alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5947454f1cbfaa502f8b456b/dabbat-al-ard-makhluk-akhir-zaman-yang-kelak-memilah-manusia-beriman-dan-kafir
Peringatan! 
icon-hot-thread
Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir
Quote:Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir

Quote:Kiamat adalah sesuatu yang mutlak akan terjadi. Dalam Islam, mungkin kita sering mendengar cerita tentang beberapa makhluk tak lazim yang akan muncul sebagai pertanda kehancuran dunia. Nama Dajjal dan Ya’juj Ma’juj mungkin sudah tak asing.

Namun, bagaimana dengan Dabbat al-Ard? Mungkin makhluk tersebut lebih jarang disinggung, namun sejatinya dia juga dikisahkan akan muncul jelang hari kiamat. Lalu, seperti apa makhluk tersebut? Berikut ulasannya.

Mampu bicara segala bahasa

Dabbat al-Ard merupakan binatang buas atau bisa disebut dengan monster yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam sendiri, makhluk ini merupakan sebagian dari tanda datangnya hari penghakiman. Binatang ini akan keluar dari kota Mekkah, tepatnya di dekat gunung Shafa.

Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir

Waktu keluarnya sendiri setelah terbitnya matahari dari barat. Makhluk ini memiliki kemampuan berbicara fasih dalam berbagai macam bahasa. Selain itu, dia juga membawa tongkat Nabi Musa As di tangan kiri dan sementara tangan kanannya memakai cincin Nabi Sulaiman As. Dia akan keluar dari bukit Sofa dan Marwa.


Wujud Dabbat al-Ard

Ibnu Jurayi sempat mengatakan jika sosok Dabbat al-Ard pernah dijabarkan dengan rici oleh Ibnu Zubair. Makhluk tersebut seperti gabungan dari banyak binatang. Dia memiliki kepala seperti kerbau, sementara matanya menyerupai babi, dan telinganya bak gajah.

Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir

Sosok tersebut juga memiliki tanduk rusa jantan, namun lehernya seperti burung unta. Dada makhluk ini menyerupai singa dengan warna kulit harimau. Dia juga memiliki panggul yang mirip kucing, namun ekornya seperti biri-biri jantan dan kakinya seperti unta. Dalam penjelasan lain, digambarkan jika Dabbat al-Ard juga memiliki bulu panjang dan pendek. Tubuhnya begitu besar, namun gerakannya sangat cepat.


Misi dan tujuan Dabbat al-Ard

Kemunculan Dabbat al-Ard bukan cuma sebagai tanda kiamat, tapi juga memiliki tujuan khusus. Dikatakan jika sosok ini nantinya akan menandai wajah-wajah manusia seluruh dunia. Bagi yang beriman, Dabbat al-Ard akan membuat wajah si manusia tersebut cerah. Tapi sebaliknya, ketika yang ditandainya adalah orang kafir, maka makhluk besar tersebut akan menjadikan wajah si sosok tersebut gelap.

Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir

Dijelaskan jika makhluk ini juga akan menjerit di kawasan Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad, dia juga menebar-nebarkan tanah di atas kepalanya. Pekikan suaranya akan terdengar di segala penjuru dan membuat orang-orang kafir berlarian karena ketakutan. Dalam kondisi yang sama, orang mu’min yang sudah mengetahui bahwa suara tersebut berasal dari Dabbat al-Ard akan lebih tenang, dan tidak merasakan ketakutan apapun.


Keluar setelah Ya’juj Ma’juj musnah

Dabbat al-Ard muncul selepas kematian para Ya’juj Ma’juj akibat virus yang diturunkan oleh Allah SWT. Dia keluar ketika bumi telah pulih dari bencana yang dibuat oleh Ya’juj Ma’juj. Tercatat pula dalam hadist jika makhluk ini akan memukulkan tongkatnya kepada semua manusia.

Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir

Jika tongkat tersebut dipukulkan pada orang beriman maka di dahinya akan tertulis ‘ini adalah orang beriman’ sebaliknya jika dia memukulkan tongkat pada orang kafir, maka di dahinya akan tertulis ‘ini adalah orang kafir’. Binatang ini juga dikenal sebagai pembawa pesan keimanan.

Dari penjelasan di atas, setidaknya kita bisa membayangkan bagaimana wujud Dabbah al-Ard dan tugasnya di dunia. Semoga kisah dari Dabbah al-Ard kembali mengingatkan kita jika kiamat makin dekat.



sumur


Quote:referensi wiki :

Dābbat ( دابة) dalam Bahasa Arab yang berarti “binatang” atau “binatang buas (monster)”, berasal dari kata debbe, yang berarti berjuang, kata ini sering digunakan untuk binatang dan serangga.[3] Sedangkan kalimat al-Ard (الأرض) berarti bumi. Namun makna secara bahasa, Dābbat al-Ard memiliki arti “Hewan bumi (tanah)” dalam bahasa Indonesia.



Ibnu Jurayj mengatakan bahwa Ibnu Zubair menjabarkan binatang ini dengan rinci, "Kepalanya seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa, warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta. Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus.[4]

Sedangkan penjelasan lain[5] menjelaskan bahwa Dabbat al-ard adalah seekor hewan yang memiliki bulu panjang dan bulu yang pendek. Memiliki tubuh yang sangat besar dikatakan semasa ia keluar dari sarangnya dengan kecepatan seperti seeokor kuda yang berlari setelah 3 hari, dan dabbatul ard bisa mengeluarkan 1/3 badannya. Kemudian ia mampu berbicara dengan manusia dengan berbagai bahasa di dunia, sebelah tangan kiri memegang tongkat Nabi Musa dan jari tangan kanan memakai cincin Nabi Sulaiman, ia akan keluar dari kawasan di antara bukit Sofa dan Marwa.


Ia memiliki misi dan tujuan ketika ia muncul, diantaranya adalah akan berbicara kepada manusia bahwa ”Sesungguhnya manusia sudah tidak yakin dengan ayat-ayat Allah.” Ia akan membuat tanda di wajah orang mu’min menjadi cerah dan wajah orang kafir menjadi gelap. Dikatakan ia tidak menakutkan manusia dan ia akan menjerit di kawasan Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad sambil menebar-nebarkan tanah di atas kepalanya kemudian ia menghadap timur, dan Cumiik kemudian menghadap ke barat dan Cumiik. Suaranya melampaui segala penjuru yang menyebabkan manusia berlarian karena takut mendengar suaranya. Dalam keadaan yang sama orang mu’min sudah mengetahui bahawa yang bersuara keras itu adalah Dabbatul Ard bintang Allah dan mereka tetap di tempat mereka dan tidak mengalami ketakutan apapun.

Dabbatul Ard akan keluar selepas Ya’juj dan Ma’juj mati akibat virus yang diturunkan oleh Allah kepada mereka. Dabbatul Ard akan keluar selepas terbitnya matahari seperti biasa yaitu pada waktu dhuha setelah matahari itu terbit sebelah barat. Dabbatul Ard akan keluar jika bumi pulih setelah bencana Ya’juj dan Ma’juj.

Ibnu Jurayj mengatakan bahwa Ibnu Zubair menjabarkan, "Ia akan membawa tongkat Musa dan memakai cincin Sulaiman. Tiada tersisa bagi orang beriman yang tersisa tanpa membuat tanda putih di wajahnya, sehingga bersinarlah wajahnya dan tiada yang tersisa bagi orang kafir tanpa membuat tanda hitam diwajahnya, sehingga hitam legam keseluruh wajahnya.

Ketika mereka sedang bertransaksi di pasar, mereka akan berkata, "Berapa harganya wahai orang beriman?" "Berapa harganya wahai orang kafir?"
Sehingga ketika salah seorang dari anggota keluarga duduk makan bersama, mereka akan mengetahui siapa yang beriman dan yang kafir.

Kemudian binatang itu berkata kepada orang beriman: "Wahai orang beriman, kalian akan berada di antara orang-orang penghuni surga," dan berkata kepada orang kafir: "Wahai orang kafir, kalian akan berada di antara orang-orang penghuni neraka."[6] Sesuai dengan firman Allah dalam Surah dalam al-Qur'an,

“ ...dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (An Naml: 82)

Abu Dawud at Tayalisi mencatat dari Abu Hurairah, Muhammad S.A.W bersabda: "Binatang ini akan muncul dari perut bumi dan akan membawa tongkat Musa dan memakai cincin Sulaiman. Ia akan memukul hidung orang kafir dengan tongkat itu dan akan mengusap wajah orang beriman sehingga cerah dengan cincin itu. Sehingga mereka makan bersama, mereka akan saling mengenali orang yang beriman dan yang kafir."[7]

Juga kisah ini dicatat oleh Imam Ahmad dalam musnadnya, "Binatang itu akan memukul hidung orang kafir dengan cincin dan akan membuat wajah orang beriman menjadi cerah dengan tongkat, sehingga ketika mereka makan bersama, mereka akan berkata satu sama lainnya, "Wahai orang beriman" dan "Wahai orang kafir".[8]

Beberapa hadits juga mencatat seperti berikut, apabila binatang ini memukulkan tongkatnya ke dahi orang yang beriman, maka akan tertulislah di dahi orang itu ‘Ini adalah orang yang beriman’. Apabila tongkat itu dipukul ke dahi orang yang kafir, maka akan tertulislah ‘Ini adalah orang kafir’.



emoticon-No Sara Please

hanya untuk muslim dan cuma mengingatkan sesama muslim emoticon-Shakehand2

tambahan tentang Ya’juj Ma’juj


Quote:Original Posted By cybergen


jelasin yg mana gan? binatang melata itu keluarnya setelah matahari terbit dibarat..dan pintu tobat tertutup..dia lalu ngasi stempel ke jidat tiap orang..muslim atau kafir..cmiiw

nitip trit ane di pejwan ya..trit ente ini ane jadikan referensi trit ane juga..emoticon-Big Grin

https://m.kaskus.co.id/thread/590920...si-yajuj-majuj

Selamatkan Page One
emoticon-No Sara Please
Jadi sedih inget dosa2 yg Gw buat emoticon-Frown

Ampuni dosa2 hamba ya Allah
serem emoticon-Takut
pantesan orang2 nyari cincinnya nabi Sulaiman ma tongkatnya Nabi Musa gak ketemu2, ternyata nanti dia yg megang toh



Quotes of the day
Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir
"Bekerjalah seolah kamu tak butuh uang, cintailah seolah kamu takkan tersakiti, dan bercintalah seolah tidak akan pernah ejakulasi"
serem gan akh, btw nais share, buat reminder ane kalo ane lupa beribadah
Quote:Original Posted By siti.bajitot
pantesan orang2 nyari cincinnya nabi Sulaiman ma tongkatnya Nabi Musa gak ketemu2, ternyata nanti dia yg megang toh



Quotes of the day
Dabbat al-Ard, Makhluk Akhir Zaman yang Kelak Memilah Manusia Beriman dan Kafir
"Bekerjalah seolah kamu tak butuh uang, cintailah seolah kamu takkan tersakiti, dan bercintalah seolah tidak akan pernah ejakulasi"


ane gagal fokus sama quote ente, gan. emoticon-Bingung
Kenapa mengutus binatang? Kenapa gak mengutus malaikat ya?
hadistnya mana gan ?
menambah ilmu pengetahuan ya bre
wah bisa semua bahasa
Quote:Original Posted By h4nd1lee
hadistnya mana gan ?


Bersumber dr alqur'an pak
Quote:Original Posted By jalakranau
Bersumber dr alqur'an pak


kalo quran ga berani bantah dehemoticon-Stick Out Tongueeace
Yg sering ngebuat dosa berat segeralah sadar bre.
Quote:Original Posted By h4nd1lee


kalo quran ga berani bantah dehemoticon-Stick Out Tongueeace


Mo ngebantah ya bre kalo hadist emoticon-Betty
ane gak baca, eksis di pejwan aja
emoticon-Leh Uga
oke gan
mulusnya kaya mino gans
gemboks!!!

Yang islam cuma modal sorban dan doyan teriak kafir ke belakang aja.