alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/597ad98c94786835308b4567/sharediskusi-all-about-tanaman-kurma
icon-hot-thread
[SHARE+DISKUSI] All About Tanaman Kurma
[SHARE+DISKUSI] All About Tanaman Kurma


Quote:
  • Thread ini dibuat untuk tempat sharing dan diskusi tentang tanaman kurma, mari kita sama-sama belajar untuk membudidayakan tanaman kurma di Indonesia.

  • Pakailah bahasa yang sopan dan hormatilah antar sesama kaskuser.

  • Semoga thread ini bermanfaat bagi kita semua.



Quote:
Tamanan Kurma

Kurma (Phoenix dactylifera L.) merupakan satu dari tanaman buah tertua yang ditanam di daerah arid (kering) di Semenanjung Arab, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Daerah asal kurma yang paling mungkin adalah di atau dekat Irak, tetapi penyebarannya ke banyak negara sudah sejak zaman dahulu. Kurma adalah bahan pangan utama dan sumber penghasilan bagi penduduk lokal di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan berperan besar dalam bidang ekonomi, kemasyarakatan,dan lingkungan.

Sepuluh Negara teratas penghasil kurma adalah Mesir, Saudi Arabia, Iran, United Arab Emirates (UAE), Pakistan, Algeria, Sudan, Oman, Libya, Arab Jamahiriya, dan Tunisia. Sedangkan lima Negara teratas pengekspor kurma adalah Iran, Pakistan, UAE, Saudi Arabia, dan Tunisia.

Tanaman kurma termasuk palma dengan kelamin terpisah atau berumah dua. Ada jantan dan ada betina. Yang bisa menghasilkan buah hanyalah yang berkelamin betina, sedangkan yang jantan hanya menghasilkan serbuk sari atau polen. Penyerbukan (polinasi) kurma biasanya juga dilakukan dengan cara buatan atau dengan bantuan manusia, seperti pada proses penyerbukan tanaman salak.


Quote:
Metode Perbanyakan Tanaman Kurma

1.Cara vegetatif yaitu percabangan (offshoot)
Secara genetik akan sama dengan pohon induk. Cabang berkembang dari tunas samping pada batang dekat permukaan tanah semasa tahap juvenile pohon kurma. Cabang, setelah 3-5 tahun menempel pada pohon induk akan berakar dan dapat ditanam terpisah dari induk.

2.Anakan hasil persilangan secara seksual
Anakan ini tidak identik dengan pohon induk dan tidak seragam secara genetic, sangat bervariasi dalam hal produksi dan kualitas buah. Sebanyak 50% tanaman merupakan tanaman jantan, dan ini baru diketahui 4-5 tahun kemudian, setelah tanaman mulai berbunga.

3.Kultur jaringan
Kultur jaringan dilakukan dari ujung tunas baik melalui embryogenesis atau organogenesis.
Organogenesis dapat dicapai menggunakan tunas samping dan meristem apikal, sedangkan embryogenesis melalui kalus yang terbentuk dari tunas, daun muda, batang dan rachilla. Membutuhkan waktu 6 tahun untuk mencapai produksi melalui proses kultur jaringan.



Quote:
Tempat Tumbuh

Tanaman kurma mampu tumbuh pada iklim yang sangat panas dan kering,dan relative toleran terhadap tanah basa dan bergaram. Kurma memerlukan cuaca musim panas yang panjang dengan sedikit sekali hujan dan kelembapan yang sangat rendah sejak masa penyerbukan hingga pemanenan, tetapi memiliki air tanah yang cukup. Ada yang menggambarkan kurma sebagai pohon yang kakinya berada dalam air tetapi kepalanya berada dalam kobaran api. Kondisi seperti ditemukan di oase dan wadi di pusat asal kurma di Timur Tengah.

Kurma dapat tumbuh pada suhu rata-rata 12.7 – 27.5°C, dapat bertahan hingga 50°C maupun pada suhu membeku hingga serendah-rendahnya -5°C. Suhu ideal untuk pertumbuhan semasa penyerbukan hingga pematangan buah berkisar dari 21-27°C.


Quote:
Buah Kurma

Kurma berbunga jika suhu meningkat hingga lebih dari 18°C dan membentuk buah jika lebih dari 25°C.

Spoiler for :


Laju pertumbuhan dan perkembangan buah kurma mengikuti pola kurva sigmoid. Pematangan buah melewati 4 tahap berbeda yaitu Kimri (hijau belum matang), Khalal (matang warna merah), Ruthab (lunak berwarna coklat), dan Tamar (keras seperti kismis).
Mulai tahap Kimri ukuran buah dan berat meningkat cepat, selanjutnya mengalami perubahan warna mulai hijau, merah coklat.
Pada tahap Tamar buah kehilangan kandungan air, dan perbandingan gula: air cukup tinggi sehingga tak terjadi fermentasi, sama seperti anggur kering (kismis).
Kadar gula pada tahap Kimri yang hanya 20% saat matang mencapai 88% dari berat kering buah. Ukuran dan bentuk buah kurma bervariasi bergantung kultivar, cara pembudidayaan maupun lingkungan.

Pohon kurma rata-rata menghasilkan 40 kg buah per tahun, bahkan dapat mencapai 100 kg dengan pemeliharaan yang sangat baik. Pohon betina mulai menghasilkan buah setelah berumur 4-6 tahun, dan menghasilkan produksi maksimum setelah berumur 15-20 tahun. Rata-rata umur ekonomis kebun kurma 40-50 tahun, tetapi masih produktif hingga 150 tahun.



Quote:
Daftar buah Kurma yang Populer

1.Kurma Ajwa

Kurma yang berasal dari Madinah ini lembut, manis, rasanya lezat, dan membantu meningkatkan kesehatan. Kurma Ajwa juga menguatkan tulang dan jantung. Kurma ini sangat disukai Rasulullah Saw dan sering disebut sebagai kurma Nabi.

Spoiler for :


2.Kurma Anbara

Kurma yang berharga mahal ini juga berasal dari Madinah. Ukurannya besar, berkualitas tinggi dan rasanya lezat. Daging buahnya tebal dan bertekstur lembut. Anbara adalah salah satu kurma terbaik dari Madinah yang langka dan sukar didapat.

Spoiler for :


3.Kurma Saggae

Berwarna coklat muda keemasan dengan warna yang lebih terang pada pangkal buahnya. Rasanya halus, kurang manis, dan lebih berserat. Kurma Saggae dibudidayakan di wilayah Madinah.

Spoiler for :


4.Kurma Safawi

Kurma Safawi dibudidayakan di Madinah dan Yanbuae. Berwarna coklat gelap, rasanya lezat manis mirip dengan rasa kurma Ajwa, daging buahnya lembab dan bertekstur lembut. Karakteristik pohon kurma Safawi adalah produktif, itulah yang membuat kurma Safawi lebih banyak tersedia dan mudah didapat dibanding kurma lain.

Spoiler for :


5.Kurma Khalas

Ukurannya sedang dan berwarna coklat gelap kemerahan. Kurma Khalas lembab dan lengket, rasanya enak seperti karamel. Termasuk salah satu jenis terbaik dari kurma kelas atas. Khalas dikenal paling enak rasanya dari varietas-varietas kurma yang ditanam di Teluk Arab.

Spoiler for :


6.Kurma Mabroom

Memiliki buah yang ramping, panjang, dan padat. Rasanya tidak terlalu manis. Kurma Mabroom kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Termasuk kurma kelas premium dan mahal harganya.

Spoiler for :


7.Kurma Sukkary

Kurma Sukkary sangat manis rasanya dan lembab, mampu memberikan energi instan jika dimakan. Tumbuh di daerah Qaseem, Arab Saudi, warnanya hampir kemerahan ketika pertama kali mengering. Ketika semakin kering, warnanya menjadi kuning keemasan. Ada yang bilang Sukkary rasanya seperti cupcakes.

Spoiler for :


8.Kurma Khudri

Kurma Khudri berdaging gemuk, ukurannya menengah sampai besar, berbentuk silinder. Berwarna merah kecoklatan, kenyal dan rasanya seperti karamel. Khudri kaya dengan serat, kalium, magnesium, serta berbagai vitamin dan mineral.

Spoiler for :


9.Kurma Medjool (Majdoul)

Kurma Medjool tumbuh di iklim yang panas kering seperti di Timur Tengah, Afrika, dan California. Daging buahnya gemuk, lembab, dan manis. Kadang disebut sebagai Cadillac-nya kurma. Mengandung serat dan mineral penting seperti potassium, magnesium, tembaga, dan mangan.

Spoiler for :


10.Kurma Amir Hajj

Warnanya mirip dengan Medjool namun teksturnya sedikit berbeda, kurma Amir Hajj lebih lembut. Rasanya seperti karamel dan ada rasa pedasnya. Di Timur Tengah dikenal sebagai “kurma tamu” karena biasanya disajikan untuk tamu.

Spoiler for :


11.Kurma Deglet Nour

Kurma Deglet Nour berwarna kemerahan hingga kekuningan, rasanya halus meski tidak semanis dan selembab kurma Medjool. Deglet Nour adalah kurma yang paling banyak ditanam di Afrika Utara. Disebut Deglet Nour (kurma cahaya) karena tembus cahaya. Biji dalam daging buah bisa terlihat saat kurma ini didekatkan ke cahaya.

Spoiler for :


12.Kurma Barhi

Ukurannya besar, kulitnya tipis, dan berbentuk bulat. Kurma Barhi yang matang dagingnya sangat lembut dan meleleh di mulut jika dimakan. Namanya berasal dari nama angin panas Arab yang disebut “Barh”.

Spoiler for :


13.Kurma Kalmi

Berasal dari Oman, kurma Kalmi adalah varian dari kurma hitam. Ukurannya biasanya kecil dan berbentuk silinder. Kaya akan potassium dan membantu mencegah penyakit seperti diare.

Spoiler for :



Quote:
Macam-macam Buah Kurma

Spoiler for :




Quote:
sumber:
Spoiler for :

Quote:
Langkah- Langkah Menanam Kurma
Untuk menanam pohon kurma ini, ada beberapa langkah- langkah yang bisa anda lakukan. Berikut langkah- langkahnya.

1.Menyiapkan bji kurma untuk pembibitan
Untuk menanam pohon kurma bisa dimulai dari menyediakan bibitnya. Bibit bisa berasal dari biji. Toko penjual kurma biasanya menyediakan biji untuk pembibitan ini. Dari biji inilah, pohon kurma akan ditanam. Biji kurma yang sudah disiapkan tersebut, selanjutnya dilakukan perendaman. Perendaman bisa dilakukan dalam waktu 2×24 jam atau lebih.

2.Penyimpanan dalam wadah
Langkah selanjutnya setelah dilakukan perendaman adalah menyimpannya dalam wadah. Usahakan wadah tersebut memiliki kelembaban yang cukup. Untuk menjaga hal ini, anda bisa menambahkan tisu basah dan cek kelembabannya tiap waktu. Setelah itu, biasanya biji kurma akan muncul tunas kira- kira setelah 1 minggu setelah proses ini.

3.Memindahkan ke polibag
Setelah ukuran tunas lumayan besar, pindahkan dari wadah yang sebelumnya ke wadah lain, misal polybag atau pot kecil. Sediakan media tanam yang pas untuk pemindahan bibit ini. Kemudian setelah tumbuh daun kira- kira mencapai ½ m pindahkan bibit kurma ke lahan atau pekarangan yang sudah disiapkan.

4.Melakukan penyerbukan
Pohon kurma tidak akan berbuah jika tidak dilakukan pendebungan (dikimpoikan antara kurma jantan dan betina). Dalam hal ini tentu dibutuhkan proses penyerbukan yang bisa dilakukan melalui angin dan juga serangga. Penyerbukan ini juga bisa dilakukan dengan cara sendiri yaitu dengan mengikatkan bunga jantan dan betina. Kemudian dilanjutkan dengan merontokkan serbuk sari jantan ke betina.

5.Pemeliharaan pohon kurma
Ketika pohon kurma sudah berbuah, lakukan beberapa perawatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberinya pupuk dan menghindarkan dari gangguan burung dan lalat. Selain itu, anda pemangkasan juga bisa dilakukan untuk menjaga buah kurma yang sudah besar. Buah kurma yang kecil- kecil dibuang agar buah yang berukuran besar semakin bagus pertumbuhannya.

Hal yang perlu diketahui adalah kurma dapat tumbuh di iklim yang panas dan kering serta toleran terhadap tanah basa dan bergaram. Namun walaupun demikian, kondisinya tanah harus tetap memiliki cukup air. Suhu rata- rata agar kurma dapat tumbuh yaitu 12.7- 27.50C. Dapat bertahan hingga 500C. Sementara saat penyerbukan hingga pematangan, suhu idealnya yaitu dari kisaran 21-270C.


Quote:
sumber :
Code:
http://www.pasarkurma.com/cara-menanam-pohon-kurma

reserved
reserved
om ts udah nyoba nanam kurma tropis itu? emangnya beneran umur 3 tahun udah mulai berbuah?
Numpang tanya om, ini kamsudnya tiap pohon kurma punya jenis kelamin yg berbeda satu sama lainnya sprti nepenthes? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By blokE18
Numpang tanya om, ini kamsudnya tiap pohon kurma punya jenis kelamin yg berbeda satu sama lainnya sprti nepenthes? emoticon-Bingung (S)


lebih tepatnya seperti pohon salak

harus "dibuahi" secara manual emoticon-Big Grin


youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By ssdestroyer
om ts udah nyoba nanam kurma tropis itu? emangnya beneran umur 3 tahun udah mulai berbuah?


belum penah om emoticon-Embarrassment
cuma punya pengalaman nanem dari biji,udah 30cm an eh malah kering emoticon-Frown
btw penyebab keringnya apa om? punya saya juga hampir kering tapi pas diteduhin malah segar lagi emoticon-EEK!:heran padahal tanaman dari gurun emoticon-Cape deeehh

btw lagi emangnya nanam kurma jenis apa om? Quote:Original Posted By luken.ong


belum penah om emoticon-Embarrassment
cuma punya pengalaman nanem dari biji,udah 30cm an eh malah kering emoticon-Frown


Quote:Original Posted By ssdestroyer
btw penyebab keringnya apa om? punya saya juga hampir kering tapi pas diteduhin malah segar lagi emoticon-EEK!:heran padahal tanaman dari gurun emoticon-Cape deeehh

btw lagi emangnya nanam kurma jenis apa om?



mungkin karena saya kecepetan mindahin dari polibeg ke tanah om
sekarang belum nanem lagi,masih nunggu blt biji kurma ajwa dari temen emoticon-Malu
Quote:Original Posted By luken.ong


mungkin karena saya kecepetan mindahin dari polibeg ke tanah om
sekarang belum nanem lagi,masih nunggu blt biji kurma ajwa dari temen emoticon-Malu


jenis ningrat, saya nunggu buahnya saja ya om emoticon-Big Grin
belum ditanam ke tanah om,btw umur idealnya kurma ditanam ke tanah setelah berapa bulan om?

mantep om emoticon-Recommended Seller: Quote:Original Posted By luken.ong


mungkin karena saya kecepetan mindahin dari polibeg ke tanah om
sekarang belum nanem lagi,masih nunggu blt biji kurma ajwa dari temen emoticon-Malu


Quote:Original Posted By luken.ong
mungkin karena saya kecepetan mindahin dari polibeg ke tanah om
sekarang belum nanem lagi,masih nunggu blt biji kurma ajwa dari temen emoticon-Malu


sudah ada threadnya ternyata...emoticon-Big Grin
om luk emang mastah dah kalo tanaman....sukses ya buat thread kurma ini...sapa tau nanti ane bisa ikutan tanam emoticon-Big Grin
Kurma Ajwa faforit ane gan..
Sukkary mantep tuh buat action..
mejeng dl di trit hate emoticon-Cool
Quote:Original Posted By blondez.alone
Kurma Ajwa faforit ane gan..
Sukkary mantep tuh buat action..

Semua kurma ane suka gan
Quote:Original Posted By spaco

Semua kurma ane suka gan


Ampe bijinya mungkin nte juga suka ya gan...emoticon-Big Grin
kesukaan ane ini om
Kurma selalu ada di makan pagi ku,makan siang ku dan makan malam ku
Kurma selalu ada menemani ku
okelah ane gembokss