alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59701d2fdcd7703f028b458e/kemenag-kembali-bangun-kua-dan-kampung-zakat-di-perbatasan
Kemenag Kembali Bangun KUA dan Kampung Zakat di Perbatasan
Kemenag Kembali Bangun KUA dan Kampung Zakat di Perbatasan


Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag Khoiruddin di Nunukan Kaltara. (Kemenag)

JPP NUNUKAN - Kementerian Agama (Kemenag) akan membangun kembali Kantor Urusan Agama (KUA) yang rusak berat, dan akan mengembangkan kampung zakat di daerah perbatasan, termasuk di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal ini disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag Khoiruddin usai meninjau salah satu wilayah perbatasan Indonesia di Pulau Kalimantan. Didampingi staf Pemprov Kaltara, Khoiruddin melakukan pertemuan dengan Penyuluh Agama Islam yang juga menjadi penyuluh informasi publik atas kerja sama dengan Kementerian Kominfo.

Selain itu, Khoiruddin juga menggelar pertemuan dengan pengurus Pesantren Mutiara Bangsa yang juga menjadi tempat pembinaan dan pendidikan anak-anak TKI di sana. Pun, rombongan meninjau rencana rehabilitasi berat KUA.

"Insya Allah tahun depan kami usulkan kepada pimpinan untuk pembangunan KUA melalui skema SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Ini bagian dari komitmen Kemenag untuk hadir pada kawasan terluar, terpencil, dan terdalam (3T)," kata Khoiruddin di Nunukan, Rabu (19/07/2017).

"Kami juga akan mengembangkan kampung zakat di perbatasan dengan menggandeng Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) untuk bisa membantu pemberdayaan ekonomi," sambungnya.

Khoiruddin mengaku sengaja datang  untuk menyapa para penyuluh agama di wilayah terdepan Indonesia yang langsung berbatasan dengan Malaysia.  

Menurutnya, sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian khusus kepada penyuluh di wilayah 3T. Sebab, medan kerja yang harus mereka hadapi dalam menjalankan tugas sangat berat. Belum lagi mereka juga harus berhadapan dengan  tantangan alam dan kondisi masyarakat setempat.

"Kami ingin memaksimalkan potensi yang dimiliki para penyuluh untuk membangun negara dari segi penguatan mental dan ikut berperan aktif dalam menjaga kedaulatan NKRI," tuturnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Nunukan Shabrah mengatakan bahwa jumlah penduduk di Nunukan mencapai 180 ribu jiwa. Dari jumlah itu, 73% di antaranya beragama Islam. Tahun ini, Nunukan mendapat kuota jemaah haji sebanyak 150 orang.

Shabrah menambahkan, saat ini terdapat 7 penyuluh informasi publik (PIP) di Kabupaten Nunukan, khususnya di Kepulauan Sebatik. Mereka dalam pelaksanaan dan pelaporannya menggunakan aplikasi android dengan sistem yang sudah ditentukan oleh Kemenkominfo. "Termasuk masalah honor yang akan mereka terima," tandasnya. (agm)

 

Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...-di-perbatasan

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenag Kembali Bangun KUA dan Kampung Zakat di Perbatasan Kemendes PDTT Gandeng Investor Kembangkan Lima Daerah Perbatasan Indonesia

- Kemenag Kembali Bangun KUA dan Kampung Zakat di Perbatasan Pertama Kali Pemerintah Bersamaan Terbitkan SUN Dolar dan Euro

- Kemenag Kembali Bangun KUA dan Kampung Zakat di Perbatasan Kemenperin Rekomendasikan 16 Kawasan Industri Baru