alexa-tracking

Apa Penyebab Tak Maksimalnya Kinerja Komnas HAM?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/596bf2661cbfaa94638b4568/apa-penyebab-tak-maksimalnya-kinerja-komnas-ham
Apa Penyebab Tak Maksimalnya Kinerja Komnas HAM?
Spoiler for Apa Penyebab Tak Maksimalnya Kinerja Komnas HAM?:

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivis Perhimpunan Badan Hukum Indonesia (PBHI), Totok Yulianto, menilai ada sejumlah hal yang membuat kinerja Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak maksimal selama ini.

Hal ini disampaikan Totok dalam jumpa pers Koalisi Selamatkan Komnas HAM di Jakarta, Minggu (16/7/2017). Penyebab pertama, adalah undang-undang yang tidak secara jelas mengatur mengenai institusi Komnas HAM.

"Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 tidak memuat mengenai fungsi strategis Komnas HAM yang jelas sehingga memunculkan banyak penafsiran terhadapnya," ujar Totok.

Kedua, Komnas HAM juga tidak memiliki kewenangan yang kuat. Lembaga ini hanya bisa memberikan rekomendasi yang tidak memiliki kekuatan mengikat secara hukum.

Penyelidik Komnas HAM pun tidak boleh cacat hukum, atau hasil penyelidikan yang dilakukannya berdasar UU Nomor 26 tahun 2000 ditolak oleh alasan administratif.

Alasan terakhir adalah minimnya alokasi dan anggaran. Jumlah alokasi anggaran yang ada saat ini dianggap belum mencukupi untuk menopang pelaksanaan tugas, fungsi, dan operasional secara optimal.

"Mekanisme pengelolaan anggaran oleh sekretariat juga masih bersifat birokratis, karena berdasarkan mekanisme pengelolaan keuangan negara," ucapnya.

Untuk memperbaiki kinerja Komnas HAM, Koalisi Selamatkan Komnas HAM pun mendesak agar ada pengawasan, pelibatan, dan pertanggungjawaban terhadap publik dalam rekrutmen anggota Komnas HAM.

Selain itu, perlu adanya penguatan lembaga Komnas HAM dengan membuat UU khusus mengenai Komnas HAM. "Terakhir, harus ada mekanisme evaluasi eksternal yang dilakukan terhadap Komnas HAM secara independen," kata aktivis Arus Pelangi, Lini Zurilia, saat membacakan pernyataan lembaga koalisi.

Lembaga-lembaga yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Komnas HAM yakni, Arus Pelangi, ELSAM, HRWG, ICW, IKOHI, Imparsial, INFID, Institut KAPAL Perempuan, KPA, KKPK, Koalisi Perempuan Indonesia, KontraS, LBH Jakarta, LBH Masyarakat, PBHI, SEJUK, Setara Institute, WALHI, YLBHI, dan YPI.


kompas

Menurut ane seharusnya dibubarkan saja biar ga bebani anggaran, toh pelanggaran HAM yg ditangani hanya level ecek2 dan seringkali ga solutif malah bikin gaduh, klo memang ada pelanggaran HAM yg urgent ditangani bentuk aja TGPF independen lebih praktis dan cepat emoticon-Traveller
biarin aja ah
ga ada suaranya juga emoticon-Traveller
gk ada pesanan kali bray emoticon-Bingung
karena memang gak guna
bubarin aja udah emoticon-Traveller
era jokowi emang gak ada yg maksimal kerjanya, mentri aja blom 4 tahun udah reshufle berkali-kali emoticon-Traveller
Di cap ga maksimal karena pigai bungkem pencitraan jokita mengenai papua emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By frofokator
era jokowi emang gak ada yg maksimal kerjanya, mentri aja blom 4 tahun udah reshufle berkali-kali emoticon-Traveller


jaman beye pasti kasus munir dan marsinah sama tragedi 98 terungkap yah gan?


10 taun mestinya terungkap lah

emoticon-Traveller
karena ada si pig*i



emoticon-Traveller
masak komnas urusi ham pelanggar kriminal yg kabur, ada2 aja emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By hell.you.yeah
gk ada pesanan kali bray emoticon-Bingung


Iya nih, semakin ke atas semakin gede bayarannya. Kalo gratisan mah ogah mereka ngurus, kalo perlu ntar mereka minta bayaran sama si pelakunya biar nda dikejar.
Quote:Original Posted By frofokator
era jokowi emang gak ada yg maksimal kerjanya, mentri aja blom 4 tahun udah reshufle berkali-kali emoticon-Traveller


hubungannya berita ama Jokowi ngerombak kabinet apaan?

makanya berita dibaca, logic di gunain, dari dulu digoblok2in nastak gara2 otak ga dipake:

"Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 tidak memuat mengenai fungsi strategis Komnas HAM yang jelas sehingga memunculkan banyak penafsiran terhadapnya," ujar Totok.

itu masalahnya, UU '99.
ngomongin komnas ham malah ke jokowi, idiot nasbung..emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By dancingpussycat
jaman beye pasti kasus munir dan marsinah sama tragedi 98 terungkap yah gan?


10 taun mestinya terungkap lah

emoticon-Traveller


10 tahun penuh kesia-siaan
orderan sepi, mangkanye kaga maksimal, emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Imlek
Komnas HAM
komnas perempuan

Penyakitnya sebelas duabelas
Kalo ada masalah, malah memposisikan bersebrangan
Quote:Original Posted By .Xbot.
orderan sepi, mangkanye kaga maksimal, emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Imlek


lah kerjaannya jd oposisi mulu
Quote:Original Posted By .Xbot.
orderan sepi, mangkanye kaga maksimal, emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Imlek

demo lagi lancar gak wan
emoticon-Imlek emoticon-Imlek
pssst komisi ini dibuat agar negara terkesan melindungi HAM
cari muka sama negara lain emoticon-Malu (S)
Membela keberpihakan sih.. emoticon-DP
banyak instrospeksi semoga lebih baik kedepan