipecat emoticon-Big Grin


Biar bisa dpt bahan buat cerita. Ga perlu pergi ke thailand lah gw dr dulu tau kalo nyogok itu haram. emoticon-Ngakak
hmm bau aroma busuk jg..
dipecat terus ngaku kalo keluar gara2 dia ngak sreg pas masuk nyogok ?
ya sudahlag urusan dia..

tapi secara langsung bilang masuk dengan nyogok berarti sudah siap berhadapan dengan polri.. karena mau ngak mau sudah bawa nama kepolisian.. tinggal lihat respon kedepan ditndak lanjutin gak ? masuk nyogok ? opini pembaca pasti kemana2.. institusi tambah tercoreng.. kalo berita kaya gini dibiarin saja
Klo nggak nyogok mana bisa jadi aparat, itu olinya supaya bisa masuk
hijrah jalanin aja

kalo pake bacod namanya Riya. dan itu dilarang agama
Quote:Original Posted By i71lm4c4n
Klo nggak nyogok mana bisa jadi aparat, itu olinya supaya bisa masuk


Harga oli

Masuk coklat brp bray skrg ?
Kalaupun benar keluar karena nyogok alangkah indahnya jika mereka sadar pasti polkis indo habis
Quote:Original Posted By mas rhoma
hijrah jalanin aja

kalo pake bacod namanya Riya. dan itu dilarang agama


Terlalu itu bang! Riyak emang kenthel masbro
Masuk wereng nyogok mah udah rahasia umum. Ga heran kualitas wereng blangsak. Apalagi sejak dipimpin feancesco totti, makin blangsak itu wereng emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pastibisadong


Jaman sekarang mah omong kosong orang dengan sukarela meninggalkan tempat & posisi enak. Pasti dipecat emoticon-Big Grin


Quote:Zulkiram mengincar pemecatan dengan sengaja tak masuk berkali-kali.
memang sengaja gak masuk biar dipecat.
Quote:Original Posted By shizen.re
Masuk wereng nyogok mah udah rahasia umum. Ga heran kualitas wereng blangsak. Apalagi sejak dipimpin feancesco totti, makin blangsak itu wereng emoticon-Big Grin


Di zaman siapa wereng hebat bray??
Sekarang agak terbuka dikit aja krn ada yg kontra!! Dan dijadikan "target"
Ini berita po pencemaran nama institusi po cerita alibi
Quote:Original Posted By nyuki



memang sengaja gak masuk biar dipecat.


yakin?
sebagai umat beriman kan bisa gentle buat surat pengunduran diri.
ini sih gue liat dia di pecat krn gak masuk dan akhirnya dijadikan bahan coli utk mendapat pujian dan ketenaran. mudah banget org macem lu ditipu cerita beginian
ahahhaha.. inspiratif banget.. religius tapi ngerugiin orang.. ngincar dipecat dengan ga masuk bekali2.. ahahhahahhahaha... ane baru tau.. kalo ajarannya bener sih harusnya dia malah berbuat lebih baik saat jadi polisi, lurus dalam bertidak dan jujur, nah itu bisa jadi dipecat atau dimutasi karena ga disukai orang2 laknat disekitarnya.. lah ini??? wkwkwkwkwk, luar binasa inspiratifnya.. apa gara2 berguru di thai? you know trans?
varokah bangetttt... ceritanyaa.. sayang kurang bumbu menyedihkan
ini baru emoticon-thumbsup
×