alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5975bd55925233a0048b4569/kemendikbud-kirim-12-murid-sd-ikuti-olimpiade-matematika-internasional
Kemendikbud Kirim 12 Murid SD Ikuti Olimpiade Matematika Internasional
Kemendikbud Kirim 12 Murid SD Ikuti Olimpiade Matematika Internasional


JPP JAKARTA - Sebanyak 12 murid sekolah dasar (SD) dari sejumlah sekolah di Tanah Air mengikuti olimpiade matematika internasional atau India Internasional Mathematics Competition yang diselenggarakan di Lucknow, Uttar Pradeshm, India, 25-31 Juli 2017.

"Olimpiade ini diikuti 41 negara, jadi bukan sekadar olimpiade biasa. Kalau olimpiade yang bagi-bagi medali, itu paling hanya diikuti delapan negara," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad, di Jakarta, Senin (24/07/2017).

Olimpiade tersebut diikuti oleh murid sekolah dasar yang terdiri atas dua kategori yakni kontes individual dan tim. Sebanyak 12 murid SD tersebut, yakni Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), David Shane Goh (SDS Kristen Penabur XI Jakarta Barat), Galih Nur Rizqy (SD Al Azhar 10 Serang), Alifa Batrisyia Nariswari (SD Muhammadyah Sapen 1 Yogyakarta).


Selain itu, Jeanice Eliana Setyono (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan), Azfa Radhiyya Hakim (SD Islam Al Fauzien Depok), Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta).

Kemudian, Reynard Suhada (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), Nisrina Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Depok), Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma Balikpapan), dan Gregory Edward Suryawan (SDK Tunas Daud Mataram).

Murid-murid yang terpilih tersebut, merupakan para juara olimpiade sains nasional (OSN) dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang matematika.

Dirjen Hamid berharap agar para peserta tersebut mendapatkan emas, bukan medali perak atau perunggu."Niatkan agar hasil yang diraih dapat seoptimal mungkin".

Selain itu, dia juga meminta para peserta untuk tidak rendah diri atau minder berhadapan dengan lawan-lawannya yang memiliki postur tubuh tinggi dan besar.

"Kita dikasih otak sama, strukturnya juga sama. Jadi harus percaya diri," harap dia.

Dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional (IPhO 2017) di Yogyakarta pekan lalu, menurut Dirjen Hamid, Indonesia mengirim lima siswa dan mereka berhasil menyabet dua emas serta tiga perak. Ia meminta agar para siswa yang menjadi delegasi tidak minder dengan peserta dari negara lainnya yang tubuhnya besar-besar.

Direktur Pembinaan SD Kemendikbud Wowon Widaryat mengatakan Tim delegasi InIMC tahun ini terdiri dari 12 siswa, tiga orang pembina Matematika dari Univeritas Negeri Jakarta (UNJ) dan tiga orang pendamping dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Menurut Wowon, siswa siswi yang terpilih sebagai Tim InIMC ini berasal dari anak-anak pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang Matematika.

"Tim ini telah mendapat pembinaan selama dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada tanggal 15-21 Juni di Jakarta dan tahap II tanggal 19-24 Juli di Jakarta," katanya. (dik/ant)

 

Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...-internasional

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Kemendikbud Kirim 12 Murid SD Ikuti Olimpiade Matematika Internasional Inilah Bocoran Calon Penerima Anugerah IPTEK 2017

- Kemendikbud Kirim 12 Murid SD Ikuti Olimpiade Matematika Internasional Kampanye Nasional Imunisasi Measles Rubella Dimulai Bulan Depan

- Kemendikbud Kirim 12 Murid SD Ikuti Olimpiade Matematika Internasional Program Pemerataan Mutu Guru demi Kerek Kualitas Literasi di Daerah 3T