alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5968324fa09a39d5418b4569/paronikia-terdengar-asing-namun-akrab-menimpa-agan
icon-hot-thread
Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan
Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan

Pernah dengar istilah paronikia? Mungkin penyakit ini terdengar asing, sebab di Indonesia, ia dikenal dengan nama lain; cantengan. Meskipun sebagian besar paronikia yang terjadi tidak mengakibatkan dampak yang serius dan perawatannya dapat dilakukan sendiri di rumah. Karenanya, akan lebih baik jika Agan mengenal penyebab, pengobatan, dan kiat pencegahannya berikut ini!

"Apa sih penyebab penyakit Paronikia?"

Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan

Penyakit Paronikia merupakan infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku karena adanya trauma atau luka terbuka. Luka tersebut bisa diakibatkan oleh kegiatan yang seringkali Anda lakukan, seperti menggigiti kuku, kesalahan pemakaian alat manikur, menekan kutikula terlalu keras dan melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan air terlalu lama. Cantengan juga akan mengakibatkan perubahan warna mejadi kekuningan di sekitar kuku yang terinfeksi disertai rasa nyeri, bengkak dan untuk beberapa kasus paronikia bisa mengakibatkan kuku mengeluarkan nanah.


"Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit paronikia?"

Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan

Penting Agan ketahui, bahwa paronikia merupakan jenis gangguan atau penyakit yang dapat pengobatannya dapat dilakukan sendiri. Karenanya, Agan tidak perlu buru-buru pergi ke dokter. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dipraktikkan dalam mengobati penyakit paronikia :

- Merendam kuku yang terinfeksi dengan air panas selama 15 menit. Lakukan ini selama 4 kali dalam sehari

- Selalu bersihkan nanah keluar dari kuku yang terinfeksi untuk mempercepat proses penyembuhan

- Apabila sedang melakukan aktivitas diluar ruangan, maka ada baiknya Anda memasang perban pada bagian jari yang terserang Hal ini dapat melindungi sekaligus menjaga kuku tetap dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk sering-sering mengganti perban, ya!


"Kenali tindak pencegahannya!"

Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan

Sejatinya, penyakit paronikia dapat dicegah dengan mempraktikkan beberapa cara sederhana, seperti :

- Menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan trauma pada kuku,seperti kebiasaan menggigit kuku, manikur, pedikur, menggunakan kuku palsu.
- Apabila Agan beraktivitas yang berhubungan dengan air, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet guna menghindari kuku terkena air dalam jangka waktu yang lama. Pastikan kuku selalu dalam keadaan kering.

Nah, itu tadi serba-serbi dari penyakit paronikia, alias cantengan. Selamat mencoba kiat-kiatnya, dan semoga bermanfaat!

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

sumur : Go Dok

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!
emoticon-welcome emoticon-welcome
serius itu, merendam kuku dengan air panas ? emoticon-Bingung
tmpt gw ini cantengan klo g slh breh emoticon-Hammer2
numpang pejwan gan...emoticon-Cool
habisin pejwan dulu
nice inpoh
Lah kalo direndem di air panas tar malah luka bakar dong emoticon-Bingung

Kalo air hangat gimana?? emoticon-Bingung
mejeng pekjwan duluemoticon-Malu
emoticon-Matabelo good info banget gan.. untung punya ane gak gitu kukunya emoticon-Ngakak
buat TS terimalah persembahan emoticon-Rate 5 Star
mejeng di pejwan dulu aaahhh.. emoticon-Cool
Oalah cantengan
ane pernah nih, gara2 pake sepatu pantofel

udh potong kuku jempol kaki kok masih aja ada yg ga nyaman di pinggir kuku, makin 4 bulan kok makin sakit ampe kliatan bengkak
inisiatif congkal congkel pake gunting kuku, nyatanya ada kuku yg panjang sendiri ampe nembus kulit jempol emoticon-Takut (S)

ampe skrg ane peratiin terus klo potong kuku, ada kuku yg panjang ato engga nih emoticon-cystg

HTin Biar Ga Asing Lg!

Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan
Ane jadikan Hot Thread ya! Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan
Luar biasa emoticon-Smilie
banyak yg pernah kena ginian ya
bawah ane mahoemoticon-Leh Uga
Gitu ya bre emoticon-Cool
emoticon-Cape deeehh wew pajwan emoticon-Traveller
Gembok emoticon-Ultah
Maho page sebelah
Cantengan,, ane pernah kena 2x rasanya nyut2an bawaannya pengen marah aja hahaha.
Tu biasanya karna nyelip kotoran di sela kuku bisa pasir, tanah..
Di rendam di air panas yg di campur garam ampuh bngt.
Kta ttga ane pake minyak tanah bisa jg.
sakit tuh cantengan gan
akhirnya ku tau. pejwanemoticon-Recommended Seller
alhamdulllah jarang kyak gtu gan
itu biasanya juga bisa di sebabkan dari kuku yang nyelip di daging