alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5988897212e257fd4e8b457c/event-sejarah-antara-si-legit-dan-tradisi
icon-hot-thread
[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi
[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi



[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi



[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi


Hai gaes, kali ini perkenankan ane untuk membahas sejarah dari salah satu kue favorit ane nih, yaitu kue apem.
Agan dan sista semua pasti udah gak asing lagi kan dengan kue manis jajanan pasar yang berbentuk bulat ini? Jika dilihat sekilas, memang kue ini agak mirip seperti serabi ya gaes. Hanya saja bedanya, kue apem ini berbahan dasar tepung beras, gula merah dan tape singkong.

Perpaduan ciamik bahan-bahan tersebutlah yang akhirnya menciptakan rasa manis legit dan lezatos yang di sukai oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Kue ini pun sangat dikenal di kalangan masyarakat Jawa lho. Biasanya di sajikan untuk camilan, sarapan pagi bahkan jamuan pesta di rumah.

Biasanya kalau di daerah ane sih, kue ini juga selalu ada di dalam besek kendurian emoticon-Blue Guy Peace. Kue ini selain lezat, ternyata juga memiliki makna yang mendalam lho gaes.

Quote:
Sejarah Singkat Kue Apem

Kue tradisional ini juga bisa dijumpai di banyak daerah di Indonesia maupun Asia Tenggara. Namun, sebenarnya kue apem ini berasal dari daerah Kerala dan Tamil Nadu di India Selatan. Menurut beberapa bukti sejarah ternyata penganan ini sudah dikenal sejak abad pertama Masehi di daerah Tamil.

Catatan mengenai kue apem atau “appam” dalam bahasa Tamil ini dapat ditemukan dalam literatur Tamil Sangam. Kue apem di daerah asalnya (India), juga terbuat dari tepung beras dan santan. Namun terdapat juga beberapa variasi yang menggunakan susu sapi sebagai pengganti santan. Di India kue appam biasa disantap dengan kari ayam atau ikan atau menggunakan saus bumbu pedas yang mirip seperti sambal.

Spoiler for Appam India:


Nah kali ini ane mau bahas tentang kue apem yang berkembang di nusantara ya gaes. Menurut legenda, kue apem ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh Ki Ageng Gribik atau Sunan Geseng, yang merupakan salah satu murid Sunan Kalijaga yang pada waktu itu baru pulang dari menunaikan ibadah haji. Saat itu beliau melihat penduduk Desa Jatinom, daerah Klaten, kelaparan. 

Pada saat itu beliau membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari tanah suci. Namun karena terlalu sedikit, kue buah tangan tersebut akhirnya dibuat ulang oleh istrinya, yaitu Nyi Ageng Gribig. Setelah jadi, kue-kue tersebut kemudian dibagikan kepada para penduduk yang kelaparan tersebut. Kemudian Ki Ageng Gribik pun mengajak mereka mengucapkan lafal dzikir Qowiyyu (Allah Maha Kuat). Para penduduk itu pun akhirnya menjadi kenyang.

Kue tersebut kemudian dikenal oleh masyarakat luas sebagai kue apem. Istilah apem sebenarnya berasal dari bahasa Arab, afuan / afuwwun, yang berarti ampunan. Jadi, dalam filosofi Jawa, kue ini merupakan simbol permohonan ampun atas berbagai kesalahan. Namun, karena orang Jawa menyederhanakan bahasa Arab tersebut, maka disebutlah apem.

Kue apem ini berbentuk bundar atau bulat melingkar. Hal ini adalah sebagai perlambang adanya suatu kebulatan tekad dalam menjalani kehidupan. Serta kemantapan hati untuk mewujudkan rasa berbakti kepada para leluhur yang bukan hanya sebatas sebatas ucapan dan kata-kata dalam doa. Tetapi hal itu juga harus diwujudkan dalam sikap, tindakan, dan perbuatan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan-bahan yang terkandung dalam kue apem pun ternyata sarat makna. Kebanyakan kue apem yang berkembang disini biasanya terdiri dari beras ketan, santan kelapa, gula dan sedikit garam. Tak lupa juga ada bahan pengharum makanan sebagai tambahannya. Semua itu memuat pesan yakni adanya proses dalam kehidupan dan pentingnya penyelarasan serta harmonisasi antara jagad kecil dengan jagad besar dalam kehidupan semesta ini.

Dalam budaya Jawa, kue apem juga biasa di buat pada saat menjelang bulan Ramadhan. Kue tersebut kemudian diantarkan ke musholla atau masjid-masjid. Setelah berdoa bersama, kue apem dibagikan kepada para penduduk sekitar atau orang-orang yang kurang beruntung. Sehingga bisa dikatakan, kue ini juga menjadi simbol untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap rezeki yang sudah kita dapatkan. Tak hanya itu, kue apem juga mempunyai makna untuk saling memaafkan.



Selain rasanya yang lezat, kue apem ini juga menjadi simbol pada acara-acara tradisional yang sampai sekarang masih di lestarikan di beberapa daerah. Berikut akan ane paparkan beberapa acara tradisional yang selalu menyuguhkan kue apem sebagai panganan khasnya.

Quote:
APEM DI KLATEN

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi


Di wilayah Klaten, kue apem biasanya di hidangkan pada tradisi Megengan yang dirayakan dengan meriah. Kue apem ini merupakan simbol paling wajib dalam tradisi tersebut. Megengan berasal dari bahasa Jawa "megeng" yang berarti menahan diri, atau bisa diartikan sebagai puasa itu sendiri. Karena saat berpuasa kita di wajibkan menahan diri, dari semua hal-hal yang dapat membatalkan atau melunturkan nilai puasa itu sendiri.

Tradisi megengan ini berasal dari Ki Ageng Gribik atau Sunan Geseng, sebagai pembawa masuk kue apem ke Indonesia seperti yang sudah ane paparkan di atas. Pada saat tradisi megengan tersebut, kue apem biasa disusun dalam dua gunungan. Yaitu gunungan lanang dan gunungan wadon.

Penyusunan kedua gunungan itu juga memiliki arti tersendiri. Yakni apem disusun menurun seperti sate dengan urutan 2-4-4-3-4 yang menandakan jumlah rakaat dalam shalat Subuh (2 rakaat), Dzuhur (4 rakaat), Ashar (4 rakaat), Maghrib (3 rakaat) dan Isya (4 rakaat). Di antara susunan tersebut juga terdapat kacang panjang, tomat, dan wortel yang melambangkan bahwa masyarakat sekitar hidup dari bidang pertanian.

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Ada perbedaan antara gunungan lanang dan wadon. Gunungan wadon biasanya di buat lebih pendek dan berbentuk lebih bulat. Sedangkan gunungan lanang dibuat lebih tinggi dan di bawahnya terdapat kepala macan putih dan ular. Kedua hewan tersebut adalah kesayangan Ki Ageng Gribig. Macan putih diibaratkan sebagai Kiai Kopek, sedangkan ular adalah Nyai Kasur milik Ki Ageng Gribig. Gunungan apem ini biasanya diarak keliling kota. Setelah arak-arakan selesai, masyarakat pun bisa menikmati kue apem yang merupakan simbol pengharapan berkah.




Quote:
APEM DI YOGYAKARTA

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Selain pada tradisi megengan, kue apem juga dibuat pada tradisi "ngapem". Tradisi ngapem ini adalah salah satu tradisi turun temurun Keraton Yogyakakarta yang sudah ada sejak zaman Jawa Kuno. Tradisi ngapem ini secara khusus diadakan untuk memperingati hari raya kenaikan takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X atau biasa di sebut juga Tingalan Jumenengan Dalem. Biasanya tradisi ini diadakan di bulan Ruwah, yaitu bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Kue apem adalah simbol untuk memohon ampun dan keselamatan pada Tuhan. Kue apem ini hanya dibuat oleh wanita, baik istri Raja, anak dan keturunan raja, serta kerabat Keraton. Prosesi pembuatan apem biasanya di mulai sejak pagi hari dan bertempat di Bangsal Keputren Kompleks Kraton Yogyakarta.

Berikut ane lampirkan video tradisi ngapem di keraton Yogyakarta, yang masih di lakukan secara tradisional lho gaes.

Spoiler for Tradisi Ngapem atau Apeman Di Keraton Yogyakarta:


Berdasarkan video di atas, kita bisa melihat bahwa ada dua jenis kue apem yang dibuat. Yaitu apem mustaka (diameter kurang lebih 20 cm) untuk abdi dalem yang memiliki posisi tinggi. Dan apem biasa (diameter kurang lebih 10 cm) untuk abdi dalem biasa. Apem ini memang tidak dibagikan pada rakyat biasa karena abdi dalem adalah simbol dari masyarakat Yogya seluruhnya. 

Selain dibagikan kepada para abdi dalem, kue apem tersebut juga merupakan pelengkap dari ubo rampe yang akan dilabuh di tiga tempat. Yakni di Gunung Merapi, Pantai Parangkusumo, dan Gunung Lawu. Namun sebelumnya akan didoakan terlebih dahulu oleh ulama di Bangsal Srimanganti selama semalaman. Prosesi ini pun di maksudkan sebagai perwujudan rasa syukur.




Quote:
APEM DI CIREBON

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Nah kalau di Cirebon juga ada nih tradisi ngapem. Biasanya tradisi ini di adakan setiap bulan Safar (bulan ke-2 dalam kalender Hijriyah). Tradisi ngapem ini merupakan lanjutan dari tradisi bulan Muharam. Saat bulan muharam, masyarakat kota Cirebon biasanya membuat bubur merah putih yang merupakan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemudian pada bulan safar dilanjutkan dengan membuat kue apem.

Kue apem ini diibaratkan sebagai bangsa Belanda yang menjajah negara kita. Makanya kue apem di Cirebon ini diguyur dengan kuah gula merah (di sebut juga kinca) yang banyak, hingga kue apemnya tenggelam atau sebagai simbol mengusir para penjajah dan rasa syukur dan tolak bala dari kesialan atau bencana. Selain itu kue apem ini juga diartikan sebagai kue kebersamaan.

Spoiler for Apem Kinca Cirebon:




Quote:
APEM DI MADURA

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Kue apem juga terdapat di daerah Madura, atau biasa di sebut juga dengan kue apen. Bahan-bahannya pun tidak jauh berbeda dari kue apem asal daerah lainnya. Yaitu terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Hanya saja yang membedakan adalah saus pelengkapnya yang terbuat dari gula merah, jahe, kayu manis dan daun pandan yang semakin membuat harum. Selain rasanya yang sangat nikmat, kue apen juga di percaya dapat menghilangkan rasa letih setelah bekerja seharian lantaran kandungan gula merah, jahe dan kayu manis, yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Secara garis besar, makna filosofi kue apem di kalangan masyarakat Jawa itu sama. Termasuk orang-orang Madura, khususnya Sumenep, yang memiliki tradisi saling memberi kue apen yang di laksanakan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Tradisi yang sudah berjalan turun temurun ini, mempunyai makna untuk mempererat tali silaturahmi antar tetangga. Selain itu, kue apen juga dibagikan kepada para santri dan sebagian lagi diantar­kan ke masjid-masjid yang nantinya akan dihidan­gkan ke para ja­maah sholat Tarawih pertama di bulan puasa.




[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Wah, ternyata kue apem ini bukan sekadar kue yang enak dimakan ya. Melainkan ada makna filosofisnya di balik itu semua gaes. Seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak juga lho variasi rasa dari kue apem. Seperti yang di jual di pasar tradisional Laweyan, Solo. Di sana terdapat apem yang di jual dengan topping cokelat, kacang mete, dan keju. Yang pasti akan menambah kelezatan kue apem itu sendiri dong ya. Sekian ulasan singkat dari kue manis nan menggoda ini. Atas segala kekurangannya, ane mohon maaf ya gaes.
emoticon-Maaf Aganwati


Spoiler for Bonus:



Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber 6
Sumber 7

[Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi



📣 Tambahan Dari Kaskuser :

Quote:Original Posted By cheria021
Kebetulan ane orang Klaten gan, kalau di sini dikenal dengan perayaan nyebar apem yang dilaksanakan di daerah Jatinom, gunungan apem tersebut diarak kemudian dibawa ke atas panggung dan disebar ke orang-orang yang datang dari berbagai daerah.
Spoiler for Video Perayaan tradisional yaa qowiyyu( sebaran apem ) jatinom klaten:
d suruh mampir TS nya emoticon-nyantai


Di suruh ambil pertamax juga emoticon-Pertamax
Quote:Original Posted By praditya.92
d suruh mampir TS nya emoticon-nyantai


Di suruh ambil pertamax juga emoticon-Pertamax


Quote:Original Posted By rezta77

ramaikan kak, calon ht ini




#BANGSADANGEL emoticon-Angel


Bae bae ngiler liat mulusnya kakak emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By otihime
Bae bae ngiler liat mulusnya kakak emoticon-Embarrassment


Mulusnya warbyasah mbah emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By praditya.92
Mulusnya warbyasah mbah emoticon-Matabelo


Apem emang menggoda kakak..jgn lupa ya kl smpet praktekin bikin sesuai resepnya emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By dhea77

liat serabi jadi kepingin mblo emoticon-Stick Out Tongue




#BANGSADANGEL emoticon-Angel

Btw ini kan apem kak, bukan serabi..serupa tapi tak sama emoticon-Malu (S)
mantap dah mba..
apem asli indonesia.. emoticon-I Love Indonesia
Wah ada si apem emoticon-Embarrassment
Saya suka banget apem emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Apem itu enak, gemes, maknyus emoticon-Embarrassment
Pokoknya the best lah apem emoticon-Embarrassment
I love apem [Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi
Quote:Original Posted By otihime
Apem emang menggoda kakak..jgn lupa ya kl smpet praktekin bikin sesuai resepnya emoticon-Embarrassment


Pasti kok pasti emoticon-Embarrassment
Pasti gosong emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By dtvaganza
Wah ada si apem emoticon-Embarrassment
Saya suka banget apem emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Apem itu enak, gemes, maknyus emoticon-Embarrassment
Pokoknya the best lah apem emoticon-Embarrassment
I love apem [Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi


Waah emoticon-Embarrassment
Apem apa itu mbah emoticon-Malu (S)
I Love serabi jerman emoticon-Genit
Quote:Original Posted By whiena77

knapa jdi fokus kemakanan nya ya emoticon-Malu (S)



#BANGSADANGEL emoticon-Angel


Berarti di dalam alam bawah sadarmu lg lper tuh emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By andre.cakepp
mantap dah mba..
apem asli indonesia.. emoticon-I Love Indonesia

Iya mas apem mang yahud dahh ya emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By dtvaganza
Wah ada si apem emoticon-Embarrassment
Saya suka banget apem emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Apem itu enak, gemes, maknyus emoticon-Embarrassment
Pokoknya the best lah apem emoticon-Embarrassment
I love apem [Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi

Besok minta bikinin gih sama si doi emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By praditya.92
Pasti kok pasti emoticon-Embarrassment
Pasti gosong emoticon-Ngakak

Wkwkwk jgn smp gosong donk ah 'o

Quote:Original Posted By rhenita77

o rame2 pada disini rupawan emoticon-Cape d...




#BANGSADANGEL emoticon-Angel

Mksh ya kakak udah mampir kemari emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By otihime
Berarti di dalam alam bawah sadarmu lg lper tuh emoticon-Stick Out Tongue


Iya mas apem mang yahud dahh ya emoticon-2 Jempol


Besok minta bikinin gih sama si doi emoticon-Embarrassment


Wkwkwk jgn smp gosong donk ah 'o


Mksh ya kakak udah mampir kemari emoticon-Embarrassment


Emang ga bakat
Untung aja masa telor ga gosong emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By morguev
I Love serabi jerman emoticon-Genit


Aku olih nyicip orak mbah emoticon-Genit
d suruh gembok ama TS nya emoticon-Cool
Quote:Original Posted By otihime
Berarti di dalam alam bawah sadarmu lg lper tuh emoticon-Stick Out Tongue


Iya mas apem mang yahud dahh ya emoticon-2 Jempol


Besok minta bikinin gih sama si doi emoticon-Embarrassment


Wkwkwk jgn smp gosong donk ah 'o


Mksh ya kakak udah mampir kemari emoticon-Embarrassment


Oke deh besok minta bikinin ama km emoticon-Embarrassment
Walik dulu ya [Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi
Quote:Original Posted By praditya.92
Waah emoticon-Embarrassment
Apem apa itu mbah emoticon-Malu (S)

Itu lho kue kuean yang mirip ama serabi, pancake, kue dadar, kue tete, dll emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By dtvaganza
Oke deh besok minta bikinin ama km emoticon-Embarrassment
Walik dulu ya [Event Sejarah] Antara Si Legit Dan Tradisi


baiklah besok siapin ya bahannya..ntar d bkinin deh emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By dtvaganza
Itu lho kue kuean yang mirip ama serabi, pancake, kue dadar, kue tete, dll emoticon-Betty (S)


Wkwkwkwk
Kue tete kaya apaan tuh mbah emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By otihime
baiklah besok siapin ya bahannya..ntar d bkinin deh emoticon-Embarrassment

Asik, mau rasa coklat keju ya tan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By praditya.92
Wkwkwkwk
Kue tete kaya apaan tuh mbah emoticon-Betty (S)

Ini loh kue tete emoticon-Betty (S)
Spoiler for pic:

Sebutan di daerah ente beda kali ya emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By dtvaganza
Asik, mau rasa coklat keju ya tan emoticon-Embarrassment


Ini loh kue tete emoticon-Betty (S)
Spoiler for pic:

Sebutan di daerah ente beda kali ya emoticon-Embarrassment

Wahh kue apem fushion ya kl yg coklat keju emoticon-Embarrassment

Itu namanya kue ape keleussss emoticon-Ngakak (S)