alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jailangkung - MITOS atau FAKTA
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/596de711a2c06e2d478b456b/jailangkung---mitos-atau-fakta

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Selamat datang di Thread ane agan-agan sekalian.

Di thread ini saya akan sedikit mengupas tentang Jailangkung, mumpung lagi rame belakangan ini di bioskop-bioskop tanah air.

Buat yang belum tahu, Jailangkung disini adalah sebuah film horror terbaru karya anak bangsa yg patut diacungi jempol.
Dirilis lebaran kemarin, film ini berhasil menembus angka 1 juta penonton - walaupun banyak plot hole yg luar binasa gak masuk akal.


Salah satu yang bisa menjadi keunggulan film ini dibandingkan dengan film horror barat adalah bahwa tema pokok bahasan yang disajikan di dalam film ini begitu lekat dan begitu dekat dengan kehidupan kita.. Istilah dan kejadian yang dipakai sudah melekat dalam kultur dan kehidupan sehari-hari, sehingga hal ini yang menjadi senjata terkuat Film Jailangkung untuk mendatangkan begitu banyak penonton.

Ditengah banyaknya film horror baik itu yang berasal dari barat ataupun milik dalam negeri barat yang diangkat dari kisah nyata, termasuk juga salah satunya FIlm Jailangkung ini, apakah agan-agan pernah bertanya-tanya atau sedikit tidak merasa penasaran, dari semua bahasan dan tema yang di angkat dari film-film tersebut, mana sih yang fakta & mana yang mitos ?

Quote:


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Ritual Jailangkung

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Teknik pemanggilan arwah adalah teknik yg sangat umum dan ada di setiap kebudayaan. Jailangkung itu memang bener adanya. Biar lebih solid untuk boneka nya bisa ditambahkan dari bahan - bahan yg sudah meninggal atau menggunakaan benda-benda pusaka.

Ritual ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dan remaja sebagai mainan, dan memang kadang mereka membuat anak kesurupan dan tidak mau pulang berjam-jam hingga kadang berhari-hari.

Ritual Jailangkung - FACT

Hantu tidak mau pulang - FACT



Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Hantu digendong dan dibopong

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Hantu biasanya gak punya kaki kok bisa hantu digendong dan dibopong ? Pasti itu berkeliaran dibenak pemirsa.

Biasanya ketika kita memindah kan hantu / jin dari rumah angker ke rumah baru mereka ( dititipkan di kebun atau tempat keramat ) kita harus menggendong mereka atau membopong mereka. Mereka harus diantarkan supaya tidak diganggu oleh hantu lain di jalan atau jadi tersesat.

Tapi bukan hanya digendong terus jadi hilang. Mereka di gendong sampe ke tujuan.

Hantu digendong - FACT


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


NGEROGO SUKMO untuk MEMANGGIL ARWAH orang hidup ?

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Tentunya istilah ini membuat praktisi supranatural mengangkat alis. Ternyata ada dua istilah yang mirip : ROGO sukmo dan NGEROGOH SUKMO.

Rogo sukmo sebenernya adalah sebutan untuk melepas sukma dari badan dan melakukan perjalanan astral.
Teknik untuk memanggil sukma orang hidup disebut NGEROGOH SUKMO.

Ngerogoh itu bahasa jawa untuk memasukan tangan ke dalam sebuah tempat. Seperti toples. Dalam konteks sukma, tempatnya adalah badan.

Ngerogoh sukmo adalah Ilmu memanggil arwah orang hidup - FACT


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Suara tertawa kuntilanak

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Di film-film kita sering menjumpai ada suara Hantu tertawa terbahak -bahak. Kenyataannya memang sering terdengar bunyi seperti itu di dalam atau di luar kepala. Bunyi kuntilanak memang hi hi hi hi. Kadang seperti mendengarnya di kejauhan. Kadang kita mendengarnya seperti bunyi dalam kepala.

Bunyi lain yg sering di keluarkan oleh hantu wanita adalah bunyi teriakan tinggi melengking. Ngiiiiiiiiiing.

Dalam film digambarkan banyak suara hantu tertawa - FACT


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Manusia mengandung bayi mahluk halus

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Memang ada. Yg terjadi adalah wanita dibuahi oleh mahluk halus jenis kelamin jantan. Hubungan badan lewat mimpi. Atau bisa jadi ada makhluk halus yang menyamar jadi suami / pasangan dan melakukan hubungan.

Walaupun begitu, mereka tetap harus melalui proses hamil 9 bulan dulu sebelum akhirnya dilahirkan atau hilang.

Peristiwa masuknya bayi ke perut Angel didahului mimpi - FACT

Bisa langsung melahirkan - FICTION


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Hantu mati anak tidak bisa di pagar gaib ?

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Ada memang hantu hantu tua yang tidak bisa dipagar gaib. Yang seperti ini levelnya sudah bukan hantu. Melainkan raja jin.

Secara umum membuat pagar gaib yang solid pun itu sangat susah. 80% pagar gaib punya jangka waktu dan tinggal tunggu waktu saja sebelum ditembus.

Paling gampang malah menggunakan ghost vs ghost. Menggunakan keris pusaka kelas 1, atau jenglot, itu hantu mati anak bisa dipukul pelan-pelan.

Hantu tidak bisa di pagar gaib ? - FICTION.


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Bisa gak sih ketempelan sampe koma ?

Jailangkung - MITOS atau FAKTA

Terjadi kesepakatan dalam beberapa kebudayaan manusia bahwa Manusia terdiri dari beberapa unsur. Salah satunya adalah sukma dan ruh. Bila ruh adalah nyawa, yg membuat jantumg kita berdetak, Sukma adalah kesadaran.

Ketika ada org kesurupan, yg terjadi adalah kesadarannya ditindih ( surpress ) dan diambil alih oleh mahluk lain.

Ketika diambil alih ini, kadang terjadi perubahan kepribadian, suara, atau bahkan bisa sampe terjadi mati suri atau koma, yg bahasa kedokterannya adalah comatose.

Ketika terjadi mati suri karena gangguan gaib, kadang akan terjadi goncangan psikis. anak akan seperti orang linglung.

Walaupun terjadi recovery, pun gak akan terjadi dalam waktu singkat.

Koma karena ketempelan - FACT !
Recovery dalam waktu singkat - FICTION


Jailangkung - MITOS atau FAKTA


Quote:


SUMUR
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
sejak kapan jelangkung ganti nama jadi JAILANGKUNG emoticon-Bingung
ya kalo dipanggil nongol: ya percaya
sudah sering dulu maen jelangkung di kuburan , sampe lepas dari tanah mencelat kesana kemari , untung aja gak ada yg ketemplokan

pagar gaib ada jangka waktunya bos , gak bisa permanen

tawa kuntilanak emang ihhii hiii melengking tapi sayup sayup kedengeran

kalo orang masih hidup ya disebut sukma , meskipun dilepas buat rogo sukmo tetep kembali ke badan fisik , kalo udah mati disebut arwah udah gak punya badan fisik lagi , mati suri bisa dibikin gak balik dulu sukmanya di alam astral nanti badan fisik bisa dipakai entitas lain atau dibiarin kosong tanpa sukma

kalau mau pindahin arwah atau entitas kita memang harus antar sampai ke tempat baru , itu harus dicariin dulu tempatnya yang aman dari gangguan entitas lain , kalau tidak betah dia bisa balik ke tempat asal

bisa itu entitas macam gendruwo hamilin istri orang dengan nyamar jadi suami , itu nanti paling mati janinnya tapi secara astral hidup dan diambil bapaknya
Diubah oleh vigovampiro
Quote:


mantap gan tambahannya..emoticon-Nyepi
Dulu maenanya anak anak kampung habis ngaji , kan dulu kalau ngaji habis magrib sampai selesai isya, di langgar pada bikin jalangkung gini, serem gan tapi seru, karena mereka ga sampe kek film² bisa ngebunuh manusia, mereka kek semacem nepuk punggung orang yang maen,gerakin benda macem poltergeist, ataupun bisa diikutin sampe kebawa mimpi, akhirnya ya cuma jadi lelucon gitu.
Quote:


Settingan fiilm memang hanya untuk meghibur gan biar lebih joss. Jadi harus ada unsur entertainment nya.
Ane simpan dolo... emoticon-Embarrassment

Bacanya tar tengah malem aja...
Sekalian uji nyali...
Soalnya Ane lagi sendirian di rumah...
emoticon-Ultah

Btw, kunjungi IG Ane @adolfsfilm
Diubah oleh adolfsbasthian
waduh kga berani dah bre liat jelangkung langsung biar kata cuma ditaro doang apalagi mainin buseh horror mantab
Jailangkung - MITOS atau FAKTA
Diubah oleh kallong29
Quote:


Ya karena itu makanya jadi pembodohan maen jalangkung serem lah apalah padahal mah kalau anak² kampung itu cuma buat kek serem²an doang, buat lucu²an
wogh Ada pembahasan nya rupanya numpang pejwan dulu gan
klo soal gaib2 gitu ane percaya sih krn ane sendiri pernah ngalaminnya emoticon-Matabelo
Quote:


Zilahkan gan.
Trit goib goib nih..
Numpang pejwan gan emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2
Mainannya serem deh emoticon-Cape deeehh
Quote:


Zilahkan gan....emoticon-Jempol
Alam gaib tetap mnjdi misteri ngeri urusan sama bgitu
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
serem bre emoticon-Leh Uga
Quote:


serem tuh gini gan emoticon-Takut emoticon-Salam Kenal
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di